Review Body Care Scarlett Whitening Coffee Edition dan Shower Scrub Jolly


Review Body Care Scarlett Whitening Coffee Edition dan Shower Scrub Jolly

Setelah sebelumnya saya mencoba body care Scarlett yang terdiri dari body scrub Romansa, shower scrub Pomegrante dan juga lotion Jolly, kini saya benar-benar kecanduan dan ingin merasakan varian lain dari Scarlett. 

Yang membuat saya tertarik dan ketagihan mencoba Scarlett Whitening selain karena aromanya yang enak, juga karena produk body care dari scarlett ini mengandung Niacinamide, Kojic Acid, Glutathione dan Vitamin E yang dapat mencerahkan, melembabkan dan menutrisi kulit. Pun semua produknya sudah terdaftar di BPOM, jadi aman banget digunakan. 

Dan senengnya lagi, ternyata baru-baru ini Scarlett mengeluarkan rangkaian body care varian baru, yaitu Scarlett Whitening Coffee Edition, yang meliputi Body Scrub dan Shower Scrub. Ada juga Shower Srub varian baru lainnya, yaitu Shower Scrub Jolly. 

Tanpa banyak berpikir, saya pun langsung meminang Scarlett Whitening Coffee Edition dan juga Shower Scrub varian Jolly. Bagaimana review lengkapnya? Simak terus artikel ini sampai akhir yaa.. 

Review Scarlett Whitening Coffee Edition

Body Srub dan Shower Scrub Coffee

Jadi, karena tergoda dengan varian baru Scarlett yang menurut saya cukup unik, akhirnya saya pun mencoba Shower Scrub dan Body Scrub Coffee ini. Sungguh, baru kali ini ada body care dengan aroma kopi, gimana gak kepo kan? Apalagi untuk pecinta kopi, wajib banget sih cobain Scarlett Body Care Coffee Edition ini. 

Oya, saat pengiriman, produknya ini dikemas dalam box cantik yang kokoh. Produknya juga dilapisi oleh bubble wrap jadi terjamin aman, produk tidak akan rusak saat sampai di tangan.

Scarlett Whitening Body Scrub Coffee

Body Scrub Coffee

Packaging

Scarlett Whitening Body Scrub Coffee ini dikemas dalam jar plastik berbentuk bulat dengan dominasi warna cokelat. Berbeda dengan body scrub lainnya, untuk varian Coffee ini, jar nya transparan sehingga dapat terlihat jelas isi produknya.

Jar tersebut dilengkapi dengan tutup ulir dan di dalam penutupnya ada lapisan pelindung berupa alumunium foil sehingga isinya tetap higienis sebelum digunakan. Kemasannya juga dilengkapi dengan beragam gambar kopi yang semakin memperjelas bahwa body scrub ini memiliki aroma kopi. 

Pada packagingnya juga terdapat informasi yang lengkap, mulai dari nomor BPOM, ingredients, cara pemakaian, tanggal expired, stiker hologram, nama produsen, logo halal MUI dan logo not test on animals.


Ingredients
Aqua Demineralisata, Polyethylene, Cetearyl Alcohol, Cetyl Alcohol, Mineral Oil, Glycol Distearate, Glycerin, Propanediol, Perfume, Glutathione, Tocopheryl Acetate, Dmdm Hydantoin, Triisopropanolamine, Acrylates, Cl 77400

Tekstur, Aroma dan Isi

Body Scrub Coffee

Body Scrub Coffee memiliki tekstur berbentuk scrub berwarna cokelat muda, namun buliran scrubnya halus dan lembut sehingga gak sakit saat diaplikasikan ke kulit. Aromanya? tentu aja kopi banget! 

Coba deh bayangkan kopi yang baru saja diseduh dengan air panas, aromanya menyeruak ke sekeliling gitu kan? Nah, persis banget! Saat kemasan body scrub ini dibuka, aroma kopinya langsung menyeruak. Seger, calm, dan menenangkan banget aromanya. Dalam satu kemasan body scrub ini berisi 350 gram.

Cara Pemakaian

Cara pemakaiannya mudah, seperti scrub pada umumnya, yaitu cukup gunakan scrub ke seluruh tubuh, lalu diamkan selama 2-3 menit. Setelah itu, gosok secara perlahan-lahan lalu bilas dengan air bersih. 

Scarlett Whitening Brightening Shower Scrub Coffee

Shower Scrub Coffee

Packaging

Scarlet Whitening Brightening Shower Scrub Coffee dikemas dalam botol plastik transparan sehingga sangat terlihat jelas isi produknya yang berwarna cokelat. Kemasan botolnya juga cukup travel friendly sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana.

Tutupnya menyatu dengan botol berbentuk flip top berwarna putih sehingga tak mudah tumpah. Informasi dikemasannya juga informatif, yaitu ada nomor BPOM, ingredients, cara pemakaian, tanggal expired, stiker hologram, nama produsen, logo halal MUI dan logo not test on animals. 

Ingredients
Aqua Demineralisata, Sodium Laureth Sulfate, Acrylates Copolymer, Lauryl Betaine, Sodium Lauryl Sulfate, Coconut Fatty Acid Diethanolamide, Perfume, Cocamidopropyl BetaineAmmonium Salt, Glutathione, Hydrolyzed Collagen, Polyethylene, Dmdm Hydantoin, Tocopheryl Acetate, EDTA, Citric Acid, Coffee Extract, CI 77400. 

Tekstur, Aroma dan Isi

Shower Scrub Coffee

Tekstur Shower Scrub Coffee berbentuk gel berwarna cokelat serta dilengkapi dengan butiran scrub berwarna-warni. Butiran scrub ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati sehingga dapat membantu membersihkan tubuh dengan maksimal.  

Untuk aromanya itu kopi banget tapi gak terlalu strong. Ada aroma manis dan lembut juga kayak es krim kopi kali yaa. Saat botol dibuka, aroma kopinya langsung semerbak banget. Apalagi saat diaplikasikan ke badan, duh.. berasa mandi sambil ngopi. 

Untuk busanya, Shower Scrub Coffee ini menghasilkan busa yang cukup, tidak terlalu banyak maupun sedikit. Dalam satu botol berisi 300 mL.

Cara Pemakaian

Cara pemakaiannya sama seperti menggunakan sabun biasa, yaitu basahi tubuh dengan air, lalu usapkan sabun ke seluruh bagian tubuh. Setelah itu bilas dengan air. 

Review Scarlett Brightening Shower Scrub Jolly

Shower Scrub Jolly

Selain mencoba varian coffee, saya juga mencoba shower scrub varian baru lainnya. Yaps, kini scarlett juga menghadirkan shower scrub dengan varian-varian body lotion, yaitu Jolly, Freshy dan Charming. Dan yang baru saya coba adalah varian Jolly. Penasaran? Yuk baca terus review lengkapnya

Packaging

Sama dengan varian lainnya, Shower Scrub Jolly juga dikemas dalam botol plastik transparan. Tutupnya berwarna putih berbentuk flip top. Pada kemasannya juga dilengkapi dengan informasi yang cukup lengkap. 

Ingredients
Aqua Demineralisata, Sodium Laureth Sulfate, Acrylates Copolymer, Lauryl Betaine, Sodium Lauryl Sulfate, Potassium Cocoate, Fragrance (Perfume) Componen and Finished Fragrance, Cocamidopropyl Betaine, Hydrolyzed Collagen, Glycerin, Dmdm Hydantoin, Edta, Polyethylene, Glutathione, Tocopheryl Acetate, Cl 14270, Cl 15525.

Tekstur, Aroma dan Isi

Shower Scrub Jolly

Tekstur shower scrub Jolly sama seperti shower scrub lainnya, berbentuk gel serta dilengkapi dengan bulir-bulir srub berwarna-warni yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati sehingga lebih maksimal saat membersihkan tubuh. 

Untuk aromanya persis banget seperti lotion Jolly, Mevvah banget! Kalau kalian pernah pakai parfum Yves Saint Laurent Black Opium Eau De Parfume, nah kayak gitu aromanya.

Cara Pemakaian

Cara pemakaiannya cukup basahi tubuh dengan air, lalu usapkan sabun ke seluruh bagian tubuh. Setelah itu bilas dengan air. 

Kesan Pemakaian Scarlett Whitening Coffee Edition dan Shower Scrub Jolly


Setelah dua minggu menggunakan body care Scarlett Whitening Coffee Edition, terasa banget tubuh berasa rileks seharian. Wanginya yang tahan lama bikin good mood sepanjang hari. Pun aroma kopinya itu loh, menenangkan banget bikin pikiran yang semrawut terasa lebih damai. 

Lalu, untuk shower scrub jolly, saya juga sukak banget sama aromanya yang mevvah, tubuh berasa fresh dan wangi seharian. Dan efeknya tentu aja bikin semangat kerja dan makin produktif seharian. 

Dan yang bikin senang adalah setelah menggunakan rangkaian ini, kulit terasa lebih ternutrisi, lembab, sehat dan yang pastinya efek mencerahkannya juga works banget. Bisa dilihat dari foto before after dibawah ini ya.. 

Demikianlah, pengalaman saya selama dua minggu menggunakan body care Scarlett Whitening Coffee Edition dan Scarlett Shower Scrub Jolly. Btw, kalau kalian tertarik ingin mencoba, bisa langsung membelinya melalui link yang tertera di bio official Instagram @scarlett_whitening, ya.

Untuk harganya juga sangat terjangkau, seluruh harga produk satuannya sebesar Rp 75.000, sementara untuk harga paket hemat berisi 5 item harganya Rp 300.000 (dapat box exclusive + free gift). 

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, order sekarang juga!!

Ohya, Kalian juga bisa lihat review lengkapnya di channel youtube ku di bawah ini yaa..



Salam,



5 Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak yang Pernah Arfan Konsumsi


5 Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

Saat memasuki usia 2 tahun, anak saya mulai memasuki fase ‘susah makan’. Berbagai upaya saya lakukan, mulai dari konsultasi dengan dokter, membuat menu bervariasi hingga mencoba berbagai macam vitamin. 

Oleh karenanya, saya ingin berbagi pengalaman seputar cara mengatasi anak susah makan usia 2 tahun.  Salah satu cara yang saya lakukan adalah dengan memberikannya vitamin. Dan berikut ini merupakan vitamin penambah nafsu makan anak yang pernah dikonsumsi oleh anak saya, Arfan. 

Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak yang Pernah Arfan Konsumsi

Menghadapi anak susah makan memang gampang-gampang susah dan tentu aja banyak dramanya. Dan pengalaman mengatasi anak susah makan ala saya adalah dengan memberikannya vitamin. Berikut berbagai vitamin yang pernah Arfan konsumsi.

#1. Elkana

Elkana Sirup

Vitamin pertama yang pernah Arfan konsumsi adalah Elkana syrup. Teksturnya suspense kental berwarna orange. Awal-awal minum vitamin ini sih anaknya lumayan gampang, pun nafsu makan juga lumayan membaik. Tapi lama kelamaan kok ya sepertinya biasa aja, ga terlalu ada efeknya. Jadilah, mamak sudahi saja dan mulai mencoba vitamin lainnya. 

#2. Curcuma Plus

Curcuma Plus

Selanjutnya, Arfan juga pernah saya belikan Curcuma Plus Sirup karena banyak yang bilang anak mereka cocok dengan vitamin ini. Alhasil saya beli lah si Curcuma Plus ini, tapi sayangnya Arfan menolak dongg, mingkem dan ditutup mulutnya. Mungkin karena teksturnya yang kental banget dan agak amis kali ya jadinya dia gak mau. 

Yaudah lah, gagal! Akhirnya Curcuma Plus ini saya kasih anak tetangga aja, daripada mubazir ya kan..?


#3. Clover Honey dan Bee Pollen

Clover Honey dan Bee Pollen

Saking stress-nya menghadapi anak susah makan, apa aja saya beli walaupun harganya lumayan mihil. Contohnya ya kayak Clover Honey dan Bee Pollen ini. Melihat testimoni dan juga review dari mamak-mamak influencer, akhirnya saya tergoda banget dong buat beli. 

Saya yakin banget si Arfan bakal doyan makan, persis kayak yang ada di testimoni. Ealah, tapi apa daya anaknya gak doyan. Syusahh banget disuruh minumnya. Sudah dicampur ke makanan maupun minuman kesukaannya, ditambah es batu tetap saja tydaaaa doyan. Emang dasar anaknya gak doyan manis sih. Mungkin kalau doyan, bakalan cocok juga minum Clover Honey dan Bee Pollen ini. 

#4. Susu Curcuma

Susu Curcuma

Pasrah karena vitamin ini itu gak mau, akhirnya mamak pakai jalan ninja. Berhubung Arfan masih doyan nyusu, jadilah saya akali dengan menggunakan susu Curcuma sebagai penambah nafsu makannya. 

Tapi hasilnya apa? Tidaaak doyan!! Mungkin susu curcuma rasanya agak aneh. Pun juga lebih kental, jadi anaknya eneg.

Tapi meski begitu, saya gak menyerah. Akhirnya saya akali lagi dengan mencampur susu Arfan yang biasa ia konsumsi dengan susu Curcuma dalam satu botolnya. Alhamdulillah berhasil dong! Anaknya pun juga mulai bagus nafsu makannya. Saya pun akhirnya memberikan susu Curcuma ini hingga hampir setahun. Semakin kesini, anaknya mulai doyan makan dan akhirnya susu Curcumanya juga saya stop. 

#5. Zamel
Zamel Sirup

Menginjak usia 3,5 tahun, anaknya kumat lagi. Mulai menolak makan lagi. Akhirnya saya coba memberikan vitamin lain. Kali ini saya mencoba zamel karena berdasarkan review zamel di youtube, banyak yang cocok konsumsi ini. 

Teksturnya sirup agak kental berwarna kuning. Rasanya agak asam asin gitu. Alhamdulillah, Arfan mau minum vitamin Zamel ini. Nafsu makannya pun membaik dan berat badan cepat naik. 


Demikianlah, drama saya dalam menghadapi anak susah makan. Dari berbagai vitamin yang sudah dicoba, yang paling efektif adalah susu Curcuma dan Zamel. Namun, cocok di anak saya belum tentu cocok di anak lainnya ya mak.

Tapi semoga apa yang saya bagikan disini bisa menjadi rekomendasi buat mak-mamak sekalian. Semoga artikel ini bermanfaat.

Salam,



Rekomendasi Online Shop Mainan Edukasi Anak dengan Harga Terjangkau


Rekomendasi Online Shop Mainan Edukasi Anak dengan Harga Terjangkau

Rekomendasi online shop mainan edukasi anak tuh menjadi hal yang penting buat saya. Soalnya, si anak lagi memasuki usia-usia bermain dan belajar, jadi mamak perlu banget informasi online shop terpercaya dan punya harga terjangkau. 

Yap, punya anak usia 3 tahunan tuh rasanya nano-nano. Selain anaknya mulai super kritis, doi juga mulai banyak maunya. Salah satunya adalah minta mainan terooosss mak, padahal di rumah udah buanyak banget mainan sampai rumah kayak kapal pecah rasanya. 

Apalagi, sebagai mamak blogger yang terkadang dapat job foto produk bareng anak. Saat mau ngerjain job fotonya, sekarang si anak mulai perhitungan minta hadiah. “Gak mau foto-foto kalau gak ada hadiah” katanya.

Alamak! Jadilah saya selalu siapin hadiah setiap kali mau foto. Dari pada anak gak mau ye kan terus mamak dimarahin klien, mending kasih hadiah aja. Apapun hadiahnya, anaknya always seneng kok, yang penting di bungkus kado. 

Bahkan saya pernah kasih dia hadiah yang mana isinya adalah mainan dia yang sudah terlupakan alias sudah lama gak dia mainin, terus bungkus kado aja deh. Anak senang, mamak tenang.. wkwkwk

Tapi kalau akhir-akhir ini, mamak lagi seneng memberikan mainan edukasi anak, karena selain menyenangkan untuk bermain, juga bisa dijadikan sarana belajar untuk anak sehingga dapat melatih motoriknya juga. 

Rekomendasi Online Shop Mainan Edukasi Anak dengan Harga Terjangkau

Shopee Tokonim

Berbicara soal mainan edukasi anak, saya selalu membelinya secara online karena lebih praktis dan hemat waktu, gak perlu capek pergi ke tokonya langsung. Namun memang yang menjadi dilema, agak sulit mencari online shop mainan edukasi anak yang terpercaya, berkualitas serta menawarkan harga yang terjangkau. 

Tapi beruntungnya, setelah beberapa kali saya mencoba membeli mainan edukasi anak di berbagai online shop, kini saya telah menemukan online shop langganan di marketplace kesayangan saya, yakni shopee. 

Adalah Tokonim, online shop langganan saya di shopee. Tokonim menjual berbagai macam mainan edukasi anak, mulai dari story book, activity book dan beragam mainan lainnya, bahkan ada juga berbagai buku favorit Arfan. Tak hanya itu saja, di Tokonim juga menjual berbagai perlengkapan kesehatan, seperti masker dan thermometer serta ada juga perlengkapan rumah tangga kekinian. Mamak millennial wajib banget intip tokonya!

Oh ya, kalian juga bisa intip katalognya di Instagram @tokonim ya.. 

Kelebihan Belanja Mainan Edukasi Anak di Shopee Tokonim

Mainan Edukasi Anak di Tokonim

Ada berbagai alasan mengapa saya memilih belanja mainan edukasi anak di Shopee Tokonim, diantaranya yaitu: 

#1. Owner Fast Respon

Meskipun belanja di marketplace, tapi seringkali saya menanyakan lebih detail terkait barang yang akan saya beli melalui fitur chat. Nah, kalau ownernya lama merespon, biasanya saya pikir dua kali untuk membeli. Mending pilih toko lain aja yang lebih ramah dan fast respon walau mungkin harganya ‘sedikit’ lebih mahal. Namun beruntungnya Tokonim tyda demikian. Owner Tokonim sangat fast respon serta selalu memberikan pelayanan terbaiknya. 

#2. Rating Tinggi

Shopee Tokonim juga telah memiliki rating yang tinggi, yaitu 4.9/5.0 serta sudah mendapatkan banyak testimoni positif. Ini menandakan bahwa shopee Tokonim merupakan online shop yang terpercaya dan layak dijadikan rekomendasi. 

#3. Harga Terjangkau

Ini yang penting sih. 
Berbagai produk yang dijual di Tokonim memiliki harga yang terjangkau sehingga tak perlu takut kantong jebol yaa, mak. Selain terjangkau, produk yang dijual juga memiliki kualitas yang bagus. 

Pengalaman Jajan Mainan Edukatif di Shopee Tokonim

Pengalaman saya membeli mainan edukatif di shopee Tokonim tentu aja sangat puas. Pun anak saya juga seneng banget sama mainannya. Saya pernah membeli paint gypsum terus dia ketagihan dong minta dibeliin lagi pas gypsumnya udah habis. Wkwk..

Mainan Edukasi Anak di Tokonim

Btw, main paint gypsum banyak manfaatnya, diantaranya yaitu
  • Meningkatkan kreativitas anak
  • Melatih motorik kasar
  • Belajar mengenal warna
  • Meningkatkan kinerja otak anak
Lalu, kalau baru-baru ini karena anak saya lagi seneng banget nulis-nulis, akhirnya saya membeli activity book di Shopee Tokonim. Melaui activity book itu, anak saya bisa latihan nulis huruf atau angka dengan tracing. Seru banget! Anaknya excited banget bahkan gak mau berhenti nulisnya. Alhamdulillah ya.. 

Demikianlah mak, drama saya dalam menemukan online shop mainan edukasi anak. Btw, kalau mamak lagi mencari mainan edukasi anak, bisa langsung intip shopee Tokonim aja ya. Banyak pilihannya. 

Salam,



Apa Saja Metrik yang Penting Dalam Proses Recruitment?


Quality of Hire
sumber gambar : canva

Dalam setiap kegiatan perusahaan akan ditetapkan sebuah metrik yang bertujuan untuk menilai secara objektif keberhasilan dan kinerja yang dilakukan oleh suatu tim terhadap tugas yang diberikan. Termasuk dalam hal ini adalah metrik untuk menilai proses recruitment yang dijalankan oleh tim recruiter. 

5 Metrik Penting yang Diterapkan dalam Proses Recruitment

Tanpa adanya proses rekrutmen yang tepat, kinerja perusahaan di masa mendatang dapat terganggu sehingga mempengaruhi stabilitas bisnis. Berikut adalah metrik penting dalam proses rekrutmen.

#1. Quality of Hire

Quality of Hire adalah nilai yang digunakan untuk mengukur kualitas karyawan baru yang telah dikontrak di dalam perusahaan. Melalui metriks ini, dapat dinilai seberapa besar tingkat kontribusi karyawan baru terhadap kinerja jangka panjang perusahaan atau organisasi. 

Hal ini dapat dinilai berdasarkan kinerja termasuk ketangkasan dan keterampilan serta masa kerja karyawan di perusahaan. Quality of Hire juga dipakai sebagai metriks untuk mengukur keberhasilan tim recruiter dalam merekrut karyawan secara keseluruhan.
 
#2. Conversion Rate

Conversion Rate adalah metriks yang digunakan untuk mengukur berapa perbandingan antara jumlah kandidat yang sudah ditawari posisi pekerjaan dengan jumlah kandidat yang menerima posisi pekerjaan tersebut. 

Apabila nilai Conversion Rate rendah, itu menunjukkan bahwa tawaran pekerjaan tersebut tidak begitu menarik bagi jobseeker. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal seperti ketentuan dalam hal gaji, peluang karir di masa mendatang, tunjangan, jam kerja hingga tekanan yang diberikan perusahaan.

#3. Candidate Experience

Candidate Experience adalah metriks yang digunakan untuk mengukur seberapa besar tingkat kepuasan atau kenyamanan kandidat saat mengikuti keseluruhan proses seleksi. 

Riset menunjukkan bahwa Candidate Experience yang buruk berdampak besar terhadap keputusan kandidat untuk mundur di saat terakhir. Sebaliknya, komunikasi yang terjalin baik selama proses seleksi berlangsung membuat Candidate Experience mereka tinggi dan mereka mau bergabung di perusahaan.

#4. Hiring Diversity

Tingkat diversitas atau keberagaman menjadi metriks yang pada saat ini sangat penting bagi perusahaan terutama perusahaan global. Keberagaman yang sangat baik menunjukkan bahwa perusahaan tersebut tidak melakukan diskriminasi terhadap kelompok masyarakat tertentu. Diversity ni bisa dilihat dari agama, jenis kelamin, ras, etnis dan juga disabilitas atau tidak. 

#5. Cost per Hire

Metriks ini untuk mengukur berapa besar biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan dalam rangka menyeleksi kandidat-kandidat yang mendaftar di perusahaan. Cost dihitung dari mulai persiapan rekrutmen, pemasangan iklan hingga posisi terpenuhi.

Jadikan Proses Recruitment Lebih Efisien dengan Shortlyst

Software Shortlyst adalah recruitment software terbaik yang didesain khusus untuk membantu para recruiter melaksanakan proses rekrutmen dengan efektif dan optimal. 

Shortlyst bekerja menggunakan basis algoritma kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence yang sudah didesain dengan optimal untuk menyeleksi kandidat. Shortlyst juga memiliki fitur saling tag perekrut dan kandidat yang sangat membantu recruiter dan kandidat berkomunikasi. 

Shortlyst akan membantu perusahaan dan tim rekruter untuk menemukan kandidat luar biasa dari seluruh dunia. Ada lebih dari 600 juta profil kandidat yang tersimpan di dalam database Shortlyst yang terhubung dengan email, LinkedIn, WhatsApp, Slack dan sebagainya. 

Profil tersebut nantinya akan diolah oleh Shortlyst untuk kemudian menghasilkan analisa mengenai keterampilan dan karakteristik calon kandidat. Dari sini bisa ditentukan posisi apakah yang tepat untuk diisi kandidat. 

Proses rekrutmen memainkan peran krusial dalam keberlangsungan bisnis perusahaan. Oleh karena itu penggunaan Shortlyst dapat sangat membantu perusahaan mencapai metrik penting dalam proses recruitment. Apalagi Shortlyst menggunakan algoritma AI yang dapat bekerja secara efektif dan otomatis. 

Demikanlah, metrik penting yang diterapkan dalam proses recruitment. Semoga artikel ini bermanfaat ya..

Salam,



Jajan Roti di Khasanah Sari Bakery Cabang Ciledug, Kunciran


Khasanah Sari Bakery

Salah satu kebiasaan saya kalau weekend tiba adalah nyetok camilan yang banyak biar gak mati gaya kalau di rumah. Maklum lah ya, jadi mamak working mom yang mana kalau udah weekend tiba kerjaan di rumah numpuk tiada habisnya. Jadilah, mamak gampang laperan karena aktivitas yang super hectic dari pagi. Ya, nyuci baju lah, nyuci piring, mandiin anak, nguras toren, eh ini engga sih.. Pokoknya, aktivitas di kala weekend tuh bikin perut manja minta diisi yang enak-enak.

Alhasil, jelang weekend, mamak selalu melipir ke khasanah sari bakery untuk jajan roti yang banyak buat stok sabtu dan minggu. Beneran banyak banget kalau beli, karena selain enak harganya juga murah meriah. Bahkan kue ulang tahun aja ada yang cuma 50ribuan dong harganya. Rasanya pun gak kalah enak kayak yang ditoko-toko ternama. 

Mengenal Lebih Dekat Khasanah Sari Bakery

Khasanah Sari Bakery

Khasanah Sari Bakery berdiri pada tahun 2000 di Cikarang Barat, Bekasi. Awalnya, Khasanah Sari hanya memproduksi brownies dan piscok yang dipasarkan di warung-warung kecil dengan menggunakan motor. Namun, seiring berjalannya waktu, Khasanah Sari mengembangkan produknya dengan memproduksi roti manis. 

Hingga pada tahun 2010, Khasanah Sari mulai memproduksi roti manis dengan konsep fresh from the oven di outlet jalan Agus Salim, Mekarsari, Bekasi, dan kemudian membuka outlet-outlet lain. Kini, Khasanah Sari telah memiliki 65 cabang yang tersebar di wilayah JABODETABEK, Karawang dan Cirebon. 

Banyak banget ya cabangnya? Ini menandakan bahwa Khasanah Sari memiliki produk yang berkualitas dan banyak dicintai masyarakat. Terbukti sih, setiap saya datang ke Khasanah Sari, gak pernah yang namanya sepi pengunjung. Bahkan kemarin, saya udah kehabisan beberapa roti favorit saya. Huhu..

Kenapa Pilih Jajan Roti di Khasanah Sari Bakery?

Khasanah Sari Bakery

Banyak hal yang menjadi alasan saya kenapa sering jajan roti di Khasanah Sari Bakery. Yang pertama tentu aja karena lokasinya sangat dekat dari rumah. Jadi, kalau ada yang dekat dan enak kenapa harus pilih yang jauh ya kan?

Selain itu, alasan lainnya adalah karena, 

#1. Terjamin Halal

Tentu aja roti yang dibuat di Khasanah Sari terjamin halal karena menggunakan bahan-bahan dengan kualitas yang baik sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. 

#2. Harga Terjangkau

Yang paling menarik dari Khasanah Sari adalah memiliki harga yang terjangkau. Rata-rata harga roti disana adalah sekitar Rp 5.000 – Rp 7000 aja. Lalu, untuk brownies harganya hanya Rp 28.000. Sementara untuk kue ulang tahun, mulai dari 50 ribuan aja. Murah banget ya? Padahal kue ulang tahun karakter loh itu, tapi semurah itu harganya. 

#3. Banyak Pilihan Roti

Aneka roti yang tersedia juga bervaratif, ada roti manis, donat, bolu gulung, kue tart, brownies, roti karakter, abon dan pizza, bahkan tersedia juga paket lebaran. 

#4. Rasa Enak

Yang menjadi daya tarik dari Khasanah Bakery adalah, meski harga murah tapi dia tetap mengedapankan kualitas. Terbukti dari rasanya yang enak, teksturnya lembut dan empuk, bikin nagih. Gak heran selalu ramai pengunjung. 

Pengalaman Jajan Roti di Khasanah Sari Bakery Cabang Ciledug, Kunciran

Khasanah Sari Bakery

Cabang Khasanah Sari yang terdekat dari rumah saya adalah Cabang Ciledug. Lokasinya berada di Kunciran Indah, Pinang, Kota Tangerang Banten. Kalau dari Rumah Sakit Permata Ibu, lurus lagi sedikit, lokasinya berada di sebelah kanan jalan, sejajar dengan RS. Permata Ibu. 

Khasanah Sari buka dari jam 09.00-21.00 WIB. Kemarin saya datang tepat jam 9 pagi karena udah gak sabar mau makan roti dari Khasanah Sari. Alhasil, karena terlalu cepat datang, ada beberapa roti favorit saya yang belum matang. Hihi..

Tapi gakpapa, masih banyak pilihan lainnya yang gak kalah enak. Gak lama saya memilih-milih roti, makin banyak aja pengunjung yang datang. Dan rata-rata mereka membeli lebih dari dua dus roti, ada juga yang membeli kue ulang tahun. 

Saya pikir saya aja yang selalu jajan banyak di Khasanah Sari, ternyata orang-orang pun kalau membeli gak kalah banyak dari saya. Lagian enak sih ya? Hihi.. 

Khasanah Sari Bakery

Setelah memilih-milih, akhirnya saya membeli 12 roti dan satu brownies. Dan tau gak dari semua itu saya mengeluarkan uang berapa? Yaps, Cuma 100 ribu rupiah aja loh. Gelaaaa gak sih, 12 roti plus brownis cuma segitu harganya. Gimana gak ketagihan kan saya jajan di Khasanah Sari. 

Btw, kalian kalau jajan roti sukaknya dimana? Adakah yang udah pernah jajan di Khasanah Sari Bakery? Share dong di kolom komentar.

Salam,



Menikmati Suasana Ala Pedesaan Eropa di Cimory Dairy Land, Puncak Bogor


Cimory Dairy Land, Puncak

Akhirnya, Cimory Dairy Land yang berada di kawasan Puncak Bogor berhasil kami kunjungi, pada Sabtu, 13 November lalu. Senang? Tentu saja. Pasalnya, hampir 2 tahun kami nyaris gak kemana-mana alias di rumah aja. 

Alhamdulillah, kasus Covid kini sudah berangsur turun, pun PPKM juga sudah turun level. Alhasil, kami memutuskan untuk mengajak keluarga untuk berlibur di Kawasan Puncak, Bogor. Namun tetap ya, dengan mematuhi prokes ketat.

Dan salah satu tempat wisata yang kami kunjungi adalah Cimory Dairy Land. 

Lokasi Cimory Dairy Land

Cimory Dairy Land berlokasi di daerah Cipayung Girang, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Kalau dari pusat kota, jaraknya sekitar 17 km atau sekitar 25 menit bila ditempuh dengan kendaraan roda empat. Lokasinya ini berada di sebelah kanan jalan, sebelum Cimory Riverside. Jadi, jangan sampai kelewatan ya karena lokasinya masih berada di bawah. 

Saya sendiri kemarin kelewatan jauh sampai Cimory Mountain View. Sungguh terlalu. Alhasil, lanjut dulu deh ke Villa dan baru balik lagi ke Dairy Land di sore harinya. 

Suasana di Cimory Dairy Land

Cimory Dairy Land, Puncak
Sumber gambar : IG @cimorydairyland.puncak

Cimory Dairy Land ini menyuguhkan suasana ala-ala peternakan Eropa gitu. Bangunannya di design ala-ala bangunan Belanda. Pokoknya kayak berasa lagi ada di Eropa, bukan di Puncak. Gak salah deh memilih wisata bareng keluarga di Cimory Dairy Land. 

Apalagi buat kalian yang punya anak kecil kayak saya, selain bisa wisata juga bisa dijadikan wahana edukasi untuk si kecil. Soalnya, di Cimory Dairy Land terdapat berbagai hewan ternak. Jadi, kita juga bisa mengenalkan ke anak mengenai hewan-hewan peternakan. Anak juga bisa eksplor banyak hal dan melatih keberanian juga. Misalnya, saat memberikan makan ke domba atau saat menunggangi kuda. 

Ada Apa Aja di Cimory Dairy Land?

Ada apa aja di Cimory Dairy Land? Banyak! Ada berbagai jenis hewan peternakan, Magic Village, Wahana Permainan, Restoran dan tentunya Cimory Shop alias tempat untuk membeli berbagai produk Cimory dan oleh-oleh khas Bogor.

  • Berbagai Jenis Hewan Ternak di Cimory Dairy Land

Ada banyak sekali hewan ternak yang terdapat di Cimory Dairy Land. Menariknya, kita juga bisa loh berinteraksi dengan beberapa hewan disana karena semua hewannya jinak-jinak. Namun, bila ingin berinteraksi seperti memberi makan domba, sapi atau menunggangi kuda akan dikenakan biaya lagi yang mana tiketnya bisa dibeli di konter tiket yang tersedia di Cimory Dairy Land.

#1. Peternakan Sapi (Fresian Cow)

Cimory Dairy Land, Fresian Cow

Masuk ke Cimory Dairy Land, tempat pertama yang kami kunjungi adalah peternakan sapi. Jenis sapi yang berada disana adalah Fresian Cow, yaitu jenis sapi yang banyak ditemukan di Belanda, Amerika dan Inggris. 

Di peternakan sapi ini, kita bisa memberikan susu ke anak sapi. Namun, harus membeli tiket terlebih dahulu seharga Rp 10.000 untuk mendapatkan satu botol susu. Tiketnya bisa dibeli di konter tiket ya, bukan di area peternakannya. 

#2. Peternakan Domba Merino

Cimory Dairy Land, Domba Merino

Di samping peternakan sapi, ada peternakan Domba Merino. Domba Merino ini banyak ditemukan di Italia. Domba ini juga sering dikenal sebagai domba ceper karena kakinya yang terlihat lebih pendek dibandingkan dengan domba lainnya. Domba ini juga memiliki bulu yang sangat banyak hingga menutupi bagian bawah. 

Di peternakan domba ini, kita bisa memberikan makan domba, namun untuk masuk ke dalam peternakannya kita harus membeli pakan ternaknya terlebih dahulu, yaitu wortel. Harganya sebesar Rp 10.000 dan bisa dibeli di konter tiket. 

Eits, tapi gak perlu khawatir. Disini cukup beli satu pakan ternak aja kita sekeluarga sudah boleh masuk ke area peternakannya kok.

#3. Giant Horse Riding

Cimory Dairy Land, Giant Horse Riding

Di depan peternakan sapi fresian cow tadi, terdapat Giant Horse Riding. Nah, kalau kamu mau naik kuda ini juga bisa. Namun harus membeli tiketnya terlebih dahulu di konter tiket ya.. 

#4. Miniature Pony Feeding

Cimory Dairy Land, Miniature Pony Feeding

Selanjutnya, di sebelah peternakan domba terdapat peternakan kuda poni. Disini kita bisa memberikan makan kuda poni dengan wortel. Untuk memberikan makan harus membeli tiket terlebih dahulu sebesar Rp 10.000 untuk mendapatkan satu gelas wortel.

#5. Miniature Pony Riding

Cimory Dairy Land, Miniature Pony Riding

Di sebelahnya terdapat miniature Pony Riding. Kalau disini, kita bisa naik kuda untuk dua kali putaran. Harga tiketnya sebesar 30.000. Tapi Pony Riding ini khusus untuk anak-anak ya. Kalau dewasa disarankan untuk naik Giant Horse Riding aja. :D

#6. Peternakan Kambing


Ada juga peternakan kambing. Jenis kambing yang ada disana yaitu Pygmy Goat, yaitu kambing yang berasal dari Afrika Barat. Kambing ini juga sering disebut sebagai kambing kerdil karena tubuhnya yang kecil. Berat badannya hanya 15-18 kg untuk betina dan 18-27 kg untuk jantan.

#7. Hewan Reptil


Di Cimory Dairy Land juga terdapat berbagai hewan reptil. Namun meski hewan reptile, semua hewannya sudah jinak ya. Ada ular, biawak, iguana dll. Kita juga bisa foto bersama hewan reptile. Biayanya sebesar 15.000 untuk 1 orang

#8. Burung Beo


Ada juga berbagai jenis burung beo. Kita juga bisa berfoto bareng burung beo. Namun dikenakan biaya lagi sebesar Rp 15.000 per orang. 

#9. Peternakan Kelinci 


Ada juga peternakan kelinci. Disini kita juga bisa masuk ke dalam peternakan dan memberi makan kelinci dengan wortel. Biaya pakan wortelnya sebesar Rp 10.000,-

#10. Buaya

Di Cimory Dairy Land juga terdapat buaya. Jenis buaya yang ada disini yaitu Buaya Caiman. Buaya ini berasal dari Amerika tengah dan Selatan. Buaya caiman memiliki bentuk mulut ‘V’ sehingga memudahkan mereka untuk berburu ikan di sungai. 

#11. Kura-Kura Sulcata


Ada juga kura-kura sulcata yang berasal dari Afrika. Spesies kura-kura sulcata ini umumnya punya masa hidup yang cukup lama, yaitu 50 hingga 150 tahun.

#12. Berang-Berang (Otter)


Otter merupakan jenis hewan karnivora yang tergolong ke dalam subfamili Lutrinae. Terdapat 13 spesies berang-berang dan semuanya merupakan hewan semiakuatik, akuatik atau hewan laut dan mereka memakan ikan-ikan atau invertebrate.

#13. Dan Lain-lain

Ada apa lagi? Masih banyak lagi gais hewan ternak lainnya, ada bebek, keledai, unta, ayam, burung unta dan lain-lain. Pokoknya wajib banget sih berkunjung ke Cimory Dairy Land bersama si kecil. 

  • Arena Bermain
Cimory Dairy Land

Di dalam Cimory Dairy Land juga terdapat arena bermain. Ada Mini Playground untuk anak-anak, ada fun archery atau bermain panahan, ada juga kereta keliling dan ATV.

  • Magic Village
Sumber gambar : IG @cimorydairyland.puncak

Selain terdapat berbagai jenis hewan peternakan, di Cimory Diary Land juga terdapat Magic Village. Untuk masuk ke Magic Village dikenakan biaya lagi, namun kita juga bisa membeli tiket terusan sehingga biayanya bisa lebih murah. 

Ada apa aja di dalam Magic Village?

Suasana di dalam Magic Village itu seperti rumah hobbit. Disana juga ada kurcaci-kurcaci gitu dan kita bisa foto-foto bersama para kurcaci. Namun, sayangnya saya gak masuk ke dalam Magic Village karena si anak udah mulai rungsing, lelah dan ngantuk. Jadilah memutuskan untuk segera kembali ke Villa Malak aja. 

  • Restoran
Didalamnya juga terdapat restoran. Tempatnya berada di lantai 2. Disana tersedia berbagai makanan berupa bento set gitu. Ada juga berbagai dessert. Namun, sayangnya saya tidak menjajal makanan di restoran tersebut. Mungkin next time kalau kesini lagi. 

Fasilitas Lain di Cimory Dairy Land

Fasilitas lainnya yang ada di Cimory Dairy Land diantaranya ada 
  • Topi Caping, yang bisa digunakan saat explore lokasi (gratis)
  • Cimory Shop
  • Toilet 
  • Mushola 
  • Area parkir yang luas
  • Mobil antar jemput ke parkiran

Harga Tiket Masuk di Cimory Dairy Land


Harga tiket masuk di Cimory Dairy Land beragam, namun untuk anak-anak yang tingginya di bawah 80 cm tidak perlu membeli tiket yaaa, alias gratis. Lalu, bila kita ingin berinteraksi dengan hewan-hewan, seperti memberi makan, berfoto atau menunggangi kuda maka dikenakan tiket lagi yang bisa dibeli di konter tiket yang berada di area peternakan.

Ohya, setiap pembelian tiket, gratis cimory yogurt dan diskon 20% untuk pembelian ice cream dan ice tea. Berikut ini harga tiket masuk Cimory Dairy Land ;

Harga Tiket masuk ke Dairy Land saja,
  • Weekday : 30.000
  • Weekend : 40.000
Harga Tiket Magic Village saja
  • Weekday : 20.000
  • Weekend : 30.000
Harga Tiket Masuk paket combo (Diary Land + Magic Village)
  • Weekday : 45.000
  • Weekend : 65.000

Jam Buka Cimory Dairy Land

Cimory Dairy Land buka setiap hari dari pagi hingga sore, namun untuk tempat wisatanya tutup lebih awal dari restoran dan toko oleh-olehnya. Berikut jam operasional Cimory Dairy land 
  • Wisata : 08.00-17.00 WIB
  • Cimory Shop : 08.00-18.00 WIB
  • Resto : 09.00 – 19.00 WIB

Tips Mengunjungi Cimory Dairy Land


Berdasarkan pengalaman kemarin berkunjung ke Cimory Dairy Land, maka saya lebih menyarankan untuk datang di pagi hari saja, karena pengunjung belum terlalu ramai sehingga kita juga bisa lebih leluasa bermain disana. Pun untuk foto-foto juga lebih enak kalau kondisi tidak terlalu ramai. 

Selain itu, bila membawa anak, datang di pagi hari juga lebih disarankan karena anak masih fresh dan energik, jadi lebih puas untuk explore disana. Pengalaman saya kemarin datang di sore hari, anaknya udah keburu lelah dan ngantuk, jadilah minta pulang terus. Alhasil kurang puas deh explore-nya *mamaknya sih yang kurang puas :D*

Datang saat weekday juga lebih disarankan sih. Selain karena harga tiket jauh lebih murah, pengunjung juga lebih sepi dibanding weekend

Begitulah gais, pengalaman saya berlibur ke Cimory Dairy Land. Semoga kasus Covid terus menurun sehingga kita bisa sering-sering berwisata seperti ini. Amiinnn.. 

Kalian udah ada yang pernah berkunjung ke Cimory Dairy Land belum? Share dong pengalamannya di kolom komentar. 

Salam,



Hindari Overheat! Ini Cara Tahu Sistem Pendingin Mobil Bermasalah


Tanda Sistem Pendingin Mobil Bermasalah

Overheat adalah permasalahan umum yang sering terjadi pada kendaraan terutama mobil yang harus dihindari. Panas berlebih akibat pembakaran seharusnya bisa diredam oleh sistem pendingin. 

Hanya saja jika sistem pendingin ini mengalami kerusakan maka kamu harus segera mengunjungi bengkel Suzuki Jaya Indah Motor. Tujuannya agar perbaikan segera dilakukan dan mesin mobil dapat bekerja dengan normal kembali. 

Kenali apa saja cara untuk mengetahui bahwa sistem pendingin mobil bermasalah. 

Tanda Sistem Pendingin Mobil Bermasalah 

Demi menghindari overheat yang bisa merusak komponen mesin mobil secara keseluruhan, ada beberapa tanda kerusakan pada sistem pendingin yang bisa diketahui. Kamu sebagai pengemudi sekaligus pemilik mobil harus mengenali semua tanda-tanda ini. 

Apalagi mengingat mesin yang mengalami overheat dapat mati kapan saja dan membuat kamu keluar lebih banyak uang untuk memperbaikinya. Jangan sampai harus mengganti suku cadang pada mesin hanya karena kamu lalai dalam mengamati sistem pendingin. 


Berikut ini beberapa tanda yang bisa diperhatikan supaya tidak terlambat untuk mengatasinya. 

#1. Muncul Bau Tidak Sedap pada Kabin

Tanda pertama yang mudah dikenali adalah munculnya bau yang tidak sedap dari kabin. Bau ini bukan karena kabin yang kotor namun disebabkan kebocoran pada sistem pendingin. Cairan yang harusnya menyerap panas justru terbakar karena bocor. 

Terbakarnya cairan inilah yang menimbulkan bau tidak sedap dan terasa sampai pada kabin mobil. Meskipun kamu sudah membersihkan kabin, bau ini tidak akan hilang dan muncul sampai mesin pun mengalami overheat. 

#2. Terlihat Asap Keluar dari Kap Mesin

Sistem pendingin yang mengalami kerusakan juga bisa membuat keluarnya asap dari kap mesin. Asap yang keluar biasanya berwarna putih dan hal ini karena penyebab yang sama yaitu cairan pendingin yang bocor dan menguap karena terkena panas mesin. 

Jika sudah muncul asap saat sedang berkendara, cara satu-satunya adalah dengan menepi dan matikan mesin. Biarkan mesin menjadi dingin sehingga kamu bisa mencari tahu bagian mana yang bocor dan memperbaikinya. 

#3. Berkurangnya Air Radiator dengan Drastis 

Air radiator dibuat secara khusus agar bisa menyerap panas dari mesin. Jika sistem pendingin bekerja dengan baik, berkurangnya air radiator ini cukup lama. Tanda kerusakan sistem pendingin akan muncul jika air radiator ini berkurang dalam jumlah banyak setelah kamu mengisinya. 

Berkurangnya air ini disebabkan oleh kebocoran sehingga tidak ada air yang mengalir pada bagian saluran pendingin. Lebih baik jika kamu mengecek pada bagian sambungan saluran untuk mendeteksi kebocoran. Jangan lupa lakukan saat mesin dalam kondisi dingin. 

#4. Muncul Gelembung Udara saat Mesin Hidup

Pada saat menepikan kendaraan karena merasa sistem pendingin tidak bekerja, kamu bisa mengecek pada bagian radiator. Sistem pendingin yang berjalan normal biasanya tidak akan muncul gelembung saat mesin dinyalakan. 

Namun jika gelembung muncul artinya terjadi kebocoran pada kompresinya. Kebocoran kompresi ini hanya bisa diperbaiki di bengkel langganan. Jadi tunggu mesin dingin dan mintalah bengkel resmi Suzuki untuk segera menanganinya. 

#5. Air Radiator Berwarna Keruh

Ciri lainnya yang menandakan saluran pendingin rusak adalah air radiator berubah menjadi keruh. Warna yang berubah ini disebabkan oleh karat dalam sistem pendingin yang ikuti bercampur dengan air. 

Anda tidak boleh membiarkan hal ini terjadi terus menerus, karena karat bisa menjadi sumbatan pada saluran air radiator. Diperlukan pengurasan penuh sehingga semua karat hilang dan baru diisi kembali dengan water coolant yang baru. 

Keterbatasan pemilik kendaraan untuk mengecek kondisi sistem pendingin bahkan memperbaikinya bisa diatasi dengan datang langsung ke bengkel resmi Suzuki. Kamu cukup memilih salah satu bengkel berikut ini. 
Perawatan sistem pendingin berkala dan tahu apa saja ciri dari kerusakannya adalah tanggung jawab pemilik mobil. Dampaknya sistem pendingin akan lebih awet. 

Salam,



Untung Pakai Pembayaran Digital BukuWarung! Tagih dan Kirim Uang Dari Pelanggan Jadi Lebih Mudah


Untung Pakai Pembayaran Digital BukuWarung
“Jumlah UMKM Go Digital naik 99% selama pandemi”
Begitulah headline berita yang saya baca beberapa waktu lalu. Yaps, selama pandemi, sebanyak 15,9 juta pelaku UMKM telah terhubung ke dalam ekosistem digital. Ini merupakan kemajuan yang bagus menurut saya. Pasalnya, selama pandemi ini masyarakat sangat menggantungkan hidupnya pada internet, termasuk dalam urusan belanja atau memenuhi kebutuhan.

Data dari Social-Hootsuite menunjukkan bahwa jumlah pengguna internet selama pandemi mengalami peningkatan sebesar 15,5% atau setara dengan 27 juta orang. Dari jumlah tersebut, tercatat adanya peningkatan pada aktivitas belanja online sebanyak 38,3%.

Adanya peningkatan pada aktivitas belanja online inilah yang mendorong UMKM mengembangkan bisnisnya ke ranah digital. Pun demikian dengan saya, demi mendapatkan penghasilan tambahan, saya juga sedang melebarkan sayap dengan membangun bisnis kecil-kecilan yang saya jual secara online. 


Adalah baju-baju bayi, bisnis yang sedang saya bangun saat ini. Saya menjualnya melalui Instagram (@fan.babyshop) dan juga marketplace. Tapi tak jarang, pelanggan juga berasal dari teman dekat maupun tetangga. Alhamdulillah, meskipun penghasilannya belum besar, namun melalui bisnis ini, saya bisa memenuhi kebutuhan. 

Akan tetapi, sebagai pemula, saya memiliki banyak kendala dalam membangun bisnis digital ini. Salah satunya adalah dalam hal pembukuan. Ya, boleh dibilang pembukuan saya masih sangat berantakan, semua transaksi saya catat secara manual di Ms. Excel, mulai dari ketersediaan stok, catatan penjualan, pemasukan, pengeluaran hingga tagihan utang pelanggan. 

Ya, meskipun saya menjalani bisnis digital, namun bukan berarti saya bisa terlepas dari utang pelanggan, terlebih bila yang membeli adalah teman dekat sendiri. Biasanya, mereka menjanjikan untuk membayarnya pada saat gajian, tak jarang mereka juga meminta untuk membayar dengan cara mencicil. 

Tentu sebagai teman dekat saya mempercayainya, bahkan saking percayanya seringkali saya tidak membuat catatan tagihan utang tersebut. Pun, saya enggan untuk menagih karena ia merupakan teman dekat saya. 

Kejadian ini tentu saja membuat pembukuan menjadi berantakan sehingga saya sulit untuk memantau perkembangan usaha karena tidak tahu pasti laporan neraca, arus kas dan laba rugi.  

BukuWarung Hadir sebagai Solusi

Tagih dan Kirim uang Pakai BukuWarung

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kini saya bertekad untuk lebih tertib lagi dalam melakukan pembukuan. Sebab, bila hal ini terus terjadi bisa-bisa bisnis yang sudah saya bangun malah berujung gulung tikar. 

Dan beruntungnya, kini telah hadir BukuWarung, yaitu aplikasi pembukuan UMKM yang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pemilik usaha dalam mencatat pembukuan usahanya. Hadirnya buku warung ini benar-benar menjadi solusi bagi pemilik UMKM, terlebih pada aplikasinya juga ada fitur ‘tagih dan kirim uang” dari pelanggan. 

Berkat adanya fitur tersebut, saya bisa mencatat tagihan utang pelanggan serta mengatur tanggal jatuh tempo, lalu nantinya bila sudah jatuh tempo maka fitur tersebut akan menagih utang secara otomatis melalui whatsapp pelanggan. Dengan demikian saya gak perlu ada rasa sungkan atau ‘gak enak’ hati karena harus menagih utang kepada pelanggan. 

Mengenal Lebih Dekat BukuWarung, Aplikasi Pembayaran Digital Untuk Semua Jenis Usaha

BukuWarung

BukuWarung didirikan pada tahun 2019 oleh Abhinay Peddisetty dan Chinmay Chauhan dibawah naungan PT. Buku Usaha Digital. BukuWarung memiliki misi untuk memajukan bisnis 60 juta UMKM Indonesia serta diharapkan dapat memberdayakan dan memajukan sosial-ekonomi Indonesia.

Sesuai dengan misinya tersebut, BukuWarung menghadirkan solusi dengan berbagai layanan yang mencakup pengelolaan transaksi penjualan dan utang piutang, pengelolaan stok, hingga pembayaran digital yang akan terus dikembangan untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

BukuWarung telah melayani lebih dari 1,2 juta merchant di 750 wilayah di Indonesia. Melalui aplikasinya, perusahaan juga mencatat transaksi kotor senilai miliaran dolar AS yang tumbuh 100 kali di tahun 2020. 

Dengan menggunakan aplikasi ini, pemilik usaha bisa mencatat seluruh transaksi penjualan dengan lebih mudah dan praktis serta bisa meminimalisir terjadinya kesalahan, seperti salah menginput data atau melakukan rekapitulasi. Pun dengan adanya BukuWarung tagih dan kirim uang ke pelanggan atau supplier jadi lebih mudah dan praktis berkat adanya fitur pembayaran.

Selain itu, melalui aplikasi BukuWarung juga membantu pemilik usaha menerima pengembalian 3x lebih cepat dan mengalami peningkatan arus kas berkat adanya pesan pengingat otomatis pembayaran yang dikirimkan oleh aplikasi. 

Mengapa Harus Pakai Fitur Pembayaran BukuWarung?

Fitur Pembayaran BukuWarung

Jujur, saya merupakan tipe orang yang 'gak enakan' kalau ada yang berhutang dengan saya, baik itu berhutang secara pribadi maupun dalam urusan bisnis. Apalagi jika kondisi saya memang sedang 'ada', rasanya sulit sekali untuk menolak. Alhasil, ada beberapa rekan yang berhutang namun saya sungkan untuk menagih. Dan parahnya lagi, orang yang berhutang juga seolah-olah lupa. Bahkan ada juga loh beberapa teman yang membeli barang dagangan saya, tapi sudah hampir tiga tahun belum juga membayar. Padahal dia berjanji mau mencicil setiap bulan. 

Oleh karena itu, saya menjadikan BukuWarung sebagai solusi. Karena pada aplikasi tersebut terdapat fitur pembayaran yang memudahkan saya untuk mencatat sekaligus menagih utang secara otomatis sehingga saya tak perlu sungkan menagih. Pun dengan adanya fitur pembayaran, saya juga bisa mengirim uang ke supplier dan melakukan berbagai pembayaran lainnya dengan sangat mudah. 

Tak hanya itu saja, ada beberapa alasan saya menggunakan fitur pembayaran pada aplikasi BukuWarung, diantaranya yaitu : 

#1. Bisa Digunakan Untuk Berbagai Transaksi

Selain bisa digunakan untuk tagih dan kirim uang, aplikasi BukuWarung juga bisa digunakan untuk semua pencatatan transaksi penjualan, baik itu pengeluaran, pemasukan, kelola stok  sampai menjadi agen konter pulsa, bisa!

#2. Hemat Waktu dan Tenaga

Dengan menggunakan fitur pembayaran pada aplikasi BukuWarung, saya bisa melakukan transaksi antar bank atau dompet digital dengan sangat mudah, hanya dalam satu aplikasi saja. Tentu hal ini sangat menghemat waktu dan tenaga. 

Untuk saat ini, BukuWarung mendukung pembayaran melalui Bank BRI, Mandiri, BNI, Permata Bank, BCA, Dana, OVO, Link Aja dan Alfamart. 

#3. Keamanan Terjamin

Melakukan pembayaran dengan aplikasi BukuWarung juga tak perlu diragukan keamanannya, karena aplikasi BukuWarung telah bekerjasama dengan OY! dan Xendit yang berlesesnsi oleh Bank Indonesia. 

#4. Bisa Dapat Catatan Keuangan Otomatis

Menariknya lagi, transaksi yang sudah berhasil akan tercatat secara otomatis. Jadi, kita gak perlu catat-catat lagi secara manual. Pun kita gak akan kelupaan, mana yang belum bayar dan mana yang sudah melunasi tagihan. 

#5. Ada Fitur Nota Transaksi

Aplikasi ini juga menyediakan fitur nota transaksi yang dapat digunakan sebagai bukti pembayaran. Dengan demikian pelanggan juga mendapatkan tanda terima yang sah sebagai bukti transaksi. Adanya nota juga memudahkan pemilik usaha untuk mengetahui jumlah produk yang terjual sehingga semua transaksinya dapat tercatat dengan baik tanpa ada yang terlewat. 

Cara Menggunakan Fitur Pembayaran BukuWarung


Sejak mengenal Aplikasi BukuWarung, akhirnya semua proses pembayaran saya lakukan melalui aplikasi ini, mulai dari mencatat dan tagih utang pelanggan hingga pembayaran ke supplier. Dan berikut ini merupakan cara melakukan pembayaran dengan aplikasi BukuWarung. 

Pertama, download terlebih dahulu aplikasi BukuWarung di google Playstore. Lalu, daftarakan akun dengan menggunakan nomor HP. Selanjutnya, kode OTP akan dikirimkan melalui SMS, lalu isikan kode OTP dan sistem akan melakukan verifikasi.

Cara Tagih Utang Ke Pelanggan Pakai Aplikasi BukuWarung

Setelah aplikasi BukuWarung siap digunakan, kita bisa menggunakan fitur pembayaran pada aplikasi BukuWarung. Langkah-langkahnya sebagai berikut. 
  • Buka aplikasi BukuWarung, lalu pilih menu pembayaran
  • Jika ingin menagih pembayaran, maka klik tagih, lalu pilih daftar pelanggan yang ingin ditagih
  • Jika kontak pelanggan belum ada, klik tambah pelanggan baru, masukkan nama pelanggan dan nomor handphone lalu klik simpan
  • Jika kontak pelanggan sudah dipilih, selanjutnya masukkan akun rekening, buat dan konfirmasi pin dengan 4 digit angka
Cara Tagih Utang ke Pelanggan

  • Selanjutnya pilih Bank, masukkan nomor rekening dan klik periksa, lalu klik simpan rekening jika sudah terverifikasi
  • Kemudian masukkan nominal tagihan dan catatan, lalu klik lanjutkan
  • Setelah itu, akan muncul konfirmasi penagihan yang terdiri dari nomor rekening penerima dan ringkasan penagihan. 
  • Selanjutnya, klik minta pembayaran untuk mengirimkan link pembayaran kepada pelanggan melalui whatsapp atau sms. 
  • Pelanggan akan menerima link pembayaran dan dapat melakukan metode pembayaran melalui Bank BRI, Mandiri, BNI, Permata Bank, BCA, Dana, OVO, Link Aja dan Alfamart. Pelanggan yang melakukan pembayaran tidak dikenakan biaya admin, alias gratis. 
Cara Tagih Utang Ke Pelanggan

  • Proses tagih dan kirim uang juga bisa dilakukan melalui menu utang, caranya klik nama pelanggan yang ingin ditagih, lalu ikuti petunjuk yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Cara Melakukan Pembayaran Pakai Aplikasi BukuWarung
  • Buka menu pembayaran, lalu klik bayar. Selanjutnya pilih daftar nama yang ingin kamu bayar.
  • Jika kontak penerima belum ada, klik tambah pelanggan baru, masukkan nama  dan nomor handphone lalu klik simpan
  • Masukkan nomor rekening penerima. Jika sudah terverifikasi klik simpan. 
Cara Melakukan Pembayaran

  • Lalu akan muncul halaman transaksi pembayaran, yang terdiri dari catatan pembayaran dan nomor rekening penerima
  • Selanjutnya pilih metode pembayaran, lalu pilih bank
  • Setelah itu, klik bayar
  • Selesai. Proses pembayaran berhasil tanpa dikenakan biaya admin
Cara Melakukan Pembayaran


Berbagai Keunggulan Aplikasi BukuWarung

Selain berfungsi sebagai aplikasi pembayaran digital, seperti tagih dan kirim uang dari pelanggan, aplikasi BukuWarung juga memiliki berbagai keunggulan lainnya, dianataranya yaitu : 

#1. Memiliki Fitur Lengkap dan Mudah Dipahami

Aplikasi BukuWarung Memiliki fitur lengkap dan mudah dipahami, baik untuk orang awam sekalipun. Adapun berbagai fitur yang terdapat pada aplikasi BukuWarung, diantaranya yaitu:

Fitur Utang, Bisa Catat Utang dan Tagih Secara Otomatis Melalui Whatsapp

Fitur Utang BukuWarung

Salah satu fitur menarik yang terdapat pada aplikasi BukuWarung adalah fitur “Utang”. Melalui fitur ini, kita bisa melakukan pencatatan utang piutang, baik utang pelanggan maupun utang pribadi dengan mudah. Dengan demikian tak perlu khawatir lupa mencatat maupun menagihnya. Terlebih pada fitur ini juga dilengkapi dengan pengingat yang dapat menagih utang secara otomatis melalui SMS atau Whatsapp. Dengan adanya fitur ini memungkinkan pelanggan akan membayar utang dengan lebih cepat. 

Fitur Transaksi, Bisa Catat Semua Transaksi, Unduh Laporan dan Dijadikan Aplikasi Kasir

Fitur Transaksi BukuWarung

Melalui fitur ini, pengguna bisa mencatat seluruh transaksi usaha dari mulai penjualan, pendapatan hingga pengeluaran. Pengguna juga bisa mengakses data pembukuan secara harian, mingguan maupun bulanan dengan sangat mudah.  Tak hanya itu saja, pengguna juga bisa mengunduh laporannya loh. Semua laporan bisa diunduh dengan format PDF maupun Excel. 

Yang tak kalah menarik, pada fitur ini juga terdapat mode kasir yang memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi kepada customer. Dengan adanya mode kasir ini, pengguna bisa melakukan pencatatan transaksi, penjualan dan memantau stok barang secara bersamaan. 

Fitur Stok, Kelola Stok Barang Jadi Lebih Praktis dan Gak Pakai Ribet

Fitur Kelola Stok BukuWarung

Melalui fitur ini pengguna juga bisa kelola stok barang, mulai dari atur jumlah stok hingga menambahkan harga jual produk sekaligus. Nantinya stok barang akan terupdate secara otomatis saat catat transaksi penjualan. Selain itu, aplikasi juga akan mengingatkan pengguna bila stok mulai menipis. Anti ribet banget kan?

Fitur Pembayaran, Bisa Bayar dan Tagih Antar Bank, Gratis Biaya Admin!

Fitur Pembayaran BukuWarung

Fitur pembayaran digunakan untuk mempermudah proses pelunasan tagihan utang/piutang. Pada fitur ini terdapat dua menu, yaitu bayar dan tagih. Pilih menu bayar untuk melakukan pembayaran atau menu tagih untuk melakukan penagihan. Selanjutnya, masukkan nomor rekening yang dituju, lalu lakukan pembayaran. Semua proses pembayaran ini gratis tanpa dikenakan biaya admin.

Fitur Tambah Usaha, Bisa Catat Banyak Pembukuan dalam Satu Aplikasi

Pada fitur ini, pengguna juga bisa melakukan pembukuan lebih dari satu usaha loh. Jadi, kalau kamu punya 3 jenis usaha, kamu bisa mencatat semua pembukuan secara online di aplikasi BukuWarung. Dengan demikian pembukuan dari setiap usaha yang dimilikinya akan terpisah. Jadi, lebih mudah dalam memantau perkembangan masing-masing usaha. 

Fitur Jualan PPOB (Pulsa, Token Listrik, Paket Data dan Top Up e-wallet) 

Pada aplikasi ini juga tersedia layanan untuk berjualan pulsa, token listrik, e-wallet dan paket data. Dengan demikian, pengguna bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Jadi bisa makin untung deh!

Dilengkapi Nota Keren dan Kartu Nama

Ada juga fitur nota dan kartu nama yang membuat bisnis kita terlihat lebih profesional. Melalui fitur ini, kita bisa membuat nota keren yang dapat dijadikan sebagai bukti pembelian pelanggan. Kita juga bisa membuat kartu nama sehingga bisnis terlihat lebih kredibel. 

#2. Aplikasi Ringan dan Mudah Digunakan 

Aplikasi BukuWarung memiliki ukuran file yang ringan, yaitu tidak lebih dari 10 MB sehingga tak perlu khawatir memori penyimpanan habis, pun gak perlu takut gadget jadi lemot. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan dengan mudah kapanpun dan dimanapun, bahkan bisa digunakan tanpa perlu koneksi internet. 

#3. Bisa Digunakan Untuk Beragam Jenis Usaha

Semua jenis usaha bisa menggunakan aplikasi BukuWarung loh, gak cuma toko online aja tapi juga toko kelontong, warung makan, konter pulsa, agen wisata travel, rental mobil, usaha kos dan penginapan, pertanian, bengkel, laundry, salon hingga keuangan keluarga maupun keuangan pribadi harian. Semua bisa!

Pokoknya apapun usahamu, aplikasi BukuWarung solusinya!

#4. Keamanan Data Terjamin 

Semua transaksi yang dicatat di aplikasi BukuWarung terjamin keamanan datanya. Dengan demikian, kita tak perlu khawatir data hilang ataupun dicuri orang karena semua data tersimpan aman di dalam aplikasi. Maka itu, lupakan pencatatan manual dan mulai pakai BukuWarung. 

#5. Rating Tinggi di Playstore

Rating Tinggi BukuWarung

Aplikasi BukuWarung memiliki rating yang tinggi di google playstore, yaitu sebesar 4,4/5 serta terdapat review positif lebih dari 75.000 review, termasuk review positif dari saya. Bahkan hingga saat ini, aplikasi BukuWarung sudah diunduh lebih dari 5 juta pengguna. Hal ini menandakan bahwa BukuWarung benar-benar menjadi aplikasi pembukuan dan pembayaran digital yang memudahkan para pemilik usaha.

Untung Pakai BukuWarung! Tagih dan Kirim Uang dari Pelanggan Jadi Lebih Mudah


Berkat aplikasi BukuWarung, pembukuan saya jadi lebih tertata rapi. Pun saya tak perlu khawatir lagi apabila ada yang berutang karena saya dapat menagihnya secara otomatis melalui aplikasi. Selain itu, saya juga bisa lebih mudah saat melakukan pembayaran ke rekan bisnis. Semua catatan transaksi juga lebih aman sehingga tak perlu khawatir ada data yang hilang maupun dicuri orang. 

Menariknya lagi, semua proses tagih dan kirim uang dari pelanggan gratis, tanpa ada biaya admin. Dan satu lagi, pengguna juga bisa berjualan PPOB untuk menambah penghasilan loh, jadi double untung deh!

Untung pakai aplikasi BukuWarung!

Yuk, lupakan pencatatan usaha secara manual dan mulailah beralih ke BukuWarung.
Download BukuWarung sekarang juga!

Salam,



*Artikel ini diikutseratakan dalam lomba blog yang diadakan oleh BukuWarung*


Sumber Referensi :

  • Pengalaman Pribadi
  • https://www.beritasatu.com/ekonomi/835765/jumlah-umkm-go-digital-naik-99-selama-pandemi
  • https://tirto.id/jumlah-pelanggan-e-commerce-tercatat-meningkat-383-selama-pandemi-f1eP
  • https://infokomputer.grid.id/read/122358718/lulus-dari-y-combinator-bukuwarung-raih-pendanaan-dari-investor-terkemuka
  • Infografis : Tia Widiastuti, edited by canva
  • Video : Channel Youtube BukuWarung