Wednesday, January 02, 2019

Selain Punya Banyak Teman, Ini Dia 5 Kebanggan Menjadi Blogger di Era Digital


Jika diingat-diingat lagi, dulu saya termasuk orang yang ‘gaptek’, tak mengenal apa itu internet bahkan membuka laptop aja bisa dibilang masih deg-degan. Saya ingat betul sewaktu sekolah dulu, saat masih mengenakan seragam putih-biru, hampir semua teman-teman saya asik bermain friendster, tetapi tidak dengan saya. Jangankan memiliki akun friendster, ngerti mainnya aja engga. Jadi kalau teman-teman nanya “Ti, friendster lu apaan?” maka dengan tegas saya mengatakan “Duh, gua gak main gituan” 

Begitu pun ketika memasuki awal-awal SMA. Disaat teman-teman asik bermain Facebook, lagi-lagi saya gak memiliki akunnya. Entah kenapa saya dulu bisa sebegitu gapteknya, sepertinya dulu saya kurang minat dengan media sosial. Terbukti saat teman-teman saya asik memperbincangkan status-status facebook, saya cuek bebek aja, gak peduli. Malahan asik sendiri mengerjakan soal-soal matematika di buku. Kurang gaul banget ya saya

Namun semua itu berubah saat saya mulai mengidolakan seseorang..



Memang ya, terkadang mengidolakan seseorang itu membawa pengaruh besar dalam hidup. Kita cenderung ingin meniru atau melakukan hal yang sang idola itu lakukan. Pun begitu dengan saya. Dulu saat masih remaja belia saya sangat mengidolakan Raditya Dika. Kebetulan saat itu dia sangat aktif di twitter dan juga dunia blogging. Saya sebagai fans tingkat tinggi yang kepingin tau segala aktivitas kesehariannya akhirnya ikut-ikutan bikin twitter dan blog. Dari situ lah awal mula saya berinteraksi dengan dunia digital.


Selain asik main twitter karena ikut-ikutan si ‘mas idola’ tadi, saya juga mencoba untuk ikut-ikutan membuat blog. Ngeliat ‘mas idola’ posting tulisan di blog, menceritakan segala keresahan juga segala curhatannya kok keliatannya seru banget ya. Melalui blog, kita bisa cerita panjang tentang apapun, opini, tips, curhat, sharing pengalaman dan lain-lain. Kebetulan saya termasuk orang yang agak sulit mengkomunikasikan segala sesuatu secara lisan, maka saya berpikir bahwa blog merupakan media yang pas untuk saya. 

Setelah berhasil membuat akun blog, ada rasa bangga dalam diri karena akhirnya saya bisa update postingan di blog dan tulisan saya bisa dibaca oleh banyak orang. Saya membuat blog pertama menggunakan platform gratis blogspot dengan alamat www.sepatuucul.blogspot.com. Sejak saat itu saya rajin berbagi cerita di blog hingga sekarang ini. 

Semakin lama ngeblog, saya semakin merasakan manfaat dari menulis blog. Pikiran saya menjadi lebih terbuka, wawasan bertambah dan satu hal yang bikin saya bangga. Ya, saya jadi punya banyak teman. 

Kok bisa punya banyak teman? 

Iya. Sebagai seorang blogger, tentunya kita sering berkunjung ke ‘rumah’ blogger-blogger lain atau bahasa gaulnya blogwalking untuk menikmati setiap tulisan teman-teman blogger. Dari situ kita bisa saling berkomentar sehingga terjalin lah tali pertemanan.

Yang saya senang dari aktivitas blogwalking itu, saya seringkali menjumpai blogger yang sepemikiran dan senasib dengan saya. Misalnya saja, saat itu saya sedang hamil, lalu saya sering update postingan tentang kehamilan saya, kemudian saat saya blogwalking ketemu juga dengan blogger yang sedang sharing tentang kehamilannya. Akhirnya kita sering komunikasi, saling bercerita satu sama lain. Dari situ lah biasanya sesama blogger bisa saling akrab.

Tidak hanya aktivitas blogwalking, bergabung dengan komunitas blogger juga menambah lingkaran pertemanan. Wawasan pun akan bertambah karena banyak sharing ilmu yang diberikan dari komunitas-komunitas blogger tersebut. 

Bukan cuma punya banyak teman saja, Ada 5 hal yang membuat saya bangga menjadi seorang blogger atau narablog di era digital ini. 




Bisa Menyalurkan Hobi 

Dulu saya bercita-cita menjadi seorang penulis. Saya ingin menjadi penulis cerpen atau novel, kepingin punya buku karya sendiri. Tetapi sayangnya itu tidak mudah, beberapa tulisan cerpen dan draft novel yang saya buat ternyata sulit menembus penerbit.

Pernah sekali cerpen saya dimuat disebuah majalah, tetapi hanya di majalah sekolah. Tulisan saya berupa liputan pensi saat saya SMA dulu juga pernah dimuat di koran wartakota muda. Sayangnya saat itu saya tidak kepikiran untuk mengabadikan dan menyimpannya untuk kenangan. Sudah entah kemana koran tersebut. Padahal lumayan ya bisa buat portofolio.



Untungnya ada blog, meskipun cita-cita saya menjadi penulis tidak terkabulkan. Saya masih tetap bisa menyalurkan hobi menulis saya di blog ini. Ini membanggakan bagi saya.

Bisa Sharing Pengalaman 

Di dunia nyata, saya sering menjumpai orang-orang yang lebih suka didengarkan ketimbang mendengar. Orang-orang seperti ini lebih suka bercerita, namun ketika orang lain yang bercerita dia tidak menanggapi nya dengan serius. Bahkan hanya menganggap angin lalu.

Hal tersebut yang membuat saya agak jarang bercerita langsung dengan orang. Saya lebih memilih bercerita di blog, menuliskan semua yang ingin saya ceritakan, yang saya rasa. Dengan menulis di blog, sudah dijamin tulisan dibaca orang lain bahkan terkadang dapat bonus dikomentari.

Tulisan Bisa Bermanfaat Untuk Orang Lain 

Hal ini yang cukup membuat saya bangga. Ketika saya sharing atau membuat tulisan di blog, tidak disangka ternyata tulisan tersebut bermanfaat untuk orang lain yang membaca. Bahkan orang tersebut sampai mengirimkan e-mail untuk bertanya-tanya, tak jarang juga berkomunikasi melalui WA. Kalau sudah begini saya makin termotivasi untuk terus ngeblog.

Bisa Ikutan Lomba Menulis Blog 

Tidak perlu memikirkan kalah atau menang karena dengan mengikuti lomba blog, kemampuan menulis akan terus bertambah. Ikut lomba blog juga dapat membangun ide dan kreativitas dan tentunya wawasan juga akan bertambah karena kita dituntut banyak membaca agar tulisan bisa sesuai dengan tema yang ditentukan. 

Keuntungan lain yang didapat ketika mengikuti lomba blog adalah pageview meningkat. Biasanya sesama peserta lomba saling berkunjung untuk melihat postingan pesaingnya. Lumayan kan ya bisa menaikkan pageview blog. Dari sini juga biasanya yang membuat lingkar pertemanan bertambah. 

Bonusnya adalah bisa menang lomba, kalau sudah begini rasanya bangga banget. Tetapi sayangnya, dari sekian banyak lomba blog yang saya ikuti, saya seringkali hanya bisa memperoleh juara favorit. Memang sulit sih menyaingi para master lomba blog yang sudah berpengalaman dan langganan juara. Tapi gakpapa ya, namanya juga belajar. 

Bisa Dapat Penghasilan 

Di era digital seperti sekarang ini, perkembangan internet begitu pesat sehingga informasi sangat mudah di dapat. Hal ini dimanfaatkan oleh blogger untuk membuat konten kreatif yang menarik sehingga banyak diminati pembaca. Bonusnya, para blogger ini mampu meraup penghasilan dari konten yang ia sajikan. Penghasilan tersebut bisa diperoleh dari iklan google adsense, penawaran kerja sama sebuah produk, membuat konten sponsorship ataupun mengikuti kompetisi blog.

Penghasilan yang didapat pun tak tanggung-tanggung, bisa mencapai pulahan juta hingga miliaran rupiah. Contohnya saja 5 blogger terkaya di dunia berikut ini. 




Hobi menulis blog dapet bonus penghasilan, jelas bangga dong. Ketika hobi bisa menghasilkan uang maka nikmat tuhan kamu yang mana lagi yang kamu dustakan? Seneng nya pasti dua kali lipat. 

Meskipun blog ini belum banyak dapet penghasilan, Tetapi semoga kedepannya bisa lebih baik. Hobi tersalurkan, kantong tebal. Lumayan kan ya bisa buat beli popok anak. hehe.. mental ibuk-ibuk.




Selama 9 tahun menjadi blogger, belum banyak hal yang bisa saya raih. Ngeblog benar-benar murni untuk bercerita, curhat dan sharing pengalaman. Baru di tahun 2017 saya mulai membenahi blog ini agar konten-konten yang saya tulis lebih berkualitas.

Apa saja yang sudah saya raih? sedikit sih, tapi lumayan.

Mempunyai Blog TLD

Selama 8 tahun ngeblog, saya setia dengan platform gratis blogspot, hingga di awal tahun 2018 saya membeli domain dan jadilah blog ini. Dengan blog yang sudah TLD ini motivasi untuk menulis lebih meningkat lagi.

Diterima Google Adsense 

Di tahun 2018, saya juga mencoba untuk memasang adsense, Alhamdulillah diterima oleh google. Ya, meskipun saya tau mendapat penghasilan dari adsense itu sulit dan butuh proses. Tetapi bisa diterima saja, saya sudah cukup bangga. 

Kompetisi Blog 

Tahun 2017, saya mulai mengikuti kompetisi blog. Meskipun hanya juara favorit atau pemenang hiburan yang baru bisa diraih tapi saya senang karena ini pembelajaran buat saya. Ya, bisa ikut berpartisipasi dalam kompetisi blog saja saya sudah bangga, apalagi kalau bisa menjadi pemenang utama, bangga banget. 



Dengan pencapaian saya yang sangat sedikit itu, saya memiliki banyak resolusi untuk tahun 2019 ini. Berikut resolusi yang ingin saya capai..

Punya Laptop Baru/Service Laptop

Laptop saya sekarang ini, LCD nya suka ngehang. Lagi asik-asik ngeblog, tiba-tiba laptop mati. LCD nya mendadak layar putih semua. Ini sangat mengganggu aktivitas ngeblog saya.

Laptop yang tiba-tiba ngehang
Semoga tahun 2019 ada rezeki untuk membeli laptop baru atau setidaknya bisa men-service laptop ini. Syukur-syukur bisa menang lomba berhadiah laptop. Amiinn.. 

Konsisten Posting Blog

Jika tahun lalu saya sangat moody dalam menulis, tahun ini saya ingin konsisten membuat postingan. Paling tidak ada dua postingan dalam seminggu atau target dalam setahun setidaknya ada 50 postingan.

Pageview Meningkat

Meskipun sudah lama ngeblog, tapi pageview saya masih sangat sedikit. Untuk tahun ini, saya memiliki target minimal 1000 pageview per hari dan DA/PA diatas 30.

Belajar Membuat Infografis 

Saya masih sedikit kesulitan dalam membuat infografis. Ya, belum bisa semenarik temen-temen blogger yang lain. Tahun ini saya ingin banyak belajar membuat infografis agar konten yang saya buat lebih menarik.

Menang lomba Blog 

Belum pernah mendapat juara utama saat mengikuti lomba blog, tahun ini saya ingin banyak belajar dan terus mengasah kemampuan menulis agar semoga keberuntungan memihak pada saya di tahun ini. 

Dapat Job dari blog

Saya juga ingin mendapat penghasilan tambahan dari ngeblog. Semoga di tahun 2019 ada tawaran job sponsored post ataupun content placement.

Semoga semua target ini bisa tercapai dan saya bisa terus konsisten dalam menyajikan konten-konten yang menarik dan berkualitas.

Happy Blogging,
Bangga Menjadi Blogger di Era Digital 

50 comments :

  1. Ngeblog memang banyak manfaatnya selama bisa digunakan dengan baik. Makanya saya masih betah ngeblog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama. makanya saya masih setiaa meskipun udah 9 tahun. hehe

      Delete
  2. Pinginnya sih konsisten nulis. Cuma kadang mentok ke apa yang mau ditulis. Apalagi kalo stok celengan cerita perjalanan udah menipis. Hehe,

    ReplyDelete
  3. Konsistensi menulis blog memang jadi tantangan tersendiri ya mba... Kalau saya kadang di kepala banyak banget yang mau ditulis, tapi pas sampai draft postingan, suka blank hehe... Kalau belum fokus ngeblog dan masih disambi yang lain jadi agak berat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. samak, aku juga gitu. yg mau ditulis banyak banget tapi pas mau mulai nulis suka bingung mau mulai dari mana. nyari kata2 diawal2 itu agak lama. kalau udah nemu baru deh ngalir terus kesananya..

      Delete
  4. Kiriman resolusi 2019: punya anak lagi wkwkwkw

    Atau jadi fulltime blogger kaya anggota emak blogger sebelah yg udah fulltime kerjaannya ngejob baeee yg single mah ngalah ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh jangan dulu dong mbaa.. wkwkwk..

      kayaknya uee kalo jadi fulltime malah ngga bisa ngeblog, direcokin anak muluu dirumah.
      Iyak mamak-mamak hebat, dari blog aja bisa beli mobil, beli rumah.

      uee mah blm nyampe situ kemampuannya.

      Delete
  5. "Untungnya ada blog, meskipun cita-cita saya menjadi penulis tidak terkabulkan. Saya masih tetap bisa menyalurkan hobi menulis saya di blog ini. Ini membanggakan bagi saya."


    Aku padamu, Kak. Saya akhirnya memutuskan untuk mengunggah cerita2 saya ke blog. Selain membantu diri agar bisa move on, tokoh2 yg saya ciptakan jd tidak merasa sia-sia (kali aja mereka punya perasaan).

    ReplyDelete
    Replies
    1. blog jadi penyelamat banget yaaa.. tos dulu dong ah.

      Delete
  6. Sama mbak.. saya TLD juga baru Agustus 2017. Hahaha.. Alhamdulilah. Jadi makin semangat menulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa iyaa hampir sama.
      kalau saya maret 2017. (harus inget-inget nih jgn sampe lupa perpanjang) hehe..

      Delete
  7. Semoga resolusi tahun 2019 nya dapat terwujud amin :)

    ReplyDelete
  8. Betul sekali 5 , limanya Mbak, blog juga membuat kita males nganggur, bawaanya ingin nulis terus... :)

    ReplyDelete
  9. Soal gaptek...sama mba. Dulu parah. Sekarang masih...tp lumayanlah. 😀 Twitter...aku punya akun, tapi sampe sekarang blm ngerti asyiknya twitter an dimana...

    Ngeblog. Obat jenuh klo aku mba... tapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku dulu seneng bgt main twitter. seru.
      lucu-lucu juga status nya.

      sekarang udh gak semenarik dulu sih.

      Delete
  10. Yang bener2 sekarang dirasain mah punya komunitas dan temen baru ya kak.. bisa semakinberbagi ilmu dan selalu nambah ilmu.. pokoknya selalu ngeblog terus ya kak biar semakin sukses blognya hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semoga bisa konsisten ngeblog terus ya mba vik..
      smoga blog mba vik juga makin sukses.. amiinn

      Delete
  11. semoga segera terbayarkan adsensenya biar bisa memperbaiki laptopnya minimal :)

    ReplyDelete
  12. Nama blognya lucu, hi hi. Khas remaja. Sekarang berubah lebih matang sebagai nyonya yang berbahagia dengan keluarga.
    Tulisan Mbak sudah keren, kok. Ada infografisnya. Saya malah belum bisa bikin, cuma ngandalin paint dulu padahal tak bisa gambar dan tangan kanan yang kerap dipakai kerja kasar angkut barang erat jika dipakai nulis maka akan kasar hasilnya. Harus cari cara untuk bikin infografis, ya.
    Laptop Mbak harus diservis juga? SEnasib. Kalau saya korslet karena pernah disiram air minum sampai netbook basah padahal lagi nyala.Moga tahun ini kita sama-sama bisa mencapai target hidup yang lebih baik lagi, ya, Mbak.
    Sal ikut loma, ikut saja da yang penting sudah usaha. Sukses, ya, Mbak. Pencapaian Mbak Thya. Semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaampun mba ngapain disiram air laptop nya? hehe..
      iya mba semoga sama2 bisa mencapai target 2019 nya yaa..

      sukses juga buat mba nyaa

      Delete
    2. Saya tak tahu apakah Palung yang melakukannya karena usianya 3 tahun, pakai air minum. Anehnya sampai 2 kali kejadiannya. Jadi mikir apa ada yang lainnya gitu. Sedih juga. Kasihan kalau Palung bukan pelakunya. Kalau melakukannya, mengapa sampai 2 kali? Saya dan suami sampai harus jungkir balik kumpulin uang servis yang mahal.
      Semoga saja target blog kita diizinkan Allah. aamiin.

      Delete
  13. Ikut kudoakan semoga blog kak Thya semakin berkembang dan sukses, amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin makaciw mas him..

      Delete
    2. Sami-sami, kak Tia :)

      Teŕus terang konsistensi kak Tiq ngeblog 9 tahun lamanya bikin aku kagum.

      Delete
  14. Mbaa.. PV itu PeEr banget daahhh, saya awal-awal dulu agak lumayan PV hariannya, mungkin karena dulu sering ikut lomba juga kayaknya ya.
    Tapi sekarang saya kok lagi males banget ikut lomba kecuali ada embel2nya hahaha
    Secara faktor luck saya kurang, dan saya jadi agak2 baper dengan lomba.
    Pertama, iya sih dulu niat ikut lomba demi PV, saya posting awal2, trus share, dan voilaaaa, PVnya lumayan banyak hahaha

    Tapi, yang namanya saya, gak suka juga asal bikin postingan, jadi saya curahkan segala kemampuan untuk ikutan lomba itu.
    Trus pas liat postingan orang, lebih keren dan lengkap seperti punya kita, kok ya baper ya, semacam ide saya dicopas dan dikembangkan oleh ybs.
    Belum lagi karena gak pernah menang, sungguh kubaper hahaha

    Pas liat pemenangnya lebih baper lagi, kadang bingung, beberapa pemenang itu aslinya tidak sesuai kriteria.
    Misal dibatasi 1200 kata.
    Eh ada dong yang menang padalah udah 2000-3000 kata.

    Hadeh, mental saya masih harus dipacu untuk rajin ikutan lomba.
    Hadeuuhh curcol saya panjang ye hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi mba rey PV nya udah tinggi bgt itu, padahal blm selama saya kan ngeblognya.

      Iya kalo ikut lomba gitu yaa.. pas udah submit terus liat postingan orang lain lebi keren suka bikin baper. kalo aku kadang setelah liat postingan orang lgsg berkata dalam hati " kok gak kepikiran ya bikin kayak gitu" hahaha..

      emang blm berpengalaman si. hehe

      Delete
  15. Saya Bangga jadi blogger karena teryata saya bisa menulis....dari dulu cita cita ingin jadi penulis...meski belum nulis buku masih di blog tapi setidaknya tersalurkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaakk.. betul banget mas.. hobi jadi tersalurkan ya

      Delete
  16. Ucul = lucu 😁 yampunnn bahasa anak sekolahan Rata2 sama yaaa... Saya pun jama sekolah dulu suka pake kata Ucul, imoets, kyut 🤣 tapi kalo diinget2 kok ya malu jugaaa pernah alay begitu hahaha

    Semoga aa target taun 2019nya tercapai y mbakkk. Sukses selalu untuk kita. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iyaa jaman alay geli yaaa.. haha

      Amiinn.. makasi mbaa

      Delete
  17. hmm, Betul sekali 5 , limanya Mbak, blog juga membuat kita males nganggur, bawaanya ingin nulis terus... :)

    ReplyDelete
  18. Halo mbaaa, saya boleh saran gak mba? Karena mba sudah diterima di google adsense, sebaiknya mba template biar iklannya juga bisa diakses via handphone. Kan sekarang banyak tuh yang akses via handphone jadi siapa tau pendapatannya lebih meningkat.

    Tapi apa cuma di saya doang ya tampilannya kaya default?

    Semoga sukses di tahun 2019! Semoga resolusinya tercapai, dan salam blogger wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo mas asep..
      terimakaciw saran nyaa. tapi udah ku tempalate via handphone juga kok.
      emg kalo di mas gak keliatan yaa?

      Amiiinn.. salam blogger jugaa ;)

      Delete
  19. bisa mendapatkan penghasilan dengan blog emang menggiurkan banget ya mbak, yang penting tekun dan konsisten aja #jejakbiru

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya menggiurkan tapi agak susah juga hehe

      Delete
  20. Aku pengen nulis konsisten aja susahnya minta ampun mbak, doakan aku biar bisa menjadi blogger ya mbak, Salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh itu udah nulis blog, berarti udah jadi blogger dong? ;D

      Delete
  21. ada resolusi blognya yg samaaa kita, seperti yg konsisten nulis thn ini :D. akupun harus bisa mba rutin nulis seminggu sekali minimal. dulu sempet bisa, tp kemudian males2an lg... makanya thn baru ini pgn kyk dulu , jd rajin nulis :D. dan semoga temen2 dr blog jd makin banyak :). aku paling seneng kalo bisa dpt temen baru dr blog, apalagi sampe ketemu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat mbaaa.. gak boleh males2an nih kita. Konsisten, konsisten.. hehe..

      Samaaa ku juga senang punya bnyk tmn dari blog. Yuk ketemu, tgl 2 ada gathering dari blogger perempuan. Ikutan yuk

      Delete
  22. beberapa resolusina hampir mirip sama resolusi ngeblogku, ditambah lagi aku kepingin banyakin postingan organik....

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah sama.. aku juga pengen ngebanyakin postingan organik.
      biar abadi juga pengunjungnya.. hehe

      Delete
  23. konsiten ngeblog, mudah diucapkan tapi syusyah untuk beneran konsisten, hahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. betul banget itu.
      tapi dengan tekat yg kuat insyaallah bisya ;D

      Delete

satu comment.. pahala untukmu :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...