Resolusi 2020 Dan Pencapaian Saya Di Tahun 2019


Ngga berasa ya sudah dipenghujung tahun? (eh, basi banget gak sih mengawali paragraf dengan kalimat ini? heuhe). Tapi, memang bener kok nyatanya tahun 2019 gak berasa, tau-tau sudah berakhir aja. Lantas saya pun teringat dengan beberapa resolusi yang pernah saya tuliskan di awal tahun lalu, apakah sudah tercapai semua atau belum ya (?)

Untuk menjawab rasa penasaran, alhasil, saya pun membuka-buka kembali buku resolusi. Ngecek apa saja yang pernah saya tuliskan di awal tahun. Ealah, Alhamdulillah hampir semuanya tercapai. Hanya 2 yang gak tercapai, yaitu punya laptop baru dan lolos CPNS atau pindah kerja.



Buku Catatan Resolusi Sejak Tahun 2011

Iya, saking saya mulai butek di kantor. Ngerasa gini-gini aja, kerja juga cuma gitu-gitu aja. Pun gak ada teman di kantor. Lama-lama saya jenuh dan rasanya pengen pindah aja gitu. Tapi disatu sisi, berkat kegabutan saya di kantor, saya jadi bisa berkarya dan berprestasi lewat hobi ngeblog saya ini. fiuhh.. dilematik banget kan (?)

Berkaitan dengan resolusi 2019, memang sih hanya 2 yang tidak tercapai. Tapi saya menuliskan resolusinya juga tidak spesifik, jadi gak begitu jelas tingkat ketercapainnya. Selain itu, resolusi yang saya buat lebih banyak berkaitan dengan ngeblog, yang Alhamdulillah-nya semua tercapai, bahkan melebihi dari ekspektasi saya, salah satunya berkenaan dengan lomba blog. Alhamdulillah, tahun ini beberapa kali bisa menjuarai lomba blog, bahkan sempet merasakan menjadi juara 1, ini sungguh diluar dugaan.

Baca Juga : Resolusi Ngeblog di Tahun 2019 

Dan untuk memperbaiki apa yang sudah saya lakukan di tahun 2019. Saya pun mencoba untuk lebih detail lagi dalam menuliskan sebuah resolusi, khususnya untuk satu tahun kedepan ini, tahun 2020. Apa saja resolusi saya?  yuk disimak.



Saya ini termasuk tipe orang yang tertarget dan tersistematis kayak laporan skripsi. Jadi apa saja yang ingin saya capai, pastinya masuk ke dalam daftar list dan sebisa mungkin harus diusahakan agar tercapai. Bahkan, kebiasaan saya menulis resolusi ini sudah saya lakukan sejak masih duduk di bangku SMA dulu. Konsisten banget gak sih saiya? Haha..

Nah, di tahun 2020, ada beberapa resolusi yang ingin saya capai. Resolusi ini saya bagi menjadi beberapa bagian. Tujuannya tentu saja agar lebih spesifik dan lebih jelas dalam mencapainya. Dan berikut ini resolusi saya di tahun 2020.

#1. Resolusi NgeBlog 

Sebagai seorang newbie di dunia per-bloggingan. Eh, maksudnya disini adalah newbie dalam me-monetise sebuah blog ya. Pasalnya, kalau ngeblog mah udah dari 2009 tapi isinya gak bermutu sama sekali. Hehehe..

Nah, sebagai seorang newbie, saya punya beberapa harapan pada blog ini yang semoga semuanya bisa tercapai di tahun 2020. Dan, ini dia resolusi ngeblog saya di tahun 2020.

Menurunkan Spam Score Blog
Tahun 2019, saya hanya berfokus pada DA dan PA saja hingga tanpa disadari ternyata spam score saya melonjak tinggi. Setelah saya cek, ternyata memang banyak broken link di blog saya, dan juga komentar-komentar spam semacam obat herbal alami, pembesar PD, pelangsing tubuh dan sebagainya. Ampuunn deh.

Alhasil, mulai sekarang saya punya PR banyak, yaitu menghapus semua broken link tersebut. Semoga tahun 2020, blog benar-benar bersih dan spam score berhasil turun.

Meningkatkan DA dan PA Blog
Ini juga masih menjadi resolusi saya di tahun 2020, sebab saya masih ingin terus meningkatkan DA dan PA secara maksimal agar performa blog juga semakin baik.

Meningkatkan Visitor Blog
Hal ini bagi saya amat sulit. Meski tahun 2019 visitor blog mengalami kenaikan, namun sampai saat ini visitor blog saya per harinya belum tembus di angka 1000. Sedih gak sih? Mudah-mudahan tercapai di tahun 2020.

Update Blog Minimal 2 Postingan Per Minggu
Demi mendapatkan visitor yang banyak, tentu salah satu cara yang mesti saya lakukan adalah dengan konsisten posting blog, terutama adalah membuat artikel organik.

Semakin Banyak Job Ngeblog (Artikel Placement, Sponsored Post, Event dll)
Tawaran job ngeblog di Tahun 2019 terbilang oke lah. Ya, meski gak banyak kayak blogger lainnya, tapi saya bisa berucap Alhamdulillah. Sebab, kalau saya hitung sih sejak awal tahun, blog ini sudah mampu menghasilkan pundi-pundi sekitar 2 juta rupiah dari job CP, sponsored post dan event. Tentu bagi blogger mastah hal ini belum seberapa. Tapi bagi saya, ini adalah sebuah pencapaian, sebab baru di tahun 2019 ini blog saya bisa menghasilkan rupiah.

Baca Juga : Resolusi 2018 dan Tips Mewujudkannya Agar Tidak Sekedar Menjadi Wacana 

Bisa Mendapat Juara Lomba Blog Setiap Bulan
Pertama kali saya menjajal kompetisi blog yaitu pada akhir tahun 2017 dan secara kebetulan, saat itu saya berhasil menjadi juara favorit. Hadiahnya yaitu uang sebesar 500 ribu. Dan sejak saat itu, saya pun kecanduan mengikuti lomba blog, meski lebih sering kalah nya daripada menang.

Namun, Alhamdulillah, berkat konsistensi saya mungkin ya. Di tahun 2019 saya berhasil menjuarai beberapa lomba blog, bahkan sempat merasakan jadi juara pertama. Hal ini sungguh diluar ekspektasi saya. Dan kalau dihitung sejak awal tahun 2019, penghasilan yang bisa saya dapat dari mengikuti lomba blog adalah sebesar Rp 10.100.000 (lumayan ya ?).

Harapan saya, semoga di tahun 2020 ada minimal 1 lomba blog yang berhasil saya menangkan setiap bulannya.

Baca Juga : Prestasi Ngeblog 

Gajian Dari Google Adsense
Ini adalah salah satu resolusi yang sulit sekali untuk dicapai. Pasalnya saya sudah pasang Google Adsense sejak 2018 namun sampai saat ini belum pernah merasakan manisnya gajian dari adsense. Untuk itu tahun ini saya harus belajar membuat artikel yang SEO friendly agar visitor semakin banyak dan bisa merasakan gajian dari Adsense.


#2. Resolusi Financial 

Untuk resolusi financial gak banyak sih, cuma ada tiga aja.

Mendapat rezeki untuk melunasi rumah 
Sebenarnya saya itu kepingin banget menghindari riba, tapi apa daya saya sudah terlanjur ambil rumah KPR. Belum akad sih, baru bayar DP aja. Maka dari itu saya berharap banget tahun 2020 dapet durian runtuh sehingga bisa langsung bayar rumah sekian ratus juta itu secara cash. Hihi.. mimpi banget gak sih ini? Ya, tapi namanya rezeki gak ada yang tahu kan. hehe..

Memiliki Tabungan Sebesar Rp XX. 000.000
Disensor aja lah ya angka depannya, daku malu.. haha..

Menambah Investasi Logam Mulia Min. 5 gram 



#3. Resolusi Personal 

Resolusi Personal juga gak banyak, cuma ada 2 aja, yaitu :

Punya Laptop Baru 
Ini adalah resolusi lanjutan dari tahun 2019 tapi belum tercapai juga sampai sekarang. Ya, sebenernya ada sih budget buat beli laptop baru ini, tapi kan maksud hati pengennya dapet gratisan dari lomba blog tapi apa daya belum rezeki. Mudah-mudahan rezeki nya di tahun 2020 ini. Soale saya udah gak tahan dengan laptop lama yang super lemot dan gak kuat buat bikin desain apalagi edit video.. huhu..

BB Ideal 50 kg Aja 
Wahahaha, ampun deh ini bener-bener resolusi penting. Pasca lahiran kemarin BB saya itu berhasil turun di 55 kg, eh lama-lama keterusan turunnya, apalagi saat arfan belajar jalan dan udah mulai lari-larian. Alhasil berat mamak berkurang terus sekarang berada diangka 47an kg. Wkwk.. disaat yang lain ingin menurunkan, saiya malah sedang berjuang menaikkan BB. Doakan yaa.. :D


#4. Resolusi Karir 

Sejujurnya saya tuh udah jenuh banget di kantor pemerintahan ini. Selain kerjaannya super dikit dan menghasilkan kegabutan disisa waktu nya. Disini saya juga gak punya teman satu pun. Sebab, disini isinya bapak-bapak tuwah semua yang sebentar lagi pensiun. Sungguh saya butuh temen cewek untuk ngobrol atau makan siang bareng gitu biar gak kesepian banget.

Oleh karenanya tahun 2020 saya pingin banget pindah kerja atau diterima CPNS atau resign dan mendirikian toko susu dan pampers. Haha.. kita lihat nanti, semoga salah satu nya tercapai.


#5. Resolusi Ibadah 

Sejak punya anak, saya merasa ibadah saya menurun, entah itu solat jadi terburu-buru, kadang gak konsen, jarang tilawah Qur’an dan lain sebagainya. Oleh karena itu di tahun 2020 saya punya beberapa resolusi ibadah, diantaranya yaitu :
  • Solat kusyuk tepat waktu 
  • Khatam Al-Qur’an 
  • Konsisten Solat Sunnah (min. Duha & Tahajud) 
  • Rutin sedekah/amal ibadah 


#6. Resolusi Kesehatan 

Tahun 2019, anak saya 2 kali dirawat di rumah sakit. Semoga tahun 2020 gak ada lagi yang sampai dirawat di rumah sakit, baik itu anak, suami, saya sendiri, kakak, adik maupun orang tua.


#7. Resolusi Traveling 

Di tahun 2020 ini saya punya cita-cita untuk mengajak keluarga besar liburan dan staycation disebuah hotel. Masih belum tau sih mau kemana, tapi semoga tahun 2020 ada rezeki sehingga niatan ini bisa terlaksana. Amiinnn..

Udah sih, itu aja resolusi saya di tahun 2020, semoga bisa tercapai semuanya. Kalau teman-teman, apa nih resolusi nya di tahun 2020? Share dong di kolom komentar..



Salam,

41 comments

  1. Ah si tia mah ga usah ditanya urusan lomba blog, soalnya apa ? Setiap ke sini dan disuguhi materi artikel lomba, akutu selalu mbatin ah ni anak pasti masuk jadi juaranya , paling ga masuk kategori juara ke berapa deh, yakin aku, liat aja ntar pengumumannya.

    dan yak sesuai predisiku sebelumnya, bener kan, pas pengumuman ku selalu melihat namamu uwuuuu, sumpah keren.


    La ya gimana ga kuprediksi begitu,

    tiap ada lomba kan aku ga sengaja main ke beberapa blog teman juga yang ikutan, nah tapi pas mampir ke blogmu aku selalu ngerasa tampilan dan materi tulisannya oke. Beda dari yang lain lain. Ditulisnya sih ga muluk2 tapi pas aja gitu komposisinya. Ya tulisannya, ya desainnya, ya templatenya yang enak diliat hahahha

    Oya mau tanya dong, kamu templatenya pake apa ti, mupeng ih pingin template kayak gitu

    hurufnya oke, penempatan fotonya pas dan tampilannya clean...naksir templatmu aku tauk hahahha

    Masalah resolusi karir, tapi lumayan juga ti klo di satu sisi kerjaan utama terasa santey kayak di pante, eh di satu sisi malah bisa buat iseng tapi serius ngembangin blog, jadi dua duanya tetep dapet produktif kan

    Aku juga mikir klo tinggal deket perumahan kayaknya kalau punya toko susu diapers tu menjanjikan bange, satu lagi sama toko banguna, tapi klo toko bangunan udah kalah saing ma retailnya hahahha

    Klo berat badan adududududu,mungkin kamu harus nyobain kayak aku say punya anak 2 it bikin berat badan susah turun iya gaseh atau aku yang jarang olah raga ahahaha, pengen kayak gadis dulu, dulu pas masih gadis aja aku super duper kurus loh bahkan kayak body girlband hahaha mencapai angka 38 39 kilo, eee uda nikah meroket tu berat badan, uda ada anak 2, wush wush....uda kayak kucing oren akutuh semok semok menggemaskan gendats ahhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. eaaaa.. mungkin berkat prediksi mu nit yang membuat aku jadi menang (jadi kayak semacam doa gitu. hihi..)

      Kalau template, aku pakai bawaan blogger nit. pakai yang simple deh kalo gak salah. terus aku edit jadi latar putih semua, lebarnya ku sesuaikan dll. Headernya bikin pakai canva kayaknya deh (lupa aku) hehehe..

      nah, itu dia resolusi karir bikin delamatik banget. krn ada kalanya kan aku bosen ngeblog terus pengen jeda sebentar gitu. tapi ga ada temen di kantor. hiks..

      kalo berat badan.. hemmm, apa iya ya, aku kudu nyusul kamu beranak pinak lagi biar naek. wkwkwk..

      Delete
  2. Eh mau komen lagi ah biar ramai ceritanya hahaha

    Klo masalah spam score aku masih bingung eh
    Jadi kalau ada blog lain komen dan komenannya pada akhirnya ditulis name url tapi ga bisa dibuka itu bikin naik spam score kah

    Aku slama ini komen pake akun blogspotnya sih jarang name url
    Klo pv, dibanding 5 tahun lalu pv harian ku turun emang tapi masih alhamdulilah perhari 800 900 views, klo dulu banget pas masi euforia blog komen komenan tulisan retjeh bisa nyampe 1000an, bahkan kalau gabut nulis banyak postingan organik pv melesat dg sendirinya nyampe ribuan, per ulan bisa 30 ribu views, dan pertahun bisa ratusan ribu pageview, cuma ini beda ya dengan website atau portal onlain, soalnya itungannya masih blog personal wekekek

    Kalau baca bagian ngantor cewe sendiri mendadak jadi rindu suasana kantor, makan bekal atau ke warnas bareng gosip gosip manjyah ahahah


    Masalah finansial, ku juga mau sedikit galak karena tahun 2019 merasa boros banget, pingin misahin post2 yang ga diambil ambil, jadi bikin rekening yang banknya susah ada aatm nya biar tertib hihi


    Amiiin untuk resolusi kesehatan, semoga kita semua selalu dilindungi dan diberikan nikmat sehat dijauhkan dari segala macam penyakit ya

    Emang ga enak banget klo rekan kerja uda jauh lebih sepuh, sungkan mau cerita tuh hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. eaaa.. komen yang banyak mak biar aku syenang. hahaha..

      betul nit, kalo komenannya gak bisa dibuka, jadinya broken link gitu dan spam score kita bisa naik. sama, aku juga pakai akun blogspot biar aman. krn kalau kita komen di blog yg punya ss tinggi, blog kita ikutan kena dampaknya. huhu..

      nah, kamu mah jagonya bikin postingan odop. entah knp aku tuh gak pernah bikin postingan yang sehari jadi. minimal banget tuh 2 hari baru selesai itu artikel. haha.. beda lah ya, mantan jurnalis mah pasti jago.. hehe

      Masalah financial memang gampang tergoda ya nit. betul banget tuh, bikin rekening yg gak ada atm nya memang udh paling aman. hihi..

      Semangat 2020.. semoga mak nita juga tercapai semua resolusinya dan selalu diberi kesehatan. Amiiinn..

      Delete
  3. Saya buat resolusi 2019 malah gak ada yg tercapai. Emang sih resolusinya gak tertulis.jadinya gapokus. Kayaknya resolusinya harus ditulis nih biar kayak bucket list gitu. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, kudu ditulis biar inget terus dan gak ada yang terlewat. hehe

      Delete
  4. Saluuuut deh sama mba, resolusinya detail sekali hihi~ semoga semua resolusi tercapai ya mba di 2020. Mba sekeluarga selalu diberi kesehatan, bahagia, dan rejeki yang lancar. Serta dimudahkan dalam meraih mimpi-mimpi yang tertunda :D

    Jujur saya juga masih newbie soal blog jadi masih nggak begitu paham soal resolusi blog karena saya selama ini cuma tulas-tulis saja. Dari sini saya jadi belajar poin-poin penting dalam blog meski tetap masih bingung bagaimana caranya check broken link (?) ahaha.

    All in all, semangat terus menulisnya mba :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinnnn.. makaciw doanya kak..

      hehe, cara cek brokenlink tinggal masukin alamat blog kita di situs brokenlinkcheker kak..

      semangat juga ngeblognya yaaa..

      Delete
  5. semoga saya juga bakal bisa bertahan blognya di 2020
    tetap semangat mbak,, ngeblog yang konsisten saya juga merasa susah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinnn..
      semoga bisa semangat nelog terus ya kitaa

      Delete
  6. Aku aminkan kenceng bgt mbaaakkk. semangat terus ya.. semoga apa2 yg diinginkan di 2020 terwujud, sehat selalu, bahagia selalau :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiinn mba ellaa..
      doa yang sama untuk mba ella..

      Delete
  7. Lumayan banyak juga resolusinya, semoga bisa terwujudkan.

    ReplyDelete
  8. Waaaaw, menang lomba blog tiap bulan itu beraaaat kalo buatku wkwkwkwk. Resolusi ku dari tahun ke tahun slalunya ttg traveling Mulu. Tahun kemarin Alhamdulillah exceed dari target, yg mana visit 2 negara, malah jd 4.

    Tapi aku pgn LBH detil utk 2020. Dan ga hanya traveling. Udah waktunya bikin target buat hal2 lain, apalagi 2020 ini aku udh niat banget akan resign. Jd hrs ada resolusi baru terkait financial dan investasi :D. Biar walopun di rumah, tp ttp ada sesuatu yg bikin aku semangat dan ga bosen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pun begitu bagi saya mba, menang lomba tiap bulan itu memang berat, tapi mudah2an aku kuat. hahaha..

      wow, sungguh mba udah memutuskan mau resign? mudah2an makin bahagia yaa mba setelah resign dan bisa makin sering traveling. kan enak kalo udah resign gak perlu minta izin cuti.. hehehe

      Delete
  9. Menang lomba blog setiap bulan, hingga menghasilkan 10 jutaan, eh buseet banyak banget itu mah. Saya aja masih berjuang, iya nggak sih buat menang satu lomba, dan itu pun jarang banget. Waduuuh, mampir di Blog pro kayak gini bikin deg2 an hahaha, deg2 an kalo disuguhin artikel lomba lagi maksudnya, wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mas..
      saya pun baru tahun 2019, rutin ikut lomba. itupun sering kali kalah. huhu.. makanya ku targetkan 2020 lebih baik lagi.

      aih, blog pro apaan. aku masih newbi di dunia kompetisi.. hehe

      Delete
  10. Wah...keren ini berani menuliskan resolusi 2020 di blog dengan detail, semoga tercapai ya...Aamiin, YaRabbalalaamin.
    Lagi banyak lomba di 2019 ya....Selamat buat pencapaiannya di 2019.

    ReplyDelete
  11. akhirnya "udah itu aja sih". udah itu aja tapi banyaaak!

    well gapapa sih saya pun begitu. emang mesti spesifik sama kayak berdoa juga katanya jadi bener-bener dikasih apa yang dibutuhkan. semaongat, mbak! semoga kita semua bisa merealisasikan resolusi tahun ini. aamiin!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk.. itu sedikit mas uyo, cuma 7 poin doang :D
      Amiiiiinn, makasih mas

      Delete
  12. Ah punya laptop baru saya pengen juga sih kalau ikutan lomba blog trus dapat hadiahnya laptop, jadi terasa banget perjuangan buat ngedapetinnya ya hehe, semoga terwujud dan sukses sama resolusinya ya mba thya :)

    ReplyDelete
  13. Banyak sekali resolusinya... semoga bisa fokus ya

    ReplyDelete
  14. Banyak sekali resolusinya... semoga bisa fokus ya

    ReplyDelete
  15. Saayyyy, daku selalu banggaaaaa banget liat namamu ada di setiap pengumuman lomba blog, udah ketebak banget, you deserved untuk itu *sok englesshh hahaha.

    Ku salut juga dengan resolusi tahun 2020 yang detail dan sungguh penuh semangat.
    Kebaca banget dah kita jadi mamak-mamak, banyak banget yang dipengenin, tapi lebih banyak karena menyangkut sekeluarga hahaha.

    Padahal dulu waktu single, resolusi mah cuman buat kita doang.

    Btw, semangat untuk lomba blognya, kalau bisa saran, fokus ke lomba blog aja, tapi jangan lupa periksa setiap komen yang masuk, biasanya kalau kita ikut lomba blog, banyak komen masuk yang nitip link lomba blognya, terus kalau nggak menang ya dia hapus, jadi deh broken link, makanya banyak blog yang sering menang lomba blog, SS nya tinggi-tinggi banget.

    Terus job blog juga, sebelum nerima tawaran job, cek dulu performa web yang nitip backlink ke kita, jangan kebanyakan ngasih link do follow, itu mengakibatkan SS tinggi.

    Sebenarnya SS tinggi mungkin nggak terlalu masalah, cuman job sekarang udah mulai ketat melirik SS sih :)

    Anyway, semangaaattt.
    Semoga resolusinya bisa tercapai dengan baik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. icikiciw, makasiw loh mbak rey, mungkin berkat prediksi mba rey jadi aku beberapa kali beruntung. hihihi

      nah, iya, kalo udah mak-mamak mah beda deh, semua juga dipikirin.

      Makaciw mba rey sarannya, aku juga udah ngapus semua broken link di blog ini. huh, sungguh sangat melelahkan ya. tapi, SS ku tak kunjung turun mbaaa. cuma turun 3% doang. wkwk.. pas aku cek, ternyata ada beberapa backlink inbound yang kudu dihapus juga. ada beberapa aku komen di blog orang yg SS nya tinggi banget. lalu ku bingung dong gimana cara ngapusnya, selain menghubungi orang nya langsung.

      Amiiinn..Amiiinnn.. semoga tercapai juga semua resolusi mba rey..

      Delete
  16. Mantul deh sudah bisa juara Lomba Blog... saya malah sekali ikut Lomba terus memutuskan nggak akan per nah ikut lomba lagi... buat saya ikut lomba blog menguras pikiran... sedang saya orangnya sloow...makanya saya fokusnya ke CP, ADSENSE dan Youtube... bebas sih soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mas, sangat menguras pikiran. bahkan 1 artikel aja bisa-bisa baru selesai dalam seminggu, belum infografis dll..

      jadi kalo blog yg fokus ke adsense malah rugi ya kalo ikutan lomba, karena waktu jadi terbuang gak bisa bikin artikel lainnya.

      Delete
  17. heyyy mbak, jangan ngaku2 kalau blognya ga bermutu, hihi... bagus kok, saya suka baca tulisan mbak.

    wahhh hasil dari kontes blog nya lumyan juga ya,,jadi pengen ikutan ngeblog juga.. bikin ngences dong,a palagi kalo juara 1,

    saya baru aja nyari2 kpr mbak, tapi untung sih partner bank nya ada yang syariah. insyaallah bakalan ambil kpr syariah bulan ini

    sukses terus yaa mbak untuk seluruh plannnningnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo suka mas sabda..

      iya, alhamdulillah lg beruntung di kontes blog 2019.

      wah, mau ambil kpr syariah mas? jangan lupa sharing2 ya di blog..

      Delete
  18. Dengan memiliki berbagai macam jenis resolusi ini bisa menjadi daya pacu semangat untuk bisa melangkah lebih maju dan lebih baik dari tahun sebelumnya ya, semangat untuk mencapai resolusi baru untuk tahun 2020 ini yuhu

    ReplyDelete
  19. banyak banget resolusinya, gak kecapean nanti capek sebdiri loh heheh :D

    ReplyDelete
  20. semangaat yaa mba, semoga tercapai semua resolusinya tahun ini, Aamiin :)

    ReplyDelete
  21. wow keren dapat hadiah 10 juta. Mantap deh mba pencapaiannya selama 2019. Semoga bisa ngikut juga

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)