Friday, July 05, 2019

Waspada Penipuan Berkedok Jualan Online

Hati-hati dengan No.Rekening atas nama MEGA SAHARIA, dia adalah penipu berkedok jualan online. Memiliki Rekening di beberapa bank serta dengan modus yang beragam.



Kenapa kok bisa kena tipu? 

Jadi awalnya begini guys, 

Di siang hari yang bolong, saya yang lagi gak ada kerjaan di kantor lagi asik nih scroling-scrolling instagram. Hingga tiba-tiba ada iklan instagram lewat dengan akun @tokosumurah49. Akun tersebut menawarkan harga susu dan pampers dengan harga yang sangat tidak wajar alias murah buaaangeeettt.. nget.. 



Sebagai mamak millenial dengan anak bayi yang masih doyan nyusu dan masih boros pake pampers, langsung tertarik dong. Saya buka lah akun profil tersebut dan terkejut lah saya melihat harga-harga yang dia tawarkan. 



Siapa yang gak tergoda coba melihat harga yang semurah itu? secara di toko biasa, harganya sekitar 80-90 ribu.

Saya pun langsung laporan ke suami tentang hal itu dan bilang ke doi bahwa saya mau nyoba beli susu dari akun tersebut. Suami sih gak yakin, khawatir penipuan. Begitu pula dengan saya, saya juga merasakan aroma-aroma tidak beres. 

Namun karena rasa penasaran saya begitu membuncah (halah), saya pun tetap melakukan pembelanjaan lewat akun tersebut. Akan tetapi karena sudah ada rasa curiga, saya hanya membeli sedikit saja, yaitu susu dancow 800 gram 2 biji. 

Yang saya pikirkan saat itu adalah.. “boleh juga lah nyoba beli disini. Kalau seandainya bener dan no tipu-tipu, saya bakalan belanja disini aja gak perlu ke toko susu” Sesederhana itu, pikiran saya. 

Gakpapa ditipu, gak nyampe 100ribu ini. yang penting rasa penasaran terbayarkan. Niat banget gak sih saya.. haha.. 

Saya mikirnya tuh, paling kalo ketipu ya sekedar barang gak diantar lalu duit hilang dan penjualnya kabur. Tapi ternyata tidak sesederhana itu kawan.. 

Hati-Hati Penipuan Via Telpon Mengatasnamakan Beacukai 

Siapa sangka.. 

Gak lama setelah saya melakukan transaksi, ada nomor tak dikenal menelpon saya. penelpon ini mengaku dari pihak beacukai. Kurang lebih seperti ini percakapannya. 

“betul ini dengan sodari Tia Widiastuti dengan alamat di bla-bla-bla?” 
“Iya, ini dengan siapa pak?” doi gak menjawab malah mengalihkan ke pertanyaan lain. 
“Mba mendapat paket kilat berupa susu dancow, namun paket ini mencurigakan” 
“kenapa pak, ini dengan siapa ya?” 
“Saya dari petugas beacukai di bandara, barang mba kami tahan karena tidak ada nomor ppn nya, mba ini belanja online dimana?” 
“gimana pak, terus bagaimana solusinya?” 
“mba, hubungi penjualnya untuk minta no. ppn, lalu hubungi saya lagi. Jika tidak bisa memberikan no.ppn maka mba dan juga penjual dikenakan tindak pidana dengan hukuman 3 tahun penjara” 

Gilak. Sadis gak sih? Suara bapaknya ini sok-sok tegas dan galak gitu, benar-benar bisa nyerang pikologis saya. 

Jujur saat dapet telpon ini, saya sempet kaget juga. Saya yang lagi asik-asik bikin tulisan untuk konten blog mendadak buyar. Rusak sudah konsentrasi saya sodara-sodara, terpecah belah otak ini. Sampai disini saya masih belum tau kalo doi mau nipu. Ah, sungguh polos sekali saya ini. 

Saya pun sibuk menghubungi sang penjual. 



Dan sang penjual yang mengaku mba-mba ini mengaku mau tanyakan dulu kepada suaminya. Gak lama suami nya pun nelpon saya. Sungguh aneh, tapi saya masih belum paham kalo ditipu, serasa kayak terhipnotis gitu. 

Inti dari percakapan saya dengan si suami penjual (mengakunya begitu) kurang lebih adalah doi mengakui bahwa barang yang dijual adalah barang-barang ilegal sehingga barangnya sangat murah karena tidak dikenakan pajak. 

Lalu, saya diminta untuk menghubungi pihak beacukai lagi untuk meminta belas kasih. Saya disuruh nelpon pihak beacukai dan bilang bahwa penjual sudah tidak dapat dihubungi, nomernya tidak aktif. Pokoknya saya disuruh memelas, katanya biar gak kena hukuman penjara. 

“kita selesaikan secara kekeluargaan aja ya mba, mba jangan kasih nomer saya ke beacukai. Nanti kalo saya kena hukuman penjara, mba juga kena karena dianggap sebagai penadah. Kita selesaiakan secara damai ya” begitu penuturan dia. 

Suek banget gak sih. Saya yang masih kayak orang linglung ya percaya-percaya aja. Setelah sambungan telpon ditutup, saya langsung hubungi suami saya dong untuk ceritakan kejadian ini. Dan ketika saya berbicara dengan suami, ketika itu pula saya seperti baru tersadar. Seperti orang yang baru bangun tidur dan mengalami mimpi panjang, begitulah kurang lebih rasanya. 

Astagfirulloh.. 
Kalau saja saya gak hubungi suami, bisa-bisa saya kena tipu daya. Saya yakin kalau dilanjutin, ujung-ujung nya dia minta transfer sejumlah uang ke rekening nya, dengan alasan sebagai uang suap agar saya tidak kena hukuman pidana. 

Untungnya suami langsung nanyain nomor yang digunakan oleh beacukai tersebut nomor pribadi atau telpon kantor. Ketika saya ceritakan bahwa itu adalah nomor simpati dia pun langsung bilang “penipuan itu, gak mungkin pegawai pemerintahan ngehubungin pake nomer pribadi”

Iya juga ya.. pikir saya.. 

Dan sebenernya banyak hal yang mengganjal dan aneh juga sih, tapi saya abaikan begitu saja. 

Sebelum belanja saya sempet menanyakan, apa toko online ini ada toko fisiknya, lalu alamatnya dimana jika ada. Dan dia pun mengaku memiliki toko fisik yang beralamatkan di Bandung.


Inget kan ya Bandung. Lalu kenapa barang pesanan saya bisa ada di bandara dan kena periksa dari beacukai. Memangnya bandung ke jakarta menggunakan pesawat? Haha.. kurang cerdas banget kan ya penipunya. geregetan.

Lalu saya sempet menanyakan “pelanggan yang lain gimana pak, apa mengalami hal yang sama?” dia bilang apa coba? Ngga kok mba, kemarin saya kirim ke semarang, ke jogja gakpapa. Ini kebetulan aja ada pemeriksaan dan mba kebetulan kena. 

semprul.

Hai, MEGA SAHARIA..  
(sengaja disebut biar terindex google) hahaha.. 

Saat saya sudah menyadari bahwa saya terkena tipu, saya pun gak diem begitu aja. Saya tetep meladeni mba Mega Saharia sang penipu tersebut. niat hati sih saya pengen blokir ATM nya, tetapi ternyata kerugian saya yang hanya sekian puluh ribu rupiah itu gak cukup kuat sebagai alasan untuk blokir ATM nya. Minimal ditipu 2 juta baru bisa gais.. haha.. 

Yasudah, kalau begitu.. cukuplah saya sebar di sosial media saja. Minimal banyak orang yang tau, minimal temen-temen saya gak mengalami hal serupa. 

Saya ceritakanlah kejadian tersebut lewat instagram story. Pun begitu dengan akunnya, saya sebarkan bahwa itu adalah akun penipu. Dan apa yang terjadi..? Gak beberapa lama akunnya di hapus dong. Saya pun diblokir dari WA. Seluruh nomernya pun sudah tidak aktif. 


Saya juga iseng search di google dengan nama mba MEGA SAHARIA ini. wow, menakjubkan.. korban nya udah banyak sodara-sodara. 



Yang sabar yaa mba MEGA SAHARIA menipu saya cuman dapet 80 ribu. Pengen ketawa banget deh saya.. wakakakak.. Semoga segara insyaf ya mbak MEGA SAHARIA..


Tips Singkat Berbelanja Online

Jangan percaya dengan penawaran harga yang sangat tidak wajar ya teman-teman dan mommies-mommies semua. Apalagi harganya dua kali lipat bahkan tiga kali lipat lebih murah dari harga dipasaran. Kalau menemukan hal seperti itu, sudah pasti ada hal yang tidak beres. lebih baik cari toko lain saja yang lebih terpercaya. 

Lalu, jangan mudah percaya jika ada yang menghubungi lewat telpon mengaku-ngaku dari beacukai atau dari kepolisian dan sebagainya. karena instansi resmi seperti itu tidak mungkin menghubungi kita dengan nomor pribadi. 

sekian sharing dari saya hari ini, semoga bermanfaat ya..



salam,



39 comments :

  1. auto baca dong kak gegara kepo sama jalan ceritanya wkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakak.. korban ke-kepo-an insta story yaak.. haha..

      Delete
  2. Wah gila juga ya, gak bisa dilaporin karena nominalnya kecil kurang dari 2jt. Tapi kalo dia ngambil dari beberapa pelanggan rugi juga dong konsumen yg kena tipu :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak, udah banyak ini korbannya ness..

      Delete
  3. ya allah yag sabar ya kaktya.. aku meni kaget ya allah.. sekarang emang jaman semakin maju yaa.. kalau temenku kemarin sempet ketipu dari ikea ala ala.. semoga nanti jangan sampai terulang lagi yaaa.. beuh penipunya dah malang melintang.. harusnya ditangkap polisi tuh kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya geregetan banget nih sama penipunya. penipuan skrg banyak modusnya, bener2 harus hati2. semoga lama-lama doi ketangkep polisi juga. Amiin..

      Delete
  4. Wewwwww, saya sering baca kasus gini, nggak tahunya malah kejadian ke lingkar pertemanan saya.
    Kalau saya memang nggak berani beli makanan online di toko yang belum terjamin, takutnya palsu.
    Belum mikir ditipu, malah mikir takut palsu.

    Lebih enak cari di market place kayak shopee dll, biasanya ada loh yang murah juga, dan enak duitnya nggak bakal diambil orangnya sebelum barangnya sampai.

    Dan masalah penipuan bea cukai gitu, buanyaaaaakkk banget yang kejadian.
    Tapi ternyata bahkan susu dancow pun dijadikan senjata nipu ahahahah

    Semoga Mega Saharia nya cepat tertangkap, aamiin, btw biar cepat dan mudah keindex google, taruh namanya di judul hahahahaha

    Berani banget dia macam2 ama blogger, dihadiahin nama keindex google deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. syukurin itu penipu.. mana cuma dapet 80ribu.. wakakak..

      iya ya.. pas aku baca di google ternyata mega saharia ini udah terkenal juga. huhu.. aku lagi kurang cermat nih..

      hahaha, berulah sama blogger sih yaa, jadi terkenal deh. semoga suatu saat mega saharia ((disebut terus, biar makin ke index google) wakakak.. ya, semoga doi bisa cepat tertangkap, amiin.. semoga korban lain ada yang ngelaporin doi.

      Delete
    2. mega saharia penipu
      mega saharia penipu
      mega saharia penipu
      mega saharia penipu

      Saya bantuin deh, biar makin keindex google, bing, yahoo dan semuanya.

      Semoga orang kayak gini diberi hidayah ya, apa enaknyaaaa menipu itu

      Delete
    3. widiwwww... hahahaha

      mega saharia.. penipu penipu penipu :D

      Delete
  5. Saya juga pernah mbak kena tipu walau bukan dengan orng yang sama. Entah kenapa ya memang kalau dengan orang kayak gini tuh walau nggak masuk akal (barang dijual kemurahan) malah ada keyakinan mau beli. Pas ketipu baru logika kayak bisa jalan. Mana tiga juta lagi. Nyesek euy. Kalau saya dulu rekening penipunya A.N MERUYA (siapa tahu keindex google juga).

    Gimana sih orang yang makan dari uang nipu itu? apa nggak diare atau muntaber dia? ckckc *ikut kesal

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhu.. nyesek banget 3 JUTA tuh..
      hey penipu a.n MERUYA (dibantuin biar ke index haha), semoga kamu segara sadar yaa.

      mungkin dia bakalan diare atau muntaber nanti di akhirat mbak.. haha

      Delete
  6. Sereeeeeeem

    Klo aku yah ti, aku so pasti jiper duluan klo ada yg bawa2 pulisi, entsh itu tadinya nda tau apakah yg nelpon itu penipu...
    Pokoknya mah aku malas ladenin haha
    Kamu og ya iseng amat tetep diangkat say,

    Klo beli yg blom ada forum cem sholee, tokped, bukalapak aku bahkan mikir 1000 kali buat beli
    Ngga tau dan blom pengalaman ngematin mn yg asli mana yg tipu tipu. Mn yg sebenere barang dikirim tp sellernya jutek, atau dikirim tp paketnya lambreto...blom ahli aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku memang rajin jajan di instagram nit, makanya merasa aman-aman aja. ealah, skrg malah kecolongan juga. sueek bener nih penipu. haha..

      aku juga males tuh kalo seller nya jutek. pasti gak bakal balik lagi belanja di toko nya.

      Delete
  7. wah makasih infonya nih jaman sekarang memang harus waspada
    untung nya saya belum pernah dan jgn pernah ada deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan sampai mengalami hal serupa ya mas..

      Delete
  8. Nah kalo saya sih, kalo mau belanja online emang liat di sosmed tapi dipastikan juga dia ada di bukalapak atau tokopedia juga, soalnya lebih aman aja hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, harus nya sih begitu. lagi kurang cermat nih saya.. hehe

      Delete
  9. itulah napa aku ga terlalu mau kalo belanja online di IG ato FB, krn ga ada rekber nyaa... apalagi kalo terlalu murah.. lgs curiga akunya... kalo di shoppe, tokped kan ada rekber, jd ngerasa aman.. aku baru mau belanja lgs di IG ato fb hanya kalo ada temen2 deket yg udh sering beli, ato aku memang kenal ama penjualnya :D..

    semoga si mega ini hidupnya makin susah krn makan dr uang haram hasil nipu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiinnn.. semoga mega saharia makin susah hidup nya.

      kalo aku memang rajin belanja di IG mba, baru kali ini ketipu. haha..
      iya memang harganya sangat gak wajar, ini harus diwaspadai..

      Delete
  10. Ya ampun mbak mega nipunya kurang cerdas.. Wkwkwk
    Bandung-jkt tiba2 ditahan di beacukai. Wkwkwk
    Sabar ya mbak. Untung cm beli 2 dus susu.. Semoga ga ada korban2 lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kan geregetan nipu nya gak cerdas. yg lebih geregetan lagi, saya hampir percaya. wakakak..

      amiin.. atau semoga korban lainnya melaporkan hal ini ke pihak berwajib.

      Delete
  11. Temen gw pernah mbak, belanja onlen terus ditelepon orang cukai juga. Kata-katanya persis banget kaya yang mbak jelasin. Untung gw ada di sebelahnya, karna tau langsung gw rebut telponnya.

    HEI SINTING!! KAU GAK BISA KAH CARI MAKAN DENGAN CARA HALAL? NO NIP LU BERAPA? SINI GW CEK. GW ORANG PAJAK JUGA.

    Tut... tut.. tut...

    Telepon langsung di tutup

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakak.. yang ini lucu banget..
      aku kalo jadi mas nya bakal ku kerjain dulu nih penipunya. seru banget. wakakak..

      Delete
  12. Baru tau modus penipuan mengatasnamakan beacukai, kalo ngaku polisi sih pernah temenku kena. Makin banyak modusnya para penipu itu ya, semoga kita dilindungi dari kejadian seperti ini dan para penipu bisa insyaf...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya modus nya udah bermacam-macam sekarang mba. hati2 ya mba kalo belanja..
      Amiinnn.. semoga penipu segera sadar..

      Delete
  13. Wow mba... Kita emg kudu ati"kl belanja online.. Apalagi tergiur dngg hrg yg miring.. Mksud hati kepingin dpt brg yg lbh murah gak taunya kita sendiri yg ribet ya... Untung cmn dikit rupiahnya.. Tapi jebakan batmannya itu loh yg bikin kita kaget ". Saya dl jg prnh ketpu belanja online di IG.. Dulu sih beli tas.. Ampe bwbulan" barang ga nyampe" eh gak taunya korbannya jg banyak... Untung ga ampe jutaan.. Emg dasar perempuan make perasaan aja bawaannya 😁😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya kebanyakan perempuan ya yg sering ketipu.. haha..
      tapi kasus mba gak sampe di telpon2 gitu ya, cuma barang gak sampai aja..

      semoga kita gak kena tipu lagi yaa.. huhu

      Delete
  14. Wahhh serem juga

    Good job suaminya mbak bisa langsung ngingetin
    Kalo aku mah tanpa pikir panjang pasti udah transferin uang damainya HAHAHHAHAHA

    ReplyDelete
    Replies
    1. wadidiw.. mas aul royal banget berarti.
      penipu demen nih ama orang2 yang kayak gini.. mehehehe

      Delete
  15. Wahhh sekarang penipuan sudah sangat banyak sekali yaa, tidak hanya di online saja.. Bahkan ada yang langsung datang kelokasi juga ada.. Emang niat sekali lah, kita tetap harus melek informmasi dan komunikasi agar tidak terjebak dan tidak terjerat kedalam kasus penipuan juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, serem banget kalo dateng ke lokasi. khawatir kena hipnotis juga.
      semoga kita dijauhkan dari orang-orang jahat itu yaa..

      Delete
  16. banyak banget mbak! ga skdar susu biasanya.. kadang hp juga tuh. ga bener deh :( yaa gmna yaa memanfaatkan sekali huee

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau hp mah memang udah gak asing.
      lah ini lucu banget, susu bayi juga dijadiin modus..

      Delete
  17. Pinter banget yah si penipunya, untung Mbak lebih pinter, sehingga ngak setor " uang damai " segala.

    Zaman sekarang kita harus hati hati, sebab penipu berkeliaran dimana mana, ngak di dunia nyata ngak di dunia maya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kang nata..
      untung nya segera sadar ya saya.. huh ngeselin banget emang nih mega saharia

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...