Cerita Ulang Tahun Arfan Ke-2 : Zoo Birthday Party

Minggu, 08 Desember 2019 kemarin, usia Arfan syudah menginjak 2 tahun. Cepet banget yaa, anak saya udah gede aja, perasaan mah kemarin masih digendong-gendong, ditimang-timang. Ealah, sekarang anaknya udah bisa lari-larian, udah pinter ngoceh, udah bisa diajak diskusi. Iya, diskusi. Nanyain doi udah siap punya adek atau belum. #eh (mohon diabaikan) hahaha.. 

Oya, sebelum berlanjut ceritanya.. minta doanya dulu boleh dong ya (?) doakan semoga anak saya selalu diberi kesehatan, dipanjangkan umurnya, semakin pintar, menjadi anak yang sholeh, berbakti kepada orangtua dan berguna bagi nusa, bangsa, agama. Amiiiiiinnnn...



Zoo Birthday Party


Di ulang tahun Arfan yang ke-2 ini, saya memang sudah merencanakan ingin merayakan ulang tahun Arfan dari jauh-jauh hari. Ya, mamaknya sih sebenernya yang kepingin. Secara, dulu mamaknya gak pernah dirayain setiap kali ulang tahun. Jadilah, setelah punya anak ada hasrat untuk merayakan ulang tahun sang anak. Tujuannya cuma satu sih, pengen tau gimana rasanya merayakan ulang tahun. Hihi.. 

Alhasil sejak jauh-jauh hari, saya memikirkan tema yang cucok untuk acara ulang tahun Arfan. Kebetulan saat ini Arfan tuh lagi seneng banget sama ondel-ondel dan gajah. Jadilah tema ulang tahun diantara kedua itu. Tapi mamak mikir kalau ondel-ondel kayaknya kurang oke deh, Alhasil mamak milih tema Zoo yang mana disitu ada binatang gajah nya. 

Setelah tema ditentukan, selanjutnya saya mulai mencari-cari referensi untuk tema Zoo. Lalu mencari perintilan-perintilan ultah mulai dari dekorasi, kue, dsb. Berikut ini hal-hal yang saya siapkan untuk ulang tahun Arfan yang ke-2. 


#1. Kue Ulang Tahun 

Setelah tema ditentukan, hal pertama yang saya pikirkan adalah mencari kue ulang tahun karakter dengan tema Zoo. Beruntungnya saya udah punya langganan yang mana hasil desain kue nya bagus, rasanya juga enak dan harganya cukup terjangkau di kantong saya. Ya, secara harga kue ulang tahun itu mahalnya minta ampyyuunn, bisa sampe jutaan. Ealah, saya nemu dong yang harganya gak sampai 500 ribu meskipun yang ukuran kecil diameter 18 cm. Tapi lumayan lah senada dengan tema. 

Saya beli kue ini melalui instagram @sancake (bukan endorse ya). Tahun lalu, saat Arfan usia 1 tahun juga beli ditempat ini dengan tema spiderman. Karena merasa puas, jadilah saya pesan disini lagi. 


Dan karena saya berencana akan mengundang sekitar 30 anak, tentu kue dengan diameter 18 cm gak cukup dong ya, belum lagi bakal bagi-bagi tetangga, keluarga mertua dan saudara yang masih satu lingkungan rumah. Jadilah saya juga beli kue ulang tahun lagi yang biasa aja gak pakai karakter. Dan saya memilih Blackforest dari Breadtalk dengan size 30x40 cm. 

Lumayan besar kan? Breadtalk saya pilih karena harganya paling terjangkau dibanding yang lainnya seperti harvest atau dapur cokelat. Aduh, gak sesuai budget. Hihi.. 


#2. List Undangan 

Setelah itu, saya menentukan siapa-siapa aja yang bakal saya undang. Saya data satu per satu nama nya agar tidak ada yang terlewat. Gak banyak-banyak sih saya ngundangnya, tetangga-tetangga cuma sekitar 20 anak, sisanya keluarga mertua dan saudara yang punya anak kecil juga. 


#3. Kartu Undangan 

Gegara liat di instagram kartu undangan ulang tahun bentuknya lucuk-lucuk, saya sempat tergoda untuk pesan kartu undangan di instagram. Harga satuannya sekitar 6000-8000an. Etapi setelah diskusi sama suami, kata doi desain sendiri aja lah, nanti ayah yang cetak di kantor. Baeklah kalau begitu, mamak langsung bikin desain sesuai tema pakai aplikasi andalan. Yak, apalagi kalo bukan canva. Hehehe.. 

Jadilah begini desainnya.. 



#4. Souvenir Dan Snack 

Ketika sudah mengetahui berapa anak yang akan diundang. Selanjutnya saya mencari souvenir dan snack ulang tahun. Ini adalah hal yang paling saya syukak, kayak cuci mata banget rasanya pilih-pilih souvenir ulang tahun anak tuh, lucuk-lucuk banget ampun deh. 

Oya, lagi-lagi saya beli souvenir dan snack ulang tahun melalui instagram. Enak, udah di packing rapih, jadi kita gak perlu bungkusin sendiri. Saya beli souvenir ini di instagram @ms_souvenirultahanak, harganya terjangkau banget. 

Dalam memilih souvenir ini, saya sempet beberapa kali galau. Awalnya mau pilih tas ransel, terus tiba-tiba berubah kepingin celengan anak, eh pas mau pesen berubah lagi pengen tempat minum dan tempat makan. Dan endingnya saya milih tas slempang karakter. Ampuun deh, mamak super galau. Jadilah, mamak pilih 30 pcs tas slempang karakter lengkap dengan snack nya. 

Karakter yang saya pilih yaitu winnie the pooh, Mickey Mouse, Minie Mouse dan Hello Kitty. Alhamdulillah sih, anak-anak syukak banget. 


#5. Makanan Besar 

Biasanya di acara ulang tahun itu ada nasi kuning atau tumpeng gitu yaa. Tapi berhubung saya males bikin nasi kuning, jadilah saya pesen yang simpel-simpel aja. Yak, saya pesen nasi dan ayam kentucky di d’besto yang murah meriah aja. Saya pesen 40 porsi paket ayam kentucky, dikemas dalam bentuk box gitu kayak di Mcd


#6. Dekorasi Ulang Tahun 



Maksud hati, saya kepingin dekorasi yang lucuk gitu sesuai tema, tapi pas cek harga, ampun deh ternyata mahal bingit yaa, gak masuk budget.. Yaudah, jadilah saya dekorasi seadanya aja pakai balon nama, tirai sama balon-balon biasa aja. Lumayan juga lah hasilnya. 


#7. Makanan Prasmanan 

Berhubung keluarga mertua dan beberapa saudara datang, jadilah saya juga menyiapkan menu makanan untuk dewasa. Makanan yang saya siapkan adalah sambal goreng kentang dan ati, sayur sop dan sate 60 tusuk. Sementara makanan ringannya ada risol, kue-kue dan cendol. 


#8. Dokumentasi 

Karena kepingin punya foto-foto yang bagus, jadilah saya minta tolong tetangga depan rumah untuk mendokumentasikan acara. Ya, lumayan hasilnya ada beberapa yang oke dan ada beberapa video juga yang bisa saya jadikan konten youtube nanti kalo sempat. Haha.. 

Untung nya sih saya keingetan minta tolong untuk ada yang mendokumentasikan acara, kalo engga, bener-bener deh gak ada foto sama sekali. Keluarga dan lainnya gak ada yang sempat mendokumentasikan acara. 


Hari H Ulang Tahun Arfan 

Sesungguhnya, mamak tuh deg-degan sih ngadain acara ulang tahun ini. mamak takut, pas acara mulai si Arfan belum bangun atau malah doi baru tidurr. Ampuun daahh was-was banget saya tuh. Acara sih dimulai jam 4 sore, nah tapi akhir-akhir ini tuh jadwal tidur arfan berantakan banget. Kadang jam 2 baru tidur dan bangun pas magrib, jadilah mamak ketar-ketir. 

Saya wanti-wanti deh tuh sebelum ulang tahun. “dedek, nanti hari minggu kan ulang tahun, banyak temen-temen yang dateng ke rumah, dedek bobok yaa dari siang, ntar sebelum jam 4 bangun yaa” saya bilangin gitu terus setiap hari.. Ealah, namanya juga bocah 2 tahun yaa. Pas hari H tiba, syusah banget dong dia ditidurinnya. Gak mau tidur, malah sibuk mainan balon dan narik-narik dekorasi. 

Alhasil jam 11 saya ajak ambil kue ke daerah Bintaro dengan harapan bisa tidur di jalan. Alhamdulillah sih tidur, tapi pas sampe tujuan dan mobil mulai diparkir doi bangun dong dan gak mau tidur lagi.  

Nah, pas acara mau dimulai dan teman-temannya udah pada dateng, baru deh dia ngantuk berat dan kepengen nyusu. Mulai deh narik-narik selimut, sambil bilang “Arfan mau bobok” dengan mukanya yang syudah sangat lelah dan pengen tiduran sambil nyusu. Ampuunn dah anak saya ini.. Alhasil Arfan tiduran sambil ditonton temen-temennya. Kocak banget deh ah. 

Arfan ngumpet dibalik selimut saking ngantuknya

Setelah nyusu sebentar, doi mulai semangat lagi deh tuh. Langsung aja acara dimulai meskipun belum lengkap yang dateng, karena takut si Arfan makin ngantuk berat. Pas acara nyanyi selamat ulang tahun dan potong kue, arfan masih lumayan antusias, eh begitu tiup lilin kejer banget dong dia karena dot susu nya saya cabut, saya suruh doi tiup lilin. Wkwkwk.. Ampuun dah,  Maapin ya dek.. haha.. 


Dan karenanya, acara ulang tahun jadi super singkat. Mohon maaf ya teman-teman yang hadir kalau acaranya kurang berkenan. Terimakasih banyak syudah datang di acara ulang tahun Arfan yang ke-2. Jangan kapok kalau diundang lagi yaa.. 



Salam,


34 comments

  1. Menyenangkan memang kalo kita bisa memberikan sesuatu kepada anak, apa yang tak bisa didapatkan saat kita seusianya. Kayaknya seneeng banget. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas..
      emaknya yg seneng sih ini mah. hehe

      Delete
  2. Soal desain undangan, bagi blogger pastinya hal mudahlah. Cetak atau desain sendiri juga bisa, lebih hembat biaya.
    Iya ya, kue ulang tahun harganya bisa mahal banget, kan bedanya hanya ada tulisan doang
    Selamat ulang tahun, panjang umur, sehat dan sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda di rasanya mas djangkaru. rasa emang gak pernah bohong sih..

      Delete
  3. HBD dedek Arfan smg selalu sehat dan menjadi anak sholeh dan cerdas, selalu berbakti pada orang tua dan agama juga negara. Aamiiin

    ReplyDelete
  4. Selamat ultah dedek Arfan.. Smg sehat selalu.. Jdi anak yg berguna ...waah mahal juga ya mbak ultah buat balita... Wk wk.. Maklum anak sy udh bujang.. Inget dulu saat dia ultah yg ke dua jg... Bedanya ultah dirumah dn hnya mengundang anak" disekitar rmh aja... Kue ultah jg sy yg buatin 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. makaciw tante heni..

      hihi, iya mahal mba kalo kue ulang tahun karakter. wah, hebat mba heni bikin kue sendiri. kalo aku mah gak bisa. hehehe

      Delete
  5. Mamah muda jaman skr beda dg mamah jaman dulu, generasi ketika sy masih jadi anak2 ....

    Beda jaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emak2 skr, always gercep kalau soal momen seperti ini. Anak generasi dulu, gak begini2 amat ketika milad, semua berjalan biasa saja, mungkin ada dalam perjalanan kehidupan ada momen yang diingat.
      Kalau mommy jaman skr, ya tiap milad, always membudayakan perayaan seperti ini ...
      Itu sih bedanya, kalau liat mommy jaman skr .. beda aja jaman dulu hihihi

      Delete
  6. Wah, saya juga pengen loh dirayain, hahaha. Seru juga ya sama pesta ulang tahunnya. Wah, selamat ya arfa, semoga bisa jadi anak yang berbakti dan soleh, Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinnn.. makasih doanya..
      wah, kepengen dirayain? jadi anak kecil dulu.. hehehe

      Delete
  7. anak2ku malah ga suka dirayain :D. tiap ultah mereka lbh minta dibeliin kado aja, ato stayction di hotel pilihan mereka sendiri. kdg ada enaknya, aku jd ga pusing nyiapin acara hahaha :D.

    btw, semlamat ulang tahun arfan. Semoga jadi anak yg sholeh, pintar, sehat trus ya nak. Jadi kebanggan papa mamanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, anaknya udah gede udah bisa punya permintaan ya mbaaa..
      enak juga sih kayaknya staycation ke hotel pas ultah. boleh juga tuh ide nya dicontek. hehe..

      Btw, makasiw tante fanny doanyaa.. :)

      Delete
  8. Barakallah fi umrim dek Arfan.. Sehat selalu yaaa. Duh duh, senengnya abis tiup lilin yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn, makaciw tante ella doanya..
      hehe, mamaknya yang seneng kayaknya sih.. hehe

      Delete
  9. HBD juga buat Arfan gantengnya semoga tambah pinter dan sukses selalu..

    Memang usia 1tahun sampai 3 tahun paling enak memanjakan anak termasuk pas di hari ulang tahunnya..😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maka nya kang satria cepat kawin dan punya anak kang.😂

      Delete
    2. Amiinn.. makasiw om satria..

      @Agus Warteg hahaha, cepet punya anak biar bisa ngerayain ultahnya yaa.. hehe

      Delete
  10. Wah adek Arfan ulang tahun ya, semoga sehat selalu.

    Temanya zoo ya kak, sampai kue ulang tahun bahkan Snack gambarnya binatang semua.😃😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, pengennya sih dekor nya juga tema zoo.. tapi apa daya budget tipis.. hehe

      Delete
    2. Ga perlu maksain, yang penting anak senang. Aku juga kalo anak ulang tahun paling beli kue saja sama bikin nasi kuning..😄

      Delete
  11. Aduh aduh bujang ganteng anak mamak kesayangan selamat ulang tahun yo cah bagus, tante nita gembul doakan mas arfan sehat selalu, makin pinter, jadi kebanggaan mamah papah, n cita cita tercapai, no gtm gtm klub #eh

    Ebused mamak thya kesayangan selaluh dirimuh terdepan dalam mengkonsep acara ultah anak
    Bener2 kutakjub ahahah
    Tiap tahun ganti tema, kreatip banget yakin

    Emang ti dulupun aku kecil ga pernah dirayain
    Sekarang klo bocahku ultah ga ada perayaan sih tapi kitah nodong dikasih makan2 ama bapaknya kalau ga staycation deh huahahhahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinnn, makasiw doanya tante nita mbul.. Amiinn-Amiinn.. jangan dong jangan GTM.. :D

      eaaaa, terdepan udah kayak yamaha. ini menyelaraskan kesukaan anak aja tema nya mak mbul. sama keinginan mamaknya juga sih ini mah. wahahaha..

      eee, bener juga tuh kapan2 boljug nih staycation pas ultah. kayaknya seruu :D

      Delete
  12. Barakallah Arfan. Semoga jadi anak yang sehat, berbakti, soleh, dan siap punya adek :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin mas wisnu..
      makaciw doanyaa.. doa yg terakhir itu loh, bikin mamak pengen tarik napas dulu. haha

      Delete
  13. Happy belated birthday, Dek Arfan.
    Tema kuenya Safari keren itu....kesuakaan anak laki.
    Kalau Kak Zafa kuenya sellau bikinan nenek ama tantenya makanya kadang ga umum, hahaha.

    Semoga senantiasa diberikan ALLAH keberkahan, kesehatan dan menjadi anak sholah yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinnn.. makaciw tantee hanila..
      wuih, kereen kakak zafa kue nya bisa bikin sendiri. nenek nya jogo bikin kue yaa, jadi lebih menghemat budget. hehehe

      Delete
  14. Selamat ultah dedek Arfan ganteng, masha Allah udah gede yak, makin pintar dan selalu sehat ya.
    Jadi ingat anak pertama kami dulu, selalu heboh kalau ultahnya tiba, tapi kami belom pernah rame-rame sih, paling banter beli kue terus potong bareng dan tiup lilin.

    Eh ternyata, kebawa sampai dia gede dong, tiap kali ultah minta kue dan tiup lilin hahaha.
    Kalau yang nomor dua, sama sekali nggak dirayain malah, akhirnya si kakak sekarang mulai nerima ultah tanpa kue selain pelukan aja hahaha.

    Jujur pengen sih rame-rame juga, tapi mamaknya terlalu males untuk rempong, bahkan dia udah minta sunat, terus saya nanya, pakai acara juga nggak? katanya nggak usah, yang penting udah sunat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makaciw tante rey.. iya nih gak berasa udah gede aja yaa, hampir seumuran sama adek dayyan ya kayaknya.. hehe..

      nah, itu dia mbak rey. Pas ngerayain ultah tuh khawatir anaknya jadi kebiasaan minta dirayain terus tiap tahun. hoho~ tapi mudah2an si engga.. hehehe..

      aduduw, kakak darrel udah gede ya, udah minta sunat aja. kalo adat jawa mah ampuun dah rempong banget acara sunat tuh, serupa sama acara nikahan.

      Delete
  15. Selamat Ulang tahun yah dedek Arfan. Semoga menjadi anak yang sholeh dan selalu berbakti kepada kedua Ortunya.

    #Ultah emaknya kapan yah,,? :) ( Kepoh nih, hahahah...)

    ReplyDelete
    Replies
    1. eaaaa.. kepo nih?
      emang mau kasih kado kang kalo saya ulang tahun? hahaha

      Delete
    2. hahahah.....

      hahaha, ngak la yauuu..ntar di timpuk suaminya.hahaha.....#kasih ucapan selamat saja, kayaknya lebih aman deh. Gkgkgkgk.... :)

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)