Review Zamel, Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak


Zamel, Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

Berbicara soal vitamin penambah nafsu makan anak, sebenernya Arfan sudah mencoba berbagai jenis vitamin sejak usianya 2 tahun. Namun, yang ingin saya bahas kali ini adalah Zamel, sebab menurut saya, vitamin ini cukup ampuh dan bekerja maksimal di Arfan.

Btw, review saya ini murni berdasarkan pengalaman pribadi yaa, ga ada endorse sama sekali. Saya cuma berharap bisa membantu mak mamak sekalian yang sering galau menghadapi anak yang sering GTM, picky eater, menolak makan dan lainnya. 

Soalnya saya ngerasain banget. Sejak Arfan usia 2 tahun entah kenapa makannya jadi super susah banget, padahal masa-masa MPASI dia itu tipe anak yang makannya gampang, bahkan bisa nambah 2-3 kali sekali makan.  

Entah karena kebutuhan serat harian tubuh yang kurang terpenuhi sehingga salah satu nutrisi ada yang tidak tercukupi dan menyebabkan anak jadi kurang nafsu makan atau karena apa saya tydaaa mengerti. Yang pasti saya selalu berusaha melakukan berbagai upaya agar anak saya punya nafsu makan yang baik sehingga kebutuhan nutrisinya dapat terpenuhi. 

Dan berikut ini merupakan review Zamel setelah satu bulan mengkonsumsinya..

Review Zamel, Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

Zamel Sirup


Jadi, saya memberikan vitamin Zamel ini pasca anak saya sakit pada awal Oktober lalu. Sejak sembuh dari sakit, anak saya semakin menolak makan sehingga berdampak pada berat badannya yang semakin merosot. Btw, per Oktober kemarin, usia anak saya 3 tahun 10 bulan dan BB nya pasca sakit turun diangka 14,3 kg


Sebenernya berat badan segitu masih tergolong ideal sih. Namun, tetap saja naluri seorang ibu ingin berupaya mengembalikan berat badan yang hilang. Ya kan kepinginnya BB naik terus yaa, bukan malah turun.

Awalnya saya kepingin kasih Cerebrofort Gold karena berdasarkan review, banyak juga anaknya yang cucok setelah konsumsi vitamin tersebut. Eh, tapi ternyata di apotek dekat rumah stocknya sedang kosong. Jadilah, pilihan saya jatuh pada Zamel sirup ini. 

Klaim Zamel Sirup 

Zamel sirup merupakan suplemen makanan yang mengandung mikronutrien, mineral dan vitamin yang dapat digunakan untuk membantu perkembangan anak pada masa pertumbuhan. 

Komposisi Zamel Sirup

Tiap 5 mL mengandung,
Vitamin A 2000 IU, Thiamine 5 mg, Riboflavin 2 mg, Pyridoxine 5 mg, Cyanocobalamin 2 mcg, Nicotinamide 10 mg, Folic acid 15 mcg, Choline 5 mg, Inositol 12 mg, Biotin 100 mcg, Vitamin E 5 IU, Fe 5 mg, Zn 2,5 mg, Magnesium 35 mg, Copper 300 mcg, Selenium 20 mcg, Chromium 15 mcg, Lysine 100 mg, L-glutamine 50 mg

Warna, Tekstur dan Aroma

Zamel Sirup

Vitamin Zamel sirup ini berwarna kuning dengan tekstur yang agak kental. Aromanya seperti buah-buahan, lalu pas saya cobain rasanya, ternyata rasanya itu agak asin-asin manis gitu, terus “after taste” nya tuh berasa banget di lidah gak ilang-ilang. Ini menurut saya ya, tapi gak tau kalo anak saya, yang pasti Alhamdulillah-nya dia mau-mau aja disuruh minum ini. 

Cara Mengkonsumsi Zamel Sirup

Zamel sirup ini tersedia dalam ukuran 60 mL dan dapat dikonsumsi untuk anak usia 1 tahun keatas. Adapun cara mengkonsumsinya adalah sebagai berikut :
  • Anak-anak 1-3 tahun : ½ sendok takar (2,5 mL) per hari
  • Anak-anak 4-6 tahun : 1 sendok takar (5 mL) per hari
Biasanya Arfan minum Zamel sirup ini setiap pagi hari setelah sarapan, karena ‘katanya’ sih minum vitamin lebih efektif saat pagi hari. 


Harga dan Cara Mendapatkan Zamel Sirup

Saat saya beli di apotek, harga Zamel sirup 60 mL ini dibandrol dengan harga Rp 45.000, namun kalian juga bisa melakukan pembelian secara online di marketplace kesayangan kalian ya.. Harganya beda-beda, mulai dari Rp 35.000- Rp 50.000

Pengalaman Minum Zamel Sirup

Pengalaman Minum Zamel Sirup

Sudah 3 minggu ini Arfan rutin konsumsi Zamel sirup setiap paginya. Alhamdulillah, ada dampak bagus setelah konsumsi Zamel secara rutin. Nafsu makannya sudah mulai membaik, pun sekarang dia juga mau ngemil, meskipun masih pilih-pilih makanan. Namun, bagi saya ini sebuah kemajuan yang bagus karena sebelumnya dia tuh gak pernah mau ngemil sama sekali. Seneng banget dong saya..

Dan makin seneng lagi, pas tau timbangan Arfan naik banyak bangeeetttt!!! Pasca sakit itu, berat badan Arfan 14,3 kg dan setelah 3 minggu rutin minum Zamel, sekarang berat badannya sudah 15,2 kg.  Ini artinya, belum sampai satu bulan, tapi BB Arfan udah naik 900 gram. Masyaallah, terharu banget! 

Akhirnya nafsu makan Arfan membaik. Berat badan pun berangsur naik. 

Demikianlah, pengalaman Arfan rutin mengkonsumsi Zamel sirup. Namun, tentunya efek pada setiap anak akan berbeda-beda ya moms. Tapi semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk moms sekalian yang sulit menghadapi anak susah makan. Jangan lupa pula untuk konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ya moms..

Semoga artikel ini bermanfaat, 

Salam,



4 comments

  1. Ini vitamin yg dulu seriiiing dimasukin Ama dokter anakku kalo mereka sedang sakit mba. Pasti diresepin vitaminnya zamel 😄. Dan kumayan sih memang napsu makan anak2 jadi nambah. Aku ga pernah beli sendiri sih, selalunya dapet dari dokter anak. Kalo yg biasa aku beli cerebrovort gold. Atau vitamin Curcuma apaaaa gitu. Kok lupa namanya. Rata2 yg naikin napsu makan cocok buat anakku. Tapi Krn skr ini sedang pandemi aku lebih milih yg naikin imun dulu 😄.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, aku pengen coba cerebrovort gold tapi abis di apotek.. hehe.. kalo curcuma anakku gak doyan, mungkin karena terlalu kental kali ya..

      Delete
  2. memang susah ya kalau anak sudah gam mau makan padahal kita sudah cari masakan yang disukai anak2 , apalagi kalau sakit. ini bisa jadi alternatif agar anak mau makan

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)