15 Ide Kado Ulang Tahun Untuk Anak Laki-Laki Usia 1-3 Tahun

Saat merayakan ulang tahun Arfan kemarin, saya gak kepikiran bahwa si Arfan nantinya bakal dapet banyak kado. Ya, maklum aja. Pasalnya saya gak pernah merayakan ulang tahun dan gak pernah nerima kado banyak, jadilah hal kayak gini gak kepikiran di kepala mamak.

Lah, emangnya kenapa kalau dapet banyak kado? 

Ya gakpapa sih. Alhamdulillah, terimakasih buat teman-teman yang sudah memberikan kado ulang tahun untuk Arfan. Akan tetapi, jadilah mainan arfan numpuk dan super banyak, rumah semrawut isinya mainan semua. Alamak, pusying mamak ngebersinnya. Tapi disisi lain seneng juga sih karena mamak gak perlu beli mainan lagi. Alhasil Dompet pun aman. Haha..



Baca Juga : Cerita Ulang Tahun Arfan Ke-2 : Zoo Birthday Party

Dan dari hasil unboxing kado ulang tahun Arfan kemarin, ternyata 80% isinya adalah mainan mobil-mobilan dengan berbagai model yang berbeda-beda tentunya. Hiya-hiya.. kenapa rata-rata memberikan kado mobil-mobilan?

Saya yakin sih mereka bingung mau ngado apa, dan kado ulang tahun yang paling simpel dan mudah dicari untuk anak laki-laki adalah mobil-mobilan. Bener gak? Saya pun demikian. Dulu, ketika Arfan mendapat undangan ulang tahun, saya juga seringnya memberikan kado mainan mobil-mobilan (kalau yang ulang tahun anak laki-laki). Beda halnya dengan perempuan, yang rasanya lebih banyak pilihan kado yang bisa diberikan.

Baca Juga : 20 Ide Kado Bermanfaat Dan Anti Mubazir Untuk Bayi Baru Lahir

Untuk itu lah, saya disini mau memberikan ide kado ulang tahun untuk anak laki-laki usia 1-3 tahun. Mudah-mudahan bisa jadi rekomendasi untuk mak-mamak sekalian ketika ingin memberikan kado. Yuk disimak sampai habis..

#1. Sepeda Roda Tiga 


Ini sih budget nya cukup besar ya. Mungkin lebih cucoknya keluarga deket sih yang ngasih. Misal nenek, om, tante atau emak bapaknya si Anak yang berulang tahun.

Si Arfan dapet kado sepeda saat usia nya 1 tahun dari neneknya alias mak mertua saya. Lumayan bermanfaat, masih kepake sampai saat ini anak saya sudah berusia 2 tahun. Bahkan sepertinya juga masih bisa kepakai sampai usia 3 tahunan.

#2. Mobil Dorong 

Mobil dorong yang bisa ditumpangi itu juga merupakan salah satu mainan favorit anak laki-laki. Jadi, rasanya cucok deh kalo dijadikan sebagai kado ulang tahun. Syukur-syukur mah yang pakai remote sekalian jadi gak perlu didorong. Wkwk.. ini mamak kode atau banyak maunya..

#3. Mainan Alat Transportasi 

sebagian mainan transportasi arfan

Nah, jadi mainan anak laki-laki itu gak hanya mobil-mobilan doang. Jadi, agar lebih beda sedikit bisa dibeliin mainan lainnya yang sejenis misal kereta-keretaan, helikopter/pesawat terbang, motor dan lain sebagainya. Kalau begitu kan, yang bersangkutan jadi punya mainan yang bervariasi, ya ngga? Syukur-syukur kalau ada budget lebih, beliin yang ada remote controlnya sekalian. Dijamin anak sukak, mamaknya juga syeneng. wkwk

#4. Robot-Robotan 

Mainan robot-robotan juga cucok banget dijadikan kado ulang tahun anak laki-laki. Apalagi yang bisa bunyi atau bergerak. Dijamin suka dan bisa lupa sama gadget deh anak-anak. Iya, begitu yang saya rasakan. Semenjak punya banyak mainan, anak saya hampir gak pernah menyentuh gadget lagi. Ajaib.

#5. Permainan Alat Musik 



Anak-anak usia 1-3 tahun juga lagi seneng-senengnya sama mainan yang bisa menimbulkan suara-suara, salah satunya adalah alat musik. Selain menyenangkan, bermain alat musik juga bisa melatih motorik anak dan menstimulasi kecerdasan anak. Kalau si Arfan sendiri, diusianya yang sudah menginjak 2 tahun ini, lagi seneng-senengnya bermain drum, gitar dan gamelan. Oleh karenanya, cucok juga ya kan apabila memberikan kado permainan alat musik untuk anak.

#6. Mainan Alat Pancing Ikan 



Ada berbagai jenis permainan alat memancing ikan, dari yang model ikan yang berputar-putar lalu bisa kita pancing ketika ikan itu mangap (ada magnetnya) sampai model ikan-ikanan yang bisa diletakkan di air, lalu bisa kita pancing layaknya orang dewasa memancing ikan. Jadi, tinggal dipilih saja sesuai dengan budget. Mainan alat pancing ini juga bagus untuk melatih daya konsentrasi anak. 

#7. Pakaian 

Pakaian juga bisa menjadi alternatif jika ingin memberikan kado ulang tahun anak. Cukup simpel juga kok dan mudah dicari. Dan saat ingin memberikan kado pakaian, yang terpenting sih pilih yang bahannya lembut agar nyaman ketika dipakai.

#8. Sepatu 

Memang sih, agak riskan kalau memberikan kado sepatu karena takut gak muat atau malah kebesaran. Eits, tapi kalau anak-anak sih gakpapa dong ya dikasih yang kebesaran karena mereka itu masih dalam masa pertumbuhun. Jadi kalau mau memberikan kado sepatu, lebih baik pilih sepatu yang agak besar sekalian dari pada gak muat kan sayang.

#9. Tas 

Tas ransel kecil dengan berbagai karakter yang lucuk juga cocok dijadikan kado ulang tahun anak. Lumayan bisa dipakai saat bepergian. Tas tersebut bisa diisi dengan botol susu, snack atau mainan anak.

#10. Set Peralatan Makan 



Nah, ini juga cucok. Set kotak makan dan tempat minum juga pas dijadikan kado ulang tahun. Bisa dipakai untuk bekal anak saat sedang traveling atau sekedar jalan-jalan ke mall. Pilih set perlengkapan makan yang bagus sekalian, Tupperware misalnya. Kan banyak tuh sekarang yang model untuk anak. Harganya pun sekarang terjangkau, desainnya juga lucuk dan yang terpenting sih awet.

#11. Kolam Renang Mini 

Mainan kolam renang portable yang terbuat dari plastik yang bisa dipompa itu juga oke banget dijadikan kado ulang tahun. Mayan kan ya buat anak main-main air berenang-berenangan. Sayangnya kemarin gak ada yang ngado itu untuk si Arfan. Lah, kok mamak ngarep.. wkwk

#12. Buku Cerita/Bergambar 



Sebenernya pas buka-buka kado kemarin itu, mamak berharap sih ada yang ngado buku. Ealah, apa daya tydak ada dong. Haha.. ya mungkin juga harga buku kan mahal ya, apalagi semacemnya halo balita yang ampe jutaan harganya. Ampuunn dah.. gak kuaat.

Jadilah, mamak aja yang ngadoin Arfan buku. Dan buku yang pas untuk anak usia 2 tahunan itu menurut saya sih seperti buku-buku mengenal hewan, buah-buahan, benda sekitar dan semacemnya. Ya, Arfan sukak banget soalnya pas saya beliin buku-buku itu.

#13. Perlengkapan Menulis/Menggambar 

Diusianya yang menginjak 2 tahun ini, si Arfan juga lagi seneng banget corat-coret. Sampai tembok pun penuh dengan coretan. Hufft..

Jadi ide yang bagus juga sih kalau mau ngado peralatan menggambar seperti buku gambar, spidol atau crayon. Atau papan tulis mini untuk anak corat-coret juga boljug sih.

#14. Miniatur Hewan 



Sayang banget kemarin juga gak ada yang ngado ini. padahal miniatur hewan juga bagus untuk anak belajar mengenal berbagai jenis hewan. Eh, bahkan saya juga baru kepikiran sekarang sih karena punya anak. Kalo engga, kayaknya juga gak bakal kepikiran mau ngado kayak beginian. Etapi, beneran deh. Ini rekomend untuk kado ulang tahun anak laki-laki.

#15. Mainan Pistol-pistolan 

Mainan pistol-pistolan banyak modelnya. Ada yang isi peluru, ada yang isi air, ada juga yang sekedar pistol-pistolan aja. Jadi, bisa kamu pilih aja deh sesuai selera. Tapi, kalo untuk anak 2 tahun, lebih baik pistol air aja atau pistol biasa aja yang gak ada isinya. Eh, apa sih namanya itu? Bingung saya. hehe..

Ya, kira-kira itu saja ide yang bisa saya rekomendasikan apabila ingin memberikan kado ulang tahun untuk anak laki-laki usia 1-3 tahun. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk mak-mamak sekalian. Kalau ada ide-ide lainnya, boleh di share di kolom komentar yaa.. terimakaciwww..


Salam,

20 comments

  1. Saya juga kalo ada anak tetangga ulang tahun, kalo laki-laki paling belikan mainan mobil, kalo perempuan boneka, kalo udah sekolah paling buku, yang simpel saja..😁

    ReplyDelete
  2. anakku laki laki,, berharap kalo ulang tahun ada yg kasih kado mobil dorong, hahaha..
    mobil dorong dia udh mau patah rodanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, auto kepengen mobil dorong yaa..
      mudah2an aja ada yang ngado itu nanti.. hehe

      Delete
  3. Adek dapat kado banyak, ya...
    Bang Zafa-nya pas ulang tahun kan emang diumumin ga boleh bawa kado, tapi sama kami dia ada request kado yaitu Lego, untuk ada diskonan jadi dapat Lego harga lumayan.
    kalau ada yang ulang tahun, biasanya saya emang sesuaikan dengan usia dan kalau masih saudara dekat biasanya tak tanya pingin kado apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, iya tuh. lego boleh juga buat ide ngado anak bocil. hehehe..
      kalo udah gede mah gitu ya mba, udah bisa punya permintaan. :D

      Delete
  4. Yang paling gampang dan kepikiran ya emang mobil2an ya ka tya.. mau mobil apapun kayanya bocah pasti seneng ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba vik.. apalagi mobil2an remote control.. hehehe..
      *padahal mamaknya yang seneng* :D

      Delete
  5. Kado andalan buat anak saya ya Mobil Mainan.. anakku cowok semua...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. jagoan semua ya mas..
      pasti koleksi mobil2annya banyak banget

      Delete
  6. kalo cwe boneka kalo cwo mobil2lan ato robot2tan, tu udah standar bgt yg sering gw lakuin buat ngasih hadiah ke ponakan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, lain kali jangan yang standar2 berarti mas..
      biar gak mobil2an atau boneka terus, boleh dicontek ide diatas.. hihi

      Delete
  7. Bener2 kudu diboorkmar ni, secara uda jd ibuk ibuk, anak tetangga uda pada kirim undangan ultah, waha anak kita uda jd orang sibuk euy, sibuk ngehadirin pesta ultah teman haha
    Klo anak laki mang suka bingung ngasi apaan, klo masi usia sekolah apalagi, kmaren aku ngasi pinsil warna paket lengkap haha tp anaknya cewe

    Padahal aku sendiri mupeng ma paket pinsil warnanya gegege

    Klo anak laki ku prefernya yg mobil2an bisa didorong, ni anakku cewe jg suka loh haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahaha, iya ya mak..
      kita emaknya sibuk kondangan nikahan terus, anaknya sibuk kondangan ultah temen terus. hahaha. gaya bet bocil-bocil..

      nah, itu tuh kebiasaan, kalo ngadoin orang, kita nya sendiri yg kepengen sama barang tsb. aku pun juga sering begitu. haha *mamak latah :D

      Delete
  8. Kalau mainan Bola, boleh ngak Mbak...? siapa tahu anak - anak lelaki suka bola. Eeee...tapi kalau bola, ntar si anak main bola di dalam rumah, bisa pecah tuh tivi kena bola. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh banget dong kang nata.
      kalau bola, ya mainnya kudu diluar rumah.. hehe

      Delete
  9. Jangan lupa mainan alat pertukangan/alat proyek mbak :D

    ReplyDelete
  10. Eh banyak ya, saya sering bingung nih kalau ada anak teman ultah, bingung ngasih kado apa, biasanya sih baju.
    Kalau mainan rasanya sayang aja, harus yang mihil biar awet, padahal banyak idenya kayak gini ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, kadang aku pun juga bingung. makanya ku kumpulin aja ni ide2nya. ntar kalo ada undangan ultah lagi bisa ku baca (lagi) post ini. hahaha..

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)