Wednesday, January 17, 2018

Pregnancy Diary : Review Kehamilan Bulan Kesembilan

37 weeks

Assalamualaikum, 

SELAMAT TAHUN BARU semuanya .

Di tahun 2018 ini, Alhamdulillah status saya sudah resmi menjadi seorang Ibu. Ah, rasanya itu senang, bahagia banget sekaligus capek banget juga. Walau capek tapi tetep happy kok, happy banget. Apalagi kalo kerjaan rumah dibantu suami. Hehe..



Dari awal kehamilan, saya selalu apdet cerita kehamilan di setiap bulannya supaya kalo suatu saat hamil lagi bisa dibaca-baca lagi untuk dijadikan referensi. 

Baca juga :

Selain itu saya juga rajin mengabadikan foto perut buncit setiap bulannya. Lucuk aja gitu buat dijadikan kenang-kenangan, buat dikasi tau ke anak bayik kalo udah gede nanti. 



Padahal niatnya mau foto setiap bulan dengan baju yang sama supaya keliatan perubahan perutnya, tapi sayangnya gak kesampean. Jadilah foto sesuka nya aja dan sesempetnya. Biasanya foto diambil sesaat sebelum pergi, entah itu pergi kondangan, pergi belanja atau pergi ngedate bareng suami.

Kondisi Ibu dan Bayi di bulan ke-9 

Hamil bulan ke-9 ini terhitung dari minggu ke 36-38. Semestinya sampai minggu ke-40 ya, tapi apa daya anak bayiknya udah gak betah di dalem perut dan brojol di minggu ke-38. (nanti kalo ada waktu saya bikin review melahirkan anak pertama)

Di bulan ke-9 ini, saya kontrol di akhir minggu ke-37, Alhamdulillah kondisi bayi sehat dan normal. BB bayi sudah 2942 gram, detak jantung normal 140an. Posisi juga bagus, kepala mulai turun kebawah. Intinya tinggal nunggu kapan si dedek mau ngajakin. Iya, tinggal menanti kontraksi aja. 

Posisi janin minggu ke-37
Sumber Gambar disini
Pada usia kehamilan di minggu ke-37 janin sudah mencapai perkembangan yang cukup. Perkembangan paru-paru nya sudah mendekati sempurna. Hati dan ginjalnya pun sudah mulai bekerja dan berfungsi sebagaimana mestinya. 

Untuk kondisi kesehatan ibu di bulan ke-9 ini juga baik-baik aja. tensi normal, berat badan naik 17 kg. Alhamdulillah, cita-cita jadi gemuk tercapai nih. Hihi. Untuk kondisi fisik Alhamdulillah semakin susah bergerak, makin gampang capek dan juga susah tidur. 

Persiapan Jelang Persalinan

Sambil menanti getaran cinta (kontraksi) datang, di bulan ke-9 ini saya mulai mempersiapkan perlengkapan-perlengkapan yang nantinya akan dibawa ke rumah sakit. Mulai dari perlengkapan ibu, perlengkapan bayi dan juga berkas-berkas yang diperlukan untuk ke rumah sakit seperti fotocopy KK, KTP, BPJS dan lain-lain. 


Perlengkapan-perlengkapan ini sebaiknya sudah disiapkan sebulan sebelum hari H persalinan supaya gak repot kalo nanti tiba-tiba mules kontraksi.  karena datengnya kontraksi gak ada yang tau, dokter memprediksi tapi tuhan yang menentukan :)

Maternity Photo 

Di bulan ke-9 ini saya juga menyempatkan diri untuk melakukan maternity photoshoot, tepatnya di minggu ke-37. Kebetulan saya punya temen yang jago foto, jadi minta tolong deh untuk bikin maternity photo sederhana seadanya.

Ini beberapa hasil jepretannya.






Masih banyak lagi sih hasil jepretannya yang lucuk-lucuk (menurut saya), tapi selengkapnya di postingan selanjutnya aja deh (kalo sempet).

Huua, akhirnya selesai juga ngereview kehamilan sampai bulan ke-9. Semoga postingannya bermanfaat yaa.. :)

Sampai jumpa di kehamilan kedua. 5 tahun lagi rencananya. wekekek.. 

26 comments :

  1. gimana mbak, udah lahiran beluum? *excited!

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah. Barakallah. semoga jadi anak yang shaleh :)

      Delete
  2. Anaknya cewe apa cowok mbak? Alhamdulillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anaknya cowok. jagoan. hehe

      Delete
    2. waaah alhamdulillah
      semoga jadi anak yang soleh dan berbakti kepada orang tuanya Aamiin

      Delete
  3. Wah selamaat mbak atas kelahiran putranya, nggak terasa sembila bulan terlalui sekarang udah bisa nimang-nimang jagoannya, semoga menjadi anak yang soleh,berbakti pada orang tua dan berguna bagi bangsa, negara dan agama,,,amiinnn

    ReplyDelete
  4. Wah selamat ya mbaaa.. sebentar lagi hpl yaaa.. xixixix semoga disehatkan sampia lahiran ya mbaa.. doakan aku juga semoga sehat dan dede bayinya hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah lahir mba.. hehe
      wah, lg hamil juga? smoga sehat dan lancar sampai persalinan ya.. amiin

      Delete
  5. Sehat selalu Moms and DeBayi... sehat dan bahagia selalu ya... hihi arsipnya bagus banget dan bermanfaat mba...

    ReplyDelete
  6. Tau ga aku terinspurasi dari kamu loh hihi
    Jd ikutan biikin pregnancy diary
    Emang moment hamil tu bikin smangat buat mengabadikan ya, aku aja nyesel ga sempat foto2 hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahai.. akhirnya bikin postingan nya juga yaa.

      ya, gak ush nyesel mba. nanti di hamil berikut nya bikin foto2 yg banyak. hehe

      Delete
  7. kalo gue review mencintai tak kunjung di lamar,terus gue pajang foto dari tahun 2010 sampe sekarang gitu yaaa, huakakaka

    ReplyDelete
  8. jangan mba.. ngenes bet ntar gua baca nya.. wkwk

    ReplyDelete
  9. selamat mba thya..
    sehat selalu buat keluarganya, normal atau caesar mba?

    itu foto sm suami kok bikin baper ya, :p

    ReplyDelete
  10. terimakasih mbaa tanaya.

    duh, jgn baper dong. haha

    ReplyDelete
  11. Uuuwww, romantis banget sama suamik.. Hhh
    Sehat2 ya mbak, debaynya namanya siapa nih? Jd terinspirasi besok kl hamil pengin foto setiap bulan kaya gini, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nama nya arfan muttaqi dinastian.

      ya mba.. kalo perlu tiap minggu fotonya. hehe

      Delete
  12. Selamat ya mbak atas kelahiran jagoannya.
    Ternyata perut buncit karena hamil, kalau difoto bagus juga ya. Saya dulu 3 kali hamil nggak pernah foto-fotoin kondisi perut

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbaa..

      hehe.. iya mba lucuk yaa.
      hamil lagi mba yg ke-4 gmn? haha..

      Delete
  13. barakallahh mbak! Istri saya masuk 6 bulan ini akhir ini, prediksinya nanti lahiran Bulan April..

    persiapan untuk bikin Akte Kelahiran anak emang perlu banget yaa potokopi berkas dan lain lain

    ReplyDelete
  14. udah lahiran ya Mbak? waahh selamat ya Mbak, foto bayiknya doong Mbak.
    lucu juga ya klo misal baju yg sama foto2annya selama hamil. ditunggu lah itu Mbak hamilnya Mbak yg berikutnya pake baju yg sama selama hamil kan sekarang udah ada ceritanya yg baju berbeda2 :D

    ReplyDelete
  15. wah sudah Lahiran :) selamat ya.
    kirain belum...kalo belum pengen nawarin video saat lahiran nih. hehehe

    ReplyDelete

satu comment.. pahala untukmu :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...