Sunday, May 20, 2018

Drama Pilah Pilih Dot


Yuhuu.. akhirnya ketemu juga mood buat nulis setelah sekian bulan blog terbengkalai. Dari kemarin mood melayang entah kemana akibat ngantuk yang tak berkesudahan. Maklum lah ya, mamak-mamak baru punya bayi, begadang teroooss. 

Jadi mamak-mamak ternyata banyak banget drama nya, salah satu nya “drama ibuk kembali bekerja karena cuti udah abis”. Ini beneran drama banget menguras hati. Hati gak tenang, kepikiran karena anak bayik gak mau mimik asi pake dot.




Ya memang sih, kalo berdasarkan teori, bayi dilarang menggunakan dot karena dapat menyebabkan 'bingung puting' sehingga durasi dan frekuensi menyusui menjadi berkurang. Hal ini tentunya berdampak pada penurunan pemberian ASI. Bayi yang terbiasa ngedot, lama kelamaan akan menolak menyusu secara langsung karena merasa bahwa menggunakan dot lebih mudah. Untuk itu lebih disarankan menggunakan sendok, pipet atau cup feeder.

Tapi kenyataannya di lapangan susah cyiinn. Ribet, tumpeh-tumpeh dan makan waktu lama kalo gak pake dot. belum lagi nenek nya yang mengurus pasti juga bakal kerepotan dan gak sabaran.  Dot pun menjadi pilihan yang pas.

dan berhubung H-seminggu sebelum masuk kerja si anak bayi gak mau ngedot juga, Alhasil mamak puter otak cari cara agar anak bayik ini mau mimik pake dot. Mungkin dia gak cocok sama dot nya,  pikir saya. Akhirnya pun saya beli beberapa dot untuk dilakukan uji coba. 

Little Giant - Pigeon - Huki 60 mL - Philips Avent - Huki 120 mL

Setelah beli, langsung dong eksekusi. Dan hasilnya.. NIHIL. Doi tetep nangis meraung-raung. Saya yang gak tega ngeliat nangis sampe sebegitunya akhirnya pun menyerah dan langsung menyodorkan “nen”. Doi pun langsung lahap nyot nyot nyot sampai kenyang, lalu ketiduran. 


Little giant 
sumber gambar dari sini

ini sebenernya merk pompa asi yang saya gunakan, tapi dapet juga nipple nya jadi bisa juga dipake untuk ngedot. Hasilnya. GAK COCOK. Lubangnya terlalu besar untuk ukuran baby yang masih newborn.

Pigeon 

Sebenernya dot ini udah saya beli sejak hamil 7 bulan. Saya asal beli aja, cari yang harganya pas di kantong. Saya mana ngerti kalo dot itu cocok-cocokkan. -,- Awal-awal pernah si dedek, saya tinggal keluar sebentar. Terus saya siapin sebotol asi pake dot ini. Dan abis sebotol. Eh, giliran seminggu mau masuk kerja kok ya malah gak mau. Kayaknya susah banget pake dot ini. Emang sih nipple nya agak keras. Kalo untuk harga murah si, 32 ribu. 

Philips Avent 
Dot ini lumayan mahalan dikit. 65 ribu. Berdasarkan review sih, dot ini prinsip kerjanya mirip seperti nipple ibu. Nipple nya juga lebih empuk dibanding pigeon sama little giant. Jadilah saya beli, siapa tau cocok. Setelah dicoba. GAK COCOK JUGA. Gak tau kenapa, padahal menurut saya bagus. 

Huki 

Karena pusing pake dot ini itu gak cocok, saya pun curhat ke temen dan doi menyarankan untuk pake huki. Katanya pilih yang bentuk nipple nya gepeng karena anak dia cocok pake ini. Alhasil beli lah saya, siapa tau cocok juga di anak saya. Eh, setelah dicoba ternyata tetep aja susah mimik nya. 

Saya ? PUTUS ASA. Bawaannya pengen resign aja dari kerjaan, nemenin dedek seharian di rumah. 

Ibu saya bilang, “tenang aja, nanti kalo terpaksa laper juga mau”. 

Ada juga yang bilang 
“lagian sih, gak dilatih dari lahir, harusnya dilatih dari umur sebulan” 
“Anak lu pinter berarti gak mau dot. Coba cup feeder atau pipet biar gak bingung puting” 

Saya? PUSYING. Ditambah beberapa malah menyalahkan saya, bukannya memberi dukungan. Duh maap curhat. Ibu menyusui mudah tersentuh hatinya

Sempet niat mau beli dot merk Comotomo yang harganya bisa buat beli emas 1 gram. Tapi setelah dipikir lagi, bisa rugi bandar kalo anak nya gak cocok. Yaudah lah akhirnya pasrah aja, nanti lama-lama juga mau kalo udah terbiasa. 

Sampai hari yang tidak dinanti pun tiba. Saya mulai masuk kerja dan berangkat kerja dengan setengah hati, khawatir dedek kelaperan karena masih menolak mimik pake dot. Dan bener aja, sampai saya pulang kerja, doi cuma mimik 2 botol (botol kaca asip 100 mL), itupun masih bersisa. Itupun penuh perjuangan ngasihnya karena anaknya ngamuk-ngamuk. Itupun udah gonta ganti dot tapi tetep gak mau. Terpotek-potek hati mamak rasanya. Sedih ngeliat dedek kelaperan tapi gak mau mimik. 

Tapi Alhamdulillah, hal itu gak berlangsung lama. Di hari ketiga, dedek udah lancar mimik pake dot nya. Ya, doi udah nemu belahan hatinya. Ternyata dia cocok pake dot huki orthodontic silicon nipple. Bentuk nipple nya gepeng gitu, katanya sih menyerupai nipple ibu (entah ibu-ibu mana yang nipple nya begitu #eh). Harga nya murce pula, cuma 20 ribu.

Huki dengan si nipple gepeng

Sekarang anaknya udah 5 bulan, udah makin jago ngedot. pake dot apapun oke aja. -_-

udah jadi raja ngedot

Alhamdulillah, mamak mulai happy dan tenang ninggalin kerja karena selama ditinggal kerja udah bisa minum sekitar 500-600 mL. Awalnya mah, 200 mL aja gak abis :( 

Yess.. satu drama berhasil dilalui. Sampai jumpa di drama berikutnya. 

 -bye-

14 comments :

  1. Aku pke comotomo akhirnya thia hihi
    Emang ya perjuangan jd mamak baru tiada henti, tetap semangaaaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. warbiasyak..
      bayi kelas atas.. haha

      Delete
  2. Foto dedeknya lucu ... terlihat nyaman sekali saat ngedotnya 😁

    ReplyDelete
  3. Makasih kak tia,, saya lagi menunggu kelahiran dede bayi,, artikelnya bermanfaat buat ibu bekerja ya kak.. Mungkin akan saya coba beli pigeon dlu kali ya semoga cocok buat debaynyaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.. semoga lancar persalinannya yaaa..

      Delete
  4. gue drama pilih jodoh mba lu udah drama pilih dot aja, moga besok anak gue tahan banting dikasih dot yg murah kebal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang tabah ya mbaa.. wakakak..

      Delete
  5. lumayan banyak juga ya pilihan dot nya. apa perlu disesuaikan dengan mulut si bayi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. disesuaikan dengan selera si bayik mas.. haha

      Delete
  6. Sepertinya saya harus pilih jodoh dulu deh mbak Tia hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, pas..
      yang diatas, temen saya lg cari jodoh tuh.. hahaha

      Delete
  7. Setuju nih, Little giant itu dotnya gede euy. Aku dulu awalnya mau pakai itu tapi anaknya ga bisa-bisa karena gak cocok sama mulutnya yg masih kecil. Ternyata masalah pilih dot yang cucok aja buat kita perjuangan yeee :D

    ReplyDelete
  8. Trading online Terpercaya Berbasis di Indonesia
    Tingkatkan kualitas Trading mu bersama HASHTAG OPTION
    Broker Terpercaya di Indonesia
    Transaksi mudah dan aman
    Minimal Deposit hanya Rp. 50.000,- sudah dapat BONUS Depo awal 10%** T&C Applied
    Dapatkan juga BONUS Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover

    Proses penarikannya Cepat banget lohhh.....
    Deposit & Penarikan paling Cepat dengan metode yang sama via Bank lokal
    Ada Akun pembelajaran untuk kamu yang ingin berlatih

    Segera Daftarkan diri anda sekarang juga di https://platform.hashtagoption.com/site/signup

    ReplyDelete

satu comment.. pahala untukmu :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...