Monday, July 01, 2019

20 Ide Kado Bermanfaat dan Anti Mubazir Untuk Bayi Baru Lahir


Akhir-akhir ini banyak banget temen-temen saya yang baru aja melahirkan. Nah, cerita nya kemarin itu saya mau jenguk temen yang baru aja lahiran. Dan, salah satu temen ku yang mau ikutan jenguk ini kebingungan mau ngasih kado apaan buat bayi baru lahir. Ya, wajar sih kalau bingung, doi masih single dan belum beranak (#eh beranak? Haha). 

Dulu, saya pun juga bingung kalau mau ngadoin bayi baru lahir. Paling ujung-ujung nya cuma beliin baju atau sabun mandi. Ya, sebatas itu aja pengetahuan saya tentang perbayian. 

Tapi itu dulu.. 



Sekarang, setelah merasakan lahiran, punya anak dan juga merasakan dapet kado banyak banget dari teman-teman, saya jadi tau mana kado yang bermanfaat dan mana yang kurang bermanfaat. Ya, meski ada beberapa kado yang kurang bermanfaat, saya tetep seneng banget dong nerimanya. Walaupun gak saya pakai sendiri, tapi lumayan bisa saya pake untuk ngadoin orang lagi. Jadi ngirit kan, gak perlu beli. Hehe 

Baiklah kalau begitu, saya bakalan kasih tau daftar kado yang bermanfaat dan anti mubazir untuk bayi baru lahir (berdasarkan pengalaman saya). Semoga bisa menjadi inspirasi untuk temen-temen yang mau memberikan kado untuk bayi baru lahir. 

#1. Stroller 

Ide kado bayi baru lahir
Foto 17an tahun lalu, waktu ikut lomba menghias stroller
Ini kado maha penting sih menurut saya, amat bermanfaat dan anti mubazir. Memang sih harganya mahal, maka lebih baik kalau mau ngasih kado ini, patungan sama temen-temen aja. Dulu saya sengaja gak beli stroller, ceritanya berharap bakalan ada yang ngadoin barang ini. eh, bener aja kesampean ada yang ngadoin saya stroller. Bahagia banget dong, secara stroller ini harganya lumayan. 

#2 Slowcooker 

slowcooker, ide kado lahiran

Ini juga sangaaat bermanfaat ketika anak udah mulai mpasi. Bikin menu mpasi pake slowcooker tuh jadi lebih praktis dan gak ribet. Alhamdulillah banget dapet kado slowcooker ini, bahkan masih kepake sampai anak saya udah mau umur 2 tahun. Selain untuk bikin nasi/bubur tim, slowcooker ini juga bisa dipakai untuk membuat kaldu atau bikin sayur sop. 

#3 Sterilizer 
Sterilizer amat bermanfaat untuk sterilisasi botol susu maupun perlengkapan makan bayi. Mengingat bayi masih sangat sensitif sekali, jadi semua perlengkapannya harus steril. Dan berhubung kemarin saya gak dapet kado ini, juga gak mau modal buat beli, jadinya saya sterilkan perlengkapan bayi dengan cara manual. Yak, rebus air panas. Hiihi.. 

#4 Tas Perlengkapan Bayi 

Ide Kado Bayi Baru Lahir
Salah satu kado tas yang saya dapat
Sebelum lahiran, saya juga sengaja gak beli tas perlengkapan bayi. Saya berpikir, “pasti nanti ada yang ngadoin”, pede tingkat kecamatan memang, Haha. Tapi bener dong, ada yang ngadoin saya tas. Ada 2 orang pula yang ngadoin ini. asik kan bisa buat ganti-ganti. 

Dan, Alhamdulillah kedua tas yang saya dapat itu model ransel semua. Tau aja selera saya. Saya lebih suka model ransel karena gak pegel sebelah dibawa nya. 

#5 Pompa Asi 
Kalau temen kamu merupakan ibu yang bekerja, maka memberikan kado pompa asi menjadi pilihan yang tepat. Kalau bisa, pompa asi nya sih yang elektrik.. haha, banyak maunya. Sayangnya, kemarin gak ada yang ngadoin saya pompa asi. Alhasil beli sendiri manual dan elektrik. Terus sekarang pompa asi yang elektrik juga sudah rusak dong karena saya beli nya yang murahan dan dipake terus menerus gara-gara harus jadi eping mom.. 


Jadi, kalau suatu saat saya hamil lagi terus lahiran, kadoin saya pompa asi yaa.. haha.. terus terang banget. 

#6 Tas Asi 

Gabag, Tas Asi
Tas Asi merk Gabag, salah satu kado yang saya dapat (kurang keliatan ya)

Kalau ngadoin pompa asi itu terlalu berat, kamu gak akan kuat. Haha.. Ya kan secara pompa asi yang elektrik itu harganya jutaan yaa. Lebih baik kamu kadoin tas asi aja, itu sangat berguna loh. Btw, kemarin saya dapet dua kado tas asi. Alhamdulillah banget. 

#7 Nursing Cover 

ide kado bayi baru lahir
nursing cover
Masih tentang per-ASI-an. Memberikan kado nursing cover juga sangat berguna loh. Bisa dipakai untuk menyusui bayi jika sedang bepergian. Atau dipakai untuk pumping di kantor juga bisa. 

#8 Car Seat 
Kalau temanmu memiliki mobil pribadi dan sering bepergian menggunakan mobil, maka memberikan kado car seat bisa jadi pilihan. lumayan bermanfaat, jadi gak ribet ngegendong anak di dalem mobil. Pegel banget kan kalau pergi nya jarak jauh. 

#9 High Chair/Kursi Makan
High chair bisa dipakai ketika bayi sudah mulai makan. Ini berguna banget supaya anak terbiasa makan duduk di kursi. Saya kemarin berharap banget ada yang ngasi kado ini, tapi sayangnya.. tydakk adaaaa.. hahaha.. kasian yaa.. 

#10 Baby Walker 

Ide Kado Lahiran

Katanya sih ya, berdasarkan penelitian terbaru, baby walker ini dilarang untuk melatih bayi berjalan. Katanya sih ada beberapa dampak negatif yang ditimbulkan jika anak menggunakan baby walker. 

Tapi nyatanya, menurut saya baby walker cukup berguna membantu anak belajar berjalan dan juga membantu meringankan beban ibu, terlebih saat saya lagi capek ngikutin anak yang sudah mulai rembetan. Tinggal saya letakkan di baby walker, doi seneng jalan kesana kemari. Yang penting sih masih dalam pengawasan aja. 

Dan kebetulan juga saya kemarin dapet kado ini, jadi sayang dong kalo gak dipake. Hehe.. 

#11 Baby Bouncer 
Meski gak kepake lama, tetapi baby bouncer ini juga cukup penting. Lumayan bisa membantu untuk menidurkan bayi dan membuat bayi lebih tenang karena ada gerakan mengayun-ayun pelan. Selain itu, dengan meletakkan bayi di bouncer, kita jadi bisa melakukan aktivitas lain seperti beberes rumah atau masak. 

Tapi kenapa sih kemarin gak ada yang ngadoin saya bouncer? Haha.. #protes #gaktaudiri 

#12 Gendongan 

Ide kado bayi baru lahir

Saya kemarin dapet banyak banget kado gendongan, ada mungkin setengah lusin. Dan modelnya pun berbeda-beda. Yang paling saya suka sih gendongan model geos dan gendongan yang ada dudukannya itu (gak tau namanya). 

#13 Baby Food Maker
baby food maker yang dimaksud itu yang biasanya didalam satu kotak terdapat alat untuk menyaring makanan, memeras buah, parutan dan lain-lain. Ini cukup berguna ketika bayi sudah mulai Mpasi. Alhamdulillah, kemarin saya juga dapet kado ini, jadi lumayan gak perlu beli lagi. 

#14 Set Perlengkapan Makan 
Kalau mau memberikan kado set perlengkapan makan, lebih baik sih yang kualitas bagus sekalian, tupperware misalnya (#eh). Tapi kalau memang budget nya tipis, merk yang biasa, seperti lusty bunny juga udah bagus kok. Yang penting, cari yang BPA free aja, supaya aman untuk bayi. 

Saya kemarin, dapat kado perlengkapan makan juga lumayan banyak. Setengah lusin lebih kalau gak salah, tetapi yang saya pakai cuma 2 pak aja. Sisanya saya gunakan untuk ngadoin orang lagi. hehe 

#15 Set Toiletris Bayi 
Sebenernya, toiletris ini cocok-cocokkan sih karena kulit bayi itu masih sensitif. Tapi untungnya anak saya pakai merk apa aja ga ada masalah. Jadi, dikadoin toiletris pun cukup berguna. Meskipun yang saya pakai paling hanya sabun dan cologne nya saja. Kalau bedak, baby oil dan sebagainya jarang bangeet kepake. 

Kalau menurut saya, daripada memberikan kado set toiletris lebih baik ngadoin aja sabun dalam jumlah banyak sekalian. Lumayan kan mamak gak perlu beli lagi dalam jangka waktu lama. 

#16 Handuk / Selimut 
Meski udah punya, tapi dikadoin handuk/selimut juga berguna banget, bisa buat ganti-ganti. Pilih handuk atau selimutnya yang lembut yaa, selembut kasih sayang ibu. 

#17 Baju Bayi 
Jika ingin memberikan kado berupa baju bayi, lebih baik untuk ukuran 1 tahun keatas, Lebih berguna dan bermanfaat. Sebisa mungkin jangan belikan ukuran newborn, sebentar banget kepake nya karena bayi baru lahir tuh gede nya cepet banget.

nah, kalau kalian bingung mau nyari baju bayi yang lucuk dan murah, cek aja instagram jualan saya di @fan. babyshop. Baju yang saya jual murah-murah dan model nya hitz banget loh.. haha #promosi

#18 Buku Bayi/Mainan Bayi 
Buku atau mainan bayi juga berguna. Pilih yang berbahan lembut dan bisa digigi-gigit si bayi. Pilih mainan bayi untuk usia di bawah 1 tahun ya. Kenapa? Karena kalau untuk 1 tahun keatas lebih pas dijadikan kado ulang tahun nanti. huehe.. 

#19 Baby Bather 


Kalo saya sih, baby bather ini kurang kepake. Entah kenapa saya lebih nyaman mandiin pakai bak bayi. Jadi, baby bather jadi pilihan terakhir untuk kado bayi baru lahir. Gak tau kalau ibu-ibu lain, mungkin ada juga yang malah lebih nyaman pakai baby bather. 

Gak begitu senang sama baby bather, tapi saya malah dapet kado baby bather ini buanyaaak buanget. Haha.. emang praktis sih ngadoin ini. 

#20 Duit 
Nah, kalo kalian udah mentok, bingung mau ngadoin apa. Lebih baik amplopin duit aja. Ini berguna banget, bisa dipake emaknya untuk belanja keperluan bayi yang dia suka. Saya pun kemarin dapet amplop dari ibu-ibu tetangga lumayan banyak. Alhamdulillah.. 

Nah, kira-kira itu aja sih kado bayi baru lahir yang cukup bermanfaat sehingga bisa menekan budget para mamak. Meskipun ada beberapa kado yang tidak saya pakai, tetapi kado tersebut tetap bermanfaat kok karena bisa saya gunakan untuk ngadoin orang lagi. Hehehe.. 

Terimakasih ya buat teman-teman yang sudah memberikan kado untuk saya. Telat banget sih ya ngucapinnya, Padahal udah hampir 2 tahun yang lalu. Dan dari poin-poin diatas, ada beberapa barang yang belum saya punya. Mungkin bisa dijadikan referensi kalian kalau mau ngadoin saya suatu saat nanti. Hahaha.. #ditimpuk. 

Baiklah, sekian dulu postingan saya kali ini, semoga bermanfaat yaa.. 



Salam..


40 comments :

  1. Paling gampang sih ngasih duit aja ya, ehehehe. Soalnya kalo ngasih barang gitu takutnya dia ternyata udah dapet dari yang lain, jadinya malah ga kepake.

    -Fajarwalker.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas.. paling aman dan sangat bermanfaat juga..

      Delete
  2. Ga ada yg bgado ekeh slow cooker tsaaay ahahhahaha

    Bener tuh point terakhir justru teramat sangat manfaaat,
    Klo high chair, car seat stroller sapalah yg maoook ngado ini, kebanyakan kadonya yang kisaran cepek mpe 200 rwbu doang hahahhahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya, jarang-jarang ada yg ngado high chair, stroller ato car seat. mahal cinnn.. hahaha.. makanya enakan patungan kalo ngado kayak gituu yes.. biasanya temen-temen se-geng, palak aja langsung. haha

      Delete
  3. Duiiittttt aja buat sayaaaahhh hahahaha.
    Tapi menurut saya, yang paling berguna itu adalah duit dan sabun cuci atau pewangi, pasti kepakai hahaha.
    KAdang memang milih kado itu susah susah gampang.

    Dulu saya pasti beliin perlengkapan mandi 1 set gitu, atau perlengkapan makan.
    Setelah punya anak sendiri, saya lebih suka kasih duit atau kasihin semua kado yang orang kasih ke saya tapi nggak kepakai hahaha.

    Kayak baby bather, gendongan, banyak yang nggak kepake deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. duiitt saya juga mau mbaa.. hahaha..
      nah, iya sabun cuci juga pasti berguna, lumayan ya berbulan-bulan gak perlu beli sabun cuci lagi huehehe..

      nah, sama banget itu. saya juga, saya kasihin semua kado yg orang kasih dan gak saya pakai ke orang lain. huahaha..
      bener-bener.. baby bather tuh padahal diciptakan untuk memudahkan tapi malah ngeribetin menurut saya. haha

      Delete
    2. hahaha iyaaaa, saya bingung, kok bisa orang lain santai mandiin bayi di baby bather, saya mah malah kesulitan nyabunin si bayi, bayi enak tuh di sabunin di perlak, terus di masukin ember pakai tangan aja.

      Dulu anak kedua, saya mandiin dengan cara itu di saat saya 3 hari pasca sesar.
      Rasanya nikmat sodaraaaahh hahahaha

      Tapi masih mending ketimbang pakai baby bather :D

      Delete
    3. mungkin kita nya yang katro ya mba.. gak bisa mandiin pake baby bather.. haha
      ku juga pakai cara seperti mbak rey mandiin bayinya..

      Delete
  4. Sy dulu biasanya ngasih gendongan bayi yg model sekarang itu loh.. Ato gak tas perlwngkapan bayi... Tp juga suka ngasih tas isi segala pernaik pernik berisi sampo, baby oil, bedak dsb... Biasanya gitu sih mbaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. tas perlengkapan bayi tuh mba berguna banget. meski udah punya pasti kepake kan buat ganti-ganti.. hehe..

      Delete
  5. lebih simple duit ya, karna cwo rada malu kalo mau kasih kado :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. cowok mah cuek yaa dan gak suka yang ribet-ribet.. hehe

      Delete
  6. Wah bermanfaat nih referensi buat ngasih lahiran temen
    Soalnya rata rata ngasih hadiah berupa amplop dan rata rata juga kalo dikasih cowoknya nggak nyampe ke bayi nya padahal kan mau ngasih bayi nya😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. bayi nya sih belum ngerti duit mas. lebih baik kasih ibu nya aja. hehe

      Delete
  7. Hihi idenya keren juga kak.. alhamdulilah kemarin lahiran dapat banyak kado hihi yang ga dapaf cuma baby bather.. soalnya mayan jg ya harganyaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, saya malah banyak baby bather.. tapi kurang bermanfaat sih menurut ku.. hehe

      Delete
  8. kalau saya stroller aja deh mba hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud nya mas nya mau ngadoin stroller nih kalo jenguk bayi baru lahir?
      wah, baik bangeett.. :D

      Delete
    2. bisa jadi mba ehehe. karna itu bermanfaat bisa dipake utk bayi bayi selanjutnya

      Delete
  9. Bermanfaat banget ini sharingnya Mbak buat referensi kalo mau ngado hehe. Kalo soal perASIan, saya pernah ngado kantong Asi krna si ibu bekerja jadi kupikir bisa berguna buat nyimpen Asip. Terakhir jenguk temen lahiran kmrn niatnya malah mau ngado keperluan buat sang ibu kayak bra menyusui atau baju busui gitu, tapi takut ukuran & modelnya gak cucok jadi jalan pintasnya ngado amplop + duit ajaahh haha. Itu jalan pintas yang berfaedah nampaknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, ngadoin buat ibu nya juga ide yang bagus tuh mba.
      aku kmrn ga ada yg ngado bau busui, huehehe..

      nah iya.. memang duit deh jalan pintas terbaik..

      Delete
  10. Wahhh banyak bgt inspirasinya, thank you mbak, kebetulan tetanggaku ada yg abis melahirkan dan aku belum nengokin hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, cucok kalo gitu mbaa.. semoga terinspirasi.. hehe

      Delete
  11. Naah ini dia manfaat semua ya ngasih kado. Nambahin dikit ya, ngasih ibunya baju menyusui atau popok juga anti mubazir :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, ini juga ide yg menarik banget mba. kayak aku dulu, gak kepikiran beli baju busui. eh, ternyata itu penting banget. mana gak ada yg ngadoin itu pula. jadilah dadakan beli. hehe

      Delete
  12. Kado selain duit itu, lumayan juga harganya. Berat dikantong :)
    Iya seh, pastinya bermanfaat dan dibutuhkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang kado buat bayi itu harganya mihil-mihil.
      yang ramah dompet palingan semacem ngado sabun cuci gitu mas.

      Delete
  13. Ada yang ngadoin saya baby bather itu kepakeeee bangeeeeet buat saya
    Jadi kalau mandi, air bekas bilasan sabun ya kebuang ke lantai kamar mandi, ga gabung lagi di bak mandi bayi terus bayinya kena air sabun lagi, hehehe...

    Alhamdulillah, yang dari genggong patungannya pada ngadoin stroller sama baby high chair
    Love banget stroller, kepake banget deeh

    Feeding set saya juga banyak yang ngado, yang kepake banget itu yang 1 set sama food makernya, merknya lusty bunny. Ada saringan kawatnya, hampir sama kayak yang pigeon tapi ga ada yang buat numbuknya aja

    Klo mau gendongan, mending yang SSC aja sekalian, ada beberapa merk SSC lokal murmer di bawah 300ribu tapi recommended koo

    Saya mah klo ditanya bingung mau ngadoin apa, beliin logam mulia aja, hihihi... Tapi patungan supaya dapet yang gramnya lumayan gede :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap menampung gram mulianya mba hehe

      Delete
    2. Alhamdulillah, genggong nya pengertian ya mba..

      sama mba, feeding set ku juga banyak. nah kan, bener berarti yaa, merk lusty bunny memang lumayan bagus. murah tapi gak murahan.

      wakakak, saya juga mau dong logam mulia. eh, tapi kalo anaknya cewek di kadoin perhiasan seperti anting, kalung, gelang juga oke banget tuh.

      Delete
  14. Kak Thya, aku pernah ramai-ramai sekantor belikan temen stroller dong. Harganya mahal tapi dibuat patungan jadi malah lebih murah.
    Btw, aku kepo harga slowcooker, berapa ya? Aku suka makan bubur. Huahahhaha... Becands. Cuma pengen punya jadinya, baru tahu sih. Enak aja kalau sakit / pengen bikin kaldu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, ini baru temen terbaeqqq..

      wadidiw, emang terkadang makan bubur tuh wenak, aplagi untuk sarapan.
      slowcooker bervariasi harganya, mulai dari 200-500 ribuan ada..

      Delete
  15. Wah, duit memang paling oke, fleksibel forever. Hihihi.... BTW ku mlh pingin punya slow cooker.

    ReplyDelete
    Replies
    1. slow cooker memang bermanfaat banget mbaa..
      ku aja seneng banget dikadoin itu. hehe

      Delete
  16. Kalo saya sih dulu pokok ikutan iuran buat beli kadonya. Masalah mau dibeliin kado apa terserah temen-temen aja. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kalo ini tim gak mau ribet yaa.. hehehe

      Delete
  17. duluuu ya aku berharap ada yg ngasih carrier wkwkwkwk. tp malah g ada. soalnya carrier akh anggab paling berguna sih drpd stroller. apalagi aku rutin trveling kan mba. jd lbh enak gendong anak pake carrier drpd bawa stroller :p. yg paliiiing banyak diksh sampe numpuk malah bouncer hahahaha. akhirnya aku bagiin malah utk temen ato tetangga yg lahiran
    .
    skr ini kalo ksh kado utk temen yg baru lahiran, aku lbh ngasih kado utk emaknya, drpd anaknya. krn udh yakin si bayi mah pasti udh banyak :p. kayak kemarin ksh temenku voucher hotel utk staycation ama prnh voucher utk spa yg baru lahiran. biar si emaknya me time bentar :D. dan mereka happy sih, bisa istirahat sejenak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh senengnya punya temen macem mba fanny, ngadoinnya voucher hotel. hehe..

      mba, kebalikannya sama aku.
      ku malah kepingin bouncer tapi gak dapet sama sekali.. haha
      gendongan malah numpuk. apa kita tukeran aja yaa? haha,, etapi anaknya udah gede :D

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...