Wednesday, February 13, 2019

Bingung Cari Inspirasi Liburan? Situs Travelblog.id Bisa Jadi Pilihan



“Bulan depan liburan yuk? ” ajak pak suami pada saya 
“Hayuk! Tapi kemana ya? “ tanya saya bingung 
“Iya ya, enak nya kemana ya?” dia juga ikutan bingung 

Kalau sudah begini, sudah pasti ujung-ujung nya kami gagal liburan dan berakhir mendekam di dalam rumah aja, bertigaan dengan anak dan suami. Akhirnya waktu liburan pun kami isi dengan kegiatan yang sangat bermanfaat. Ya, apalagi kalau bukan mencuci baju, beberes rumah dan kegiatan ibu rumah tangga lainnya. Bermanfaat banget kan?



Semenjak menikah dan punya anak, saya resmi menyandang status sebagai emak-emak ‘fakir piknik’. Saya jarang banget keluar rumah, apalagi untuk liburan. Saking jarang nya liburan, diajak ke indomart aja saya seneng banget. 

Beda banget ketika belum menikah, liburan kemana aja juga saya lakoni. Naik gunung, hayo. Ke pantai, oke. Camping, berangkat. Iya, jaman masih gadis kinyis-kinyis, saya nyaris gak pernah di rumah. Ada tanggal merah sedikit, langsung atur jadwal sama temen-temen untuk liburan. Kaki rasanya gatel kalau gak jalan-jalan. 

Sewaktu masih gadis belia (jalan-jalan terus)

Jaman memang sudah berubah ya .. 

Saya yang sudah tak gadis lagi ini jadi bingung kalau ditanya mau liburan kemana. Terlebih sudah punya anak yang usia nya baru menginjak satu tahun. Liburan jadi gak se-simpel dulu lagi. 

Biasanya kalau saya udah kebelet banget pingin liburan, saya searching dulu di google, baca-baca pengalaman orang di blog agar bisa saya jadikan referensi. Namun sayangnya, pengalaman yang dituliskan terkadang kurang lengkap. Hal ini malah membuat saya semakin bingung. 

Saya pun mencoba searching lagi dan menemukan sebuah website yang sangat menarik perhatian saya. Travelblog.id namanya. 



Travelblog.id adalah sarana blog travel dan wisata yang menyediakan tempat bagi para traveler dan wisatawan untuk saling berbagi jurnal dan pengalaman. Dari situs tersebut saya bisa dapat banyak inspirasi untuk liburan. Konten yang disajikan pun sangat lengkap, mulai dari rekomendasi tempat liburan, kuliner, seni dan budaya sampai tips travelling. 

Tidak hanya itu, bagi kalian yang hobi menulis seperti saya, kita juga bisa loh jadi kontributor di situs travelblog.id. Kalau artikel kita berhasil diterbitkan, kita bisa mendapatkan point, dimana point tersebut bisa kita tukarkan dengan hadiah tertentu. Menarik banget kan ya? 

Ibarat kata pepatah, sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Inspirasi liburan dapet, hobi menulis tersalurkan dan bonusnya bisa dapet hadiah. Keren banget gak sih? 

Saking tertariknya, saya langsung mendaftarkan diri untuk menjadi kontributor. Caranya mudah, cukup dengan satu langkah. Ya, cukup dengan mengisi form pendaftaran, kita udah langsung bisa menjadi kontributor di travelblog.id 


Atau kalau gak mau ribet, kita juga bisa langsung sign in dengan google+ atau facebook. Gampang deh pokoknya. 

Lalu, Apa Sih Kelebihan dari Situs Travelblog.id? 


Tidak hanya mendapatkan inspirasi untuk berlibur, situs ini ternyata memiliki banyak kelebihan. Berikut tiga diantaranya. 


Saat pertama mengunjungi situs travelblog.id, saya langsung tertarik dengan desain header web yang khas anak muda banget. Header web tersebut melambangkan anak muda yang doyan travelling dan juga hobi menulis. Simpel dan kekinian.



Selain itu, loading web nya juga cukup cepat meski banyak gambar yang ditampilkan. Dengan loading yang cepat ini membuat pengunjung betah berlama-lama untuk menggali info lebih dalam terkait destinasi wisata, kuliner maupun tips travelling. 

Andai aja loadingnya lama, saya langsung kabur deh ke web sebelah. Hehe.. 

Situs ini juga mobile friendly loh sehingga mudah diakses melalui smartphone. Dengan begitu saya jadi mudah membuka situs ini dimana saja, terutama saat sedang di kereta ketika pulang kerja. Mantep betul kan? 


Saya baru pertama kali menemukan web yang super lengkap. Ya, cuma di travelblog.id saya bisa menemukan info yang lengkap. Tidak hanya destinasi wisata yang bisa saya dapatkan tapi juga kuliner ataupun seni dan budaya. 

Fitur nya yang komplit memudahkan kita dalam menemukan artikel yang dibutuhkan. Berikut fitur-fitur yang terdapat di travelblog.id 


Fitur ini memuat artikel yang berisi pengalaman travelling maupun rekomendasi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Melalui menu ini kita bisa tau keberagaman wisata indonesia. 

Dari menu ini, saya menemukan destinasi liburan yang cocok untuk saya dan keluarga. Ya, artikel berjudul “Taman Wisata Sukorambi, Wisata Hijau yang Bisa Dilakukan Saat City Tour di Jember” sangat menarik perhatian saya.


Pada artikel tersebut dijelaskan bahwa taman sukorambi ini merupakan taman edukasi sekaligus destinasi wisata alam dan buatan. Wah, anak saya pasti seneng nih kalau diajak kesini. Ditambah lagi biayanya juga cukup murah yaitu 12 ribu rupiah saja. Dengan biaya segitu kita udah bisa dapet wisata edukasi, ada juga taman bunga, kolam renang dari mata air dan masih banyak lagi. 

Tidak lupa, artikel ini juga dilengkapi dengan maps sehingga tak perlu khawatir tersasar jika ingin mengunjungi tempat wisata tersebut. Lengkap banget kan penjelasannya? Bikin kepingin segera liburan. 

Sedang berlibur dan ingin merasakan kuliner khas setempat kini tak perlu bingung lagi. Travelblog.id bisa jadi solusinya. Cara nya cukup mudah, langsung saja menuju menu ‘kuliner’ maka info terkait kuliner khas setempat bisa kita dapatkan. 

Menu ini berisi tips-tips dan info seputar travelling dan liburan. Ada tips naik kereta api kelas ekonomi, tips traveling low budget sampai tips bisa jalan-jalan gratis, semua lengkap disajikan di situs ini. Penasaran? Langsung aja kunjungi travelblog.id. 

Fitur ini cukup menarik. Dengan masuk ke menu ini, kita bisa tau seni dan budaya di berbagai daerah di Indonesia. Membaca artikel-artikel yang dimuat, saya jadi tau bahwa di jawa barat terdapat sisa candi hindu yang dinamakan candi cangkuang. Wah, pengetahuan saya jadi bertambah deh.. 

5. Panduan 
Bagi kamu yang ingin menjadi kontributor di travelblog.id, langsung saja masuk ke menu panduan. Menu tersebut berisi tentang ketentuan membuat artikel, point reward dan lain-lain yang berkaitan dengan persyaratan jika ingin menjadi kontributor di travelblog.id. 


Situs ini juga cocok banget buat emak-emak seperti saya yang hobi menulis. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa saya sudah mendaftarkan diri untuk menjadi kontributor. Saya makin semangat untuk menulis artikel di travelblog.id. 

Nanti setelah pulang liburan, saya langsung mau nulis cerita liburan saya ah. Tidak hanya itu, saya juga mau berbagi cerita terkait kuliner khas setempat dan tidak ketinggalan juga saya akan memberikan tips-liburan anti ribet jika membawa bayi. 

Dengan kata lain, satu kali liburan saya langsung bisa menelurkan tiga artikel sekaligus. Wah, kalau semua artikel ini diterbitkan, otomatis saya sudah bisa mendapatkan 150 poin. Travelblog.id bikin jatuh hati deh ah

Perlu diketahui bahwa poin ini merupakan program loyalty bagi kontributor travelblog.id yang memiliki akun di travelblog.id. Pemilik akun kontributor travelblog.id akan mendapatkan sejumlah poin bila konten (Artikel, Foto, dan Video) yang telah dibuat berhasil diterbitkan. Tentunya setelah melawati tahap review terlebih dahulu. 

Untuk artikel yang diterbitkan akan mendapatkan tambahan 50 point sedangkan untuk video akan mendapatkan 40 point. Poin ini bisa ditukarkan dengan hadiah tertentu.



Perlu diingat bahwa masa kadaluarsa poin ini adalah 1 tahun. Jadi kalau poin kamu sudah terkumpul, jangan lupa untuk ditukarkan dengan hadiah ya. Karena saat pergantian tahun, point akan berubah jadi 0 kembali. Sayang dong ya kalau sampai lupa menukarkan poin.



Selain Mendapatkan Poin, Apa Saja Sih Manfaat Menjadi Kontributor Travelblog.id? 

Tentunya banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan jika menjadi kontributor travelblog.id. Apa saja ya? Simak yuk. 


Dengan menjadi kontributor, bakat kita bisa tersalurkan. Selain itu kita juga bisa memiliki banyak teman dengan hobi yang sama. Tidak hanya itu, jika kita menuliskan artikel tentang wisata daerah tertentu maka tempat wisata tersebut menjadi terekspos sehingga banyak yang mengetahui. Hal ini tentunya akan memberikan dampak baik juga bagi pengelola wisata yaitu dapat meningkatkan jumlah pengunjung. 

Tidak hanya untuk kontributor, manfaatnya juga bisa dirasakan bagi para traveller yang sedang mencari referensi seputar destinasi wisata. Selain itu bagi para pecinta kuliner, mereka juga bisa mendapatkan informasi yang lengkap di situs ini. 

Intinya sih situs travelblog.id ini juara banget. Iya, kamu juara deh di hatiku. Tunggu artikel aku di situs mu ya. 





Salam,

15 comments :

  1. Wah rekomendasi tepat nih buat saya yang kurang piknik, travelblogID emang keren. Btw sukses ya buat lombanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, keren mas buat cari referensi. hehe..
      makasih mas amir :)

      Delete
  2. wah ini website baru lagi ya kak tiaaa? baru tau aku.. nanti dah kalau mau traveling dicoba pake travelid sapa tau lebih murmer ya kak.. thanks sharenya yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya web ini cuma review gitu ya mbak?

      Delete
    2. iya mba vik, cuma review aja buat kita cari referensi sebelum liburan ;)

      Delete
  3. Emang beda, jalan-jalan ketika sudah punya anak.. Wahahaha.. Alhamdulillah, istri ga banyak minta buat jalan-jalan.. Tapi sebagai suami, perlu rasanya mem-pinik-kan istri hahaha.. Karena kalau jalan sendiri-sendiri, apalagi saya yang dinas, kadang ga enak gitu..

    Terima kasih infonya mbak, suka sekali sharing-sharing hal seperti ini.. Khususnya travelblog dengan kontributor pasti lebih banyak point of viewnya.. Wuwuwuwu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, rempong deh kalau udah punya anak. kalau jalan2 sendiri aku ogah deh, ga sanggup bawa anak sendirian. hehe

      yuk mas jadi kontributor, mas himawan tuh ternyata udah jadi kontributor disana. tulisannya udah banyak.. baru tau aku.

      Delete
  4. Travel blog id kayaknya cocok nih buat aku yang suka banget jalan jalan dan suka ngeblog, ada pointnya lagi

    ReplyDelete
  5. Kebetulan aku dihubungi via email untuk jadi kontibutor di Travelblog.id oleh pengelolanya, kak.
    Tapi belum kulaksanakan gabung disana karena masih memilah foto2 agar tidak kedobelan sama dengan artikel yang sudah ada di blogku.

    Selamat gabung di Travelblog.id, kak Thya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oalah, ternyata mas him diminta untuk jadi kontributor. keren mas..
      travelblog.id ini memang cocok banget sih buat mas him yg emang travel blogger. hehe..

      sukses terus mas..

      Delete
  6. wah bisa dicoba nih ngubek-ngubek Travelid mengingat agak susah buat nyari referensi liburan yang kumplitt ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba, jd lebih gampang sekarang kalau mau nyari referensi untuk liburan

      Delete
  7. waaaahhhhh cocok ini mah buatkuuu :D. aku rutin traveling, dan suka nulis juga. apa aku ikutan jd kontributor yaaa :). td liat hadiah2nya jg menarik ;). tapi btw,ga hrs wisata indonesia kan yaaa? krn jujurnya kebanyakan yg aku datangin di luar Indonesia ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantep mbak, kalo gitu jadi kontributor aja, kayaknya gak masalah sih di luar indonesia.
      mbak fanny kan juga sering tuh review makanan. bisa juga nulis di travelblogid, untuk menu kuliner nya.

      cucok bgt ini mah buat mbak fanny

      Delete

satu comment.. pahala untukmu :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...