Wednesday, April 17, 2019

Pengalaman Sukses Menaikkan Berat Badan Anak Dengan Mudah


Assalamualaikum sahabat, 

Kali ini saya mau curhat nih tentang kepusingan yang saya alami beberapa bulan lalu. Ya. Berat Badan. Emang sih, cewek tuh gak ada habisnya kalo ngomongin berat badan. Bahkan ada nih temen saya yang BB nya gak nyampe 45 kg tapi setiap hari ngeluh gendut mulu. Aneh kan cewek.. (halah, malah jadi ghibah). 

Baiklah, balik ke topik.. Jadi sekitar delapan bulan lalu, tepatnya saat anak saya usianya 8 bulan, berat badannya sempet stuck bahkan sesekali turun. Jelas dong, sebagai mamak baru yang concern banget sama BB anak, langsung panik dan mencoba beberapa cara agar berat badan si anak bayi ini bisa naik. 



Segala upaya udah dilakuin dan si anak juga termasuk yang makan nya doyan, tapi tetep aja BB gak naik-naik, paling banyak naik cuma 3 ons setiap bulannya. Padahal usia segitu seharusnya bisa dong naik sekitar 5 ons sampai 1 kg setiap bulan. Ditambah lagi pas ngecek KMS (kartu menuju sehat), grafik BB si anak ini perlahan menurun, mamak mulai khawatir, takut grafik BB-nya nyentuh digaris kuning. Aduh, kalo sampai nyentuh digaris kuning, saya sedih banget pastinya. Takut si anak stunting atau gizi buruk. 

Akhirnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, saya pun membawa anak saya untuk konsultasi ke dokter spesialis anak. Lebay gak sih? Ya, biarlah dibilang lebay, saya butuh banget solusi. Saya juga penasaran banget kenapa anak saya BB nya stuck padahal makannya doyan. Emang sih, anak saya gak begitu suka ngemil, tapi kalau makan menu mpasi (nasi tim/bubur) bisa nambah 2 sampai 3 kali sekali makan. Selain itu, minum susu pun juga terbilang kuat, bisa habis 10 botol 120 mL dalam sehari. 

Awalnya saya berpikiran, mungkin karena anaknya super aktif, jadilah dia BB nya susah naik, karena habis untuk tenaga dan mungkin lari nya jadi ke otot nya. Tetapi, ternyata tidak kata dokter. Menurut dokter kemungkinan BB anak saya gak naik-naik adalah karena gizi nya kurang. Gizi yang kurang ini bisa disebabkan karena cara memasak ibu yang salah. Misal masak terlalu lama atau dipanaskan berkali-kali sehingga gizi nya semakin berkurang. 

Saya pun berpikir.. bener juga sih apa yang dibilang dokter. Memang sih saat itu saya mengubah cara memasak. Yang biasanya saya masak pakai slowcooker, saat itu saya nyoba masak dikompor biasa. Dan salah nya saya adalah saya panaskan berulang. Misal, mau makan siang atau makan sore saya panaskan lagi biar hangat. Ternyata oh ternyata, itu membuat kadar gizinya semakin berkurang. 

Semenjak saat itu, saya pun mulai berhati-hati kalo masak, dan gak saya panaskan berulang lagi. Selain itu, saya juga mencoba beberapa cara untuk menaikkan BB anak. Berikut cara yang saya lakukan.. 

1. Memberikan Lemak Tambahan Pada Menu Mpasi 

Sejak mulai Mpasi, saya rutin mememberikan lemak tambahan pada menu mpasi anak saya. Lemak tambahan yang biasa saya berikan adalah minyak evoo, unsalted butter dan keju belcube. Berkat lemak-lemak itu, keliatan sih diawal-awal mpasi anak saya itu ginuk-ginuk montok. Entah kenapa semakin kesini, saya semakin jarang memberikan lemak tambahan. Mungkin itu juga salah satu penyebab BB anak saya sulit naik. 
Evoo 

gambar dari sini

Evoo atau Extra Virgin Olive Oil ini biasa saya tambahkan pada menu mpasi anak saya. Penggunaannya mudah, cukup tambahkan 1 sdt ke dalam mangkok mpasi nya. Jadi, ditambahkan saat mau makan aja ya, jangan dicampur ke semua menu mpasi apalagi dipakai untuk memasak. 

Evoo atau minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal serta asam lemak yang ada di dalam ASI. Selain itu juga mengandung omega 3 yang baik untuk perkembangan otak serta dapat membantu meningkatkan pertumbuhan bayi. 

Evoo ini banyak merk nya. Saya sendiri pakai merk CASA DI OLIVIA. Harga nya sekitar 60ribuan, waktu itu beli online, karena bingung harus beli dimana. Eh, ternyata di superindo, giant atau hari-hari juga ada. 

Unsalted Butter (UB) 


Selain evoo, terkadang saya juga memberikan UB pada menu mpasi anak saya. Jadi, kalo udah pakai evoo, gak pakai UB lagi dan sebaliknya karena fungsinya sama. UB adalah mentega tawar yang berfungsi sebagai lemak tambahan, membuat makanan lebih beraroma dan sedap dan untuk booster BB bayi juga. 

Biasanya saya pakai UB untuk menumis bumbu-bumbu. Misalkan saya masak semur, nah bumbunya saya tumis pakai UB. Jadi bisa dibilang sebagai pengganti minyak goreng. UB juga bisa ditambahkan pada menu Mpasi langsung seperti hal nya evoo. 

UB juga banyak merk nya. Saya biasa pakai merk elle vire karena di swalayan banyaknya merk yang itu. Hehe.. 

Keju Bayi 

gambar dari sini

Dikatakan keju bayi karena keju ini tidak terlalu asin seperti keju pada umumnya sehingga cocok untuk anak bayi yang baru mengenal rasa. Keju bayi ini paling rutin saya berikan pada menu mpasi. Biasanya setelah masakan matang, langsung saya parutin keju ini di menu mpasi nya. 

Jadi, lemak tambahan yang biasa saya berikan adalah Evoo + keju atau UB + keju. Keju ini juga banyak merknya, saya biasa pakai merk belcube. 

2. Membuat kaldu sumsum tulang sapi 


Saya juga rajin membuat kaldu sumsum tulang sapi. Kaldu ini bisa digunakan untuk memasak menu mpasi. Sumsum sapi ini banyak sekali manfaatnya karena memiliki kandungan gizi berupa zat besi sebesar 480 mg, kalsium 8 mg protein 4,7 mg dan fosfor 3,1 mg. Kandungan gizi nya yang baik tersebut membuat sumsum sapi bagus di konsumsi untuk anak pada masa pertumbuhan karena dapat meningkatkan fungsi otak. Selain itu sumsum sapi juga dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan untuk anak yang susah makan.

Baca Juga :
Diary Mpasi Arfan : Menu 4 Bintang
Enak dan Praktis, Ini 3 Resep Mpasi Untuk Anak Usia 1 Tahun

3. Rutin Makan Buah Alpukat 

gambar disini
Alpukat memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Kandungan lemak yang sehat pada alpukat ini mampu membantu menaikkan berat badan anak. Alpukat juga kaya akan vitamin C dan K sehingga bagus untuk pertumbuhan serta perbaikan jaringan tubuh. Selain itu juga mengandung folat, kalium dan mangan yang terlibat dalam fungsi otak dan saraf. 

Beruntungnya anak saya doyan banget sama alpukat. Jadi saya selalu stok buah alpukat. Lumayan banget untuk naikin BB nya. 

4. Konsumsi Nayz Bubur Organik Rasa Kakap 


Saking kepinginnya naikin BB anak, saya juga sempet beberapa kali beli Nayz Bubur organik. Ada beberapa varian rasa dari bubur nayz ini, namun konon katanya nayz rasa kakap dapat menaikkan BB anak. Jadi lah saya beberapa kali beli itu. Semacam kemakan iklan gitu yaa. Tapi ga ada salahnya ya kan mencoba. 

5. Minum Susu Pediasure 


Nah, kalau susu pediasure ini merupakan saran dari dokter. Waktu itu disela-sela konsultasi saya sempet menanyakan, kira-kira susu apa ya yang bagus untuk menaikkan BB anak. Nah, dokter menyarankan untuk minum susu pediasure setiap satu jam setelah makan. Tapi susu ini tidak bisa menjadi fokus utama. Tetap, anak harus makan tiga kali sehari dengan gizi seimbang. Dan diantara jam makan harus diselingi dengan cemilan, baik itu buah maupun biskuit. 

Ya, berhubung anak saya minum susunya 10 botol perhari. Jadi dalam sehari dia minum 3 botol susu pediasure, dan sisanya susu dancow yang biasa dia minum. Dan jatahnya setiap bulan itu hanya 400 gram, kalau udah habis yaudah lanjut minum dancow, jatah minum pediasure bulan depan lagi. 

Mengapa demikian? Pertama, dari referensi yang saya baca, pediasure ini bukan susu melainkan makanan cair yang biasa dikonsumsi untuk anak yang habis sakit atau operasi dan belum bisa makan makanan biasa. Jadi harus melalui saran dokter dan tidak cocok jika dikonsumsi rutin. Kedua, karena harga pediasure cukup mihil, jadi saya batesin aja sebulan itu satu kaleng kecil. Kalo kantong mamak kuat sih, bakalan saya kasih terus untuk makanan tambahan kayaknya. Hehe.. 

Lalu bagiamana? Setelah menerapkan upaya-upaya tersebut apakah BB anak berhasil naik? 

Yes, mom.. 

Setelah semua cara-cara tersebut saya terapkan, Alhamdulillah BB anak saya berhasil naik. Dari yang awalnya mulai stuk dan hanya naik 1-3 ons setiap bulan. Sekarang, berhasil naik 5 ons sampai 1 kg setiap bulannya. Alhamdulillah, lega banget. 

Sebenernya banyak banget alasan kenapa BB anak ga naik atau bahkan turun, misalnya lagi sakit. Pastinya jadi gak doyan makan dong, alhasil BB nya jadi turun. Jadi kita harus pintar-pintar menganalisis yaa.. Kalau dari kasus anak saya itu kan memang lagi dalam kondisi sehat dan makan doyan tapi BB stuk, jadi lah mamak panik bin pusingg.. hehe.. 

Baiklah, sekian curhatan hari ini, Semoga artikel ini bermanfaat ya buat bu ibuk sekalian yang mengalami hal serupa. Hehe.. 



Salam..

70 comments :

  1. Wahhh kalau untuk orang dewasa berpengaruh gak yaaa, biar bisa naik juga berat badannya wuehehe, pengen bangeet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk dewasa tanya ade rai mas, karna masternyakan beliau,he-he,...canda je

      Delete
    2. Wahahaha ade rai, udah jarang keliatan lagi tuh orang :D

      Delete
    3. wah pengen naikin berat badan nih mas andrie..?
      dulu aku juga pernah naikin program BB pake herbalife mas..
      lumayan waktu itu sebulan naik 6 Kg

      Delete
    4. wah bener ya herbalife itu bagus dan berpengaruh untuk naikin badan? permanenkah, mba thya?

      Delete
    5. kalo aku sih permanen mas.. gak tau ya kalo orang lain..
      boleh dicoba mas.. hehe

      Delete
    6. Betul apa yang disebutkan kak Thya .., herbalife bisa 2 fungsi.
      Bisa nurunin juga naikin BB

      Aku pernah nyoba soalnya dan terbukti bisa naikin berat badan.

      Cuma karena bb ku ajeg segini-gini aja, nyobain herbalife cuma buat ngilangin penasaran kayak gimana rasa dan fungsinya saja.

      Delete
    7. oh ternyata mas hima pernah konsumsi herbalife juga toh. tapi menurutku badan mas hima sih udah ideal deh (jgn geer, hehe).

      tapi herbalife juga bagus sih untuk daya tahan tubuh.. biar gak gampang capek dan gak mudah sakit. hehe.. udah kayak sales aku ya..

      Delete
  2. wah, jadi ini ya rahasianya teh, saya jadi pengen coba, barangkali bisa gendutin badan seperti hulk atau ade rai,...wkwkckk

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh, jangan seperti hulk juga dong mas.. serem.. hehe

      Delete
  3. wah dapat ilmu baru nih baca blognya kak tya..

    emang tambahan lemak bikin bb nya cepet naik.. aapalagi anak makin aktif kadang suka takut ya kak kalau bbnya gak naik2

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba vik..
      lebih takut lagi kalo mulai gak doyan makan..
      stress rasanya.. hehe

      Delete
  4. Tiaaaaa anak aku kmaren takbeliin pediasure tp melet2, tetep maunya bebelac, huhu, pdhl klo minum bebelac cepet bgt pupnya di anakku

    Wah aku save yg nayz boledeh biar narget cepet ni, di saat darurat, thx tia
    Arfan sehat2 terus ya nak,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya, memang kadang cocok2an ya anak.. Alhamdulillah anakku mau minum pediasure..
      iyak nit boleh dicoba nayz nya, tai ga ada rasanya tauu.. hambar..

      Amiinn.. sehat2 juga yaa mak embul nita dan keluarga :*

      Delete
  5. Ohh, aku kok baru tau dari sini kalau ternyata ada juga ya jenis keju bayi ...

    Dulu ponakanku sering dikit-dikit kusodorin lembaran keju craft ..., beruntungnya dia doyan gitu aja.
    Dan malah bentar-bentar minta lagi dan lagii ..

    Giliran omnya ini yang pusiiiing ngeluarin duit lagi beli kejunya ..

    Semoga berat badan anaknya kak Thya makin bertambah.
    Tapi jangan overweight ya, kasihan juga looh ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga baru tau keju bayi ini pas anakku udah mau mpasi mas..

      hihi gapapa sih kalo doyan keju craft, biarin kantong mas hima cepet jebol. hehe.. eh, tapi lebih mahalan keju bayi sih ketimbang keju craft.. hehehe..

      Amiin mas hima..
      iya aku juga ga mau overwight sih, ideal aja udah cukup. :)

      Delete
    2. Iya yaa .. kenapa produk olahan buat bayi lebih mahal dibandingkan buat orang dewasa ya ?.

      Pakaian juga, loh.
      Eh tapi yang branded sih ...
      Pernah kulihat pakaian bayi dari merk terkenal berinisial O ...
      Mihiiilnyaa ...
      Ckckkckk

      Delete
    3. kasih yakul dan suplemen ronie collman aja mas, biar anaknya jadi berotot seperti binaraga,...ha-ha

      Delete
  6. Gemukin bayi mahal yaa... ya mestinya begini buat bayi sehat...memiliki kandungan lemak dan minyak yang juga sehat buat bebi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gemukin badan orang dewasa juga mahal mba.. hehe..

      Delete
    2. ha bebi, saya tadi hampir salah tanggap, saya sangka babi,....ha-ha

      Delete
  7. Saya sediihhh..
    Anak saya juga udah gak embul lagi.
    Daaannn karena dia gak mau makan hiks.

    Saya juga sering masak pakai unsalted butter, terus hampir semua makanannya pakai keju, dari sarapan pakai oat dan keju, lauk goreng pakai keju.
    Dia gak mau dong, bosan kayaknya.

    Daging juga kurang suka, kalau susu Pediasure belum coba sih, soalnya dulu kakaknya gak cocok minum itu, makanya agak mikir juga nyobanya hehehe.

    Tapi boleh nih ditiru, semoga aja si bayi ini mau makan dan BBnya bisa naik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaa sedih ya liat anak waktu bayik gemuk ginuk-ginuk, eh sekarang malah menciut.. paling tambah tinggi aja. apalagi kalo udah gak doyan makan, stress aku rasanya.. haha..

      anakku meski naik bb nya udah lumayan setiap bulannya, tapi ya tetep aja gak keliatan endud juga. mungkin bisa jadi dipengaruhi dari gen nya juga yaa.. emang dasar gen nya ga bisa gendut..

      tapi yang penting sehat, BB sesuai grafik.. itu aja sih cukup :D

      Delete
    2. jangan khawatir teh rey, ikuti saran saya saja,..anaknya dikasih putih telur setiap harinya 10 butir ditambah suplemen binaraga dari ronie collmen dijamin dah,...badan anak teh rey jadi menakjubkan,..ya kurang lebih seperti ade rai,...ha-ha

      Delete
  8. inget bgt dulu jaman anakku bayik makan keju belcube juga mbaa, tapi skr udah ga pernah huhu.. mgkn balik mengulang sejarah jaman bayik bisa juga kali ya bantu naikin badannya si bayik yang sudah toodlers.. makasii infonya mba Thya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo udah toodlers lebih susah lagi ya mba??
      kayaknya keju belcube udah gak mempan buat naikin bb anak toodlers deh hehehe..
      harus rajin ngemil yaa.. (mungkin) hehe

      Delete
    2. kasih telur ayam kampung aja mba,ples disuruh angkat barbel anaknya,..biar kekar gitu,...ha-ha

      Delete
    3. mas kuanyu semangat banget nih mau makan telur ayam kampung.. hehe

      Delete
    4. .. itu karena ... , mas Kuan Yu pengusaha ayam kampung petelor, kaaak ...

      Belimpah stoknya.
      Jadi bingung mau diapain gitu telornya ... hahhaaha

      Delete
    5. ohh jd mas kuanyu pengusaha telor toh.. sini bagi2 ke saya.. hahaha

      Delete
  9. Intinya selain susu pedisure. untuk anak dan balita, Kesehatan fisik serta pikiran anak juga harus kita perhatikan secara kontinyu..😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. ea,..psikiater anak berbicara,...ha-ha,..@massatria

      Delete
    2. betul sekali, mas satria. metabolisme tiap orang termasuk anak-anak juga berbeda. ada yang stress malah makin banyak makan, ada yang stress makin kurus.

      Delete
  10. baru tau konsumsi alpukat dapat menambah berat badan lo,, bisa nih dicoba

    kalau mahasiswa seperti saya mbak? yang makan banyak tapi tak kunjung berisi! ada tips kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, alpukat kan kandungan lemaknya tinggi..

      coba minum herbalife mas atau susu dancow full cream yang vanila.. aku dulu pernah naikin bb juga pake cara itu..

      Delete
    2. ada gan cara ampuhnya,..makan besi,...wkwkckk

      Delete
  11. inspiratif kak pengalaman nya, bisa saya coba nih semoga work agar anak bisa lebih berbobot ya berat badan nya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas zunif juga bisa loh kalau mau,..wkwkckk

      Delete
  12. Dulu saya juga pakai evoo atau ub di MPASI anak, tapi pas sudah mulai mengenal rasa 10 bulanan dia mulai ngelepeh kalau dipakein itu. Jadi sekarang makan menu keluarga dan naik bbnya susah :') ini memang jadi galaunya emak-emak. Makasih tipsnya, ntar coba poin lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. atau ikuti cara saya ini juga bis teh, caranya,..anaknya dikasih putih telur setiap harinya 10 butir ditambah suplemen binaraga dari ronie collmen dijamin dah,...badan anak teh-teh jadi menakjubkan,..ya kurang lebih seperti ade rai,...iya teh,..ade rai,..yang badannya kekar itu,...he-he

      Delete
    2. iya mba, apalagi kalo udah balita yaaa.. makin syusah naiknya.. hiks..

      Delete
  13. Waktu anak2 masih kecil salah satu hal yg dipikirin ya ini masalah berat badan, apalagi punya anak cowok kembar yg lahir ketika kandungan masih berusia 8 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow, ternyata mas aris anaknya kembar..?
      gak kebayang gimana repot nya.. hehehe..

      Delete
  14. Boleh lah ka kalo ada pengalaman naikin berat badan untuk orang dewasa dishare juga. pengalaman pake produk herbalife nya boleh tuh, termasuk rincian biayanya. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew, mas uyo mau naikin bb nih..
      waktu itu aku pake herbalife cuma 2 bulan doang.. hehe.. tapi gak turun-turun lagi kok.
      bisa juga pake susu dancow mas..

      ntar kapan-kapan ku share yaa :)

      Delete
  15. Semoga dng mengkonsumsi makanan dan minuman diatas BB anaknya jadi naik tpi, kalau ngak naik naik coba cek... Piring dan cangkir ibunya....siapa tahu Makanan dan minuman si bayi Masuknya salah alamat...😃#Peace...oii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud kang nata, makanan sama minuman nya salah masuk, jd masuk ke perut ibu nya gitu kang?? enak ajaa.. ngga dongggg..
      jangan2 makanannya diembat kang nata diem2 yaaa.. hhaha

      Delete
  16. Wah, harus pinter-pinter atur makanan buat anak ya. Semoga berat badannya bisa ideal. (Kan kalau gemuk banget juga gak sehat, kan.)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba betul.. gak mau gemuk dan gak mau juga kalo terlalu kurus.

      Delete
  17. thanks infonya mbak.. kebetulan lagi siap2 jadi bapak nih.. bisa diterapkan nanti kalau bayi udah lahir :D

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. manteb nih calon bapak..
      sip, mas.. sama-sama..

      Delete
  18. No.5 emang cepet banget mba bikin anak naik BBnya tapi harganya bikin jebol kantong, hanya bertahan setahun saja jadinya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, mba juga berhasil pake cara yg nomer 5..?
      emang mba, bener2 bikin kantong jebol.. makanya cuma ku jatah 400 gram perbulan.. haha

      Delete
  19. Alpukat tuh murah meriah, ternyata khasiatnya banyak yah.

    ReplyDelete
  20. HAHA dulu waktu kecil ane makan nasi 2 sendok naik 3 kg :')

    ReplyDelete
  21. ternyata ada juga keju bayi ya mbak, itu berarti kejunya gak ikut di masak / dipakai masak ya?
    cukup parutkan aja di atas hidangan yang udah masak dan mau di hidangkan ke si kecil aja?

    ReplyDelete
  22. Wah, ternyata buah alpukat itu banyak akan manfaat ya. Selain bisa digunakan untuk produk kecantikan, ternyata bisa juga dijadikan untuk penambah berat badan anak. Terima kasih infonya :)

    ReplyDelete
  23. Tipsnya sangat bermanfaat kebetulan anak saya juga bbnya turun gara2 sakit jadi susah makannya, semoga bisa dipraktekkan

    ReplyDelete
  24. Amiinn.. semoga doyan makan lagi ya anaknyaa..

    ReplyDelete
  25. Faktor keturunan juga bisa membuat berat badan susah naik, saya contohnya..dari kecil ampe dewasa emang susah nambah,,,,walau udah minum susu, vitamin, buat alpokat susu, tetap syusah naik

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaa betull.. aku juga tipe orang yang susah gemuk, padahal udah berusaha minum ini itu.. tapi ya segitu-segitu aja BB nya..

      Delete
  26. Belcube itu idola banget pas zaman MPASI..enaaak juga dicamilin emaknya...hihi. Kalau anak-anak saya fix genetik nggak bisa gemuk, Mbak. Selama mereka sehat saya tidak memusingkan soal BB. Alhamdulillah di atas 2th semua makan lahap..Masya Allah. Dulu juga sempat ikutin saran dokter minum nutrinidrink, kurang lebih sama seperti pediasure bahkan lebih tinggi kalori, tapi tetap aja apa adanya...hihi. Semoga tetap sehat dan makan lahap ya mbak...aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, asik banget mbaa kalo makannya udah lahap. kalo gak doyan makan tu pusing pala mamak. hehe.. nutrinidrink katanya tuh kentel banget gitu ya mba dan lebih amis, iya gak sih? memang kalo udah genetik mah susah ya buat gemuk.. bener mbaa.. yang penting sehat, aktif dan pintar..

      Delete
  27. Hai mbaa... Sayangnya sy udh ga punya debay lagi ni... Tp tipsnya buat naikin bwrat badan bayi mantul jg nie.. Spa tau nanti kl ada ponakan yg kurus bisa jg dipraktekin. Btw ada ga tips buat naikin bb mamaknya biar sekseeh 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha.. biar sekseh ya mbaa..
      aku dulu pernah naikin BB pake herbalife mbaa.. naik 6kg waktu itu. pernah juga pakai susu dancow..

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...