Ini Dia Cara Christophe Piganiol Mempertahankan Sebuah Perusahaan


Memiliki sebuah bisnis atau perusahaan merupakan profesi yang sangat menjanjikan namun juga penuh dengan resiko. Banyak para pelaku usaha yang berhasil membangun sebuah bisnis, namun sayang pada prosesnya mereka gagal untuk mempertahankan bisnis yang mereka miliki. 

Ya. Mempertahankan sebuah bisnis merupakan suatu hal yang amat sulit. Perlu kerja keras, kesabaran, ketelitian dan kedisiplinan untuk mengelola bisnis yang sedang dijalani. Pun kita tak boleh setengah-setengah dalam mengelola bisnis agar dapat bertahan dan bersaing dengan ribuan pebisnis lainnya. 

Adalah Christophe Piganiol, seorang Presiden Direktur PT Anugerah Pharmindo Lestari (APL) yang merupakan salah satu pemimpin yang patut untuk dicontoh dalam mengelola bisnis. Pasalnya beliau mampu mempertahankan sebuah perusahaan yang sudah didirikan sejak tahun 1985 di Indonesia. Keren bukan? Sebab, bukan hal yang mudah melakukan hal tersebut. 



PT. Anugerah Pharmindo Lestari atau yang dikenal dengan sebutan APL merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan jasa kesehatan di Indonesia. Layanannya mencakup Clinical Reach, penjualan dan pemasaran, distribusi, program farmasi serta layanan yang berfokus pada pasien. 

Dalam menjalankan usahanya, APL telah didukung oleh jaringan distribusi yang tersebar di 34 provinsi melalui 33 pergudangan di 28 kota dan tenaga sales yang hadir di 104 kota di Indonesia. Tak hanya itu, hingga saat ini APL sudah memiliki sekitar 2600 karyawan dan telah melayani sekitar 28.000 pelanggan di Indonesia. 

Langkah-Langkah Strategis Yang Dilakukan Christhope Piganiol Untuk Mempertahankan Perusahaan 

Mempertahankan sebuah perusahaan besar yang sudah berdiri sejak lama bukanlah hal yang mudah. Berikut ini hal-hal yang dilakukan oleh Christophe Piganiol untuk mempertahankan perusahaannya. 

#1. Terjun Langsung Menghadapi Masalah Bersama Karyawan 

Salah satu tugas kepemimpinan yang sering dilupakan oleh seorang pemimpin adalah terjun langsung ke lapangan bersama dengan karyawan untuk menghadapi suatu masalah atau hambatan serta menemukan jalan keluar bersama. Hal ini seringkali luput dilakukan oleh seorang pemimpin, namun tidak bagi Christophe Piganiol. 

Ya. Pria asal Perancis yang sebelumnya menjabat sebagai CEO di perusahaan Zuellig Pharma Korea, sebuah perusahaan induk dari APL indonesia ini selalu turun tangan menghadapi masalah bersama dengan karyawan. Bahkan beberapa waktu lalu, Christophe Piganiol mengunjungi langsung dua dari 26 kantor cabang milik APL. Dua kantor cabang yang dikunjungi tersebut berlokasi di Batam dan Pekanbaru. Pada kesempatan tersebut, Christophe Piganiol bertemu para karyawan secara langsung dan membahas berbagai masalah yang mungkin akan mereka hadapi. 

#2. Mengambil Tindakan Nyata 

Saat memimpin Zuellig Pharma di Korea, Christophe Piganiol selalu menyempatkan waktu untuk mengunjungi dan bertemu langsung dengan karyawan yang memiliki kualitas tinggi. Menurut Christophe, hal tersebut adalah suatu peluang emas. Sebab dengan begitu, ia mampu memetakan langsung apa yang sedang menjadi kebutuhan pasar serta tren apa yang sedang berlangsung saat itu. 

Berbekal pengalamannya tersebut, saat memimpin APL, ia pun menerapkan hal yang serupa. Dengan demikian, ia bisa mengambil langkah-langkah strategis untuk kemajuan APL di masa depan. 

#3. Berdiskusi Langsung Dengan Pelanggan 

Selain berdiskusi langsung dengan karyawan APL di Batam dan Pekanbaru, saat berkunjung ke Indonesia, Christophe Piganiol juga menyempatkan diri untuk berdiskusi dengan pelanggan setia APL. Beliau mendengarkan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat serta mencari solusi untuk menjawabnya. 

Christophe merasa bahwa hal tersebut merupakan hal yang penting bagi seorang pemimpin. Sebab, APL merupakan perusahaan yang sangat besar. Jaringan distribusinya pun tersebar luas sehingga harus memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Ya. Demi mencapai tujuan utama, Christophe Piganiol tidak segan untuk mengambil tindakan langsung di lapangan jika diperlukan. Tentunya hal ini adalah salah satu tanggung jawab sebagai seorang pemimpin. Sebab, menurut Christophe Piganiol, menjaga antusiasme karyawan yang bekerja langsung di lapangan juga memainkan peranan penting dalam menjaga produktivitas kerja. Pasalnya, setiap kali suara mereka didengar serta mendapatkan dukungan, maka seorang karyawan akan memiliki rasa kepemilikan terhadap perusahaan. Dengan demikian, tentunya akan mendorong perusahaan untuk terus bergerak maju serta mencapai tujuannya.



Salam,

4 comments

  1. Bener banget nih, kl punya bisnis jgn setengah2.. Biar all out dan bertahan lama :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba ella..
      harus disiplin dan konsisten biar bisa sukses bisnisnya

      Delete
  2. mmmm..kayaknya kita butuh banyak belajar nih dari Perusahaan ini biar kecipratan sukses juga.hahahah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kang nata..
      lebih tepatnya sih kudu belajar sama om christhope nya langsung.. hehehehe

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)