Untung Pakai Pembayaran Digital BukuWarung! Tagih dan Kirim Uang Dari Pelanggan Jadi Lebih Mudah


Untung Pakai Pembayaran Digital BukuWarung
“Jumlah UMKM Go Digital naik 99% selama pandemi”
Begitulah headline berita yang saya baca beberapa waktu lalu. Yaps, selama pandemi, sebanyak 15,9 juta pelaku UMKM telah terhubung ke dalam ekosistem digital. Ini merupakan kemajuan yang bagus menurut saya. Pasalnya, selama pandemi ini masyarakat sangat menggantungkan hidupnya pada internet, termasuk dalam urusan belanja atau memenuhi kebutuhan.

Data dari Social-Hootsuite menunjukkan bahwa jumlah pengguna internet selama pandemi mengalami peningkatan sebesar 15,5% atau setara dengan 27 juta orang. Dari jumlah tersebut, tercatat adanya peningkatan pada aktivitas belanja online sebanyak 38,3%.

Adanya peningkatan pada aktivitas belanja online inilah yang mendorong UMKM mengembangkan bisnisnya ke ranah digital. Pun demikian dengan saya, demi mendapatkan penghasilan tambahan, saya juga sedang melebarkan sayap dengan membangun bisnis kecil-kecilan yang saya jual secara online. 


Adalah baju-baju bayi, bisnis yang sedang saya bangun saat ini. Saya menjualnya melalui Instagram (@fan.babyshop) dan juga marketplace. Tapi tak jarang, pelanggan juga berasal dari teman dekat maupun tetangga. Alhamdulillah, meskipun penghasilannya belum besar, namun melalui bisnis ini, saya bisa memenuhi kebutuhan. 

Akan tetapi, sebagai pemula, saya memiliki banyak kendala dalam membangun bisnis digital ini. Salah satunya adalah dalam hal pembukuan. Ya, boleh dibilang pembukuan saya masih sangat berantakan, semua transaksi saya catat secara manual di Ms. Excel, mulai dari ketersediaan stok, catatan penjualan, pemasukan, pengeluaran hingga tagihan utang pelanggan. 

Ya, meskipun saya menjalani bisnis digital, namun bukan berarti saya bisa terlepas dari utang pelanggan, terlebih bila yang membeli adalah teman dekat sendiri. Biasanya, mereka menjanjikan untuk membayarnya pada saat gajian, tak jarang mereka juga meminta untuk membayar dengan cara mencicil. 

Tentu sebagai teman dekat saya mempercayainya, bahkan saking percayanya seringkali saya tidak membuat catatan tagihan utang tersebut. Pun, saya enggan untuk menagih karena ia merupakan teman dekat saya. 

Kejadian ini tentu saja membuat pembukuan menjadi berantakan sehingga saya sulit untuk memantau perkembangan usaha karena tidak tahu pasti laporan neraca, arus kas dan laba rugi.  

BukuWarung Hadir sebagai Solusi

Tagih dan Kirim uang Pakai BukuWarung

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kini saya bertekad untuk lebih tertib lagi dalam melakukan pembukuan. Sebab, bila hal ini terus terjadi bisa-bisa bisnis yang sudah saya bangun malah berujung gulung tikar. 

Dan beruntungnya, kini telah hadir BukuWarung, yaitu aplikasi pembukuan UMKM yang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pemilik usaha dalam mencatat pembukuan usahanya. Hadirnya buku warung ini benar-benar menjadi solusi bagi pemilik UMKM, terlebih pada aplikasinya juga ada fitur ‘tagih dan kirim uang” dari pelanggan. 

Berkat adanya fitur tersebut, saya bisa mencatat tagihan utang pelanggan serta mengatur tanggal jatuh tempo, lalu nantinya bila sudah jatuh tempo maka fitur tersebut akan menagih utang secara otomatis melalui whatsapp pelanggan. Dengan demikian saya gak perlu ada rasa sungkan atau ‘gak enak’ hati karena harus menagih utang kepada pelanggan. 

Mengenal Lebih Dekat BukuWarung, Aplikasi Pembayaran Digital Untuk Semua Jenis Usaha

BukuWarung

BukuWarung didirikan pada tahun 2019 oleh Abhinay Peddisetty dan Chinmay Chauhan dibawah naungan PT. Buku Usaha Digital. BukuWarung memiliki misi untuk memajukan bisnis 60 juta UMKM Indonesia serta diharapkan dapat memberdayakan dan memajukan sosial-ekonomi Indonesia.

Sesuai dengan misinya tersebut, BukuWarung menghadirkan solusi dengan berbagai layanan yang mencakup pengelolaan transaksi penjualan dan utang piutang, pengelolaan stok, hingga pembayaran digital yang akan terus dikembangan untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

BukuWarung telah melayani lebih dari 1,2 juta merchant di 750 wilayah di Indonesia. Melalui aplikasinya, perusahaan juga mencatat transaksi kotor senilai miliaran dolar AS yang tumbuh 100 kali di tahun 2020. 

Dengan menggunakan aplikasi ini, pemilik usaha bisa mencatat seluruh transaksi penjualan dengan lebih mudah dan praktis serta bisa meminimalisir terjadinya kesalahan, seperti salah menginput data atau melakukan rekapitulasi. Pun dengan adanya BukuWarung tagih dan kirim uang ke pelanggan atau supplier jadi lebih mudah dan praktis berkat adanya fitur pembayaran.

Selain itu, melalui aplikasi BukuWarung juga membantu pemilik usaha menerima pengembalian 3x lebih cepat dan mengalami peningkatan arus kas berkat adanya pesan pengingat otomatis pembayaran yang dikirimkan oleh aplikasi. 

Mengapa Harus Pakai Fitur Pembayaran BukuWarung?

Fitur Pembayaran BukuWarung

Jujur, saya merupakan tipe orang yang 'gak enakan' kalau ada yang berhutang dengan saya, baik itu berhutang secara pribadi maupun dalam urusan bisnis. Apalagi jika kondisi saya memang sedang 'ada', rasanya sulit sekali untuk menolak. Alhasil, ada beberapa rekan yang berhutang namun saya sungkan untuk menagih. Dan parahnya lagi, orang yang berhutang juga seolah-olah lupa. Bahkan ada juga loh beberapa teman yang membeli barang dagangan saya, tapi sudah hampir tiga tahun belum juga membayar. Padahal dia berjanji mau mencicil setiap bulan. 

Oleh karena itu, saya menjadikan BukuWarung sebagai solusi. Karena pada aplikasi tersebut terdapat fitur pembayaran yang memudahkan saya untuk mencatat sekaligus menagih utang secara otomatis sehingga saya tak perlu sungkan menagih. Pun dengan adanya fitur pembayaran, saya juga bisa mengirim uang ke supplier dan melakukan berbagai pembayaran lainnya dengan sangat mudah. 

Tak hanya itu saja, ada beberapa alasan saya menggunakan fitur pembayaran pada aplikasi BukuWarung, diantaranya yaitu : 

#1. Bisa Digunakan Untuk Berbagai Transaksi

Selain bisa digunakan untuk tagih dan kirim uang, aplikasi BukuWarung juga bisa digunakan untuk semua pencatatan transaksi penjualan, baik itu pengeluaran, pemasukan, kelola stok  sampai menjadi agen konter pulsa, bisa!

#2. Hemat Waktu dan Tenaga

Dengan menggunakan fitur pembayaran pada aplikasi BukuWarung, saya bisa melakukan transaksi antar bank atau dompet digital dengan sangat mudah, hanya dalam satu aplikasi saja. Tentu hal ini sangat menghemat waktu dan tenaga. 

Untuk saat ini, BukuWarung mendukung pembayaran melalui Bank BRI, Mandiri, BNI, Permata Bank, BCA, Dana, OVO, Link Aja dan Alfamart. 

#3. Keamanan Terjamin

Melakukan pembayaran dengan aplikasi BukuWarung juga tak perlu diragukan keamanannya, karena aplikasi BukuWarung telah bekerjasama dengan OY! dan Xendit yang berlesesnsi oleh Bank Indonesia. 

#4. Bisa Dapat Catatan Keuangan Otomatis

Menariknya lagi, transaksi yang sudah berhasil akan tercatat secara otomatis. Jadi, kita gak perlu catat-catat lagi secara manual. Pun kita gak akan kelupaan, mana yang belum bayar dan mana yang sudah melunasi tagihan. 

#5. Ada Fitur Nota Transaksi

Aplikasi ini juga menyediakan fitur nota transaksi yang dapat digunakan sebagai bukti pembayaran. Dengan demikian pelanggan juga mendapatkan tanda terima yang sah sebagai bukti transaksi. Adanya nota juga memudahkan pemilik usaha untuk mengetahui jumlah produk yang terjual sehingga semua transaksinya dapat tercatat dengan baik tanpa ada yang terlewat. 

Cara Menggunakan Fitur Pembayaran BukuWarung


Sejak mengenal Aplikasi BukuWarung, akhirnya semua proses pembayaran saya lakukan melalui aplikasi ini, mulai dari mencatat dan tagih utang pelanggan hingga pembayaran ke supplier. Dan berikut ini merupakan cara melakukan pembayaran dengan aplikasi BukuWarung. 

Pertama, download terlebih dahulu aplikasi BukuWarung di google Playstore. Lalu, daftarakan akun dengan menggunakan nomor HP. Selanjutnya, kode OTP akan dikirimkan melalui SMS, lalu isikan kode OTP dan sistem akan melakukan verifikasi.

Cara Tagih Utang Ke Pelanggan Pakai Aplikasi BukuWarung

Setelah aplikasi BukuWarung siap digunakan, kita bisa menggunakan fitur pembayaran pada aplikasi BukuWarung. Langkah-langkahnya sebagai berikut. 
  • Buka aplikasi BukuWarung, lalu pilih menu pembayaran
  • Jika ingin menagih pembayaran, maka klik tagih, lalu pilih daftar pelanggan yang ingin ditagih
  • Jika kontak pelanggan belum ada, klik tambah pelanggan baru, masukkan nama pelanggan dan nomor handphone lalu klik simpan
  • Jika kontak pelanggan sudah dipilih, selanjutnya masukkan akun rekening, buat dan konfirmasi pin dengan 4 digit angka
Cara Tagih Utang ke Pelanggan

  • Selanjutnya pilih Bank, masukkan nomor rekening dan klik periksa, lalu klik simpan rekening jika sudah terverifikasi
  • Kemudian masukkan nominal tagihan dan catatan, lalu klik lanjutkan
  • Setelah itu, akan muncul konfirmasi penagihan yang terdiri dari nomor rekening penerima dan ringkasan penagihan. 
  • Selanjutnya, klik minta pembayaran untuk mengirimkan link pembayaran kepada pelanggan melalui whatsapp atau sms. 
  • Pelanggan akan menerima link pembayaran dan dapat melakukan metode pembayaran melalui Bank BRI, Mandiri, BNI, Permata Bank, BCA, Dana, OVO, Link Aja dan Alfamart. Pelanggan yang melakukan pembayaran tidak dikenakan biaya admin, alias gratis. 
Cara Tagih Utang Ke Pelanggan

  • Proses tagih dan kirim uang juga bisa dilakukan melalui menu utang, caranya klik nama pelanggan yang ingin ditagih, lalu ikuti petunjuk yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Cara Melakukan Pembayaran Pakai Aplikasi BukuWarung
  • Buka menu pembayaran, lalu klik bayar. Selanjutnya pilih daftar nama yang ingin kamu bayar.
  • Jika kontak penerima belum ada, klik tambah pelanggan baru, masukkan nama  dan nomor handphone lalu klik simpan
  • Masukkan nomor rekening penerima. Jika sudah terverifikasi klik simpan. 
Cara Melakukan Pembayaran

  • Lalu akan muncul halaman transaksi pembayaran, yang terdiri dari catatan pembayaran dan nomor rekening penerima
  • Selanjutnya pilih metode pembayaran, lalu pilih bank
  • Setelah itu, klik bayar
  • Selesai. Proses pembayaran berhasil tanpa dikenakan biaya admin
Cara Melakukan Pembayaran


Berbagai Keunggulan Aplikasi BukuWarung

Selain berfungsi sebagai aplikasi pembayaran digital, seperti tagih dan kirim uang dari pelanggan, aplikasi BukuWarung juga memiliki berbagai keunggulan lainnya, dianataranya yaitu : 

#1. Memiliki Fitur Lengkap dan Mudah Dipahami

Aplikasi BukuWarung Memiliki fitur lengkap dan mudah dipahami, baik untuk orang awam sekalipun. Adapun berbagai fitur yang terdapat pada aplikasi BukuWarung, diantaranya yaitu:

Fitur Utang, Bisa Catat Utang dan Tagih Secara Otomatis Melalui Whatsapp

Fitur Utang BukuWarung

Salah satu fitur menarik yang terdapat pada aplikasi BukuWarung adalah fitur “Utang”. Melalui fitur ini, kita bisa melakukan pencatatan utang piutang, baik utang pelanggan maupun utang pribadi dengan mudah. Dengan demikian tak perlu khawatir lupa mencatat maupun menagihnya. Terlebih pada fitur ini juga dilengkapi dengan pengingat yang dapat menagih utang secara otomatis melalui SMS atau Whatsapp. Dengan adanya fitur ini memungkinkan pelanggan akan membayar utang dengan lebih cepat. 

Fitur Transaksi, Bisa Catat Semua Transaksi, Unduh Laporan dan Dijadikan Aplikasi Kasir

Fitur Transaksi BukuWarung

Melalui fitur ini, pengguna bisa mencatat seluruh transaksi usaha dari mulai penjualan, pendapatan hingga pengeluaran. Pengguna juga bisa mengakses data pembukuan secara harian, mingguan maupun bulanan dengan sangat mudah.  Tak hanya itu saja, pengguna juga bisa mengunduh laporannya loh. Semua laporan bisa diunduh dengan format PDF maupun Excel. 

Yang tak kalah menarik, pada fitur ini juga terdapat mode kasir yang memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi kepada customer. Dengan adanya mode kasir ini, pengguna bisa melakukan pencatatan transaksi, penjualan dan memantau stok barang secara bersamaan. 

Fitur Stok, Kelola Stok Barang Jadi Lebih Praktis dan Gak Pakai Ribet

Fitur Kelola Stok BukuWarung

Melalui fitur ini pengguna juga bisa kelola stok barang, mulai dari atur jumlah stok hingga menambahkan harga jual produk sekaligus. Nantinya stok barang akan terupdate secara otomatis saat catat transaksi penjualan. Selain itu, aplikasi juga akan mengingatkan pengguna bila stok mulai menipis. Anti ribet banget kan?

Fitur Pembayaran, Bisa Bayar dan Tagih Antar Bank, Gratis Biaya Admin!

Fitur Pembayaran BukuWarung

Fitur pembayaran digunakan untuk mempermudah proses pelunasan tagihan utang/piutang. Pada fitur ini terdapat dua menu, yaitu bayar dan tagih. Pilih menu bayar untuk melakukan pembayaran atau menu tagih untuk melakukan penagihan. Selanjutnya, masukkan nomor rekening yang dituju, lalu lakukan pembayaran. Semua proses pembayaran ini gratis tanpa dikenakan biaya admin.

Fitur Tambah Usaha, Bisa Catat Banyak Pembukuan dalam Satu Aplikasi

Pada fitur ini, pengguna juga bisa melakukan pembukuan lebih dari satu usaha loh. Jadi, kalau kamu punya 3 jenis usaha, kamu bisa mencatat semua pembukuan secara online di aplikasi BukuWarung. Dengan demikian pembukuan dari setiap usaha yang dimilikinya akan terpisah. Jadi, lebih mudah dalam memantau perkembangan masing-masing usaha. 

Fitur Jualan PPOB (Pulsa, Token Listrik, Paket Data dan Top Up e-wallet) 

Pada aplikasi ini juga tersedia layanan untuk berjualan pulsa, token listrik, e-wallet dan paket data. Dengan demikian, pengguna bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Jadi bisa makin untung deh!

Dilengkapi Nota Keren dan Kartu Nama

Ada juga fitur nota dan kartu nama yang membuat bisnis kita terlihat lebih profesional. Melalui fitur ini, kita bisa membuat nota keren yang dapat dijadikan sebagai bukti pembelian pelanggan. Kita juga bisa membuat kartu nama sehingga bisnis terlihat lebih kredibel. 

#2. Aplikasi Ringan dan Mudah Digunakan 

Aplikasi BukuWarung memiliki ukuran file yang ringan, yaitu tidak lebih dari 10 MB sehingga tak perlu khawatir memori penyimpanan habis, pun gak perlu takut gadget jadi lemot. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan dengan mudah kapanpun dan dimanapun, bahkan bisa digunakan tanpa perlu koneksi internet. 

#3. Bisa Digunakan Untuk Beragam Jenis Usaha

Semua jenis usaha bisa menggunakan aplikasi BukuWarung loh, gak cuma toko online aja tapi juga toko kelontong, warung makan, konter pulsa, agen wisata travel, rental mobil, usaha kos dan penginapan, pertanian, bengkel, laundry, salon hingga keuangan keluarga maupun keuangan pribadi harian. Semua bisa!

Pokoknya apapun usahamu, aplikasi BukuWarung solusinya!

#4. Keamanan Data Terjamin 

Semua transaksi yang dicatat di aplikasi BukuWarung terjamin keamanan datanya. Dengan demikian, kita tak perlu khawatir data hilang ataupun dicuri orang karena semua data tersimpan aman di dalam aplikasi. Maka itu, lupakan pencatatan manual dan mulai pakai BukuWarung. 

#5. Rating Tinggi di Playstore

Rating Tinggi BukuWarung

Aplikasi BukuWarung memiliki rating yang tinggi di google playstore, yaitu sebesar 4,4/5 serta terdapat review positif lebih dari 75.000 review, termasuk review positif dari saya. Bahkan hingga saat ini, aplikasi BukuWarung sudah diunduh lebih dari 5 juta pengguna. Hal ini menandakan bahwa BukuWarung benar-benar menjadi aplikasi pembukuan dan pembayaran digital yang memudahkan para pemilik usaha.

Untung Pakai BukuWarung! Tagih dan Kirim Uang dari Pelanggan Jadi Lebih Mudah


Berkat aplikasi BukuWarung, pembukuan saya jadi lebih tertata rapi. Pun saya tak perlu khawatir lagi apabila ada yang berutang karena saya dapat menagihnya secara otomatis melalui aplikasi. Selain itu, saya juga bisa lebih mudah saat melakukan pembayaran ke rekan bisnis. Semua catatan transaksi juga lebih aman sehingga tak perlu khawatir ada data yang hilang maupun dicuri orang. 

Menariknya lagi, semua proses tagih dan kirim uang dari pelanggan gratis, tanpa ada biaya admin. Dan satu lagi, pengguna juga bisa berjualan PPOB untuk menambah penghasilan loh, jadi double untung deh!

Untung pakai aplikasi BukuWarung!

Yuk, lupakan pencatatan usaha secara manual dan mulailah beralih ke BukuWarung.
Download BukuWarung sekarang juga!

Salam,



*Artikel ini diikutseratakan dalam lomba blog yang diadakan oleh BukuWarung*


Sumber Referensi :

  • Pengalaman Pribadi
  • https://www.beritasatu.com/ekonomi/835765/jumlah-umkm-go-digital-naik-99-selama-pandemi
  • https://tirto.id/jumlah-pelanggan-e-commerce-tercatat-meningkat-383-selama-pandemi-f1eP
  • https://infokomputer.grid.id/read/122358718/lulus-dari-y-combinator-bukuwarung-raih-pendanaan-dari-investor-terkemuka
  • Infografis : Tia Widiastuti, edited by canva
  • Video : Channel Youtube BukuWarung

82 comments

  1. Wah keren bgt ya mbak kalau ada aplikasi buku warung kaya gini, jadi pelaku UMKM terbantu bgt buat transaksi, pencatatan dsb.

    Etapi emang bener sih mbak, tetanggaku yg IRT gitu dia ada usaha jualan baju tidur kecil2an, yg beli yg tetangga2 sama orang tua murid teman2 anaknya di sekolah, jd dia anter jemput anak sekolah sambil bawa dagangan, ga bisa dipungkiri, byk bgt yg beli tp bayarnya nunggu gajian, tp dia masih pake pencatatan manual di buku tulis, buku tulis loh, bukan di Excel.

    Kayaknya dia harus kenalan sama Buku Warung ini ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuss kasih tau mbaaa, biar lebih tertata pembukuan doi .. :D

      Delete
  2. Ini sih ngebantu bangeettt buat para pegiat UMKM.
    karena biasanya, tracking cashflow tuh mayan susahhh ye kan
    kalo ada BukuWarung jadi makin enjoyable!

    ReplyDelete
  3. selain tampilannya yang jadi lebih menarik, pembukuan juga jadi lebih rapi ya mba :)

    ReplyDelete
  4. Kalau Ada buka warung enak tidak ngeluarin bacot dan ngemis lagi sama pelanggan yang tukang utang

    ReplyDelete
  5. Terbantu banget ini, terlebih yang umkm buat kontrol transaksi. Banyak fiturnya juga ya, Fitur Transaksi, Bisa Catat Semua Transaksi, Unduh Laporan dan Dijadikan Aplikasi Kasir.

    ReplyDelete
  6. Seneng deh kalau ada yang support umkm seperti aplikasi buku warung ini. Btw semoga usaha mbak Dina makin sukses yak aamiin

    ReplyDelete
  7. Jadi lebih tertata dengan baik ya kak pengelolaannya. Salah satu kendalaku juga nih pas mulai belajar jualan, catatanku gak rapi harusnya pake buku warung ya

    ReplyDelete
  8. kalau ada buku warung, transaksi keuangan di bisnis kita jadi terkontrol ya mbak
    aku baru tau ada fitur nagih utang, canggih bener ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaa.. cus lag tagih utang otomatis biar gak sungkan.. hihi

      Delete
  9. Ada aplikasi ini ngebantu banget buat para pedagang. Mulai dr hitungan dagang sampe nota belanja bisa gunakan aplikasi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangeeettt.. semua jadi mudah!

      Delete
    2. Dan ternyata semua usaha bisa pakai fitur BukuWarung ini ya. Ada laporan dan traksasi, bisa cetak nota juga ya. mantap nih. udah gitu mudah ya gunakan aplikasi ini.

      Delete
    3. betul mbaa.. bahkan gak cuma buat usaha aja loh..
      bisa juga buat catat keuangan pribadi mbaa..

      Delete
  10. Keuangan untuk usaha memang harus dibuat serapih mungkin. Buku Warung untungnya bisa jadi solusi, nih. Biar bisa lebih detil dan rapi pencatatannya

    ReplyDelete
  11. Saya maish suka malas membuat catatan keuangan. Makanya masih suka maju mundur kalau mau bikin usaha. Jaid mempertimbangkan Buku Warung. Kayaknya bakal membantu untuk saya

    ReplyDelete
  12. Aplikasinya udah sekelas software keuangan aja sih ini, fiturnya lengkap pula dengan tambahan bikin nota. Cocok buat pebisnis online yang mainnya mobile. Gak perlu standby di kantor, tetep bisa jalanin usaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah betul banget nih. bisa kasih nota pelanggan kapanpun dimanapun

      Delete
  13. Aplikasi keren nih jadi bisa lebih termenej keuangannya ya karena semua tercatat lengkap. Dulu aku kesulitan soal ini pas bisnis sekarang mah sudah ada ini jadi gampang, sayang bisnisnya belum mulai lagi hehe... Mudah2an segera deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuss mba mulai lagi bisnisnya. Jangan lupa pakai BukuWarung

      Delete
  14. wah trnyata praktis dan mudah digunakan ya,aplikasi BukuWarung ini. Bisa nih kurekomendasikan ke adik yg punya usaha di rumah. Trmksh infonya ya..

    ReplyDelete
  15. Dengan aplikasi Buku Warung, UMKM akan semakin bagus prospeknya, sebab urusan kirim-kirim uang mudah. Bakal direkomendasikan pada kenalan yg punya UMKM nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tjakep.. moga umkm makin terbantu ya mba

      Delete
    2. iya nih..tadinya kukira BukaWarung ini aplikasi utk pencatatan keuangan saja, ternyata kumplit dg pengiriman tagihan, pembayaran, dll. Mantuuul..

      Delete
    3. iya mbaaa... bahkan bisa dijadikan aplikasi kasir juga. keren lah pokoknya

      Delete
  16. Waw, keren nih ada aplikasi penagih hutang. Semoga bisa menjadi solusi buat oknum yang hutang tapi pura-pura lupa wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakak.. ngakak ya Allah baca komennya. hahaha..

      Delete
  17. Yang begini nih yang berasa banget manfaat teknologi ya. Makin memudahkan dan praktis. Program pencatatan yang awalnya ribet jadi sangat praktis dengan hanya pake aplikasi. Semoga pada tahu nih para pelaku usaha. Membantu banget soalnya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak...semoga makin banyak yang pakai BukuWarung ya mbaa..

      Delete
  18. Paket lengkap ya Buku Warung ini. Kayanya aku sekarang mulai butuh deh buat menghitung pengeluaran dan memulai usaha juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, buat ngatur keuangan personal juga bisa banget loh mbaa..

      Delete
  19. makin banyak platform yang bisa dipakai ya mbaa untuk membantuk usaha UMKM. Itu yang buat asalnya dari India ya hehehe.

    ReplyDelete
  20. Ah..iya banget nih..
    Kalau punya usaha kudu "tega" yaa...agar modalnya bisa terus berputar.
    Kalau ada bantuan dari Buku Warung, ikhtiar menagih jadi lebih mudah dan terukur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba.. gak perlu sungkan nagih lagi

      Delete
    2. BUku Warung terbaik deh..
      Terasa sangat memudahkan saat memulai usaha dengan mengatur keuangan agar lebih sistematis dan rapih.

      Delete
    3. untung ada BukuWarung ya mbaa..

      Delete
  21. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan aplikasi BukaWarung ini ya mbak. Pastinya pemilik usaha jadi terbantu banget. Saya belum tahu nih, teman-teman yang punya usaha udah pada pakai BukaWarung gak, perlu tahu nih mereka..

    ReplyDelete
  22. Manajemen warung atau usaha apapun jadi lebih mudah dengan Buku Warung, ya. Bisa mencatat tagihan juga.

    ReplyDelete
  23. Aplikasi yang memudahkan para pelaku usaha kecil nih biar manajemen keuangan nya lebih rapi

    ReplyDelete
  24. Tampilan aplikasinya user friendly ya, jadi pengguna mudah menggunakannya, uniknya bisa tagih lewat whatsapp lagi, jadi pelanggan gak bisa kabur hehehe

    ReplyDelete
  25. Buku Warung ini sangat membantu untuk UMKM ya, terutama bila ada utang pelanggan yang sudah jatuh tempo maka fitur akan menagih utang secara otomatis melalui whatsapp pelanggan. Lebih praktis dan gak bikin kita jadi sungkan ya....

    ReplyDelete
  26. Aplikasi Buku Warung ini lengkap banget ya, mbak. Kayaknya para pemilik usaha wajib deh punya aplikasi yang satu ini.

    ReplyDelete
  27. Aplikasi keren ini..pedangan sekarang banyak dimudahkan dengan aplikasi teruma dalam management keuangannya ya...mantaps

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaaa.. berkat BukuWarung gak perlu pusing lagi sekarang

      Delete
  28. Dari kemarin aku baca tentng BukuWarung ini. Sebentar lagi download nih aplikasinya. Mulai teracuni soalnya. Hehehe

    ReplyDelete
  29. Banyak kemudahan yang didapatkan pengusaha sekarang. Dari mulai permodalan, ide jastip, dropship sampai kehadiran aplikasi Buku Warung yang memudahkan pembukuan keuangannya

    ReplyDelete
  30. para pedagang, pemilik warung dan umkm wajib sih pakai aplikasi keren gini jadi ke depannya saat bisnis makin maju jadi terbiasa punya catatan usaha dan keuangan yang rapi

    ReplyDelete
  31. Saya kebalikannya mbak, gak sungkan nolak kalau ada yg ngutang haha
    Kasi aja berapa gtu tapi bukan pinjaman :D Terus terang males juga suruh nagih2 dan ngingetin, kyk ngemis aja rasanya huhu
    Wah bukuwarung ini sebaiknya semua pedagang punya nih supaya bisa tahu kondisi keuangan dan juga apa aja produk yg disukai atau banyak dibeli pelanggan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kereenn mbaaa..
      aku sulit apalagi kalo udah deket sama orangnya. tapi kzl juga, kalo ngutang kayak pura2 lupa.. huhu.. untung sekarang ada BukuWarung yang bisa tagih utang otomatis..

      Delete
  32. Aku baru tahu aplikasi BukuWarung ini mba. Harus aku rekomendasikan ke adik ipar aku, punya warung jadi pasti sangat dia butuhkan

    ReplyDelete
  33. Senang banget ada aplikasi yg membantu UMKM untuk mengatur keuangan atau finansial semakin membaik.

    ReplyDelete
  34. Zaman sekarang pengusaha UMKM juga harus go digital dengan menggunakan aplikasi BukuWarung agar lebih mudah mencatat pembukuan dan tagih bayar ke pelanggan

    ReplyDelete
  35. Baru tahu kalau fiturnya BukuWarung ini lengkap dan bisa jadi solusi untuk pebisnis UMKM dan UKM dalam pengelolaan transaksi penjualan dan utang piutang, pengelolaan stok, hingga pembayaran digital. Lebih praktis dan tak susah juga untuk melakukan pencatatan pembukuan

    ReplyDelete
  36. Mantab kak, lengkap banget reviewnya... Btw keren banget aplikasinya yess bisa ngebantu bisnis kita hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, cuss lah tagih utang pakai aplikasi bukuwarung ajaa.. wkwkwkwk :D

      Delete
  37. asli lengkap banget artikel ini penjelasannya, saya jadi merasa teredukasi dengan baik. saya yakin ini akan bermanfaat untuk teman - teman yang pakai bukuwarung.

    ReplyDelete
  38. buku warung ini emang bs jadi solusi bagi siapapun yg punya usaha biar mantep karena untuk apa aja pasti bisa

    ReplyDelete
  39. Saya juga punya pengalaman buka warung dulu tidak ada pencatatan yang terintregasi dengan baik, akhirnya benar-benar gulung tikar. patut dicoba bagi pengusaha kecil lainnya.

    ReplyDelete
  40. Saya dulu pernah pakai aplikasi buku warung kak, tapi kayaknya fitur PPOB ini baru ya? soalnya dulu waktu saya pakai belum ada loh.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)