Agrowisata Gunung Mas, Destinasi Wisata Di Puncak Bogor Yang Tak Boleh Dilewatkan



Sesungguhnya Agrowisata Gunung Mas adalah salah satu wisata di daerah puncak, Bogor yang namanya sudah tak asing ditelinga saya. Pasalnya, sebelum menikah saya cukup rajin liburan tipis-tipis ke daerah puncak. Dan tentunya saya selalu melewati Agrowisata Gunung Mas ini. 

Agrowisata Gunung Mas terletak di Jalan Raya Puncak, Cisarua, Bogor. Lokasinya berada disebelah kanan apabila datang dari arah Gadog, Bogor. Untuk menemukan lokasinya pun cukup mudah, sebab didekat pintu masuk terdapat tulisan “Gunung Mas” dan patung botol raksasa yang bisa dijadikan sebagai patokan.



Jelas aja ya kan saya gak asing dengan wisata yang satu ini, karena lokasinya masih berada dibawah dan dijalur utama pula, ditambah lagi ada plang besar bertuliskan “Agrowisata Gunung Mas”. Tapi entah kenapa, dulu saya gak ada ketertarikan sama sekali untuk mengunjungi destinasi wisata ini. "Ah, paling cuma kebun teh gitu doang” pikir saya singkat. Jadilah saya hanya melewatkan destinasi wisata tersebut, lalu melanjutkan perjalanan (lagi) ketempat lain. 

Hingga akhirnya beberapa waktu lalu, saya beserta anak dan suami liburan singkat ke daerah puncak. Sebenernya destinasi utama kami adalah mengunjungi taman Bunga Nusantara yang ada di daerah cipanas, lalu dilanjut bermalam di hotel Ariandri di daerah cisarua. Maksud hati sih, pagi-pagi nya mau langsung pulang supaya gak kemaleman sampai dirumah.




Tapi entah ada angin apa, saya ngerasa kok ya kayaknya sayang kalo langsung pulang. Jarang-jarang kan bisa menikmati liburan kayak gini. Alhasil, saya pun memutuskan untuk mampir sebentar ke Agrowisata Gunung Mas. Kebetulan jarak dari hotel ke lokasi pun sangat dekat. 


Jadilah, saya mengunjungi Agrowisata Gunung Mas dan menikmati berbagai fasilitas yang ada disana. Memangnya ada apa aja sih di Gunung Mas? Apa saja yang bisa kita lakukan disana? Simak terus cerita saya ya.. 

6 Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Agrowisata Gunung Mas 

Setelah masuk kawasan Agrowisata Gunung Mas, ealah ternyata oke juga tempatnya. Area nya sangat luas lebih dari 1700 ha. Udaranya juga masih sangat sejuk karena Gunung Mas ini berada diketinggian 800-1200 mdpl. Tak heran jika destinasi wisata ini selalu ramai pengunjung. 

Di Agrowisata Gunung Mas terdapat berbagai aktivitas yang bisa dinikmati. Ya, meskipun kemarin saya tak sempat menjajal semua aktivitas disana, tapi saya cukup puas kok bisa bermain sejenak disana. Berikut ini berbagai aktivitas seru yang bisa kita nikmati di Agrowisata Gunung Mas. 

#1. Menikmati Sensasi Berkuda 


Salah satu wisata favorit di Agrowisata Gunung Mas adalah berkuda. Ya, berkuda sambil menikmati pemandangan kebun teh yang terhampar luas bisa menjadi pilihan wisata yang tepat, apalagi jika berlibur membawa anak. Tentu hal ini bisa menjadi pengalaman baru untuk sang anak. 

Nah, saat berkunjung ke Gunung Mas kemarin, saya memang sudah berniat untuk naik kuda bareng Arfan. Meskipun sebenernya saya takut, tapi demi memberikan pengalaman baru untuk Arfan, jadilah saya memberanikan diri. Ada 3 pilihan rute jika kita ingin berkuda, yaitu rute 30 menit, 1 jam dan 2 jam. 

  • Rute 30 menit, kita akan diajak berkeliling mengitari perkebunan teh sebanyak satu kali putaran 
  • Rute 1 jam, tak beda jauh dengan rute 30 menit, namun kita akan diajak mengitari kebun teh dengan waktu yang lebih lama dan lokasi yang lebih detail seperti melihat bayi kuda di kandang nya dan petualangan seru lainnya 
  • Rute 2 jam, selain diajak berkeliling kebun teh, kita juga akan diajak menyusuri hutan disekitar gunung mas, mengunjungi air terjun dll. 

Dikarenakan saya masih newbie dan sebenernya juga takut, jadilah saya memilih rute 30 menit aja yang cepet. Itupun saya udah keringet dingin, pegangan kenceng banget sama si kuda saking takut nya. Takut jatoh sih ya sebenernya, apalagi kalo tanjakan. Ampuunn deh.. 

Ya, tapi meski begitu, si Arfan mah selow-selow ae. Gak ada takut sama sekali. Beda sama mamaknya yang udah gerogi minta ampyyuunn. 

Oya, jika kalian tertarik dan ingin menikmati sensasi berkuda, langsung saja datangi para pemilik kuda yang berada disisi kanan jalan, tidak jauh dari loket tiket masuk. Untuk biayanya, cukup membayar 60 ribu rupiah, maka kita udah diajak berkeliling naik kuda mengitari kebun teh oleh pemandu. 

#2. Tea Walk Di Area Perkebunan Teh Agrowisata Gunung Mas 

Salah satu kegiatan yang tak kalah seru adalah tea walk. Dan sebenernya saya kepingin banget sih bisa ikutan tea walk, tapi sayang kemarin itu waktunya sangat tidak memungkinkan. Selain itu, tea walk juga lebih seru kalau dilakukan secara beramai-ramai atau rombongan. 

Jadi Tea Walk adalah kegiatan mengelilingi kebun teh dengan didampingi oleh pemandu. Ada 3 pilihan rute dengan biaya yang berbeda-beda, yaitu 4 km, 6km, 8 km dan 10 km. Nantinya kita akan diajak mengelilingi kebun teh dan melihat bagaimana daun teh dipetik dari pohonnya langsung, kemudian kita juga akan diajak ke pabriknya langsung untuk melihat bagaimana teh diolah. Seru banget kan, udah kayak kunjungan industri? Semoga suatu hari saya bisa kesini lagi bawa rombongan. Hehe.. 

#3. Menikmati Off Road, ATV dan Sepeda Air 

Di Agrowisata Gunung Mas, kita juga bisa berkeliling kebun teh dengan mengendarai off road atau ATV dengan biaya sekitar 50-100 ribu. Selain itu kita juga bisa menikmati sepeda air dengan tarif 15 ribu per orang. Saya sendiri, kemarin hanya sempat menjajal sepeda air saja. (eh, sepeda air atau sepeda bebek sih namanya?). 

#4. Gantole dan Flying fox 

Jika ingin menikmati wisata yang cukup memacu adrenalin, maka kita bisa menikmati wahana gantole atau flying fox. Untuk tarif gantole sekitar 300 ribuan per orang. 

#5. Berenang di Kolam Renang Tirta Mas 

Meskipun suhu nya cukup dingin sekitar 22 derajat Celcius, namun tidak ada salahnya bila kita mencoba berenang di kolam renang Tirta Mas. Jika ingin merasakan sensasi berenang, maka akan dikenakan tarif sebesar Rp 5000/orang. Namun, bagi pengunjung yang menginap tidak dikenakan biaya lagi. 

#6. Camping Dan Bermalam Di Agrowisata Gunung Mas 

Asiknya lagi, kita juga bisa bermalam di Agrowisata Gunung Mas. Disana tersedia fasilitas penginapan dengan berbagai pilihan tipe. Ada tipe hotel, bungalow, rumah pondokan, rumah pangrango dan lain-lain. Tarifnya juga cukup terjangkau, mulai dari 400 ribu-2 jutaan per malamnya. Kapan-kapan pengen deh, bermalam bareng keluarga besar kesana, kayaknya bakal seru banget sih. 

Kalau pengen suasana yang beda atau lebih suka berkemah, disana juga tersedia camping ground yang letaknya ditengah-tengah area kebun teh. Kalau malas bawa tenda, disana juga menyediakan penyewaan tenda. Duh, jadi kangen masa-masa muda saya tuh kalau kemah-kemah gitu. Hihi.. 

Fasilitas Di Agrowisata Gunung Mas 

Agrowisata Gunung Mas menyediakan fasilitas yang cukup lengkap sehingga dapat memanjakan wisatawannya serta dapat menambah keseruan para wisatawan, diantaranya yaitu, 
• Pabrik Teh 
• Aula 
• Tempat Beribadah 
• Parkiran 
• Toilet 
• Resto 
• Tea Cafe 
• Kolam Renang 
• Camping Ground 
• Flying fox 
• Tempat Penginapan 
• Kantor pengelola Agrowisata 
• Dll 

Harga Tiket Masuk Agrowisata Gunung Mas 

Untuk menikmati serunya berlibur di Agrowisata Gunung Mas, kita hanya perlu mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp 15.500/orang dan untuk anak kecil seperti anak saya yang baru menginjak usia 2 tahun tidak dikenakan biaya. Lalu, Apabila menggunakan kendaraan pribadi dikenakan tarif Rp 2500 untuk motor dan Rp 7500 untuk mobil. Cukup murah kan? Namun, apabila ingin mencoba permainan lainnya seperti ATV, Gantole, berkuda dan lain-lain maka akan dikenakan tarif tersendiri. 

Kira-kira itu saja yang bisa saya bagikan, semoga bisa menjadi rekomendasi bagi teman-teman yang ingin berlibur dengan biaya yang terjangkau. 

Atau adakah teman-teman yang sudah pernah liburan ke Agrowisata Gunung Mas? Share dikolom komentar ya.. 



Salam,


20 comments

  1. Lah ti, kok aku ternyata pernah ke sini tapi cuma numpang foto di kebun tehnya saja, abis itu jalan pulang, ga nyangka ada tempat wisatanya juga hahasebenarnya libur natal tahun abru ku mau ke area bogor, tp ga ke puncak sik, muacet tsayyy, mungkin asyik klo pas ga libur panjang biar sepi lantjar jaya

    Ayo riview hotel ariandri dan dh pernah dirimu inapi dunk, aku lg maraton baca riview hotel area bogor puncak dan sekitarnya soale wekekk

    ReplyDelete
    Replies
    1. akuw syudah pernah review mak.. itu link artikel nya udah aku sempilin disela2 artikel diatas.. hehe

      Delete
    2. Oiya ya haha, warna fontnya abu abu, ga keliatan tadi, wokeh meluncur

      Delete
    3. Btw pinter banget dek arfan naik kudanya berani ngalah2in mamak thya wakakak

      Kalau aku nyebutnya itu bebek gowes, soalnya ada juga wisata deket rumah, danau sih terus ada bebek bebekannya itu

      Paling takut yang wisata adrenaline kayak flyng fox atau gantoke, emang ga berani ngeliatnketinggian, bawaannya uda merem aja klo liatin bawah haha

      Kayaknya asyikan yang tea walk bisa nambah pengetahuan seputar teh, btw itu yang patung botol kok aku malah berpikiran kek teh botol sosro yak huahah, ga kayak aku dulu, cuma numpang foto bentar abis itu turun lagi, soale pegel juga naik kebun teh, mana licin pula pijakannya, dan agak takut kalau kalau ketemu kobra di semak-semak hahahah #kemakan adegan di sinetron suzzana deqi ular yang setting tempatnya kebon teh

      Delete
    4. iyak, anak lanang mah super berani ya gak kayak emaknya.. :D

      nah, iya nit pengen banget aku tuu ikutan tea walk. yuk kapan2 kita ngedate bareng. haha

      Delete
  2. Wah lumayan murah juga ya tiketnya, cuma 15 ribu saja, saya pernah ke taman matahari Bogor tiket masuknya 30 ribu per orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas.. taman matahari memang lebih mahal.. fasilitas nya kan juga beda hehe

      Delete
    2. Emang sih, tapi penginnya tiketnya murah dengan fasilitas yang komplit..😄😂

      Delete
  3. Lokasi wisatanya bagus banget, sejuk pula? Tapi sayang - seribu sayang tempatnya jauh banget.😃😄😆😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, iya mba..
      ini cucok untuk warga jakarta, tangerang dan sekitarnya kalo mau liburan yang deket2. hehe

      Delete
  4. Bandung emang seru ya...
    Terutama Bogor.
    Semoga 2020 terealisasi liburan kesana.
    Cuman kalau hanya weekend kayanya ga bisa banyak tempat terjangkkau ya...
    Mbak keren berani naik kuda, aku naik perahu angsa2an aja jejeritan hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang butuh waktu yang panjang ya mba kalo domisili nya diluar jabodetabek.
      hihi.. iyaa, pura-pura berani lebih tepatnya.. :D

      Delete
  5. Dulu saya hanya lewat doang, sebenarnya ingin jalan-jalan diarea kebun teh
    Ah nyesel rasanya kok dulu tak mau singgah

    ReplyDelete
  6. Langsung auto terbayang macetnya say, saat libur sekarang ini, apalagi tahun baru huwaaa hahahaha.

    Btw, juga bikin jiwa jalan-jalan saya merengek nih, udah lama kami nggak wisata jalan-jalan ke alam gini.
    Kalau naik kuda sih, bisa di depan komplek kami ada, tapi suasananya itu loh, ngangeninnn!

    Apa lagi kalau tiket masuknya murmer :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaa iya mbaa..
      kalau liburan akhir tahun dan taun baruan mah ampuunn deh, saya angkat tangan duluan..
      yang ada mobil gak gerak, pala pusing gak nyampe2 lokasi.. :D

      Delete
  7. Sudah sering kesana sih karena dari depok kebogor tak membutuhkan waktu lama bagi saya..😄😄


    Mungkin sekarang lebih bagus lagi tempat wisatanya bila dilihat dari gambar diatas.


    Kalau dulu Ofroads sepeda gunung masih boleh disitu sekarang nggak tahu deh hampir 3 tahun nggak sana..😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih, mas satria udah sering ternyata..
      jelas aja yaa jarak lumayan deket.
      kayaknya sekarang masih bisa mas offroads disana.

      Delete
  8. Saya belum pernah nih naik kuda benaran,,,kayak apa sih rasa naik kuda. Rasa nano - nano kah...?

    kayaknya agrowisata gunung Mas ini keren dan menarik sekali untuk di kunjungi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya bikin jantung ser-seran kang, kayak naik wahana adrenalin. hihihi..
      iya kang, kalo ke puncak bogor jangan lupa mampir ke gunung mas yaa..

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)