Tips Aman Bertransaksi Lewat Mesin EDC

Tips Aman Bertransaksi Lewat Mesin EDC


Kehadiran dari mesin EDC memang mempermudah masyarakat yang ingin melakukan transaksi keuangan, khususnya adalah dalam hal pembayaran, karena tidak perlu lagi mengeluarkan uang tunai, cukup dengan gesek kartu debit atau kartu kredit saja sudah cukup untuk bisa melakukan pembayaran. 

Begitu juga dengan para pelaku usaha yang sekarang ini sudah banyak menawarkan fitur pembayaran yang satu ini, tidak hanya di supermarket atau minimarket saja, melainkan toko kelontong sudah ada. 

Sebenarnya EDC atau electronic data capture ini merupakan sebuah alat yang dipakai untuk penerimaan pembayaran serta dapat digunakan untuk menghubungkan antar rekening bank, sehingga pembayaran yang masuk nantinya langsung menuju ke rekening pemilik bisnis atau yang sudah terdaftar, sehingga tidak perlu khawatir. 

Pada dasarnya mesin ini diterbitkan oleh sebuah perbankan dan telah terhubung dengan server yang ada, sehingga jika ingin membuat, maka bisa pilah-pilih terlebih dahulu perbankan yang terpercaya atau aman untuk transaksi Anda seperti diantaranya adalah dari bank BCA. 

Sebenarnya prinsip atau cara kerja dari mesin EDC ini sendiri mudah, yaitu nantinya Anda akan diarahkan untuk melakukan pembayaran lewat kartu debit atau kredit, bahkan juga emoney, pihak kasir akan meminta untuk menggesekkan kartu dan pemilik dapat segera menekan PIN untuk terhubung dengan rekening, setelah itu transaksi akan segera diproses dan selesai, pembayaran berhasil dilakukan. 

Pilah-pilih bank yang menawarkan layanan EDC ini juga penting karena tidak semuanya bagus, banyak yang rentan mengalami gangguan atau trouble sehingga tidak bisa dengan mudah digunakan, pilih yang sudah pasti saja seperti dari bank BCA, mengingat nasabah BCA ini sendiri juga banyak di seluruh Indonesia ada. 

Jadi nantinya transaksi bisa lebih sering untuk dilakukan. Sedangkan untuk konsumen sendiri, Anda yang sering melakukan transaksi dengan mesin ini tentunya juga mendapatkan banyak keuntungan bukan, mengingat selain lebih mudah juga praktis. 

Namun sayangnya bagi konsumen sendiri sering kali transaksi yang dilakukan lewat mesin EDC ini masih diragukan keamanannya, sehingga harus lebih berhati-hati, karena ada banyak oknum tidak bertanggungjawab yang nantinya justru akan menghack data Anda. 

Tips Aman Bertransaksi Lewat Mesin EDC


Namun jangan khawatir berikut ini diantaranya ada beberapa tips aman untuk melakukan transaksi lewat mesin EDC, diantaranya yaitu

#1. Berhati-Hati Saat Memasukkan PIN

Saat memasukkan PIN maka pastikan untuk menutupi dengan tangan, karena bagaimanapun PIN ini adalah kode penting yang dipakai dalam bertransaksi dengan menggunakan EDC, jika kode ini diketahui oleh orang lain, bisa saja akan disalahgunakan. Untuk itu harus ditutupi terlebih dahulu, pastikan bahwa orang lain tidak sampai melihatnya, apalagi untuk kombinasi yang sama akan mudah diingat. 

#2. Cek Nominal Pembayaran

Cek terlebih dahulu nominal uang pembayaran yang dibebankan kepada Anda, sudah sesuai atau belum dengan barang yang dibeli, ini dilakukan sebelum Anda memasukkan PIN kedalamnya. Banyak orang yang tidak pernah melakukan pengecekan, sehingga tidak sadar ketika sedang dicurangi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, tentunya tidak ingin hal tersebut sampai terjadi bukan. Pengecekan ini penting dilakukan guna memastikan semuanya sudah sesuai. 

#3. Perhatikan Petugas  

Saat memberikan kartu pada petugas, maka pastikan mengikuti petugas hingga ke kasir, jangan dibiarkan sendiri, bisa saja nantinya kartu Anda akan dibawa kabur atau bahkan hilang karena petugas tersebut yang lupa menaruhnya dimana, ini juga sangat membahayakan bukan. 

#4. Jangan Panik Jika Transaksi ditolak

Jika seandainya transaksi pembayaran Anda ditolak, maka pastikan jangan panik, Anda dapat menghubungi pihak bank terlebih dahulu untuk mengetahui apa penyebab penolakannya, serta mendapatkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. 

#5. Jangan Lupa Minta Kartu dikembalikan

Segera setelah transaksi pembayaran yang Anda lakukan tersebut berhasil, maka mintalah kartu Anda untuk dikembalikan, jangan sampai lupa. 

#6. Rutin Mengganti Kode PIN

Sebaiknya rutin dalam mengganti kode atau PIN kartu yang sering dipakai untuk bertransaksi. 

Bagi pelaku usaha sebenarnya keberadaan layanan pembayaran dengan memakai kartu EDC juga dapat menarik perhatian lebih banyak konsumen. Jadi jangan ragu untuk daftarkan diri, kini bank BCA bahkan sudah menyediakan sebuah aplikasi khusus yaitu Merchant BCA yang bisa bantu permudah layanan transaksi Anda. Jangan ragu lagi untuk download serta menggunakannya, download mudah langsung klik disini untuk pengguna Android, sedangkan untuk pengguna iOS bisa download di link berikut ini

Salam,



Pinjaman Gadai BPKB Mobil Di Platform Online yang Terpercaya

Pinjaman Online Terpercaya


Saat memilih untuk melakukan transaksi online, hal yang penting diperhatikan adalah keamanan yang terjamin. Terutama ketika ingin melakukan transaksi keuangan yang nilainya besar seperti mengambil pinjaman. Maka bisa untuk memilih tempat pinjaman online yang aman untuk dipilih karena ada banyak resiko yang menimbulkan ketidaknyamanan ketika asal memilih tempat pinjaman online.

Tips Memilih Tempat Pinjaman Online yang Aman

Memilih tempat yang aman juga menjadi pertimbangan yang penting untuk dilakukan untuk mengambil pinjaman gadai BPKB mobil untuk mendapatkan dana segera. Di mana cara mudah untuk mengenali dan memilih platform online yang aman untuk mengambil pinjaman adalah dengan: 

#1. Memilih platform online yang diawasi oleh OJK 

Cara pertama yang bisa digunakan untuk memilih platform online yang aman untuk mengambil pinjaman dana adalah dengan memastikan bahwa platform tersebut diawasi oleh OJK. Izin dari OJK merupakan hal yang penting untuk dimiliki oleh badan atau perusahaan yang mempunyai layanan keuangan seperti juga pinjaman online. Sehingga ketika mengambil pinjaman online bisa untuk memilih di tempat yang mendapatkan izin dari OJK, sehingga keamanannya terjamin. Legalitas dari platform online yang dipilih dengan pengawasan dari OJK menjadi hal yang paling penting untuk membantu mendapatkan tempat pinjaman online yang aman. 

#2. Memilih platform online yang mempunyai kantor jelas 

Langkah selanjutnya yang membantu untuk mendapatkan tempat yang aman untuk mengajukan pinjaman gadai BPKB mobil secara online adalah yang mempunyai alamat kantor yang jelas. Walaupun menggunakan sistem secara online, akan tetapi penting juga untuk memastikan bahwa tempat pengambil pinjaman online tersebut mempunyai alamat kantor yang jelas dan ada secara offline. Dengan mempunyai alamat kantor offline akan membantu untuk memberikan rasa tenang memilih tempat pinjaman online tersebut. Selain alamat kantor yang jelas, penting juga untuk memilih tempat yang mempunyai customer service yang bisa dihubungi sehingga relatif lebih aman karena mempunyai tempat mengadu untuk menyampaikan keluhan. 

#3. Memilih platform online yang mempunyai reputasi bagus 

Platform online untuk mengambil pinjaman juga penting yang mempunyai reputasi yang bagus. Sekarang ini sangat mudah untuk melihat reputasi dari tempat pinjaman online yang bisa didapatkan dengan bertanya kepada orang sekitar maupun mencari informasi di internet. Anda juga bisa memperhatikan mengenai testimoni yang diberikan mengenai layanan yang diberikan oleh platform pemberi pinjaman online. Sehingga dengan memperhatikan dan memilih platform yang mempunyai reputasi bagus akan membantu untuk membuat pengajuan pinjaman online yang didapatkan dengan menggunakan jaminan BPKB mobil akan lebih aman. 

#4. Memilih platform online yang mempunyai bunga yang ringan 

Salah satu ciri dari tempat pinjaman online yang perlu dihindari adalah tidak mempunyai transparansi termasuk untuk bunga yang diberikan. Padahal bunga yang diberikan merupakan faktor penting untuk memilih tempat pinjaman online karena tentunya setiap orang ingin mendapatkan bunga cicilan yang ringan. Hindari tempat yang tidak mempunyai keterbukaan informasi yang penting dan dibutuhkan. Sebaiknya pilih tempat yang menawarkan bunga pinjaman yang ringan, sehingga membuat cicilan yang perlu dibayarkan membebani keuangan Anda. Seperti tempat pinjaman di Moladin Finance Indonesia yang bisa melakukan simulasi pinjaman untuk melihat besar cicilan yang bisa didapatkan, sehingga membantu untuk mendapatkan cicilan terbaik sesuai kemampuan. 

#5. Memilih platform online yang jaminan disimpan dengan baik 

Tempat pinjaman online yang aman juga memastikan bahwa data yang diberikan saat pengajuan pinjaman akan dijamin keamanannya. Begitu juga jaminan yang diberikan juga tidak akan bermasalah dan tersimpan dengan baik. Bagi yang akan mengambil pinjaman dengan jaminan BPKB mobil, maka bisa memilih tempat pinjaman online yang menjamin keamanan jaminan yang dapat tersimpan dan terjaga dengan baik seperti dari Moladin Finance Indonesia. 

Platform online yang bisa diandalkan untuk mendapatkan pinjaman gadai BPKB mobil yang dipunyai perlu dipastikan keamanannya. Sehingga tenang untuk mengajukan pinjaman karena mempunyai keamanan yang terjamin dari data yang tersimpan dan tidak disalahgunakan, mendapatkan bunga yang ringan, dan juga plafon yang tinggi sehingga digunakan untuk berbagai kebutuhan. Tempat terbaik untuk mengambil pinjaman secara online dengan jaminan BPKB mobil yang bisa dipilih adalah di Moladin Finance Indonesia yang memberikan keamanan dengan jaminan izin dan pengawasan dari OJK.

Salam,


Feel Good, Look Great: Boost Your Confidence with Yoga Sets



If you’ve never been someone who does yoga, it might feel scary to get on the mat and get into different yoga poses with your group. That’s because many people are overly self-conscious, which also ruins the workout performance. But if you get the right yoga set, it can be a surprising boost to your confidence. With this article, let’s find out your inner yogi and get rid of self-doubt with these yoga clothes. 

How to Protect Yourself from Self-Consciousness 


Imagine having a hard time with Triangle pose because you're afraid your pants might be see-through. That's not really a recipe for mindful moving, is it? Yoga clothes are made to be useful, which adds an extra layer of protection against wardrobe accidents. Good, opaque materials in thong leggings let you move around without feeling self-conscious. These leggings are available at Cosmolle, so shopping for them would be easier. 




From Not Sure to Well-Focused 

If you want to feel good about yourself, yoga is a good choice. However, we know some people who aren’t comfortable in their skin which stops them from yoga too. A yoga set that fits well can slowly change the way you think. Cosmolle has this yoga set available with high-waisted leggings and a support bra – this set is the epitome of comfort. 

Supportive pants can hide lines you don't want to show, and a top that looks good on you can bring out your best features. When you look good in what you wear, people can tell! This greater confidence can help get rid of self-doubt and make you more determined to enjoy the beauty and challenge of the practice. 



From Clothes to Goals 

Putting on your activewear bodysuit can become a powerful routine that you do before you practice. Changing your regular clothes for a yoga set is a mental shift from focusing on daily tasks to focusing on self-care and exploring your inner self. For instance, wearing this bodysuit from Cosmolle will instantly uplift your spirits and help you achieve your goals. Also, it supports your body with the amazing fabric. 


Say What You Want and Enjoy the Journey 

Yoga is a very personal thing to do. It can be a way to show yourself to pick out a yoga set that fits your style. Are you inspired by patterns that are fun? Put on a set that shows who you are. Are you calm? Pick colors that are relaxing and fit with what you want to achieve during the lesson. Wearing clothes that make you feel good about yourself gives you confidence and self-acceptance that carry over to the mat. 

Building Confidence Takes Time 

Getting more confident on and off the mat takes time and work. For this trip, the right yoga set can be very helpful. It can give you physical comfort, protection against feeling self-conscious, and a way to show off your own style. Accept the power of yoga clothes and remember that real confidence comes from within. However, a stylish and comfortable set can definitely help you feel better and Cosmolle has a lot of options. This one by Cosmolle is enough to show your body, so you can feel confident.


 

The Bottom Line 

All in all, finding the right yoga sets might seem challenging because a little bit of mental work is way more important. We are sure this article has taught you how wearing the right clothes will boost you confidence!

5 Cara Mengetahui Sabun Cuci Muka yang Baik Untuk Kulit Wajah

Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Kulit Wajah


Mencuci muka dengan sabun merupakan cara efektif untuk mengangkat kotoran dan membersihkan sisa makeup di wajah yang bisa menjadi penyebab munculnya permasalahan kulit. Namun, manfaat sabun cuci muka atau face wash ini bisa memberikan reaksi yang berbeda pada setiap jenis kulit. 

Cara Mengetahui Sabun Cuci Muka yang Baik Untuk Kulit Wajah

Lantas, bagaimana cara mengetahui sabun cuci muka yang baik untuk wajah kita? Kamu bisa mengetahuinya dari tanda – tanda berikut ini

#1. Tidak Menyebabkan Iritasi 

Indikator termudah untuk bisa mengetahui apakah suatu produk sabun cuci muka baik atau tidak untuk kulit kita adalah yang tidak menyebabkan iritasi, terutama di bagian hidung atau pipi. Face wash dengan kandungan formula yang sesuai jenis kulit relatif aman meskipun dipakai dalam jangka waktu panjang. Namun sebaliknya, jika selama penggunaan sudah menimbulkan kemerahan, kulit terasa kering, atau muncul banyak komedo, maka sebaiknya segera beralih memakai produk yang lain. 

#2. Membuat Kulit Bebas Kilap 

Salah satu manfaat mencuci muka dengan face wash adalah bisa membersihkan kulit agar terlihat lebih segar. Jika setelah menggunakan face wash, kulit wajah jadi tampak bersih dan sehat, maka hal itu sudah cukup membuktikan bahwa sabun cuci muka tersebut memang cocok. Berbeda dengan face wash yang tidak cocok, hasilnya kulit wajah terlihat mengilap bahkan lebih mudah berminyak. 

#3. Tidak Menyebabkan Muka Menjadi Terlihat Kusam 

Cara mengetahui sabun cuci muka yang baik selanjutnya adalah yang tidak menyebabkan kulit wajah terlihat menjadi kusam atau gelap. Face wash dengan kandungan formula bahan alami seperti madu, aloe vera, dan esktrak buah – buahan, cenderung efektif membersihkan sekaligus mampu merawat kulit wajah. Keunggulan lain jika kamu menggunakan face wash berbahan alami yang aman adalah mampu memberikan kelembapan dan mengandung antioksidan. 

#4. Tidak Mudah Menyebabkan Munculnya Jerawat 

Sabun cuci muka yang baik tidak akan mudah menyebabkan munculnya jerawat, ruam, bruntusan atau membuat makin parah produksi sebum dan komedo. Karena itu, pastikan kamu memilih face wash non-acnegenic atau noncomedogenic karena tidak akan menyebabkan penyumbatan pori – pori yang memicu tumbuhnya jerawat. Jika dalam pemakaian 2 minggu, kamu mulai mengalami breakout atau kemerahan, gatal, dan tumbuh jerawat, maka perlu segera evaluasi bahan – bahan dalam produk face wash tersebut dan beralih menggunakan produk lain dengan kandungan yang cocok untuk kulitmu. 

#5. Tidak Menyebabkan Kulit Wajah Teras Kencang 

Sebagian orang mungkin pernah merasakan sensasi kulit lebih kencang seperti ditarik setelah mencuci muka dengan face wash. Jika mengalami hal itu, maka bisa dipastikan kulit wajahmu sudah kehilangan cadangan minyak di dalamnya. Namun, jika kulit terasa lembap, terasa lembut, dan kenyal, maka itu bisa menjadi pertanda sabun tersebut cocok. 

Kondisi kulit wajah yang terasa kencang jangan pernah dianggap sepele karena ternyata lebih berisiko menimbulkan iritasi, pori – pori menjadi besar, dan bahkan hingga menurunkan elastisitasnya. Begitu juga untuk jenis sabun cuci muka yang mampu menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit dalam waktu lama, maka bisa dipastikan face wash tersebut memang berkualitas. 

Itulah 5 cara mengetahui sabun cuci muka yang baik untuk kulit wajah kita. Pemilihan produk face wash yang tepat memang penting agar tidak menimbulkan permasalahan kulit lainnya yang lebih parah. 

Nah, salah satu rekomendasi produk sabun cuci muka yang baik dan sedang trendi di kalangan Generasi Z adalah Dermies Clear Me Facial Wash pH Balance. Dengan menawarkan segudang manfaat namun harga yang tetap terjangkau, tidak heran jika produk face wash ini menjadi idola para Gen Z. 

Dermies Clear Me Facial Wash pH Balance bisa membantu membersihkan wajah dari kotoran dan minyak berlebih serta dilengkapi juga dengan kandungan formula pH balance yang mampu menjaga keseimbangan pH kulit wajah. Face wash ini juga mengandung salicylic acid yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati sekaligus berperan sebagai antibakteri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. 

Ada pula Zinc PCA yang memiliki efek anti inflamasi dan anti oksidan, sehingga bisa membantu regenerasi sel – sel kulit mati dan mengontrol produksi sebum, membantu menghambat pertumbuhan jerawat, serta bersifat anti mikroba dan astringent. Kemudian saat menggunakan Dermies Clear Me Facial Wash pH Balance terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu: 
  • Pastikan kondisi tangan bersih. 
  • Kemudian, basahi wajah dengan air. 
  • Setelah itu, aplikasikan sabun ini pada wajah secara merata. 
  • Pijat lembut wajah selama 1 menit. 
  • Bilas wajah dengan air, kemudian keringkan. 
Dengan berbagai kandungan yang ada, serta ph sabun cuci muka yang baik, tentu akan membantu wajah Anda semakin terawat dan juga cantik berseri.

Salam,


Tips Memilih Instruktur Gym Terbaik untuk Program yang Optimal



Peran instruktur gym atau yang dikenal juga sebagai personal trainer sangatlah penting, apalagi untuk menunjang kebutuhan olahraga bagi seorang pemula. Karena tidak jarang diantaranya yang salah kaprah dalam melakukan latihan atau olahraga, sehingga target yang diharapkan tidak bisa dicapai secara optimal. 

Karena pada dasarnya olahraga ini memang tidak hanya ditujukan untuk kesehatan saja, banyak juga yang mengharapkan manfaat lain seperti membentuk badan sampai dengan menurunkan berat badan. Jadi tidak cukup hanya dengan melakukan latihan secara mandiri di rumah, tetapi juga penting untuk dibantu dengan seorang personal trainer yang bisa menjalankan program latihan ini di tempat gym langganan ataupun juga program di rumah, asalkan ada sarana prasarana yang memadai, sehingga tinggal panggil saja pelatih ke rumah. Ini cocok untuk kamu yang malas untuk datang ke tempat gym secara langsung. 

Tips Memilih Instruktur Gym Terbaik

Dengan adanya instruktur gym maka nantinya akan mempermudah kamu untuk menemukan pilihan latihan yang tepat. Kamu juga akan dibantu serta dipantau bagaimana perkembangan program yang sedang dijalankan tersebut. Apakah sudah sesuai dengan target yang diharapkan ataukah tidak. 

Namun jangan sampai asal dalam memilih seorang personal trainer, ikuti beberapa tips berikut ini agar mendapatkan yang terbaik, 

#1. Tetapkan Tujuan

Kamu harus tahu apa tujuan yang ingin diraih dengan mengikuti kegiatan olahraga ini, karena pada dasarnya berbeda tujuan maka akan berbeda pula jenis latihan serta personal trainer tepat yang akan memandu nantinya. Kamu juga harus mempertimbangkan beberapa aspek disini, seperti usia, tingkat keterampilan serta waktu luang yang dimiliki untuk bisa melakukan latihan tersebut karena hal-hal semacam ini juga ikut mempengaruhinya. 

#2. Meminta Rekomendasi

Tidak ada salahnya juga untuk meminta referensi dari teman atau keluarga terdekat yang sebelumnya sudah pernah menggunakan jasa seorang personal trainer. Biasanya mereka akan merekomendasikan yang terbaik sesuai dengan pengalaman yang pernah dilalui, juga akan mencegah kamu memilih pelatih yang kurang bagus. Apalagi pelatihan gym sekarang ini ada banyak dengan berbagai bidang yang berbeda-beda. 

#3. Lakukan Konsultasi Terlebih Dahulu

Jangan buru-buru dalam menjatuhkan pilihan. Alangkah baiknya jika memilih seorang pelatih setelah kamu melakukan konsultasi. Karena tidak jarang diantaranya personal trainer yang menyediakan layanan konsultasi secara gratis yang dapat dicoba oleh calon peserta mereka. Dari konsultasi yang dilakukan ini setidaknya kamu juga bisa mendapatkan gambaran penilaian mengenai kualitas mereka, apakah memang layak atau tidak untuk dipilih. 

#4. Utamakan Pelatih Yang Sudah Bersertifikat

Jangan asal pilih yang masih abal-abal meskipun mungkin dari segi tarif mereka cenderung lebih murah atau terjangkau. Jika ingin mendapatkan kualitas yang terbaik maka pastikan yang sudah punya sertifikat. Ada banyak diantaranya organisasi di Indonesia yang mengesahkan pelatih pribadi, serta tentunya ini bisa menjadi tolak ukur penilaian untuk mendapatkan yang sudah bersertifikat, karena sudah pasti mereka akan bekerja sesuai dengan standard yang ada. 

#5. Memiliki Latar Belakang Pendidikan yang Relevan

Misalnya adalah sarjana bidang olahraga, tentunya ini lebih baik untuk dipilih, dibandingkan dengan yang bidang pendidikannya tidak relevan, atau mungkin yang latar belakangnya adalah nutrisi serta kinesiologi juga pas untuk dijadikan pilihan. 

#6. Sesuaikan dengan keinginan

Pada akhirnya setiap orang punya preferensi yang berbeda-beda terkait dengan pelatih yang mereka harapkan, sehingga bisa juga mempertimbangkan hal ini, mungkin ada yang lebih nyaman dengan personal trainer yang punya gender sama atau mungkin juga memilih berdasarkan dengan penampilan mereka dan sejenisnya, hal ini dapat disesuaikan dengan keinginan masing-masing. 

Gampang-gampang sulit memang memilih instruktur gym yang tepat. Namun sekarang ini Anda bisa lebih mudah melakukan olahraga dari mana saja dengan layanan dari FIT HUB, disana bisa menemukan berbagai pilihan kelas kebugaran yang ingin dilakukan. mulai dari kelas dance, kekuatan, cardio dan sebagainya. Bahkan menariknya lagi program ini juga menawarkan uji coba gratis yang dapat diikuti. Tidak ada alasan untuk malas olahraga karena sudah ada program onlinenya.


Salam,


Tips Terbaik untuk Menciptakan Rantai Pasok yang Efisien dan Berkualitas



Perencanaan yang matang dan manajemen yang baik adalah pondasi utama yang membentuk kesinambungan operasional dalam setiap tahapan rantai pasok. Secara keseluruhan, perencanaan yang cermat memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi kebutuhan, risiko, dan peluang potensial di seluruh rantai pasok mereka. 

Dalam konteks ini, manajemen melibatkan pengelolaan sumber daya, informasi, dan risiko secara efektif. Manajemen yang efisien membantu perusahaan untuk merespons perubahan pasar dengan cepat, mengoptimalkan biaya operasional, dan meningkatkan kualitas layanan. Disamping itu, manajemen risiko yang baik juga diperlukan untuk mengantisipasi dan mengatasi tantangan yang mungkin muncul dalam rantai pasok, seperti ketidakstabilan pasokan atau masalah logistik. 

Berikut ini beberapa tips yang dapat diterapkan untuk menciptakan rantai pasok bagi bisnis Anda. 

Manajemen dan Kelola Risiko 

Dalam menciptakan rantai pasok yang efisien dan berkualitas, manajemen dan pengelolaan risiko memegang peran krusial. Pertama, identifikasi dan evaluasi risiko-risiko potensial yang dapat mempengaruhi kinerja rantai pasok. Hal ini melibatkan penilaian terhadap faktor-faktor seperti ketidakstabilan pasokan, fluktuasi harga, atau masalah logistik. 

Setelah risiko diidentifikasi, langkah selanjutnya adalah merancang strategi mitigasi yang efektif. Pemahaman mendalam tentang risiko membantu perusahaan untuk merancang solusi yang tepat, seperti penentuan penyedia cadangan atau pengembangan rencana kontinuitas bisnis. Disamping itu, penting untuk menerapkan teknologi dan sistem informasi yang canggih untuk memonitor dan mengelola risiko secara real-time, sehingga perusahaan dapat merespons dengan cepat terhadap perubahan kondisi pasar atau masalah operasional. 

Selanjutnya, penting untuk membangun kolaborasi yang kuat dengan mitra bisnis dalam rantai pasok. Hal ini dapat mencakup pertukaran informasi secara terbuka, komunikasi yang efisien, dan pembagian tanggung jawab yang jelas. Dengan membangun hubungan yang solid dengan pemasok, distributor, dan pihak terkait lainnya, perusahaan dapat menciptakan jaringan rantai pasok yang tangguh. Kolaborasi erat memungkinkan untuk pengelolaan risiko yang lebih baik, serta peningkatan efisiensi melalui pertukaran ide dan praktik terbaik. 

Otomatisasi dengan Penggunaan Teknologi 

Penerapan sistem otomatisasi dalam manajemen persediaan dapat mengoptimalkan proses pengadaan, penjualan, dan distribusi. Penggunaan perangkat lunak canggih dan algoritma prediktif dapat membantu perusahaan untuk meramalkan permintaan dengan lebih akurat, sehingga mengurangi risiko kelebihan persediaan atau kekurangan stok. Disamping itu, otomatisasi juga dapat diterapkan dalam pemantauan kinerja rantai pasok secara real-time, memungkinkan perusahaan untuk merespons dengan cepat terhadap perubahan kondisi pasar atau kendala operasional. 

Kemudian, integrasi teknologi Internet of Things (IoT) dapat memberikan visibilitas yang lebih baik terhadap seluruh rantai pasok. Sensor-sensor yang terhubung pada peralatan dan inventaris dapat memberikan data secara langsung, memungkinkan perusahaan untuk melacak dan mengelola aset mereka dengan lebih efisien. Disamping itu, penggunaan teknologi blockchain juga dapat membantu meningkatkan transparansi dan keamanan dalam transaksi bisnis antara mitra dalam rantai pasok. 


Pastikan Truk Pengantar Memiliki GPS 

GPS (Global Positioning System) memungkinkan pemantauan real-time terhadap lokasi truk pengantar selama perjalanan mereka dalam rantai pasok. Dengan memanfaatkan teknologi GPS, perusahaan dapat meningkatkan visibilitas terhadap pergerakan barang dan memastikan pengiriman tepat waktu. Informasi akurat mengenai posisi truk juga memungkinkan perusahaan untuk merencanakan rute pengiriman yang optimal, mengurangi waktu perjalanan dan biaya bahan bakar, serta meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan. 

Untuk memastikan truk pengantar dalam rantai pasok Anda dilengkapi dengan GPS anda perlu mengetahui cara memasang gps di mobil truk. Pertama-tama, identifikasi sistem GPS yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan karakteristik armada truk Anda. Pilihlah solusi GPS yang dapat memberikan pemantauan real-time, pelacakan rute, dan integrasi dengan sistem manajemen rantai pasok yang sudah ada. Setelah memilih sistem yang tepat, lakukan instalasi hardware GPS di setiap truk. Hardware ini umumnya terdiri dari perangkat GPS itu sendiri dan sensor-sensor yang dapat mengumpulkan data terkait performa truk, seperti kecepatan, konsumsi bahan bakar, dan waktu berhenti. 

Kenali Peran dan Tanggung Jawab Setiap Pihak 

Identifikasi dengan jelas peran masing-masing mitra dalam rantai pasok, termasuk pemasok, produsen, distributor, dan pengecer. Memahami fungsi dan tanggung jawab setiap pihak membantu mengurangi ketidakjelasan dan meningkatkan koordinasi antar anggota rantai pasok. Pemasok bertanggung jawab atas penyediaan bahan baku atau produk, produsen memastikan proses produksi berjalan lancar, distributor mengelola pengiriman dan penyimpanan, sedangkan pengecer berinteraksi langsung dengan pelanggan. Dengan pemahaman yang jelas mengenai peran ini, perusahaan dapat merancang strategi yang lebih efektif untuk mengelola rantai pasok secara holistik. 

Selain itu, penting untuk menetapkan tanggung jawab terkait keberlanjutan dan keamanan dalam rantai pasok. Masing-masing pihak harus memiliki tanggung jawab terhadap praktik-praktik bisnis yang ramah lingkungan, serta keamanan produk dan layanan. Kolaborasi erat dalam mengenali risiko dan mengatasi tantangan dapat memastikan rantai pasok yang lebih tangguh dan andal. 

Pahami Perawatan Mobil Box bagi Industri F&B 

Dalam upaya menciptakan rantai pasok yang efisien dan berkualitas dalam industri makanan dan minuman (F&B), pemahaman yang mendalam mengenai perawatan mobil box menjadi krusial. Perawatan yang teratur melibatkan pemeriksaan rutin terhadap mesin, sistem pendinginan, sistem kelistrikan, dan komponen-komponen krusial lainnya. Keandalan mobil box sangat penting untuk memastikan bahwa produk makanan dan minuman dapat terhindar dari kerusakan akibat kondisi transportasi yang tidak memadai. 

Selanjutnya, pelatihan pengemudi mobil box pendingin juga merupakan aspek penting dalam perawatan. Pastikan pengemudi memahami tata cara mengemudi yang baik untuk melindungi integritas produk. Hal ini melibatkan penanganan yang hati-hati terhadap muatan, pencegahan goncangan, dan penanganan barang yang sensitif terhadap suhu. Memberikan pemahaman yang baik kepada pengemudi mengenai pentingnya peran mereka dalam menjaga kualitas produk selama perjalanan akan mendukung keberhasilan rantai pasok F&B. 

Secara keseluruhan, menciptakan rantai pasok yang efisien dan berkualitas melibatkan integrasi yang sinergis antara perencanaan, manajemen, dan penerapan teknologi. Pentingnya perencanaan yang matang dan manajemen yang efektif menjadi pondasi utama dalam mencapai tujuan rantai pasok yang berdaya saing. Oleh karena itu, perusahaan dituntut untuk terus memperbaiki dan meningkatkan strategi rantai pasok mereka agar dapat beradaptasi dengan dinamika pasar yang terus berubah.

Salam,


Menjelajahi Masa Depan Perdagangan 4.0 dengan Keajaiban Bisnis Online yang Mengubah Pasar



Dalam perjalanan menjelajahi masa depan perdagangan 4.0, bisnis online menjadi keajaiban yang mengubah paradigma pasar secara mendalam. Dengan perkembangan teknologi digital yang pesat, bisnis online telah tumbuh menjadi kekuatan utama dalam perekonomian global, menawarkan peluang luar biasa dan mengubah cara kita berbelanja, berinteraksi, dan berbisnis. 

Popularitas bisnis online terutama terkait dengan kemudahan aksesibilitas dan kenyamanan yang ditawarkannya. Konsumen kini dapat menjelajahi berbagai produk dan layanan dari kenyamanan rumah mereka, memilih dari berbagai opsi dengan hanya beberapa klik. Fenomena ini memicu pertumbuhan pasar e-commerce yang luar biasa, di mana platform seperti Shopee, Lazada, dan Tokopedia menjadi pusat aktivitas perdagangan online yang mendominasi. Selain itu, kemajuan dalam teknologi pembayaran digital dan keamanan online telah mempercepat pertumbuhan bisnis online, menciptakan ekosistem perdagangan yang lebih aman dan efisien. 

Untuk memahami lebih lanjut tentang bisnis online dalam era perdagangan 4.0, berikut ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui. 

Penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) untuk Rekomendasi yang Lebih Akurat 

AI telah menjadi kekuatan penggerak di balik pengalaman belanja online yang lebih personal dan relevan. Melalui analisis data besar-besaran, mesin pembelajaran, dan algoritma yang cerdas, platform e-commerce mampu memahami perilaku belanja individual pelanggan. Hal ini memungkinkan AI untuk memberikan rekomendasi produk yang lebih tepat sasaran, mempertimbangkan preferensi dan riwayat pembelian sebelumnya, serta tren pasar terkini. 

Penerapan kecerdasan buatan tidak hanya memperkaya pengalaman pelanggan, tetapi juga membantu pengecer meningkatkan konversi penjualan. Algoritma yang terus berkembang dapat memprediksi dengan lebih baik apa yang mungkin diminati oleh pelanggan, bahkan sebelum mereka menyadari kebutuhan tersebut. 

Teknologi Blockchain dalam Rantai Pasokan 

Blockchain adalah sistem terdistribusi yang memungkinkan catatan transaksi terenkripsi dan terotentikasi secara aman dan transparan. Dalam rantai pasokan, teknologi ini menawarkan kemampuan untuk meningkatkan keamanan, keandalan, dan efisiensi operasional. Setiap transaksi yang terjadi dalam rantai pasokan, mulai dari produksi hingga distribusi, dapat dicatat dan diverifikasi oleh semua pihak yang terlibat, menciptakan jejak digital yang tak berubah. 

Keuntungan utama dari penerapan teknologi blockchain dalam rantai pasokan adalah kemampuannya untuk memberikan visibilitas real-time atas seluruh proses. Hal ini memungkinkan pemangku kepentingan, termasuk produsen, distributor, dan pengecer, untuk melacak status dan lokasi barang dengan cepat dan akurat. Selain itu, dengan sistem yang terdesentralisasi, risiko kehilangan data atau kecurangan dapat dikurangi secara signifikan. 


Adanya Kebutuhan Visibilitas Online 

Peningkatan konektivitas dan penetrasi internet telah mengubah perilaku konsumen, membuatnya lebih cenderung mencari informasi dan melakukan pembelian secara online. Oleh karena itu, para pelaku bisnis perlu memahami bahwa visibilitas online bukan sekadar pilihan, melainkan suatu keharusan. Menjadi terlihat dan terjangkau di dunia maya merupakan kunci untuk menarik perhatian konsumen dan membangun kepercayaan dalam lingkungan perdagangan digital. 

Visibilitas online bukan hanya tentang keberadaan di platform e-commerce, tetapi juga melibatkan strategi pemasaran digital yang efektif. Mengoptimalkan kehadiran di mesin pencari (SEO), berinteraksi melalui media sosial, dan menggunakan iklan online menjadi semakin penting. Sebagai keajaiban bisnis online, SEO membuka peluang bagi perusahaan untuk meningkatkan peringkat situs web mereka di hasil mesin pencari, sehingga lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Di Indonesia, dengan pertumbuhan penggunaan internet yang pesat, jasa SEO Indonesia tidak hanya menjadi alat penting untuk meningkatkan visibilitas, tetapi juga untuk memahami dinamika pasar lokal, preferensi konsumen, dan tren industri yang dapat membantu perusahaan mengoptimalkan strategi bisnis mereka. 

Penggunaan Chatbot dan Layanan Pelanggan Otomatis 

Chatbot merupakan alat kecerdasan buatan yang memberikan kemampuan untuk berinteraksi dengan pelanggan secara otomatis, memberikan respon cepat terhadap pertanyaan, dan menyelesaikan permintaan tanpa memerlukan intervensi manusia. Di tengah pertumbuhan volume transaksi online dan kebutuhan pelanggan yang semakin kompleks, penggunaan chatbot memberikan solusi efisien untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. 

Keuntungan utama dari penggunaan chatbot adalah ketersediaannya 24/7, memungkinkan pelanggan mendapatkan bantuan atau informasi kapan pun diperlukan. Selain itu, dengan kemampuan pembelajaran mesin, chatbot dapat menjadi lebih cerdas seiring waktu, memahami preferensi pelanggan dan memberikan rekomendasi yang lebih personal. Dalam konteks perdagangan 4.0, di mana kecepatan dan keterjangkauan menjadi kunci, layanan pelanggan otomatis melalui chatbot tidak hanya memberikan efisiensi, tetapi juga meningkatkan daya saing bisnis online dalam memenuhi harapan pelanggan yang semakin tinggi. 

Adopsi Pembayaran Digital dan Cryptocurrency 

Perkembangan teknologi finansial telah membuka pintu bagi transaksi online yang lebih cepat, aman, dan efisien melalui sistem pembayaran digital. Dengan menggunakan aplikasi pembayaran, dompet digital, dan metode pembayaran nontunai lainnya, pelanggan dapat dengan mudah melakukan transaksi tanpa ketergantungan pada uang tunai fisik. 

Selain pembayaran digital, cryptocurrency, seperti Bitcoin dan Ethereum, semakin mendapatkan perhatian sebagai bentuk pembayaran alternatif. Keunggulan utama cryptocurrency adalah desentralisasi dan keamanan yang tinggi melalui teknologi blockchain. Dalam perdagangan 4.0, di mana bisnis online beroperasi dalam lingkungan global dan lintas batas, penggunaan cryptocurrency dapat mengurangi hambatan pembayaran internasional, mempercepat proses, dan mengurangi biaya transaksi. Meskipun masih menghadapi beberapa tantangan regulasi dan fluktuasi nilai, adopsi cryptocurrency menunjukkan tren pertumbuhan yang menjanjikan, membuka potensi besar dalam membentuk masa depan pembayaran digital yang lebih inklusif dan efisien. 

Pemasaran Digital menjadi Kunci Utama 

Peningkatan konektivitas dan penetrasi internet telah mengubah cara konsumen mencari informasi, berinteraksi, dan berbelanja. Pemasaran digital memberikan alat yang kuat untuk menjangkau dan terlibat dengan audiens secara lebih efektif melalui berbagai platform online, termasuk media sosial, mesin pencari, dan kanal lainnya. Dengan menyasar kampanye pemasaran secara tepat pada segmen target, bisnis online dapat membangun brand awareness, menciptakan interaksi langsung dengan pelanggan, dan meningkatkan konversi penjualan. 

Selain itu, pemasaran digital memberikan keunggulan analisis data yang mendalam, memungkinkan perusahaan untuk memahami perilaku konsumen dengan lebih baik. Dengan melibatkan teknik-teknik seperti analisis data, pelacakan perilaku pengguna, dan personalisasi konten, bisnis online dapat menciptakan pengalaman pribadi dan relevan bagi pelanggan. 

Dalam konteks menjelajahi masa depan perdagangan 4.0, peran pemasaran digital, terutama di lingkup jasa periklanan di Jakarta, menjadi kunci utama dalam membentuk citra dan daya saing bisnis online. Sebagai pusat kegiatan ekonomi dan bisnis di Indonesia, Jakarta menjadi arena yang semakin penting bagi agensi periklanan yang ingin membantu perusahaan mencapai kesuksesan dalam lingkungan perdagangan 4.0 yang terus bertransformasi. Advertising agency jakarta berperan vital dalam merancang dan melaksanakan strategi iklan yang menghadirkan nilai tambah, tidak hanya dari segi promosi, tetapi juga dalam memahami dinamika pasar lokal yang unik. 

Secara umum, dalam keadaan dimana konektivitas dan teknologi semakin berkembang, kesuksesan bisnis online bukan hanya bergantung pada penjualan produk, tetapi juga pada kemampuan adaptasi terhadap tren dan teknologi baru. Perusahaan yang mampu memanfaatkan keajaiban bisnis online dengan cerdas, termasuk pemasaran digital, pembayaran digital, dan teknologi blockchain, memiliki peluang besar untuk menjadi pemimpin dalam industri mereka.

Salam,


UTBK SNBT 2024: Persiapan Intensif dengan Brain Academy By Ruangguru

Brain Academy Ruangguru


Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SNBT) merupakan salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri (PTN) yang paling diminati oleh para siswa SMA/MA/SMK. UTBK-SNBT diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan merupakan tes yang mengukur kemampuan akademik dan potensi akademik siswa. 

UTBK-SNBT 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 26-28 Maret 2024 dan 23-25 April 2024. Tes ini terdiri dari dua bagian, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). TPS mengukur kemampuan umum siswa dalam bidang penalaran umum, kemampuan kuantitatif, dan kemampuan bahasa. TKA mengukur kemampuan siswa dalam bidang pengetahuan dan pemahaman umum, pengetahuan kuantitatif, dan pengetahuan dan pemahaman dasar sains dan teknologi. 

Untuk bisa lolos UTBK-SNBT, siswa harus mempersiapkan diri dengan baik. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti bimbel. Bimbel Persiapan UTBK SNBT 2024 bisa membantu siswa untuk belajar secara intensif dan efektif. 

Brain Academy By Ruangguru merupakan salah satu bimbel UTBK-SNBT yang terpercaya. Brain Academy memiliki tim pengajar yang kompeten dan berpengalaman. Selain itu, Brain Academy juga memiliki berbagai fasilitas yang lengkap untuk mendukung proses belajar siswa, seperti video belajar, soal latihan, dan tryout. Brain Academy juga punya cabang yang sudah tersebar di berbagai kota. Total cabangnya ada 235, lho. 

Keunggulan Brain Academy untuk lolos UTBK-SNBT

Berikut adalah beberapa keunggulan Brain Academy yang bisa membantu siswa untuk lolos UTBK-SNBT: 

#1. Kurikulum yang sesuai dengan standar LTMPT 

Brain Academy memiliki kurikulum yang disusun oleh tim pengajar yang kompeten dan berpengalaman. Kurikulum ini disusun sesuai dengan standar LTMPT, sehingga siswa bisa belajar dengan tepat sasaran. 

#2. Pengajar yang kompeten dan berpengalaman 

Brain Academy memiliki tim pengajar yang kompeten dan berpengalaman dalam mengajar UTBK-SNBT. Pengajar Brain Academy akan membantu siswa untuk memahami materi dan mengerjakan soal dengan tepat. 

#3. Fasilitas belajar yang lengkap 

Brain Academy memiliki berbagai fasilitas belajar yang lengkap untuk mendukung proses belajar siswa, seperti video belajar, soal latihan, dan tryout. Fasilitas-fasilitas ini akan membantu siswa untuk belajar secara efektif dan efisien. 

Brain Academy menawarkan berbagai paket bimbel UTBK-SNBT yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Paket bimbel Brain Academy bisa diikuti secara online maupun offline. 

Bagi siswa yang ingin lolos UTBK-SNBT, Brain Academy By Ruangguru bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan mengikuti bimbel Brain Academy, siswa bisa belajar secara intensif dan efektif untuk meraih impiannya masuk PTN favorit. 

Berikut adalah beberapa tips untuk mempersiapkan UTBK-SNBT: 

  • Mulailah belajar sejak dini ; Semakin dini siswa mulai belajar, semakin banyak waktu yang dimiliki untuk mempelajari materi UTBK-SNBT. 
  • Buat jadwal belajar yang teratur; Buatlah jadwal belajar yang teratur agar siswa bisa belajar dengan efektif. 
  • Lakukan latihan soal secara rutin ;  Latihan soal secara rutin akan membantu siswa untuk terbiasa dengan format soal UTBK-SNBT. 
  • Beristirahat yang cukup ; Pastikan siswa beristirahat yang cukup agar kondisi fisik dan mentalnya tetap prima saat UTBK-SNBT. 
Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi siswa yang akan mengikuti UTBK-SNBT 2024. Selamat belajar dan semoga sukses. Bisa juga ikut kelas Brain Academy di Ruangguru ya. Persiapan menuju SNBT lebih matang, kamu juga bisa menangin hadiah uang ratusan juta juga! Jadi, tunggu apalagi? Buruan daftar sekarang juga!

Salam,


Review Somethinc 5% Mandelic Acid Mild Exfoliating Serum dan 10% Lactic + Glycolic Peeling Serum



Tak jarang mungkin salah satu dari kalian kerap mengalami masalah kulit, misalnya muncul jerawat atau kulit kusam. Ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya seperti padatnya aktivitas kalian baik di dalam ataupun di luar ruangan. Selain itu, menggunakan produk skincare yang tidak sesuai juga ternyata kurang maksimal untuk membantu membersihkan kulit wajah, faktor cuaca, dan gaya pola hidup yang tak sehat. 
Namun di sisi lain, masyarakat Indonesia dan juga mereka yang berada di berbagai belahan dunia mendambakan kulit yang sehat, mulus, dan glowing. Salah satu yang mereka impikan adalah memiliki kulit glowing bak idol Korea. 

Salah satu cara untuk mendapatkan kulit wajah yang mulus dan glowing adalah dengan melakukan eksfoliasi secara rutin yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati. Adapun cara eksfoliasi adalah dengan memakai exfoliating serum yang mengandung bahan – bahan aktif yang mampu mencerahkan kulit wajah sekaligus membuat teksturnya lebih mulus. 

Adapun rekomendasi serum eksfoliasi dari brand lokal yang wajib dicoba adalah Somethinc. Brand lokal ini menghadirkan dua exfoliating serum yaitu 5% Mandelic Acid Mild Exfoliating Serum dan 10% Lactic + Glycolic Peeling Serum. 

Founder of BeautyHaul Group, Irene Ursula menerangkan bahwa dengan menggunakan formula dan teknologi terbaru yang sudah disesuaikan dengan kondisi permasalahan kulit orang di Indonesia. Somethinc menghadirkan 2 serum baru yakni 5% Mandelic Acid Mild Exfoliating Serum dan 10% Lactic + Glycolic Peeling Serum. Untuk informasi selengkapnya mengenai kedua serum Somethinc terbaru ini, simak ulasan berikut ini! 

Review Somethinc 5% Mandelic Acid Mild Exfoliating Serum dan 10% Lactic + Glycolic Peeling Serum


#1. Manfaat 

Kedua serum glowing eksfoliasi yaitu 5% Mandelic Acid Mild Exfoliating Serum dan 10% Lactic + Glycolic Peeling Serum memiliki berbagai manfaat mulai dari mencerahkan kulit wajah hingga mengurangi komedo baik whitehead maupun blackhead. Selain itu, serum Somethinc terbaru ini juga bisa membantu menghaluskan tekstur dan pori – pori, sekaligus mampu memudarkan bekas jerawat dan flek hitam. 

Berdasarkan hasil survey 95% pengguna setuju bahwa dengan menggunakan serum Somethinc sebagai eksfoliasi bisa menghasilkan kulit wajah yang terlihat lebih mulus dan glowing. Selain itu, serum somethinc ini pun aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui, serta remaja mulai dari usia 11 tahun. 



#2. Perbedaan 

Somethinc 10% Lactic + Glycolic Peeling Serum dilengkapi dengan 7x glowing effect yang bisa membantu mencerahkan kulit lebih cepat. Maka berarti, 10% Lactic + Glycolic Peeling Serum juga cocok untuk kulit normal dan berminyak. 

Sementara, 5% Mandelic Acid Mild Exfoliating Serum bekerja untuk mengangkat sel kulit mati dengan potensi iritasi yang sangat minim. Jadi, Somethinc 5% Mandelic Acid Mild Exfoliating Serum bisa dibilang sangat cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat. 

#3. Cara Pemakaian 

Eksfoliasi menjadi tahap penting untuk skincare dan tidak boleh terlewatkan. Eksfoliasi wajah bisa dilakukan dengan mudah di rumah, tentunya dengan menggunakan produk dan petunjuk yang tepat. Kedua serum glowing eksfoliasi ini yakni 5% Mandelic Acid Mild Exfoliating Serum dan 10% Lactic + Glycolic Peeling Serum bisa digunakan setiap hari pada malam hari. Pemakaian serum Somethinc yang teratur diklaim bisa membuat kulit lebih sehat dan bersinar dalam 2 minggu. 

Kamu bisa beli kedua serum Somethinc terbaru ini di beautyhaul.com. Dengan memakai serum Somethinc dengan kandungan formula dan teknologi terbaru yang telah disesuaikan dengan kondisi permasalahan kulit orang Indonesia ini, kamu bisa mendapatkan kulit wajah yang sehat, mulus, dan glowing.

Salam,