Mudahnya Mencari Informasi Kesehatan Di SehatQ.com, Platform Kekinian Andalan Moms Millenial



Memiliki tubuh yang sehat adalah dambaan setiap orang. Dengan tubuh yang sehat tentu kita lebih semangat dalam menjalani aktivitas. Namun, yang namanya hidup, ada kalanya kita terserang penyakit. Baik itu terjadi karena pengaruh faktor lingkungan, cuaca, aktivitas yang terlalu padat ataupun pola makan yang tidak teratur. 

Nah, kalau sudah terserang penyakit, biasanya hal pertama yang saya lakukan adalah pergi ke apotik terdekat untuk mencari obat pereda sakit, lalu kalau tiga hari tak kunjung sembuh dan badan sudah semakin tak kuat, baru lah saya pergi ke dokter terdekat. Ya. Sesimpel itu. 

Beda hal nya jika anak saya yang terserang penyakit. Biasanya saya lebih merasa kahwatir dan panik. Seperti kemarin, tiba-tiba anak saya tidak mau makan, tidak mau nyusu. Di hari berikutnya badan panas tak kunjung reda padahal sudah tiga hari. Ditambah lagi tak ada makanan yang masuk sama sekali ke tubuhnya, sampai-sampai badan lemes dan gemetaran. Jadilah saya semakin panik. Alhasil, saya bawa ia ke rumah sakit untuk segera mendapatkan penanganan.



Loh, kenapa tidak segera dibawa ke dokter saat hari pertama sakit? 

Ya, bukannya tidak mau membawa ke dokter. Namun, saat itu rasanya masih belum perlu untuk dibawa ke dokter karena saya pikir hanya demam biasa saja. Biasa kan anak kecil demam seperti itu? Ya, kalau istilah orang dulu katanya sih “mau pinter” mau bisa jalan, mau bisa ngomong atau mau tumbuh gigi. Oleh karena nya hanya saya berikan obat penurun panas. Namun, siapa sangka ternyata demam tak kunjung reda hingga akhirnya anak saya harus masuk IGD karena di diagnosis terkena infeksi bakteri. Sedih dan merasa bersalah sudah pasti. 

Andai saja saat itu saya lebih sigap dan inisiatif mencari tahu penyebab penyakit atau setidaknya konsultasi terlebih dahulu secara online dengan dokter di platform kesehatan SehatQ, pasti hal seperti ini tidak akan terjadi. Pasti bakteri di tubuh anak saya tidak semakin berkembang biak dan menjadikan tubuhnya tak berdaya. 

Namun nasi sudah menjadi bubur. Setidaknya hal ini bisa menjadi pengalaman untuk saya dikemudian hari. Ya, semisal hal serupa terjadi lagi, tentu saya akan lebih sigap untuk mencari informasi kesehatan serta segera konsultasi dengan doker di SehatQ.com
























SehatQ adalah platform informasi kesehatan yang bertujuan menjadi asisten kesehatan bagi keluarga Indonesia. Hadirnya SehatQ.com membantu masyarakat dalam mengelola kesehatan. Pasalnya platform ini menyiapkan informasi kesehatan dengan referensi yang jelas dan kredibel, menyediakan platform komunitas bagi pengguna untuk dapat saling bertukar informasi serta dapat menghubungkan pasien dengan tenaga medis. Jadi, sangat memudahkan masyarakat terutama moms millenial seperti saya. 

Dengan adanya platform kesehatan SehatQ.com, kita bisa melakukan banyak hal dengan cepat dan mudah. Mulai dari mencari informasi kesehatan, konsultasi dengan dokter hingga booking dokter. Tak heran jika saat ini banyak masyarakat yang sudah mulai menggunakan platform kesehatan digital. Semua berkat kepraktisan dan kemudahannya.


Berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2017, sebanyak 51% masyarakat yang menggunakan aplikasi kesehatan, memanfaatkannya untuk mencari informasi kesehatan, sementara sebanyak 14,05% menggunakannya untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan. 

Dalam survei, dikatakan bahwa salah satu faktor yang menyebabkan orang-orang senang menggunakan platform kesehatan digital adalah karena biayanya yang rendah serta dapat menghemat waktu. Ya, tentu saja, pasalnya situs ini dapat diakses kapan pun dan dimanapun, tanpa perlu antri ke dokter atau rumah sakit. 








Sebagai salah satu platform kesehatan digital, saya memilih SehatQ.com untuk mencari informasi seputar kesehatan. Sebab, SehatQ memiliki berbagai keunggulan. Berikut 3 diantaranya : 


#1. Tampilan situs sederhana, ringan dan mudah diakses 

Situs SehatQ.com memiliki tampilan yang sederhana dan ringan sehingga sangat mudah diakses. Navigasi dalam setiap menu juga ditampilkan cukup jelas sehingga sangat memudahkan penggunanya dalam mencari informasi pada kategori yang dituju. Selain ringan, tampilan situs SehatQ juga sangat mobile friendly sehingga mudah diakses melalui smartphone. 

#2. Tersedia dalam bentuk Aplikasi 

Selain dalam bentuk web, kini SehatQ juga telah hadir dalam bentuk aplikasi. Tentu hal ini semakin memudahkan penggunanya karena dengan adanya aplikasi tersebut maka situs dapat diakses dimanapun dan kapan pun, hanya dalam genggaman tangan. 

#3. Memiliki Fitur Lengkap 

Salah satu keunggulan dari SehatQ.com adalah platform ini memiliki fitur yang sangat lengkap, mulai dari konsultasi dokter, informasi obat hingga artikel-artikel seputar kesehatan. Asik banget kan, jadi lebih praktis. Berikut ini adalah fitur-fitur yang terdapat pada situs SehatQ.com 

• Informasi Obat


Di SehatQ.com tersedia informasi obat mulai dari A-Z. Jadi kita tak perlu mengecek satu persatu di google search, cukup gunakan SehatQ saja karena platform tersebut sudah menyediakan informasi yang sangat lengkap. Setiap obat diberi penjelasan lengkap, mulai dari deskripsi obat, manfaat obat, komposisi, dosis, aturan pakai, efek samping, dll sehingga sangat membantu kita dalam mengetahui fungsi dari obat tersebut. 

Jadi ketika menemukan obat-obatan di rumah dan lupa akan fungsi dari obat tersebut kita bisa langsung cek di SehatQ.com. Sehingga apabila kita sedang sakit, obat tersebut bisa langsung dikonsumsi. Saya misalnya yang sering konsumsi obat mefinal saat sakit gigi, lalu pada saat pasca operasi cesar saya merasa masih nyeri di perut namun obat nyeri sudah habis. Sementara itu, di rumah masih ada stock mefinal. Karena penasaran, saya cek di sehatQ.com terkait obat tersebut. Tak disangka, ternyata selain bisa untuk meredakan sakit gigi, mefinal bisa juga untuk nyeri pasca operasi dan sakit kepala. Dengan begitu, saya tak perlu panik ke dokter untuk minta resep obat. 

• Tersedia artikel seputar kesehatan yang lengkap dan terpercaya 


Saat ini cukup sulit menemukan berita yang benar-benar terpercaya sehingga membuat kita bingung memilih artikel kesehatan yang tepat. Oleh karena itu, SehatQ hadir dengan menyediakan lebih dari 2000 artikel seputar kesehatan yang lengkap dan terpercaya. Setiap artikel yang diterbitkan telah ditinjau terlebih dahulu oleh tim dokter SehatQ. 

Asiknya lagi artikel disajikan dalam bahasa yang ringan dan mudah dipahami. Selain itu, setiap artikel yang disajikan dalam situs SehatQ.com memiliki jumlah kata yang tidak terlalu panjang. Ya, meski jumlah kata tidak lebih dari 500-700 kata namun artikel tetap informatif dan bermanfaat. Hal ini dapat membuat pembaca lebih cepat menerima informasi yang disampaikan sehingga tidak perlu membuang waktu terlalu lama untuk membaca. 

• Tersedia Direktori Dokter 

Pada situs SehatQ terdapat lebih dari 15.000 dokter yang terdaftar. Dan asiknya lagi, dokter spesialis yang biasa menangani anak saya ternyata terdaftar di SehatQ.com. Dengan begitu, saya bisa mengetahui jadwal praktek nya sehingga apabila suatu saat perlu untuk konsultasi atau berobat, saya bisa langsung booking melalui situs SehatQ. Praktis banget kan? 

• Tersedia Direktori Rumah Sakit 

Sehat.Q menyediakan lebih dari 2000 direktori rumah sakit. Fitur ini sangat memudahkan dalam mencari informasi rumah sakit yang terdekat dengan lokasi kita. Tak hanya rumah sakit saja, klinik, lab atau puskesmas juga bisa kita cari melalui fitur ini. selain itu, fitur ini juga dilengkapi dengan informasi lengkap terkait rumah sakit yang dituju, seperti alamat, jam operasional, dokter dan fasilitas rumah sakit. 

• Tersedia Informasi Penyakit 

Berbagai artikel terkait penyakit juga dijelaskan sangat lengkap disitus SehatQ.com, mulai dari pengertian dari penyakit tersebut, gejala, penyebab, diagnosis, pengobatan, pencegahan hingga diberitahu juga waktu yang tepat untuk berkunjung ke dokter serta hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum berkunjung ke dokter. Lengkap banget kan? 

Bisa Chat Dengan Dokter, Gratis 


Salah satu keunggulan dari SehatQ.com adalah adanya fitur chat dengan dokter. Hal ini tentu sangat memudahkan saya selaku moms millenial yang punya aktivitas sangat padat. Pasalnya, dengan adanya fitur chat dengan dokter saya bisa lebih mudah untuk konsultasi tanpa harus izin kerja untuk pergi ke rumah sakit, belum lagi harus mendapatkan antrian yang panjang. Kebayang kan repotnya gimana? 

Nah, asiknya konsultasi online dengan dokter adalah tidak berbelit-belit, dokter sangat responsif karena pertanyaan kita akan langsung dijawab dalam waktu kurang dari 5 menit. Bahkan kita juga bisa melampirkan foto apabila sulit menjelaskan penyakit yang dimaksud. Dan setelahnya, kita bisa memberikan rating untuk dokter tersebut. 

Promo Kesehatan 

Kerennya lagi, SehatQ juga memberikan berbagai promo kesehatan, seperti potongan harga, promo diskon medical check up, paket hemat biaya persalinan dan lain-lain. Menguntungkan banget kan? 

Forum Diskusi 

Selain fitur live chat dengan dokter, SehatQ juga menyediakan forum diskusi sehingga pengguna bisa saling bertukar informasi. Melalui forum diskusi ini, kita bisa melakukan tanya jawab langsung dengan dokter sehingga dijamin mendapatkan informasi yang tepat dan akurat. 

Informasi Acara Kesehatan 

SehatQ.com juga memberikan informasi seputar acara kesehatan yang berlangsung di rumah sakit tertentu, seperti acara seminar dan penyuluhan, senam hamil, olahraga dan lain-lain. Jadi, kalau kita ingin menghadiri acara-acara kesehatan, langsung cek aja di SehatQ.com. Mudah kan? 









Sebenarnya, platform SehatQ dapat dinikmati secara gratis, namun apabila kamu ingin mendapatkan akses yang tak terbatas, seperti ingin konsultasi langsung dengan dokter, maka kamu wajib untuk registrasi terlebih dahulu.

Untuk melakukan registrasi, caranya sangat mudah, bisa dilakukan melalui situs SehatQ.com atau melalui aplikasi di smartphone. Apabila melalui situs SehatQ, langkah pertama, kamu bisa klik ikon yang berada dipojok kanan atas, lalu pilih akun yang akan digunakan, yaitu google, facebook atau email. Setelah itu, lengkapi data diri pada halaman profil dan akun sudah dapat digunakan. Mudah kan?



Sementara itu, jika ingin registrasi melalui aplikasi, maka kamu hanya perlu mengunduh aplikasi SehatQ di google playstore. Pilih akun media sosial yang akan digunakan, lalu isi data diri. Setelah itu, aplikasi siap untuk digunakan.










Jika dahulu saya harus datang ke rumah sakit hanya untuk berkonsultasi dengan dokter, kini hal tersebut tidak perlu lagi dilakukan. Sebab, kini cukup membuka aplikasi SehatQ melalui smartphone, saya sudah bisa konsultasi langsung dengan dokter dan mendapat jawaban yang memuaskan. Hal ini menurut saya jauh lebih praktis, sebab informasi kesehatan bisa dengan mudah kita dapatkan hanya dalam genggaman. 

Apalagi saya yang memiliki anak bayi, setiap bulannya ada saja keluhan yang dirasakan. Entah tiba-tiba anak mogok makan, berat badan tak beranjak naik atau demam yang tak kunjung reda. Hal ini tentu membuat saya khawatir. Dan biasanya kalau sudah terjadi hal-hal tersebut, saya langsung izin untuk tidak masuk kantor karena ingin membawa anak saya ke dokter. Ya, apalagi kalau bukan untuk berkonsultasi. 

Beruntungnya sekarang ada aplikasi SehatQ yang bisa menjadi asisten kesehatan keluarga. Berkat SehatQ, saya jadi lebih mudah mendapatkan informasi yang akurat dan terpercaya tanpa harus repot datang ke rumah sakit. Asik banget kan, hemat waktu dan hemat tenaga. 

Jadi tunggu apalagi, yuk segera unduh aplikasi SehatQ.com dan dapatkan manfaat serta kemudahannya untuk kesehatan keluarga mu.


Salam,



Sumber tulisan :
  • Pengalaman Pribadi
  • www.sehatq.com
  • https://ekonomi.bisnis.com/read/20190819/12/1138279/penggunaan-aplikasi-kesehatan-di-indonesia-baru-10-dari-total-penduduk 
Sumber Gambar dan Video : 
  • Dokumen Pribadi
  • www.sehatq.com
  • Aplikasi sehatq
  • www.pngtree.com
Infografis : 
  • Tia Widiastuti diolah dengan canva

60 comments

  1. zaman makin canggih, kini cek kesehatan pun ga usah pergi ke dokter, dokternya yg langsung ditanya via gadget

    ReplyDelete
  2. Makasih banget kak infonya. Keren banget nih aplikasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, asik banget ya sekarang, cari info kesehatan gak pake ribet lagi

      Delete
  3. Kadang memang kalau lagi gaenak badan nggak buru buru dibawa ke dokter karena merasa bahwa istirahat dirumah saja sudah cukup, tapi sekarang ternyata ya siapa yang tau..
    Emang sih kalo lagi sakit itu lemes banget sampai males jalan kaki.
    Aplikasi begini sangat membantu loh apalagi kalau lagi ngekos dan merantau, sendiirian.. gatau mau minta tolong siapa buat beli obat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, betul banget mba..
      kita jd bisa konsul dulu ya di sehatq biar ga panik

      Delete
  4. Emang aplikasi SehatQ keren abis. Cocok banget bagi keluarga Indonesia, khusunya keluarga milenial.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tul banget mas, memudahkan banget soalnya..

      Delete
  5. wah portal baru lagi ya, mantap nih

    ReplyDelete
  6. Belajar dari pengalaman ya mbak, jangan sampai terulang lagi dan harus di bawa ke Emergency Dept dan ICU, sekarang udah ada app yang bisa diakses begitu kita curiga ada gejala sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mba jangan sampe deh masuk rs lagi.. udah 2x soalnya

      Delete
  7. aku blm pernah nyoba app SehatQ sih mbak, tp memang aplikasi begini memudahkan banget ya.. keuntungannya buanyak dibanding periksa langsung ke RS yg kadang diperlama birokrasi, huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mba ella..
      bete kadang aku tuh kalo ngantri dirumah sakit luamaa bangetss..

      Delete
  8. Wow, harus install nih aplikasi sehatQ karena kesehatan sangat penting, apalagi aku punya anak kecil yang kadang demam. Makasih infonya ya kak.

    ReplyDelete
  9. Bagus sekali ada informasi tentang kesihatan online. Mudah untuk dijadikan sebagai rujukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, makin dimudahkan ya sekarang tu..

      Delete
  10. Duh kasian si gantengnya sakit hiks.
    Sedih banget tuh kalau anak sakit, apalagi sampai di infus, rasanya pengen gantiin aja deh.
    Btw aplikasi SehatQ ini beneran kaya fiturnya ya, bermanfaat banget khususnya buat mamak-mamak kayak kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaaa, bukan sedih lagi. bawaannya pengen mewek mulu. hikss :(
      betul mba, banyak fitur nya, cari informasi kesehatan juga lebih terpercaya. gak takut hoax lagi..

      Delete
    2. Pukpukpuk, semoga anak-anak kita selalu diberi kesehatan ya, beneran deh, saya dulu pertama kali liat anak ditusuk tangannya pas usianya 9 bulan, rasanya tuh patah hati banget!
      Apalagi di hari kedua, perawatnya sulit cari venanya, trus tusuk kiri kanan, sungguh pengen kujambak dan kugetokan kepala tuh suster hahahaha

      Delete
    3. Amiinnn mbak rey..
      betul banget, patah hati parah liat anak bayik ditusuk2 gitu. hiks..

      Delete
  11. Seandainya dulu waktu anak2 masih kecil teknologi informasi udh maju seperti ini, pasti nggak perlu repot,...tapi bersyukur juga sekarang kolsultasi kesehatan bisa lewat platform kesehatan SehatQ.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, meski anak udah besar ini juga amat berguna kok..
      selain konsul dg dokter, kita juga bisa cari info kesehatan yang terpercaya..

      Delete
  12. wah sekarang ada platform baru yaaa namanyaa lucu banget.. nanti mau coba ah biar bisa dapat banyak informasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba vik, baru rilis beberapa bulan lalu. hayuk dicoba

      Delete
  13. Beneran enak ya kalau install aplikasi ini.
    Saya, sih ga punya aplikasinya tapi sudah beberapa kali memakai rujukan artikel ini dalam memberikan informasi tentang kesehatan kepada saudara-saudara yang termakan hoax tentang informasi kesehatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terpercaya ya mba artikelnyaa.. bener2 terhindar hoax.
      jangan lupa download juga aplikasinya.. hehe

      Delete
  14. Hadeuh ini penting banget sih ti buat aku yang tipenya orangtua panikan hahhahah
    Yagimana yah takut klo pas amit2 kena gejalanya dadakan
    Jadi pertolongan pertama minimalnya kita tau dari aplikasi ini
    #buru2 donloddd

    ReplyDelete
    Replies
    1. tul banget mak nita.. hayuk buruan di donloddd.. :D

      Delete
  15. Bagus banget ini. Sangat membantu buat para awam kayak kita. Jadi gak buru-buru gupuh dan asal diagnosa sendiri hahahahaha :D.

    ReplyDelete
  16. Having a healthy body is everyone's dream. With a healthy body, of course we are more enthusiastic in undergoing activities.

    ReplyDelete
  17. Situs ini keren yah Mbak, bisa menjadi tempat kita mencari informasi seputar Kesehatan, apalagi bisa chat - chat dng dokter, sehingga kita bisa banyak tanya seputar kesehatan secara Gratiss, tisss... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang..
      eh, kirain kang nta mau chat2 dengan dokternya untuk pdkt.. huehehehe

      Delete
  18. Ini kisah Gue, tau gak? Gara-gara Menjanda, Gue Gak Bisa Ikut Kibo Robot Programming Challenge :D :D

    https://asroteknologi.net/gara-gara-menjanda-gue-gak-bisa-ikut-kibo-robot-programming-challenge/

    Share semoga tembus sama minat anak SMA dan anak Kuliahan!

    ReplyDelete
  19. sekarang emang semakin banyak banget website khusus tenteng kesehatan ya.. jadi gak perlu ke dokter lagi.. cukup ke sehatqu aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, bisa jadi penanganan pertama sebelum datang ke dokter langsung

      Delete
  20. Baru kali ini sih ak bisa menemukan platform maupun aplikasi yang benar benar menginformasikan secara lengkap dan teruji seperti Sehatq.com ini.. Aplikasinya juga bagus banget dengan interface yang rapi dan tidak terlalu mengganggu mata

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, recommended banget dan sangat memudahkan pengguna nya.

      Delete
  21. mantul bannyak banget sekarang dokter online ya

    ReplyDelete
  22. Dikampung mitos seperti itu masih berlaku
    Jika anak kecil deman atau sakit, ya dikiranya mau pintar, tumbuh gigi atau mungkin pendengaran mulai berfunsi dengan baik dan anake macam
    Untuk sekarang ada situs online kesehatan yang bisa membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama ya berarti mas djangkaru mitosnya.
      untung skrg bisa konsul langsung sama ahli nya di sehatq

      Delete
  23. Kok lama kak belum update blog lagi, lagi sibuk ya kak.😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. update terus kok mas..
      postingan terbaru yg ada dibawah postingan ini.. hehehe

      Delete
  24. Selama ini si masi pake yang platform tetangga sebelah.. next time mau coba dah kayanya ni aplikasi kren juga ya.. btw ka tya.. pa ganang yang mana yaaa? Hrhrhr beliau blogger juga kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba.. wajib dicobaa..

      bukan mba, bukan blogger.. teman kantor ku..

      Delete
  25. Naaah kalo ada platformnya gini, jd lbh enak kalo mau cari tau ttg masalah kesehatan. Kayak kemarin itu, aku sempet browsing sendiri ttg masalah keputihan mba. Krn nth kenapa sempet dpt masalah begitu. Tp info yg di dapat terlalu banyak dr internet. Walopun ujung2nya aku ke dokter kandunganku sih. Tp kalo di awal bisa dpt info yg akurat, kan seneng.

    Trus ttg obat aku jg sering bingung. Di rumah itu banyaaaak sisa2 obat. Bersyukur sih adekku dokter , jd kdg nanya Ama dia. Tp ga lgs dijawab, suka lamaaa hahahaha. Kalo ada aplikasi yg juga jelasin ttg obatnya, aku baru tau ni. Komplit jg yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, sekarang gak perlu repot nanya ke adek nya ya mbaaa.. krn bisa cek langsung di aplikasi sehatq

      Delete
  26. Wah, menarik sekali ya, Mbak ada platform semacam ini. Soalnya sy termasuk orang tua yang banyak menimbang dan berpikir sebelum ke dokter, kalau memang nggak perlu, ya mending di rumah. Tapi, memang sy nggak asal mengambil keputusan. Platform semacam ini bisa jadi teman belajar sy supaya lebih paham terutama tentang masalah kesehatan pada anak-anak. Karena biasanya mereka yang sering sakit ini dan itu.

    ReplyDelete
  27. serba mudah jaman sekarang, mau konsul aja bisa dari rumah, tinggal pencet pencet hape, beres. Mau konsultasi soal obat juga tinggal lewat hape. Praktis dengan hadirnya sehatQ

    ReplyDelete
  28. Makin ke depan mungkin kalau sakit tak perlu lagi ke dokter atau ke rumah sakit cukup buka internet saja.

    ReplyDelete
  29. Aplikasi yang memiliki fitur yang lengkap dan sangat bermanfaat banget buat konsultasi ataupun mencari dokter disekitar

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)