Menikmati Suasana Ala Pedesaan Eropa di Cimory Dairy Land, Puncak Bogor


Cimory Dairy Land, Puncak

Akhirnya, Cimory Dairy Land yang berada di kawasan Puncak Bogor berhasil kami kunjungi, pada Sabtu, 13 November lalu. Senang? Tentu saja. Pasalnya, hampir 2 tahun kami nyaris gak kemana-mana alias di rumah aja. 

Alhamdulillah, kasus Covid kini sudah berangsur turun, pun PPKM juga sudah turun level. Alhasil, kami memutuskan untuk mengajak keluarga untuk berlibur di Kawasan Puncak, Bogor. Namun tetap ya, dengan mematuhi prokes ketat.

Dan salah satu tempat wisata yang kami kunjungi adalah Cimory Dairy Land. 

Lokasi Cimory Dairy Land

Cimory Dairy Land berlokasi di daerah Cipayung Girang, Kec. Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Kalau dari pusat kota, jaraknya sekitar 17 km atau sekitar 25 menit bila ditempuh dengan kendaraan roda empat. Lokasinya ini berada di sebelah kanan jalan, sebelum Cimory Riverside. Jadi, jangan sampai kelewatan ya karena lokasinya masih berada di bawah. 

Saya sendiri kemarin kelewatan jauh sampai Cimory Mountain View. Sungguh terlalu. Alhasil, lanjut dulu deh ke Villa dan baru balik lagi ke Dairy Land di sore harinya. 

Suasana di Cimory Dairy Land

Cimory Dairy Land, Puncak
Sumber gambar : IG @cimorydairyland.puncak

Cimory Dairy Land ini menyuguhkan suasana ala-ala peternakan Eropa gitu. Bangunannya di design ala-ala bangunan Belanda. Pokoknya kayak berasa lagi ada di Eropa, bukan di Puncak. Gak salah deh memilih wisata bareng keluarga di Cimory Dairy Land. 

Apalagi buat kalian yang punya anak kecil kayak saya, selain bisa wisata juga bisa dijadikan wahana edukasi untuk si kecil. Soalnya, di Cimory Dairy Land terdapat berbagai hewan ternak. Jadi, kita juga bisa mengenalkan ke anak mengenai hewan-hewan peternakan. Anak juga bisa eksplor banyak hal dan melatih keberanian juga. Misalnya, saat memberikan makan ke domba atau saat menunggangi kuda. 

Ada Apa Aja di Cimory Dairy Land?

Ada apa aja di Cimory Dairy Land? Banyak! Ada berbagai jenis hewan peternakan, Magic Village, Wahana Permainan, Restoran dan tentunya Cimory Shop alias tempat untuk membeli berbagai produk Cimory dan oleh-oleh khas Bogor.

  • Berbagai Jenis Hewan Ternak di Cimory Dairy Land

Ada banyak sekali hewan ternak yang terdapat di Cimory Dairy Land. Menariknya, kita juga bisa loh berinteraksi dengan beberapa hewan disana karena semua hewannya jinak-jinak. Namun, bila ingin berinteraksi seperti memberi makan domba, sapi atau menunggangi kuda akan dikenakan biaya lagi yang mana tiketnya bisa dibeli di konter tiket yang tersedia di Cimory Dairy Land.

#1. Peternakan Sapi (Fresian Cow)

Cimory Dairy Land, Fresian Cow

Masuk ke Cimory Dairy Land, tempat pertama yang kami kunjungi adalah peternakan sapi. Jenis sapi yang berada disana adalah Fresian Cow, yaitu jenis sapi yang banyak ditemukan di Belanda, Amerika dan Inggris. 

Di peternakan sapi ini, kita bisa memberikan susu ke anak sapi. Namun, harus membeli tiket terlebih dahulu seharga Rp 10.000 untuk mendapatkan satu botol susu. Tiketnya bisa dibeli di konter tiket ya, bukan di area peternakannya. 

#2. Peternakan Domba Merino

Cimory Dairy Land, Domba Merino

Di samping peternakan sapi, ada peternakan Domba Merino. Domba Merino ini banyak ditemukan di Italia. Domba ini juga sering dikenal sebagai domba ceper karena kakinya yang terlihat lebih pendek dibandingkan dengan domba lainnya. Domba ini juga memiliki bulu yang sangat banyak hingga menutupi bagian bawah. 

Di peternakan domba ini, kita bisa memberikan makan domba, namun untuk masuk ke dalam peternakannya kita harus membeli pakan ternaknya terlebih dahulu, yaitu wortel. Harganya sebesar Rp 10.000 dan bisa dibeli di konter tiket. 

Eits, tapi gak perlu khawatir. Disini cukup beli satu pakan ternak aja kita sekeluarga sudah boleh masuk ke area peternakannya kok.

#3. Giant Horse Riding

Cimory Dairy Land, Giant Horse Riding

Di depan peternakan sapi fresian cow tadi, terdapat Giant Horse Riding. Nah, kalau kamu mau naik kuda ini juga bisa. Namun harus membeli tiketnya terlebih dahulu di konter tiket ya.. 

#4. Miniature Pony Feeding

Cimory Dairy Land, Miniature Pony Feeding

Selanjutnya, di sebelah peternakan domba terdapat peternakan kuda poni. Disini kita bisa memberikan makan kuda poni dengan wortel. Untuk memberikan makan harus membeli tiket terlebih dahulu sebesar Rp 10.000 untuk mendapatkan satu gelas wortel.

#5. Miniature Pony Riding

Cimory Dairy Land, Miniature Pony Riding

Di sebelahnya terdapat miniature Pony Riding. Kalau disini, kita bisa naik kuda untuk dua kali putaran. Harga tiketnya sebesar 30.000. Tapi Pony Riding ini khusus untuk anak-anak ya. Kalau dewasa disarankan untuk naik Giant Horse Riding aja. :D

#6. Peternakan Kambing


Ada juga peternakan kambing. Jenis kambing yang ada disana yaitu Pygmy Goat, yaitu kambing yang berasal dari Afrika Barat. Kambing ini juga sering disebut sebagai kambing kerdil karena tubuhnya yang kecil. Berat badannya hanya 15-18 kg untuk betina dan 18-27 kg untuk jantan.

#7. Hewan Reptil


Di Cimory Dairy Land juga terdapat berbagai hewan reptil. Namun meski hewan reptile, semua hewannya sudah jinak ya. Ada ular, biawak, iguana dll. Kita juga bisa foto bersama hewan reptile. Biayanya sebesar 15.000 untuk 1 orang

#8. Burung Beo


Ada juga berbagai jenis burung beo. Kita juga bisa berfoto bareng burung beo. Namun dikenakan biaya lagi sebesar Rp 15.000 per orang. 

#9. Peternakan Kelinci 


Ada juga peternakan kelinci. Disini kita juga bisa masuk ke dalam peternakan dan memberi makan kelinci dengan wortel. Biaya pakan wortelnya sebesar Rp 10.000,-

#10. Buaya

Di Cimory Dairy Land juga terdapat buaya. Jenis buaya yang ada disini yaitu Buaya Caiman. Buaya ini berasal dari Amerika tengah dan Selatan. Buaya caiman memiliki bentuk mulut ‘V’ sehingga memudahkan mereka untuk berburu ikan di sungai. 

#11. Kura-Kura Sulcata


Ada juga kura-kura sulcata yang berasal dari Afrika. Spesies kura-kura sulcata ini umumnya punya masa hidup yang cukup lama, yaitu 50 hingga 150 tahun.

#12. Berang-Berang (Otter)


Otter merupakan jenis hewan karnivora yang tergolong ke dalam subfamili Lutrinae. Terdapat 13 spesies berang-berang dan semuanya merupakan hewan semiakuatik, akuatik atau hewan laut dan mereka memakan ikan-ikan atau invertebrate.

#13. Dan Lain-lain

Ada apa lagi? Masih banyak lagi gais hewan ternak lainnya, ada bebek, keledai, unta, ayam, burung unta dan lain-lain. Pokoknya wajib banget sih berkunjung ke Cimory Dairy Land bersama si kecil. 

  • Arena Bermain
Cimory Dairy Land

Di dalam Cimory Dairy Land juga terdapat arena bermain. Ada Mini Playground untuk anak-anak, ada fun archery atau bermain panahan, ada juga kereta keliling dan ATV.

  • Magic Village
Sumber gambar : IG @cimorydairyland.puncak

Selain terdapat berbagai jenis hewan peternakan, di Cimory Diary Land juga terdapat Magic Village. Untuk masuk ke Magic Village dikenakan biaya lagi, namun kita juga bisa membeli tiket terusan sehingga biayanya bisa lebih murah. 

Ada apa aja di dalam Magic Village?

Suasana di dalam Magic Village itu seperti rumah hobbit. Disana juga ada kurcaci-kurcaci gitu dan kita bisa foto-foto bersama para kurcaci. Namun, sayangnya saya gak masuk ke dalam Magic Village karena si anak udah mulai rungsing, lelah dan ngantuk. Jadilah memutuskan untuk segera kembali ke Villa Malak aja. 

  • Restoran
Didalamnya juga terdapat restoran. Tempatnya berada di lantai 2. Disana tersedia berbagai makanan berupa bento set gitu. Ada juga berbagai dessert. Namun, sayangnya saya tidak menjajal makanan di restoran tersebut. Mungkin next time kalau kesini lagi. 

Fasilitas Lain di Cimory Dairy Land

Fasilitas lainnya yang ada di Cimory Dairy Land diantaranya ada 
  • Topi Caping, yang bisa digunakan saat explore lokasi (gratis)
  • Cimory Shop
  • Toilet 
  • Mushola 
  • Area parkir yang luas
  • Mobil antar jemput ke parkiran

Harga Tiket Masuk di Cimory Dairy Land


Harga tiket masuk di Cimory Dairy Land beragam, namun untuk anak-anak yang tingginya di bawah 80 cm tidak perlu membeli tiket yaaa, alias gratis. Lalu, bila kita ingin berinteraksi dengan hewan-hewan, seperti memberi makan, berfoto atau menunggangi kuda maka dikenakan tiket lagi yang bisa dibeli di konter tiket yang berada di area peternakan.

Ohya, setiap pembelian tiket, gratis cimory yogurt dan diskon 20% untuk pembelian ice cream dan ice tea. Berikut ini harga tiket masuk Cimory Dairy Land ;

Harga Tiket masuk ke Dairy Land saja,
  • Weekday : 30.000
  • Weekend : 40.000
Harga Tiket Magic Village saja
  • Weekday : 20.000
  • Weekend : 30.000
Harga Tiket Masuk paket combo (Diary Land + Magic Village)
  • Weekday : 45.000
  • Weekend : 65.000

Jam Buka Cimory Dairy Land

Cimory Dairy Land buka setiap hari dari pagi hingga sore, namun untuk tempat wisatanya tutup lebih awal dari restoran dan toko oleh-olehnya. Berikut jam operasional Cimory Dairy land 
  • Wisata : 08.00-17.00 WIB
  • Cimory Shop : 08.00-18.00 WIB
  • Resto : 09.00 – 19.00 WIB

Tips Mengunjungi Cimory Dairy Land

Berdasarkan pengalaman kemarin berkunjung ke Cimory Dairy Land, maka saya lebih menyarankan untuk datang di pagi hari saja, karena pengunjung belum terlalu ramai sehingga kita juga bisa lebih leluasa bermain disana. Pun untuk foto-foto juga lebih enak kalau kondisi tidak terlalu ramai. 

Selain itu, bila membawa anak, datang di pagi hari juga lebih disarankan karena anak masih fresh dan energik, jadi lebih puas untuk explore disana. Pengalaman saya kemarin datang di sore hari, anaknya udah keburu lelah dan ngantuk, jadilah minta pulang terus. Alhasil kurang puas deh explore-nya *mamaknya sih yang kurang puas :D*

Datang saat weekday juga lebih disarankan sih. Selain karena harga tiket jauh lebih murah, pengunjung juga lebih sepi dibanding weekend

Begitulah gais, pengalaman saya berlibur ke Cimory Dairy Land. Semoga kasus Covid terus menurun sehingga kita bisa sering-sering berwisata seperti ini. Amiinnn.. 

Kalian udah ada yang pernah berkunjung ke Cimory Dairy Land belum? Share dong pengalamannya di kolom komentar. 

Salam,



3 comments

  1. Memang kalo ke tempat wisata itu enaknya pagi hari, soalnya kalo siang dikit jam 10 maka sudah ramai, agak malas kalo sudah ramai.

    Cimory Dairy Land cocok untuk tempat wisata keluarga ya mbak, anak pasti senang main sama hewan-hewan lucu seperti kelinci, kambing.😄

    ReplyDelete
  2. Aku tadi pikir ini restoran Cimory yg riverside atau mountain side yg di puncak itu mba, ternyata skr ada dairyland nya juga yaaa. Blm pernah kalo yg ini.

    Suka banget sih Ama produk2 susu dan yoghurt Cimory, aku selalu stok yoghurt mereka. Jadi kalo kesini anak2 juga pasti seneng, bisa melihat sapi2 yg mana susunya dibuat yoghurt yg selalu mereka minum 😄.

    ReplyDelete
  3. Wah ternyata di sana ada Cimory Dairy Land juga? Kalau di Pasuruan ada juga Cimory Dairy Land, konsepnya juga gak jauh beda. Wisata keluarga seperti ini selalu seru ya, bukan hanya untuk bermain tapi juga sarana edukasi buat anak-anak.
    Thanks for sharing, mbak :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)