Featured post

Pengalaman Mengatasi Perut Kembung Pada Anak

Pengalaman Mengatasi Anak Susah Makan, Begini Caranya..

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Cara mengatasi anak susah makan memang gampang-gampang susah. Apalagi Arfan yang moodnya seringkali naik turun kayak roaller coaster. Kadang gampang, kadang susah kebangetan harus dibujuk rayu terlebih dahulu. Makanya jam-jam nyuapin makan ke Arfan adalah waktu paling mendebarkan. Mamak super deg-degan apakah makanan ini akan segera ia kunyah dan telan atau dilepeh atau malah dia bakalan tutup mulut. Yak, sebegitunya rasa deg-degan ku melebihi deg-degan saat dilamar pak suami dulu.. #eh

Dulu, saat masa awal MPASI saya gak pernah punya kekhawatiran tentang hal ini. Pasalnya, Arfan termasuk anak yang doyan makan bahkan kadang bisa nambah tiga kali setiap kali makan. Happy banget dong saya ketika itu. Saat ibu-ibu lain mengeluhkan anaknya yang susah makan, justru anak saya nggak demikian.

Tapi sayangnya, masa-masa itu hanya berlaku selama kurang lebih 1 tahun saja. Saat usia Arfan jelang 2 tahun, saya pun merasakan bagaimana cranky-nya mengatasi anak susah makan, bagaimana keselnya saat anak GTM. Sungguh, terkadang rasanya sewot banget, pengen ngamuk, pengen marah, kesabaran habis (tapi ku tahan-tahan) *sabar-sabaaarr.. sembari elus-elus dada.. :D

Alhasil dengan kesabaran tingkat tinggi, saya pun melakukan berbagai cara agar anak ngga susah makan, setidaknya mau mangap aja deh. Gak perlu lah habis satu mangkok. Yang penting perut keisi makanan, itu aja udah cukup.

Ketahui Penyebab Anak Susah Makan

Kalau kata dokter Apin (ada yang kenal gak? Saya baca di post IG-nya) hihi. Menurut beliau, gak ada anak yang susah makan. Kemungkinan anak gak mau makan itu ada dua. Pertama karena lagi sakit. Kedua, dia sedang bosan dengan menu makanannya. Nah, makanya itu kita mesti tau dulu apa sih penyebab anak susah makan.

Penyebab Anak Susah Makan

Kalau pengalaman saya, beberapa hal yang menjadi penyebab Arfan menjadi susah makan diantaranya yaitu :

#1. Sakit

Bukan cuma anak kecil, kita pun sebagai orang dewasa, nafsu makan bakal mendadak turun ya kan kalau lagi sakit? Jadi, ya maklum aja kalau anak susah makan saat sakit. Kalau udah tau penyebabnya begini sih biasanya saya gak terlalu panik ketika Arfan susah makan. Pun gak perlu saya paksa-paksa, kasian. Hal utama yang saya lakukan tentunya mengobati penyakitnya terlebih dahulu. Dan biasanya kalau udah sembuh, nafsu makan bakal kembali normal lagi.

#2. Meriang atau Kurang Enak Badan

Loh, apa bedanya sama sakit? Beda dong kalo menurut saya.. hihi..

Kalau sakit tuh udah jelas penyakitnya. Misal demam, mau tumbuh gigi, batuk, flu, radang, tipes dan lain-lain. Nah, kalau meriang ini, kategori yang saya maksud adalah semacam masuk angin gitu (bahasa orang indonesa banget ya masuk angin, hihi). Jadi, biasanya kalau udah masuk angin, Arfan tuh sering ngantuk, buang-buang air dan perutnya gak merasakan laper. Mungkin ada gelembung-gelembung udara kali ya dalam perut, jadi seakan perut terasa penuh terus sehingga kehilangan nafsu makan bahkan kadang disertai muntah juga karena mual saat diisi makanan.

#3. Bosan dengan Menu yang Diberikan

Kita sebagai orang dewasa, gak jarang juga merasakan bosan dengan menu makanan. Kadang males makan nasi, pengennya jajan di abang-abang pinggir jalan atau kadang pengen pesen go food aja. Pernah gak sih merasakan hal itu?

Nah, mungkin sama dengan yang dirasakan si bayi ini. tapi sayangnya, dia belum mampu mengkomunikasikan dengan baik keinginannya. Alhasil, terjadilah yang dinamakan GTM atau menolak makan.

#4. Gak Mood

Kalau udah gak mood mah paling susah deh. Suer bikin gemes banget. Hal ini seringkali terjadi pada Arfan. Jadi, sebenernya dia itu mau makan. Kalau udah masuk mulut pasti ditelan. Pun dengan menu masakannya juga sukak. Cuma terkadang banyak distraksi yang membuat dia gak fokus untuk makan. Seperti maunya lari-larian dan sebagainya. Jadilah, susah banget makannya.

Pengalaman Mengatasi Anak Susah Makan

Punya anak yang susah makan tuh sungguh bikin pusing. Pusing takut berakibat pada berat badannya. Berat Badan kurang, stunting dan kurang gizi. Duh Amit-amit.. Maka dari itu segala cara saya lakukan agar Arfan mau makan. Berikut beberapa cara mengatasi anak susah makan ala saya..

Baca Juga : Pengalaman Sukses Menaikkan Berat Badan Anak dengan Mudah

#1. Buat Suasana Menjadi Tenang dan Menyenangkan

Nyuapin sembari anaknya lari-larian tuh sunggu PR banget. Karena itu, saat nyuapin Arfan saya harus mengkondisikan agar Arfan bisa duduk tenang atau sembari dikasih mainan yang gak memerlukan banyak gerak. Jadilah dia bisa mangap tanpa distraksi.

Pun saya melupakan idealisme saya untuk no gadget sebelum 3 tahun karena terkadang saya berikan hp biar dia bisa duduk tenang sambil nonton youtube (sungguh, jangan ditiru). Tapi beneran deh, cara ini cukup ampuh membuat Arfan mau makan.


Kalau dia lagi gak mau gadget, biasanya saya ajak liat ondel-ondel atau topeng monyet di deket rumah. Cara ini sukses banget bikin Arfan mau makan. Intinya sih, kita harus tau celanya. Cari tau kesukaan anak, lalu ajak makan sambil melakukan kegiatan yang bikin hatinya senang. Insyaallah, cukup ampuh mengatasi anak susah makan.

#2. Urut atau Pijat 

Beberapa kali Arfan gak mau makan karena masuk angin, badannya kurang enak gitu sepertinya. Kalau sudah begitu, biasanya langsung saya bawa ke tukang urut langganan. Alhamdulillah, setelah diurut, gak berapa lama nafsu makannya kembali normal lagi.

#3. Buat Menu yang Bervariasi

Supaya anak gak bosan, mamak harus pintar membuat menu yang bervariasi setiap harinya. Ini sungguh tantangan untuk saya yang gak begitu jago masak. Tapi namanya demi anak, ya apa aja dilakuin. Apalagi, Arfan anaknya cukup bosenan. Nah, kalau menunya baru terus biasanya dia semangat makan.

Selain itu, terkadang juga saya belikan ia makanan diluar biar gak bosen sama masakan mamak. Ya, palingan jajan bubur, nasi uduk atau soto. Iya, anak saya sekarang usia 2 tahun, udah pinter minta jajan nasi uduk.. hihi..

Baca juga : Enak dan Praktis, Ini 3 Resep MPASI untuk Anak 1 Tahun

#4. Konsultasikan ke Dokter

Kalau sudah beberapa cara dilakukan tapi anak tetep susah makan. Memang jalan terakhir harus banget dikonsultasikan ke dokter. Khawatir ada penyakit yang kita gak tau atau bisa juga kekurangan zat besi sehingga membuat nafsu makannya menurun.

Demikianlah cara saya dalam mengatasi anak susah makan. Semoga bermanfaat buat mommy, calon mommy atau para ayah dan calon ayah. Ya, nyuapin anak makan juga lebih ampuh lagi kalo bisa kerja sama dengan suami. Jadi, mamak yang nyuapin makan, nah ayahnya deh bagian menghibur biar anak mau mangap. Hihi..

Semangat untuk para mommy yang anaknya susah makan, kita pasti bisa melalui itu..

Btw, kalau moms sekalian gimana caranya mengatasi anak susah makan? Share dong di kolom komentar.


Salam,



35 comments

  1. saya dulu sih ampuh ny kalau dibuatkan makanan sih mba hehe. langsung dehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal makan doang mah enak ya mas.. hehe

      Delete
  2. Kalau saya biasanya terpaksa berkreasi dengan menu utama favoritnya, misal si adik kan suka telur, kalau dia nggak mau makan, saya bikin deh telur goreng yang isiannya bermacam-macam, biasanya sih berhasil.

    Kalau dia sama sekali nggak mau makan, biasany karena mau sakit tuh, kayak lagi batpil atau semacamnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. "terpaksa" ya mbaaa..? wekekek..
      aku tuh kalo anak lagi males makan, seringnya malah jadi males masak juga.. krn sedih aja gitu capek masak ga dimakan.. wekekek (emang dasarnya pemalas sih) hihi

      Delete
  3. Dulu saat anak abg ku masih balita duuh susahnya minta ampun kl lgi makan, udah di mut doang, lama lagi.. Mpe kadang sambil keliling dulu biar dia mau makan, barangkali beberapa hal diatas bisa juga jadi penyebabnya ya mbak, kayak bosen dengan menu dan ga enak badan,jadi tambah pengetahuan jiga nih biarpun anaku udah abg

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin setiap anak memang ada fasenya "susah makan" ya mbaa..?
      terus kalo sekarang anak abg nya udah doyan makan belum? hehe

      Delete
  4. Walaupun pembahasannya nggak menjangkau kebutuhanku. Ya disimak saja lah, itung itung nambah pengalaman kalo udah nikah terus punya anak nanti.

    Btw mom blogger.

    Elegan dan keren sekali tampilan blognya aku suka 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sebelumnya :)

      Ya mas, harus disimak, siapa tau berguna kalo sudah punya anak nanti.. hehe

      Delete
  5. Buat menu yang bervariasi, biasanya anak juga bosan.
    Sama halnya kayak orang dewasalah.
    Yang penting sabar, buat suasana menjadi tenang dan nyaman.
    Sambil jalan-jalan menyuapinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyuapin sambil jalan-jalan, jurus andalanku banget itu mas djangkaru :D

      Delete
  6. Ini saya banget, anak saya kadang susah disuruh makan, kalo dikasih hape baru mau makan. Tapi habis makan hapenya ngga boleh diambil mbak.😂

    Mungkin harus buat menu baru kali ya, soalnya makanannya kadang itu itu saja. Tapi bingung makanan yang bagus buat anak 7 tahun apa aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakak.. jadi keterusan ya main hp nya mas.. :D

      Makan sayur mayur dan tinggi protein bagus mas.. hehe

      Delete
  7. Ya Alloh, sempet di usia 3 tahun anak saya susah makan mba. Tapi terus saya ganti susunya, alhamdulillah ngaruh juga sama nafsu makannya, sekarang BBnya juga udah wajar seusianya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah..
      Susu nya apa mba kalo boleh tau?

      Delete
  8. memang ada itu mood nya naik turun pas lagi doyan makan bisa sehari makan sampai 5 kali bahkan lebih tapi kalau lagi susah sampai orang tuanyapun bingung bagaimana caranya....snagat bermanfaat infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin keki ya mba kalo gak mau makan? hihi..

      Delete
  9. Nah ini memang susah banget kalau anak sudah mulai malas makan, apalagi bukan karena sakit. Penyebabnya adalah ternyata hanya menu favoritnya tidak ada. Betul banget mbak, kalau dibuat menu variasi anak akan senang juga makannya dan anak menu favoritnya disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ngambek karna menu favoritnya ga ada ya mas

      Delete
    2. tapi kadang mamaknya juga bingung menu favoritnya apaan.. wekekek..

      Delete
  10. saya dulu pas kecil termasuk ga suka makan
    kayaknya lebih gak mood dan entah suka muntah klo makan sampe 4 tahunan mbak

    eh sekarang malah ngabisin makanan wkwkw

    klo enggak salah pernah dipijit juga pas kecil, dipijit perut gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa ya kok malah muntah? kekenyangan?
      atau ada yang gak bener sama pencernaan dan lambungnya?

      haha.. Alhamdulillah yah udh jadi tukang abisin makanan.. jadi sehat dong.. wkwk

      Delete
  11. E lakok permasalahan yang sama mak, sini mak pelukan onlain hahhahahah

    Ya ampun kadang mamak tuh pingin kayang bin gemes gemes gimana gitu klo anak ku udah menunjukkan tanda tanda mbegod alias ga mood mangap, pas taksuapin, duh sabare kita kita ye mak hahhah

    Pengen mamam batako deh jadinya

    #uhm kemaren aja aku jadi pengen beli stimuno loh abis baca postmu yang stimuno

    Anakku itu sebenere juga kayak arfan mak, mau maem, ditelen itu nasi klo dirasanya sekali suapan enak..tapi kadang dia uda underestimate duluan ama beberapa lauk. Belum juga dikecap, eee udah emoh duluan wkwkwk

    Tapi ya itu kedoyanannya itu lele, ayam ala ala fried chicken, cuma sayur tuh susaaaah banget, lauk lain juga ampun deh ogah ogahan dia, huh...olahan telur bosen katanya..coba deh mamak tak searching lagi ala ala bikin resep yang mantab mantab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mbak mbul, seperti ini problem semua yang punya anak kecil, apalagi kalo anak hobi jajan, susah sekali makannya.😅

      Delete
    2. wakakak.. pengen kayang mak? sama dong.. haha

      Nah, mak.. boleh juga tuh pakai stimuno.. sekarang arfan udah lumayan nih maemnya..

      wakakak, anak ku juga suka underestimate duluan, apalagi kalo sama menu2 baru.. takut2 gitu makannya. padahal mah pas udah dicoba juga abis..

      hayuk mak, bikin resep yang mantab-mantab.. jangan lupa share di blog, ntar ku nyontek :D

      Delete
    3. mas agus, jangan dibiasain jajan atuhh.. hihi..
      (tapi susah ya?)

      Delete
  12. Pernah nih bayi cassie masuk angin gamau makan.. tp alhamdulilah uda mau pas dipijit k tya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya mbaa..
      mamak tenang deh jadinya..

      Delete
  13. kalau udah sama anak kecil kudu telaten ya mbak, karena masih belum ngerti juga dia pinginnya apa, makan apa. Kalo orang gede, sakit dikit pengen sate ya tinggal beli hehehe. Menurut orang gede mikirnya "aku sembuh kalo makan sate", kalo anak kecil blm sampe kesana

    aku dulu bisa dibilang susah makan kayaknya, kalo ga cocok ya ga makan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. iya mbaaa..
      kudu sabar banget makanya.. hehe

      Delete
  14. ko sama banget sekarang anak susah makan mungkin harus berkreasi dengan menu lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak mbaa.. semangat bereksperimen.. hehe

      Delete
  15. 1, 2 dan 3 bisa kita deteksi, tapi klo soal mood susah tentunya ya dan butuh lama untuk memahaminya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget bang day..

      bang day yg sudah berpengalaman bagi tipsmya dong.. 😁

      Delete
  16. sekarang saya lagi ngalamin nih, anak baru 2 bulan mpasi tapi ya ampun dari awal susah bgt makan.. pernah periksa ke dokter cuma dikasih vitamin aja, tapi sampe skrg masih susah, banyak drama.. padahal rasa2nya menunya sudah cukup bervariasi.. :(

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin baby nya masih adaptasi kali ya mas.. kan biasanya mimik asi doang, ealah ini tiba2 disuruh makan jugak.. masih kaget bisa jadi.. hehe..

      semangat terus yg penting yaa.. 😁

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)