Tuesday, April 09, 2019

#MoneySmartMenginspirasi Mommies Millenial Untuk Berinvestasi



Setelah menikah dan memiliki anak saya baru menyadari bahwa ternyata menjadi ibu bukanlah hal yang mudah. Segala kebutuhan keluarga dari mengurus anak, suami, hingga manajemen rumah, semuanya bertumpu pada ibu. Ditambah lagi, seorang ibu juga harus menjabat sebagai menteri keuangan dalam keluarga. Jabatan ini memiliki peranan yang cukup penting, sebab ibu harus bisa mengelola keuangan keluarga tanpa cela. Salah mengatur keuangan sedikit, bisa-bisa utang melejit. Kalau sudah begitu, jangankan berinvestasi, untuk hidup sehari-hari saja pas-pasan. 

Sulitnya mengelola keuangan juga banyak dirasakan oleh wanita di era millenial, baik itu ibu rumah tangga atau ibu bekerja. Uang layaknya keran air yang bocor. Hal ini menyebabkan pengeluaran yang tidak terkendali, dompet cepat terkuras, ujung-ujung nya memilih berhutang untuk memenuhi kebutuhan. Ya, jangankan berinvestasi, yang ada hutang semakin menjadi. 

Ada beberapa alasan yang menyebabkan ibu-ibu millenial sulit berinvestasi. Salah satunya mereka mengaku tidak punya uang dan memiliki gaji pas-pasan. Padahal jika kita bisa mengelola keuangan dengan benar, seberapapun penghasilan yang diperoleh kita tetap bisa berinvestasi.



Alasan lain mengapa kebanyakan orang sulit berinvestasi adalah karena terlalu menuruti gaya hidup konsumtif. Mereka cenderung menuruti keinginan, bukan kebutuhan. 

Pun begitu dengan saya, di awal pernikahan saya rajin sekali makan diluar, nonton ke bioskop, belanja barang yang gak terlalu dibutuhkan dan nongkrong-nongkrong cantik bareng teman-teman di cafe. Kegiatan ini tanpa disadari mampu menguras isi dompet dalam sekejap. Alhasil, tidak ada dana tersisa yang bisa disimpan untuk menabung dan berinvestasi. 


Hal ini menjadi pelajaran bagi saya dan suami untuk dapat mengelola keuangan dengan baik. Secara, saya dan suami sama-sama bekerja, masa iya tidak ada dana tersisa untuk menabung dan berinvestasi.  

Menyadari bahwa kami terlalu menuruti gaya hidup yang mengakibatkan tidak bisa menabung, akhirnya semenjak saat itu saya mulai rutin menyusun rencana pengeluaran setiap bulannya. Tujuannya tentu saja agar dapat mengontrol arus pengeluaran, menentukan pos-pos pengeluaran berdasarkan skala prioritas serta bisa lebih bijak dalam berbelanja. 

Selain itu, demi menjaga kestabilan keuangan rumah tangga, saya juga mengisi waktu luang dikantor dengan menjalani bisnis online dan menulis blog. Lumayan uang yang dihasilkan, bisa untuk membeli pampers dan susu anak. Ya, beruntungnya banyak waktu senggang di kantor sehingga bisa disambi untuk melakukan hal lain. 

Dengan demikian, gaji yang saya peroleh dari kantor bisa saya gunakan untuk berinvestasi, sementara gaji suami dan uang hasil ngeblog serta bisnis online bisa digunakan untuk membayar cicilan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ya. Menjadi ibu memang harus sejeli dan secermat itu. Tujuannya tentu saja agar dapat berinvestasi untuk masa depan yang lebih sejahtera. 


Saya juga menerapkan beberapa cara untuk menghemat keuangan agar bisa menabung dan berinvestasi. Berikut cara yang saya lakukan. 

#1. Rutin Membawa Bekal Makan Siang Ke Kantor 

Demi bisa berinvestasi, saya dan suami mulai membiasakan hidup sederhana. Kami rutin membawa bekal makan siang ke kantor. Lebih hemat, murah dan tentu nya lebih sehat karena dimasak sendiri dengan penuh cinta. 



Mari kita hitung berapa besarnya penghematan dalam sebulan jika rutin membawa bekal makan siang ke kantor. 

Misalkan setiap satu kali makan siang menghabiskan uang sekitar 30.000. Berarti total pengeluaran makan siang saya dan suami 60.000 dalam sehari. Jika dikalikan dengan 20 hari kerja, maka totalnya menjadi 1.200.000. wah, lumayan banget gak sih bisa menghemat 1,2 juta per bulan. Kalau dikalikan 12 bulan, tabungan bisa bertambah jadi 14,4 juta. Lumayan banget kan?

#2. Menggunakan transportasi umum 

Saya juga terbiasa menggunakan transportasi umum ketika hendak ke kantor. Untungnya lokasi kantor saya dekat dengan stasiun kereta sehingga saya lebih memilih naik KRL setiap hari ketimbang membawa mobil pribadi. Dengan naik KRL saya hanya mengeluarkan uang tiga ribu rupiah saja untuk sekali perjalanan. Dengan kata lain, hanya menghabiskan uang 6000 rupiah untuk pulang dan pergi. Lebih hemat bukan? 

Bayangkan jika saya membawa mobil pribadi, harus mengeluarkan uang untuk isi bensin dan bayar tol yang tentu nya lebih menguras isi dompet. Memang sih terlihat lebih mewah, tapi buat apa hidup mewah kalau hidup minimalis bisa bikin diri lebih bahagia.. 

#3. Memanfaatkan uang receh 

Jangan sepelekan uang receh ya moms. Ternyata kita juga bisa jadi kaya dari uang receh, loh. 

Melansir dari laman moneysmart.id, seorang pria asal China, bernama Gan diketahui dapat membeli mobil mewah seharga Rp 1,44 miliar dari uang receh. Sementara di Indonesia sendiri, ada pasangan suami istri bernama Ernawati dan Eko Margono yang membeli sepeda motor Kawasaki Ninja 250 Fi seharga Rp 64 juta juga dengan menggunakan uang receh. Keren banget gak sih? 

Semenjak membaca artikel tersebut, saya pun menjadi terinspirasi. Saya tidak pernah menyepelekan uang receh lagi. Saya selalu menyimpan uang receh pecahan 1000 dan 500 rupiah untuk dimasukkan ke dalam celengan. Lumayan, sekarang celengannya sudah mulai berat. 

#4. Memisahkan ATM 

Saya juga memiliki beberapa ATM untuk memisahkan pengeluaran, tujuannya agar lebih mudah dalam mengelola keuangan. ATM pertama saya khususkan untuk menabung, ATM kedua saya gunakan untuk kebutuhan sehari-hari sementara ATM ketiga untuk keperluan suami selama sebulan, seperti uang transport dan uang makan. Dengan begitu arus pengeluaran lebih aman karena lebih terarah dan terperinci. 


Dan ternyata benar, kebiasaan hidup hemat ini berbuah manis. Di awal tahun 2018 kami bisa berinvestasi dengan membeli sepetak tanah. Lalu di akhir tahun 2018 kami bisa mengumpulkan uang untuk membayar DP rumah. Ya, kami juga berencana untuk mencicil rumah agar bisa segera ditempati, sementara untuk tanah biarkan untuk investasi saja. 

Mengapa lebih memilih investasi tanah kosong? 

Lagi-lagi saya terinspirasi dari artikel moneysmart.id. Pada artikel tersebut dijelaskan terkait keuntungan yang bisa diperoleh dari investasi tanah kosong. 

Ya, ternyata banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh dari investasi tanah kosong. Salah satunya, kita bisa memanfaatkan tanah kosong untuk dijadikan tempat parkir atau disewakan untuk para penjual. Lumayan bisa menambah penghasilan tanpa harus keluar uang untuk maintenance

Belum lagi permintaan tanah terus meningkat sementara persediaan semakin berkurang. Hal ini menyebabkan harga tanah terus mengalamai kenaikan. Oleh karena itu, saat saya memiliki uang, tanpa ragu uang tersebut langsung saya alihkan untuk investasi tanah kosong. 

Beruntungnya saya rajin membaca dan mempelajari artikel-artikel terkait dengan keuangan sehingga pengelolaan keuangan saya menjadi lebih baik. Bonusnya, saya bisa menyisihkan uang untuk menabung dan berinvestasi. 

Ya. Ini semua berkat Moneysmart.id 

Dari tadi nyebut Moneysmart.id terus, memang apa sih itu? 


Moneysmart.id adalah situs yang menyajikan informasi seputar pengelolaan keuangan dan gaya hidup. Situs ini memiliki berbagai macam konten yang kreatif dan inovatif. Ini cocok banget untuk dijadikan bahan bacaan bagi para mommies millenial yang memiliki jabatan sebagai menteri keuangan dalam rumah tangga. Gak cuma mommies millenial aja sih, semua kalangan cocok baca artikel ini demi pengelolaan keuangan yang lebih baik. 

Ada beberapa menu di laman Moneysmart.id yang bisa menginspirasi kita dalam mengelola keuangan, yaitu earn money, smart money, borrow money dan lifestyle.


Earn Money 
Menu ini berisi tentang artikel bisnis, karier, kerja sampingan dan inspirasi. 

Smart Money 
Pada menu ini berisi tentang berita, segala hal yang berhubungan dengan investasi, tabungan, budgeting dan asuransi. Jadi kalau kita mau tau bagaimana tips-tips menabung, investasi dan juga kelola keuangan dengan baik, langsung aja masuk ke menu ini. 

Borrow Money 
Menu ini berisi informasi tentang pinjaman, kartu kredit dan hutang. Apabila kamu ingin meminjam uang dengan cepat, ingin menemukan solusi agar tidak terlilit hutang atau tips bijak menggunakan kartu kredit. langsung saja baca artikel-artikel pada menu ini. 

Lifestyle 
Menu terakhir yaitu lifestyle. Menu ini memberikan informasi seputar belanja, kuliner dan travel, otomotif, hunian dan ragam. 

Gimana, lengkap banget kan artikel yang ada di laman moneysmart.id?

Dengan sering membaca dan mempelajari artikel-artikel tentang keuangan maka pengelolaan keuangan kita dijamin akan lebih baik karena sudah banyak pengetahuan yang kita peroleh. Dengan demikian, banyak pula manfaat yang bisa kita dapat, diantaranya yaitu bisa bebas dari hutang dan masa depan lebih terjamin.

Semoga moneysmart.id bisa menginspirasi dan mengedukasi masyarakat indonesia, khususnya para millenials agar lebih paham dalam mengelola keuangan dan berinvestasi.

Yuk, kita lupakan gaya hidup hedon, utamakan menabung dan investasi.. 

#MoneySmartMenginspirasi



Salam,

60 comments :

  1. Investasi itu penting banget...apalagi sekarang ada moneysmart.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. jadi banyak tau karena baca artikel di moneysmart..

      Delete
  2. Bawa bekal makan siang ke kantor bisa hemat banyak sekali ya mbak dan juga nggak perlu repot ke kantin

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, apalagi kantor ku jauh banget dari peradaban..
      males siang2 keluar cari makan. panasss..

      Delete
  3. Saya juga baru sadar pengelolaan keuangan itu semenjak berumah tangga. Apalagi pas punya anak. Kalau nggak investasi dari sekarang sulit rasanya cita-cita finansial tercapai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mba dupade..
      semenjak punya anak jadi mikir masa depan yaa.. terutama biaya pendidikan sih kalo aku..

      Delete
  4. Syediihhh baca inih, kalau saya terus terang borosnya di makanan deh.
    Anak2 picky eater, mamaknya ikut2an juga.
    Saya jadi males masak, dan mengandalkan beli.

    Abisnyaaa..
    Kalau masak saya gendut seorang diri, karena cuman saya yang makan.

    Jadinya, investasi jarang konsisten, naabung juga kadang.
    Belum lagi nih mata dan jiwa agak aneh.

    Udahlah tau saya tergoda ama baju bagus di IG, gitu kok ya ga mau unfollow akun2 menggoda itu hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kadang juga males masak sih mbaa..
      tapi kalo ke kantor wajib bekal, soalnya males cari makan siang. jauuhhh..

      kalo suami agak picky eater juga, jadi jarang2 bekelnya, kalo menu cocok aja..

      kalo masalah baju di IG mah saya juga rajin tergoda.. hahaha.. tapi masih bisa ditahan buat beli, paling cuma ku save aja, nanti belinya kapan2.. :D kecuali baju anak sih, bawaannya pengen beli mulu.. gemeyss.. :D :D

      Delete
  5. Widih keren nih teh buat referensi emak-emak untuk berinvestasi, bicara soal tanah, memang betul adanya tanah sekarang itu mahsl banget, tanah ukuran 20 × 30 meter saja itu bisa mencapai harga 300 jutaan padahal lokasi bukan di tengah kota, bisa dibayangkan 10 tahun kedepan, bisa berapa harga tanahnya,he-he, sebelumnya salam kenal teh daya kuanyu, blogger dari kota pangkal pinang dan kalau teteh ada waktu bolehlah kunjungan dan komen di blog saya 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas kuanyu..
      betul banget mas, harga tanah mihil bingit sekarang. coba bayangkan pas anakku udah gede nanti, umur 20 tahunan misalnya. udah naik berapa kali lipat itu yaaa?? melambung jauh ke angkasa pasti harga nya.. hehe.. makanya ga ada ruginya kalo invest tanah ya..

      Delete
    2. he-he iya teh, emak-emak jaman now harus baaca nih artikel biar bisa terbuka wawasan bisnis tanahnya ,..wkwkckk

      Delete
    3. hihi.. iya mas.. bapak2 millenial juga perlu loh baca ginian.. eheheehe

      Delete
  6. Hal-hal kecil yg bisa menghemat pengeluaran ... Mantap mbak

    ReplyDelete
  7. Bagusnha juga nih situsnya. Bikin Kita bisa mengatur Gaya hidup sesuai kebutuhan. Jadinya hal kecil pun bisa kita atasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kak.. situsnya sangat menginspirasi..

      Delete
  8. Godaan untuk makan dan belanja - belanja memang mengoda, tapi setelah uangnya habis,baru dech menyesal, padahal gajian masih lama,,hahahah...

    Kayaknya kita harus konsisten dalam bertindak sehingga pengeluaran bisa kita atur dengan baik... ayo semangat nabung dan investasi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget, sedih deh gajian baru seminggu dompet udah terkikis..
      makanya harus pinter nabung sama invest.. kalo bisa punya usaha sampingan si biar gak ngandelin gaji.. hehe

      Delete
  9. Harus pinter ngatur duit supaya gak terbuang sia siaaa... setujuuuuuuuuuuuuuuuuuu

    ReplyDelete
  10. Betul mba buat investasi itu kita harus berhemat, ibaratnya bersakit2 dahulu baru senang kemudian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuull.. dan harus kuat tahan godaan.. hehe

      Delete
  11. hai kak tya... aku juga pengen banget lho kak gaya hidup sehat apalagi jaman skg apa2 duit yaa kak.. bener harus pinter ngatur uang dari sekarang supaya makin sukses dunia akhirattt

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba vika, harus rajin masak ya kuntjinya biar sehat.
      gak cuma badan aja yang sehat, dompet juga lebih sehat.. hehehe

      Delete
  12. emang investasi gak bakal langsung kerasa, tapi nanti saat masa sulit dan hal tak terduga lain bakal kerasa banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuull.. apalagi untuk masa tua nantii ..

      Delete
  13. saya malah baru tau ini ada Moneysmart, sepertinya layak dipelajari ya mbak,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, penting dibaca2 biar menginspirasi :)

      Delete
  14. Seorang istri.. Iya betul seperti yang mbak tulis, saya sangat salut sama mbaknya ini, meski disibukan dengan urusan keluarga masih tetap ngurus blognya yang inspiratif ini. Apalagi blog juga bagian dari investasi, dengan blog bisa memberikan hasil yang membuat kita selalu semangat dan semuanya untuk keluarga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas.. blog juga bisa jadi investasi dan warisan buat anak. hihi.. (kasian banget dikasih warisan blog hehehe).

      betuul.. blog bisa bikin kita jadi semangat, apalagi kalo rajin bewe baca cerita2 dr blog orang, kadang ikutan kebangun juga semangatnya

      Delete
  15. Waahh investasi menarik nih untuk anak dan kita dihari depan nanti.. Thanks ulasan menariknya mbak..😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas.. investasi yang cukup menguntungkan..

      Delete
  16. Pemisahan atm bener banget ti, pengen bikin atu lagi tapi yg nda diambil ambil ahhahaha
    Khususnya yg dana pendidikan dan yg buat renov, kudunya emang pisah ama yg buat konsumsi dan kebutuhan sehari hari

    Klo bawa bekal, jarang aku masak, la wong kantor pak su tinggal ngesot aja dari rumah, jadi makan ssiang klo ga pas keluar ya balik hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nit.. dipisah-pisah atm nya enak deh.. jadi buat nabung udah gak usah diambil-ambil. kalo dicampur jadi satu aku suka khilaf. haha..

      wah enak itu mah kalo kantor deket rumah.. makan tinggal pulang ke rumah. udah gitu biaya transport juga hemat. enak yaa..

      Delete
  17. Saya mengurangi gaya hidup jaman now, membeli barang yang sekira perlu. Sesuai dengan kebutuhan. Soal transportasi, justru saya lebih menghemat menggunakan transportasi pribadi. Bensin sepuluh ribu, bisa tiga hari. Kalau naik bus, bisa sepuluh ribu lebih dalam sehari.
    Investasi tanah atau lahan kosong, ada rencana untuk arah kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tergantung lokasi kantor ya mas.
      kalo naik turun bus mah emang lebih mahal, jadi enak naik pribadi yaa..

      Delete
  18. Harus pinter mengelola uang nihh, apalagi kalau ada tempatnya seperti ini keren banget

    ReplyDelete
  19. ululuuu
    Ini mah mom jaman banget nih yang udah punya cashflow dan finance sendiri

    nanti kalo aku udah merit istriku harus akses moneysmart juga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak dong mas.. mamak millenial nih.. mehehehe..

      Delete
  20. Yess, biar makmak juga harus paham keuangan, biar urusan dapur makin lancar.

    ReplyDelete
  21. keren... emang financial perlu sekali diatur dengan baik agar gak kelabakan dan segala kebutuhan bisa terpenuhi dan tak mengenal tanggal muda dan tua. Investasi penting memang untuk anak muda, termasuk untuk mamak-mamak milenial... well, emang semua produk sekarang banyak targetnya seusiaan kita sih ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak..
      sedih yaa kalo tanggal tua udah jadi misqueen.. hehehe
      jadi emang harus atur keuangan dengan cermat

      Delete
  22. Aku pribadi yang masih sulit dilakuin itu ngurangi ngemall. Gaya hidup satu ituu ampun deh. Gimana ya. Apalagi setelah ada epayment cashless, jadi makin berasa hedon aja. :( Eh kok jadi curhat. makasih artikelnya mbak, menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah jarang banget ngemall sekarang, semenjak punya anak.
      males aja muter-muter mall sambil gendong anak.. capeeekkk.. hehehe..

      mungkin harus punya anak dulu mba biar bisa ngurangin ngemall.. hehehe

      Delete
  23. Hai Kakak...
    Keren banget investasinya.
    Oh ya, aku juga tim perbekalan lho.
    Aku hampir setiap hari bawa bekal untuk ngantor.
    Hal ini bertujuan untuk hidup sehat dan sekaligus hidup hemat.

    Aku paling merasakan ya dengan bawa bekal bisa mengurangi pengeluaran sekali.
    Eh, akhirnya ada beberapa teman kantor yang ikut terbiasa bawa bekal meski mereka masih perlu ditemani kalau makan.
    Katanya kalau makan sendiri suka nggak enak.
    Padahal aku terbiasa makan sendiri di kantor. Cuek saja.
    Malah suka bangga kalau masakannya di puji.

    Salam Kakak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih tos dulu dong.. tim bawa bekal ke kantor kitaa.. :D
      iya ya, kebanyakan orang malu bawa bekal ke kantor.. aku mah cuek aja.. hihi

      Delete
  24. moneysmart id salah satu rujukan situs untuk belajar finansial, saya sendiri serjng juga mampir buat baca2 artikel finansialnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mas sabda pasti udah ga asing ya sama web yang satu ini.. hehe

      Delete
  25. Keren banget sih mbak ulasannya, emang kudu pinter pinter ngelola keuangan ya :)

    ReplyDelete
  26. sepertinya kudu rajin buka web moneysmart nih aku, banyak ketinggalan berita2 / info mengenai keuangan nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbaa.. yuk cus kepoin web nya.. hehe

      Delete
  27. bagus juga ya web nya yang bisa membuat kita benar-benar peduli sama uang kita, karena jangan karena gaya hidup lupa buat nabung ataupun investasi. saya juga lagi nyari cara investasi, karena gaya hidup yang sudah tak jelas kadang pengen makan di resto, jalan-jalan mulu sedangkan penghasilan saja masih dari 1 sumber.

    ReplyDelete
    Replies
    1. godaan banget ya mbaa..
      kalo saya yg paling menggoda itu belanja online, makanya mesti banget nabung diawal biar aman uang nya.. hehe

      Delete
  28. aku tertarik banget nih soal investasi, dan baru tahu ada moneysmart. meluncur ahhh

    ReplyDelete
  29. Mantap tulisannya! Setelah membaca ini, sepertinya sebelum jadi Mommies pun, kaum Millennial juga perlu berinvestasi.... terima kasih informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betu mbaa,, karena investasi itu penting syekali..

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...