Tuesday, December 05, 2017

Pregnancy Diary : Review Kehamilan Bulan Kedelapan


Kehamilan saya sekarang sudah memasuki bulan ke-9. Alhamdulillah ya, masih kuat duduk buat ngeblog. Nanti kalo anak udah lahir, masih ada waktu buat ngeblog gak ya? Semoga aja masih bisa curi-curi waktu. Hehe.. 

Nah, mumpung saya masih bisa ngeblog, berikut ini saya review kehamilan saya dibulan ke-8. Bulan kedelapan ini saya hitung mulai dari minggu ke-32 sampai minggu ke-36 ya. 



Keluhan Ibuk 

Flu Berat 
Masuk di bulan ke-8 ini saya malah terkena flu berat. Memang sih, saya makanin es terus dan selalu minum air dingin. Sejak gak ada lagi mual muntah, saya jadi hobi banget minum air dingin. Nah, dari hamil bulan kelima sampe sekarang saya selalu ngebatin “Kok tumben ya minum dingin terus tapi gak pilek-pilek”, padahal suami udah flu beberapa kali semenjak saya hamil. Sementara saya yang lagi hamil, udah minum air es, keujanan setiap pulang kerja, tapi gak flu-flu juga. “wah, gue hebat berarti, kuat” batin saya. 

Dan akibat kesombangan saya itu, akhirnya saya tumbang juga, dikasih hadiah flu + batuk. Sedih sih, badan makin tambah lemes, mau minum obat gak bisa. Ya akhirnya saya istirahat aja, berhenti minum dingin dan banyak makan buah. Akhirnya setelah tiga hari, flu + batuk kabur juga. Alhamdulillah.. sekarang udah bisa minum dingin lagi. Hehe.. 

Oya, tentang minum dingin ini, kebanyakan orang percaya minum air dingin bisa bikin bayi menjadi besar. Saya pun selalu diomelin setiap kali minum dingin. Tapi menurut saya sih ya, selagi minum air dingin nya cuma air putih, ya gak mungkin lah ya bikin bayi besar. Berdasarkan teori kan air putih mengandung 0 kalori. Kecuali, kalo air dingin nya ditambah sirup dan manis-manis lainnya, baru deh saya percaya bisa bikin bayi besar di dalam perut. 

Pegal Linu 
Linu dan pegal-pegal seluruh badan ini sih udah saya rasain sejak awal trimester ketiga, tapi makin kesini ternyata makin parah ya linu-linu nya. Pinggang, punggung, kaki nikmat banget rasanya. Bahkan saya sering gak masuk kerja (lagi) gara-gara kaki gak bisa jalan. Kadang gegara kram, kadang telapak kaki sakit buat menapak. Oya, ditambah saat bangun tidur, jari-jari tangan juga menjadi linu-linu. 

Selain itu, tidur pun mulai semakin nikmat. Sering kebangun untuk buang air kecil, posisi tidur pun semakin serba salah. Posisi paling enak sih miring ke kiri, tapi kalo posisinya begitu terus sampai pagi ya pegel juga. Huehe.. 

Tapi rasa pegal dan linu ini merupakan hal yang wajar kok saat hamil karena saat hamil terjadi kenaikan berat badan yang cukup signifikan sehingga sendi menjadi nyeri, sakit di bagian lutut, pinggul dan pergelangan kaki. 

Selain itu, Berdasarkan artikel yang saya baca, rasa pegal ini sebagai pertanda bahwa tubuh sedang mempersiapkan diri untuk persalinan. Hormon yang diproduksi tubuh saat hamil membuat ligamen menjadi kendur untuk persiapan melahirkan sehingga sendi-sendi terasa ngilu. 

Sakit Gigi 
Hamil bulan ke-8 ini kenapa saya jadi banyak sakit nya ya. Hehe.. 
Entah kenapa saya jadi terserang sakit gigi begini, terutama saat makan makanan manis. Padahal gigi gak bolong loh. Tapi terasa lemah aja setiap kali ngunyah makanan, senut-senut gitu. Mungkin karena pengaruh hormon juga kali ya. Jadi, saya nikmatin aja deh rasa sakitnya. Hihi.. 

Perkembangan Ibuk dan Bayik 

Saya kontrol di minggu ke-33 dan ke-35. Di minggu ke 33 tensi normal 110/68, eh tapi tensi turun lagi di minggu ke-35 (98/78). Pantes rasanya ngantuk melulu. Penyebab tensi turun ini menurut saya sih karena gak minum vitamin tambah darah. Entah kenapa saat itu saya gak dikasih resep vitamin tambah darah. Entah ibu bidannya lupa atau gimana? 

Di bulan ke-8 ini, terhitung dari minggu ke-32 sampai minggu ke-36, berat badan saya naik 4kg. Jadi total kenaikan berat badan saya sudah mencapai 16 kg. Pengen ketawa rasanya. Haha. 

Untuk perkembangan dedek bayik, Alhamdulillah semua bagus. Hasil USG di minggu ke-33, berat dedek udah 2100 gram, denyut jantung bagus 140an, posisi juga bagus, kepala dedek masih bertahan dibawah. Begitu terus ya dek, sampai lahiran. 

Di minggu ke-34, Alhamdulillah akhirnya saya sempat melakukan USG 4D. Girang banget rasanya bisa liat muka dedek dengan jelas. Ngikik sendiri setiap liat hasil USG nya karena si dedek mirip banget sama ayahnya. Hihihi.. 

Hasil USG 4D

Oya, dari hasil USG 4D ini, ternyata si dedek kelilit tali pusar satu kali. Tapi kata dokter sih gak masalah, masih bisa kelepas lilitannya karena masih gerak-gerak terus dia. Semoga aja bulan depan udah kelepas ya. Yang pinter ya dek, tali puser nya jangan dililit-lilit ke leher yaa.. biar cepet proses ketemu sama ibuk.. hihi

Bismillah, 1 bulan lagi saya lahiran, doakan ya semoga  semuanya berjalan lancar. Amiin ... :)

21 comments :

  1. duh, Gigi saya jadi keropos sejak hamil karena ditambah pengaruh selalu menggunakan air hujan utk kegiatan harian. Disarankan obgyn minum vitamin utk tulang itu.
    Semoga ibuk sehat selalu yaaa.. Senangnya sebentar lagi ketemu dedek secara langsung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. air hujan untuk apa itu mba mksdnya? MCK?
      Amiin.. makaciw doanya mba..

      Delete
  2. besok kalau anaknya dah besar bisa baca review postingan ini he....pada saat usia kandungan 8 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. trus anaknya bilang.. "ih, Ibuk aku alay banget sih" haha

      Delete
  3. semoga nanti proses lahirannya lancar y mbak
    jangan lupa berbagi kebahagiaannya di blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinn..

      doakan juga masih tetep bs ngeblog yaa, walau repot urus bayik. hehe

      Delete
  4. ngebayangin dulu emaknya sekurus biting naik gunung, apalagi momen pas keujanan di gunung cikuray, eeeh ini perutnya udah gede pipi lu mbaaa tumpah2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. doain BB gua kagak turun yaa.. wkwkw

      Delete
  5. Ibuk kaulah wanita yang mulia, derjatmu tiga tingkat dibanding ayah~

    Semoga lancar persalinannya mba, btw engga ada niatan bikin vlog buat dokumentasi biar bisa diliat si dede nanti? Hehe

    Tapi itu, gak bisa bayangin linunya seorang ibu kalo lagi hamil. Perjuangan banget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn.. makasih doanya..
      sekarang anaknya udah lahir.. :)

      Delete
  6. Ibuk sehat-sehat ya beserta debay nya, semoga dimudahkan dan dilancarkan xoxo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih doanya mba..
      anaknya udh lahir. sehat, selamat :)

      Delete
  7. Baca postingan ini aku jadi harus siap-siap dengan berbagai suka dukanya saat hamil nanti. Sehat-sehat terus ya Mbak buat ibu dan bayinya.

    ReplyDelete
  8. Sehat terus bu, semoga nanti bayinya sehat. :)

    ReplyDelete
  9. semoga lancar sampai ke persalinan ya mbak.

    ReplyDelete
  10. Didoakan selalu lancar ya bumil proses melahirkan dan hamilnya smga dedenya selalu sehat walafiat ya bun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn.. dedeknya udh keluar dgn sehat :)

      Delete

satu comment.. pahala untukmu :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...