Thursday, February 14, 2019

Enak dan Praktis, Ini 3 Resep Mpasi Untuk Anak Usia 1 Tahun. Bikin Yuk!

sumber gambar : mommyasia.id

Assalamualaikum gess.. 

Kali ini saya mau berbagi resep mpasi untuk anak usia satu tahun. Ya, anak saya sekarang usianya sudah memasuki satu tahun dan saya ingin mencoba memvariasikan makanannya agar tidak bosen makan nasi tim melulu. 

Sebagai mamak muda yang cukup jarang berkecimpung di dapur, membuat menu mpasi tetap menjadi bagian favorit saya. Semenjak punya anak, saya jadi rajin main ke dapur meskipun cuma bikin menu mpasi aja sih. Kalau menu buat suami masih tetep jarang-jarang bikinnya, tergantung mood



Wes lah, yang penting buat anak bayik dulu, bapaknya bisa cari sendiri. Lagian saya kan juga kerja, jadi udah kehabisan waktu kalau mau masakin suami juga. Alasan. Haha.. 

Tapi tenang aja, suami saya tetap terjaga juga kok nutrisinya karena masih ada ibu saya yang masakin setiap hari. Iya, kami masih menumpang dengan orang tua, jadi kendali masak memasak masih ada ditangan ibu. Saya masak juga kok, kalau weekend.. #pembelaandiri

Baca juga : Diary Mpasi Arfan, Menu 4 Bintang

Oke baiklah, saya akan sharing beberapa resep mpasi yang barangkali bisa menjadi inspirasi untuk mamak-mamak sekalian dalam membuat menu mpasi. Apa saja itu? Simak yuk.. 






Bahan : 
- Beras 3-4 sendok makan 
- Air 150 mL 
- Ayam 50 gram, cincang halus 
- Wortel 
- Tofu 
- Daun katuk 
- jagung 
- Bawang merah, iris halus 
- Gula & Garam secukupnya 

Cara Membuat Nasi Tim Ayam 
- Masukkan beras yang sudah dicuci bersih ke dalam slowcooker 
- Tambahkan ayam, wortel parut dan tofu 
- Tambahkan 150 mL air dan garam sejumput 
- Colokkan slowcooker, pilih mode high 
- Tunggu 1 jam 
- Setelah matang, sajikan dengan penuh cinta 

Cara Membuat Sayur Daun Katuk 
- Rebus jagung hingga mendidih 
- Masukkan irisan bawang merah, gula dan garam 
- Masukkan daun katuk 
- Tunggu hingga agak empuk 
- Masukkan wortel 
- Koreksi rasa 
- Sajikan dengan penuh cinta 






Bahan : 
- Beras 3-4 sendok makan 
- Air secukupnya 
- Wortel 
- Tofu 
- Daging giling 50 gr 
- 2 siung bawang merah 
- 1 siung bawang putih 
- 1 buah kemiri 
- Gula & Garam secukupnya 

Cara Membuat Nasi Tim Wortel 
- Masukkan beras yang sudah dicuci bersih ke dalam slowcooker 
- Tambahkan wortel parut dan tofu 
- Tambahkan 150 mL air dan garam sejumput 
- Colokkan slowcooker, pilih mode high 
- Tunggu 1 jam 
- Setelah matang, sajikan dengan penuh cinta 

Cara Membuat Semur Daging 
- Haluskan bumbu (bawang merah, bawang putih, kemiri dan garam) 
- Tumis bumbu halus 
- Siapkan panci, rebus air hingga mendidih 
- Masukkan bumbu halus yang sudah ditumis 
- Masukkan daging giling 
- Tunggu hingga empuk 
- Masukkan tofu 
- Diamkan hingga matang 
- Koreksi rasa 
- Siap disajikan  




Bahan :
- 1 slice ikan tenggiri fillet 
- Kecap 
- Garam 
- 1 siung bawang putih, geprek 
- 1 lembar daun salam 
- 2 lembar daun jeruk 
- 1 batang serai 
- Jahe secukupnya, geprek 
- Lengkuas secukupnya, geprek 
- 1 sdt unsalted butter 
- Air secukupnya 

Cara Membuat : 
- Lelehkan unsalted butter diatas wajan atau teflon yang sudah panas. 
- Masukkan bawang putih, daun salam, daun jeruk, serai, jahe dan lengkuas 
- Tumis sampai harum 
- Masukkan ikan tenggiri 
- Tambahkan air secukupnya, kecap dan garam 
- Aduk hingga agak surut 
- Siap disajikan 

Gimana, mudah kan moms resep mpasinya? Selain mudah dan praktis, tentunya menu mpasi ini juga sangat bergizi dan bernutrisi. Yuk bikin.. 

Kalau moms sekalian, biasanya bikin menu mpasi apa? Sharing di kolom komentar ya.. 



Salam,



18 comments :

  1. Makasi banyak kak tiaaa artikelnya dah aku save nih.. maklum nih kak baru punya anak pertama hihi harus banyak belajar tentang mpasi.. kebetulan baby cassie uda 5 bulan.. kejar target 1 bulan kudu ngerti bikin mpasi hihi tq y kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. wihh asyiikk bulan depan baby C udah mulai makan.
      lucu bgt deh pasti liat anak pertama kali makan ;D

      Delete
  2. Ini bisa menjadi referensi buat adik saya mbak yang saat ini hamil anak pertama, biar bisa belajar dan menyiapkan diri...

    ReplyDelete
  3. Menunya bisa disave nich buat ponakan yanh sebentar lagi sudah setahun. Terimankasih ya

    ReplyDelete
  4. bookmarked nih webnya, buat ngasih tau istri saya pas udah lahiran nanti. Aminn :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, asik sebentar lg punya dedek bayi..
      sehat2 terus ya mas istrinya sampai lahiran

      Delete
  5. Yang daun katuk tuh mamaknya yang ngiler, bukan bayinya hahaha
    Bayi saya juga masuk fase GTM nih, boleh deh nyobain resep ini sesekali.
    Biasanya dia tertarik kalau masakan dengan rasa baru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga suka daun katuk mbak rey.
      Apalagi pas nyusuin, tiap hari makanin katuk mulu sepanci2.. haha

      Delete
  6. anakku udh 3 thn an sih, tp mungkin beberapa menu bisa aku coba. kyk yg semur daging, kliatannya enaaak. ini ingetin aku ama menu pas zaman sekolah dulu. semur dagingnya dari daging giling. tp biasa dibuat bola2 daging ama mama :) . jd ga bener2 lembut ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya tuh, dibuat bola2. tapi saya kadang suka males bikinnya. haha..
      kalo udah 3 tahun mah udah bisa makan apa aja ya mba, kayak menu dewasa.

      Delete
  7. Mbaknya hebat euy, kerja, ngurus anak, plus ngeblog T.T

    Saya itu kalau liat tenggiri, bawaannya pengen pempek mbak :))

    Oiya mbak, kenapa pindang tenggirinya ngga disajikan dengan penuh cinta seperti menu lainnya? kenapa mbak? Apa salah tenggiri?

    ReplyDelete
  8. wkwkwk, iya ya. mas andi ini teliti banget baca nya. saya lupa kayaknya mas. hahaha..

    wah iya tuh buat bikin pempek enak. tapi lebih enak lagi kalo tinggal makan aja si. mehehe

    ReplyDelete
  9. Terima kasih sharing-nya mbak. Lumayan bikin lapar juga ternyata hahaha -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. punya anak bayik ini mas. Tapi lumayan enak juga sih buat dimakan kita2.. hehe

      Delete
  10. anakku buldep 1 tahun mba aku sampe kehabisan ide buat mpasi-nya wkwkwk...sip ini langusng tak inget mba resep2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang kudu muter otak buat masakin menu mpasi ya mba. krn yg masak pun juga bosen kalo itu-itu mulu menu nya. gitu juga gak sih mba?

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...