Sunday, July 21, 2019

Insto Dry Eyes, Solusi Jitu Mengatasi Gejala Mata Kering


Mengalami gejala mata kering rasanya tuh gak enak banget. Mata jadi terasa sepet, perih dan pegel. Kalau sudah begitu, pekerjaan jadi terlantar karena mata harus diistirahatkan sejenak. 

Meski pekerjaan utama saya tidak bersinggungan dengan gadget seperti handphone dan laptop, namun aktivitas saya tidak bisa jauh dari kedua benda tersebut. Hampir 8 jam dalam sehari saya berkutat di depan laptop dan handphone. Akibatnya, mata saya sering mengalami kelelahan.


*** 

Tentang Aku dan Pekerjaanku 

Sudah hampir tiga tahun saya bekerja sebagai pegawai honorer di salah satu instansi pemerintahan di kota tangerang. Diamanahkan sebagai analis kimia di bagian pengolahan air bersih, kegiatan sehari-hari yang saya lakukan di kantor adalah menguji sampel air untuk mengetahui apakah air tersebut sudah layak untuk dikonsumsi atau belum. 

Dalam satu hari biasanya saya mengambil sampel air sebanyak dua kali untuk dicek kualitasnya. Dan pengecekan ini pun tidak memakan waktu yang lama, terlebih jika hasil pengujian sudah memenuhi standar. 

Untuk satu kali pengujian biasanya saya menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam. Itu artinya dalam sehari saya hanya butuh waktu 2 jam untuk menyelesaikan pekerjaan saya. Ya, disini saya tidak ada jobdesk lagi selain melakukan pengujian air, dan ini artinya saya memiliki waktu luang selama 6 jam. Luar biasa kan, banyak nganggur nya..? 

Lalu apa yang saya lakukan selama 6 jam itu? Duduk-duduk, nonton drakor, ngerumpi, main socmed atau ngegame? 

Ya. Diawal-awal bekerja, saya melakukan itu semua. Namun semakin kesini, saya merasa bahwa apa yang saya lakukan hanya sia-sia saja, tidak ada manfaatnya. Akhirnya saya memutuskan untuk melakukan beberapa kegiatan yang sekiranya bermanfaat serta dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah.




Ngeblog, pelarian mengisi waktu luang 
Enam jam merupakan waktu yang amat lama jika disia-siakan. Alhasil saya pun memutuskan untuk ngeblog saja. Saya mulai menjamah kembali blog yang sudah lama tak tersentuh, melakukan optimasi blog, serta rajin posting blog dan juga blogwalking. Hingga lambat laun, meski tidak seberapa saya bisa memperoleh penghasilan dari blog. 

Bisnis Online 
Beberapa bulan belakangan ini, saya juga sedang mencoba untuk menjalani bisnis online yang barangnya saya jual melalui instagram. Barang yang saya jual adalah baju-baju bayi dari usia newborn hingga 2 tahun. Alhamdulillah, jumlah penjualannya lumayan, meski tidak banyak tetapi mampu menambah uang jajan saya. 

Nonton Youtube, Drakor dan Scrolling Instgram 
Tentunya waktu luang tidak melulu saya gunakan untuk mencari tambahan penghasilan. Adakalanya saya juga butuh hiburan untuk menyegarkan otak yang semakin kusut ini. Nah, biasanya hiburan saya adalah nonton youtube, drama korea atau sekedar scrolling-scrolling instagram, tergantung apa yang lagi seru saat itu. 

Dan kegiatan-kegiatan ini pun saya lakukan setiap hari. 5 hari dalam seminggu, 20 hari dalam sebulan. Begitu terus selama 3 tahun belakangan ini. Akibatnya, mata lelah dan mata sepet karena terlalu lama menatap layar laptop. 

Belum lagi ketika pulang kerja, terkadang anak saya minta ditemani untuk menonton channel youtube favoritnya. Sudahlah, mata semakin perih dan kering rasanya. 






Menatap layar laptop terlalu lama bukan menjadi satu-satunya penyebab mata kering. Selama menggeluti bisnis online, mau tidak mau saya juga harus menatap layar handphone dalam jangka waktu lama. Betapa tidak, setiap hari nya saya harus meng-upload koleksi baju terbaru, melayani pembeli dan melakukan pengecekan stock yang mana semuanya dilakukan dengan menggunakan handphone. Akibatnya, kegiatan tersebut sukses membuat mata pegel dan perih. 

Belum lagi, saya bekerja di ruangan ber-AC yang mana tingkat kelembaban udaranya sangat rendah. Kondisi ini memperparah terjadinya mata kering. Mengapa demikian? Sebab, adanya hembusan angin AC akan membuat air mata menguap lebih cepat ditambah dengan adanya pancaran cahaya biru akibat dari aktivitas di depan layar laptop. Hal ini dapat mengurangi produksi air mata sehingga memicu terjadinya mata kering. 

Selain kondisi tersebut, ada beberapa hal lain yang menjadi penyebab mata kering. Berikut 5 diantaranya.



#1. Membaca dan belajar dalam jangka waktu lama 
Biasanya saat sedang membaca, apalagi membaca novel kesayangan, kita seringkali keasikan sehingga mata cenderung jarang berkedip. Hal ini mengakibatkan air mata lebih cepat menguap sehingga memicu terjadinya mata kering. Kalau sudah begitu, rasanya mata perih dan sepet. 

#2. Menyetir kendaraan dalam jangka waktu lama 
Menyetir kendaraan baik menggunakan mobil atau motor tentunya selalu dituntut untuk fokus. Sebab, kehilangan fokus sedikit saja akan menimbulkan berbagai masalah, misalnya kecelakaan lalu lintas. 

Aktivitas mengemudi yang membutuhkan konsentrasi tinggi tersebut membuat mata cenderung jarang berkedip. Hal ini mengakibatkan air mata mudah menguap sehingga mata terasa kering. 

#3. Terlalu lama menonton Televisi 
Biasanya kalau sudah menonton acara favorit, kita enggan sekali untuk beranjak dari depan TV. Ditambah lagi setelahnya anak minta ditemani menonton kartun kesayangannya, rasanya makin males beraktivitas deh, pengen leyeh-leyeh aja di depan tv. Kalau sudah begitu, lama kelamaan mata perih dan sepet rasanya. Ya gimana gak perih? saking asiknya nonton tv, sampai lupa berkedip. 

#4. Usia 
Orang yang sudah berusia lanjut, produksi air matanya akan menurun sehingga kelopak mata menjadi kurang sensitif untuk meratakan air mata diseluruh permukaan mata. Hal ini menyebabkan mata menjadi kering. 

#5. Hormon 
Perubahan hormon dapat membuat mata kering. Kondisi ini biasanya dialami oleh para wanita yang sedang dalam masa kehamilan, menggunakan kb atau mengalami menopouse. 

Melihat faktor-faktor tersebut, alangkah lebih baik jika kita bisa mengurangi aktivitas yang dapat menyebabkan mata kering. Mengistirahatkan mata secara berkala dapat menjadi cara untuk mengurangi gejala mata kering. Usahakan agar selalu berkedip untuk menjaga kelembaban mata. 






Mata kering dapat menyebabkan masalah yang serius jika tidak segera ditangani. Kondisi ini berpotensi membahayakan kornea yang dapat menimbulkan radang hingga kerusakan. Oleh karena itu, gejala mata kering jangan diabaikan. Berikut ini merupakan tiga gejala mata kering yang tidak boleh diabaikan.



#1. Mata Sepet 
Mata sepet menyebabkan penglihatan menjadi kabur, mata lelah dan berair. Hal ini menjadi tanda bahwa mata perlu istirahat sejenak. 

#2. Mata Pegel 
Mata pegel adalah suatu kondisi dimana mata mengalami kelelahan akibat penggunaan yang intens dari kegiatan sehari-hari. Ciri-cirinya adalah mata terasa sakit, lemas atau berat akibat digunakan terus menerus. 

#3. Mata Perih 
Mata perih bisa disebabkan karena berbagai hal seperti iritasi, terkena debu atau infeksi. Ciri—cirinya biasanya mata merah, terasa gatal, nyeri menusuk dan seperti ada rasa sensasi terbakar. 

Kalau sudah merasakan gejala-gejala seperti itu jangan diabaikan ya. Segera istirahatkan mata sejenak untuk menghilangkan rasa lelah. Mengedipkan mata juga dapat menghilangkan mata lelah sebab berkedip dapat melembabkan dan menyegarkan mata. 






Jika setelah mengistirahatkan mata, namun mata masih terasa lelah. Ada baiknya, segara atasi dengan insto dry eyes. Insto dry eyes merupakan tetes mata steril yang dapat mengatasi gejala mata kering. Tiap mL larutannya mengandung hydroxypropyl methylcellulose yang dapat mengatasi gejala kekeringan pada mata dengan memberikan efek pelumas seperti air mata. Adapula kandungan benzalkonium chloride yang berperan sebagai antiseptik dan desinfektan sehingga dapat menghambat dan mencegah pertumbuhan bakteri atau virus penyebab infeksi.

Dengan adanya insto dry eyes, gejala mata kering dapat segera diatasi. Penggunaannya pun mudah, cukup teteskan insto dry eyes sebanyak 1-2 tetes pada mata kering maka mata akan terasa lembab dan segar kembali.

Akan tetapi, obat tetes mata ini tidak baik jika digunakan secara rutin dalam jangka waktu yang lama. Jadi, hentikan pemakaian jika gejala mata kering telah hilang. Selain itu, setelah dibuka, obat tetes mata ini hanya bisa bertahan selama satu bulan saja. Jadi, jangan digunakan lagi setelah satu bulan yaa.. 

Mata pegel jangan dikucek, gunakan insto dry eyes saja. Sebab insto dry eyes memiliki beberapa keunggalan. Berikut  diantaranya.




#1. Terpercaya


Insto merupakan obat tetes mata No.1 di Indonesia. Merk tetes mata ini sudah dipercaya oleh masyarakat sejak dulu. Terbukti dari seringnya brand ini meraih penghargaan Top Brand Award. Dan penetapan pemenang Top Brand Award tersebut murni berdasarkan atas pilihan konsumen melalui sebuah survei yang dilakukan di kota-kota besar Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, Pekanbaru, Balikpapan, Denpasar, Palembang dan Samarinda.

Hal ini membuktikan bahwa insto dry eyes merupakan merk tetes mata yang terpercaya. Sebab telah dikenal luas dan sering dibeli oleh konsumen. 

#2. Mengandung Zat Aktif

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa insto dry eyes mengandung zat aktif hydroxypropyl methylcellulose dan  benzalkonium chloride. 

Hydroxypropyl methylcellulose dapat mengembalikan dan menjaga kelembaban mata, melindungi mata dari cidera dan infeksi serta mengurangi gejala mata kering seperti sensasi terbakar, gatal dan iritasi. Sementara  benzalkonium chloride merupakan bahan pengawet yang berperan sebagai antiseptik dan desinfektan yang dapat menghambat dan membunuh pertumbahan mikroorganisme.

Adanya zat aktif tersebut membuat obat ini tergolong sebagai obat keras. Oleh karena itu, jauhkan dari jangkauan anak-anak, tutup rapat dan hindari dari pencemaran. Jangan digunakan bila larutan berubah warna atau keruh dan simpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya serta tempat yang lembab.

#3. Mudah Diperoleh dan Harga Terjangkau

Insto dry eyes ini dijual bebas di apotik, toko obat, minimarket maupun swalayan terdekat. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau yaitu berkisar dari 13-20 ribu rupiah.  Saya sendiri membeli insto dry eyes di minimarket dekat rumah dengan harga 16 ribu rupiah saja.

Menyembuhkan mata kering gak perlu mahal, beli saja insto dry eyes di minimarket atau toko obat terdekat.

#4. Travel Friendly

Kemasannya yang sangat mungil ini, yakni hanya 7,5 mL saja membuat insto dry eyes mudah dibawa kemana-mana. Kalau kamu sedang bekerja atau beraktivitas diluar ruangan, insto dry eyes bisa kamu simpan di saku celana atau di dompet. Saat mata sudah menunjukkan gejala kekeringan, langsung saja gunakan 1-2 tetes pada setiap mata, dengan begitu mata kering segera teratasi.

#5. Bersertifikasi Halal MUI



Berbeda dengan produk lain yang belum bersertifikasi halal, Insto dry eyes ini sudah bersertifikasi halal sehingga aman dan nyaman digunakan. Ini dibuktikan dengan sertifikasi halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) dengan nomor sertifikat  00140094950419.

#6. Sudah Terdaftar di BPOM RI


Sebelum membeli obat, kosmetik atau produk lainnya, ada baiknya cek dulu apakah sudah terdaftar di BPOM atau belum sehingga kita bisa tahu apakah produk tersebut sudah mendapatkan izin dari BPOM.

Jika kamu ingin mengatasi mata kering, maka insto dry eyes merupakan pilihan yang tepat karena insto dry eyes ini sudah terdaftar di BPOM RI dengan nomor registrasi DTL 1438202146A1.





Yeay, sekarang menatap layar laptop berlama-lama sudah tak menjadi persoalan lagi. Saya hanya perlu mengistirahatkan mata sejenak, dan selalu siap sedia insto dry eyes dimanapun berada. Dengan begitu, mata kering dan lelah dapat diatasi, kerjaan pun beres.. 

Bye, mata kering.. !





Salam,

58 comments :

  1. Kayaknya aku mesti beli deh
    Kerjaanku sehari-hari juga ngeliat layar komputer melulu berjam-jam huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus banget mas aul.. biar mata jadi segeeerrrr..

      Delete
  2. - Banyakin buat blog Mbak atau Yutube, biar 6 jam ngak kerasa 60 Jam, hahaha....

    - Produk Insto sudah terkenal kemana mana, sampai ke Desa saya loh, bahkan produk ini mengalahkan obat Alami, yaitu daun Kecipir.

    Kalau saya sih, ketika mata kering, saya celupkan ke dalam Bak Mandi, biar adem dan seegarrr...habis itu di kucek kucek dikit. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kang nata, banyakin ngeblog sama blogwalking. 6 jam jadi berasa 6 menit loh..wekekek..

      nah kan, insto ini memang udah tenar banget dan banyak fans nya yaa,, hihi..
      wididiw, mata nya dicelupin ke bak mandi.. bisa juga sih.. tapi lebih enak dikompres air es kali kang.. hehe

      Delete
  3. Walaupun saya nggak pakai obat tetes mata, tapi yg terkenal ya insto

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener.. dia produk lawas dan sudah terkenal sampai pelosok desa ya

      Delete
  4. Mantap kaka infonya ,terimakasih :D

    ReplyDelete
  5. iya betul banget terutama gamers yg jarang ngedip mata pasti kering
    saya jg pake insto bila dibutuhkan saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. gamers ngedip sedikit bisa bahaya yaa.. wekekek..
      untung ada insto

      Delete
  6. 6 jam ga 'nganggur' memang membosankan mbak, ujungnya apa, menghabiskan waktu didepan hp dan komputer, haha,, saya juga kadang gitu kalau kerjaan udah dikelarin semua.

    tapi ya itu bikin mata jadi lelah.

    Insto ini memang udah terkenal sih, keluarga saya juga kalau mata merah, pakai insto aja, ga kepikiran sama brand yang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. 6 jam lumayan lama kan ya? haha..
      jadilah di depan hp sama laptop mulu.. untung ada insto ya mas sabda..
      aku juga gak pernah kepikiran produk lain..

      Delete
  7. Ini si kecil anadalanku dr zaman SMA.. Kelilipan atau mata kering tinggal tetesin insto aja udah kelar. Hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama banget mbaa..

      Delete
    2. tp kl mata pedih dan merah gara2 liat mantan jalan bareng pacarnya nggak sembuh ditetesin insto mbak, wkwkwk

      Delete
    3. hiyaa.. hiyaaa..
      kalau kayak gitu obat nya cari pacar lagi. hahaha.

      Delete
  8. Sama kaya saya mba, pas lagi pedih matanya karena keasyikan lihat gadget, tetesin insto aja gak lama langsung baikan mba

    ReplyDelete
  9. Perlu banget nih obat tetes mata buat orang yang doyan main game kaya saya.
    Saya sekali main game bisa 6 jam lebih huhuh
    Abis itu baru sadar udah wasting time "apa yang kulakukan 6 jam ini ?" huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk.. kuat juga 6 jam mba? :D
      berkat insto yaa mata nya jadi kuat.. hehe

      Delete
  10. aku juga kayaknya harus segera beli nih buat jaga-jaga saja ..
    harganya pun terjangkau

    ReplyDelete
  11. saya kerja las bu semestinya memang sedia seperti ini selalu mata selalu perih setiap pulang kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iyaa.. berarti harus siap sedia insto terus mas..

      Delete
    2. brand ini ada nggak di osaka sini nanti aku cari di toko Indonesia

      Delete
    3. mungkin ada mas.. dicoba aja. hehe

      Delete
  12. Aku udah beli dong Kak dan selalu tersedia di meja bekerjaku juga, baik di rumah maupun di kantor karena juga kalau tiba-tiba mata lelah atau merah akibat abis perjalanan, tinggal pake aja sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kereeenn.. insto memang sahabat terbaiqqq ya mbaaa :D

      Delete
  13. Kalo soal mata, aku juga pake insto.
    Udah jadi andalan aja di keluargaku.
    Apa2 soal mata, ya taunya insto.
    Kemasannya kecil mungil imut2 lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul betul..
      kemasannya imut mungil, jadi mudah dibawa kemana-mana ya kak..

      Delete
  14. Udah dr dulu ngegunain insto looh... Apalgi kl udh cape berjam" liatin layar hp... Untung ada insto.. Mataku gak kering lagi wk wk bukan iklan looh mbake... Tp emg pengalaman pribadi 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. insto emang paling jempolan yaa..
      aku dari jaman kecil kalau sakit mata juga pakai insto..

      Delete
  15. Sempat ngalamin perih kalo siang trs mata kena air. Solusi dari dokter cukup kedip2 aja. Cmn musti hati2. Kalo pas ada cwe tar disangka ganjen

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ampooonnnnn si bangday inihhhh bikin ngakak

      Delete
    2. hahaha.. kalo ada cewek berhenti dulu dong kedip-kedipnya :D

      Delete
    3. lha salah saya apa mba Rey.. hehe.

      Mb Thya rugilah kalo ada cwe trs kita merem hehehe

      Delete
    4. oh iya juga ya bang day.. haha

      Delete
  16. Mata saya nih makin buram, kayaknya memang kudu nyetock deh, saya selalu kelamaan di depan laptop soalnya, sampai kadang lupa kedip :D

    Mata kering bahkan bisa sampai merah ya, paksuku pernah tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. ga enak banget rasanya kalau udah kena mata kering..
      sepet pedes banget..

      untung ada insto..

      Delete
    2. Bener deh, terutama buat kita-kita para emak blogger ini.
      Saya kadang lupa berkedip depan laptop, kalau pas anak-anak tidur, kerjaan selesai semuanya, langsung auto semangat, menggunakan waktu depan laptop sampai lupa waktu atau minimal sampai anak bangun hahaha

      Delete
    3. anak2 tidur saatnya beraksi ya mbaaa... wkwk..
      auto begadang buat ngeblog..

      ngeblog is my life.. haha

      Delete
  17. Wow, mbak Tia analis kimia toh, suka menganalis partikel2 halus nan manjah tentu ya mbak, hehehe. Kalau mata sudah rabun bakal susah itu ya, kudu pake kacamata.

    Apalagi zaman digital seperti ini, membuat kita sering menatap lama kompi dan hape, matapun jadi pegal,seperti yang kurasakan, hehehe... Sesekali aku juga pakai insto biar mataku gak capek dan setelah itu lanjut lagi menatap layar kompi ;))

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakak.. partikel halus nan manjahh, ngakak aku.
      iya mba sering banget dong pastinya menganalisis partikel2 tsb. makanya mata jadi cepet pegel, belum ditambah mandangin layar laptop terus.. huhu..

      untung ada insto ya, si mungil yg bisa ngatasi mata pegel kuu..

      Delete
  18. OMG mbak, bahagia banget nggak punya waktu nganggur 6 jam di kantor? Tapi sama sih, aku kalau ada waktu luang di kantor juga aku pakai buat ngeblog, nonton film & buka2 sosmed hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedih banget tau mbaa, sendiri soale. kalau ada temen ghibah mah pasti seru deh nganggur 6 jam. hahaha..

      Delete
  19. Kalau saya mungkin faktor usia juga ikut berpengaruh. Apalagi saya kerjaannya ya itu ngeblog dan secrol youtube.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngeblog, scroll yutub dan ditambah faktor usia juga.
      harus siap sedia insto selalu berarti mas.. hehe

      Delete
  20. saya juga terlalu banyak memandang monitor di laptop mbak, mata saya jadi ada buram-buramnya gitu. musti nyoba ini hehe

    ReplyDelete
  21. Kalo mata gw kering, gw liat tumpukan duit mbak. Langsung seger lagi deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah betul juga mas..
      ide yang cemerlang :D

      Delete
  22. Menarik nih buat saya coba karena seringnya dijalan jadi terkadang mata suka kemasukan debu. Jadi insto Dry Eyes tak harus untuk mata kering saja mungkin yaa..😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. kena debu juga bisa jadi penyebab mata kering mas. yuk, buruan dipinang insto nya. :D

      Delete
  23. untuk info seputar paket Outing di Bandung yang murah tapi ga murahan ya javaorganizer.co.id jagonya :)

    ReplyDelete
  24. Aku jadi teringat mak nyak yang mengalami kebutaan, mengapa menurut dokter akibat terlalu lama memakai obat tetes mata ya...sebagai artis tentu tidak sembarang obat tetes mata yang beliau pergunakan pasti yang terbaik.

    Ceritanya gini:

    Menurut pihak keluarga, penyebab Aminah terkena glaukoma adalah penggunaan obat tetes mata yang berlebihan.

    Glaukoma merupakan gangguan penglihatan yang disebabkan oleh kerusakan saraf optik yang biasanya diakibatkan karena adanya tekanan di dalam mata.

    Sayangnya, glaukoma tidak dapat diobati atau diperbaiki kembali.

    Awalnya Aminah hanya menderita katarak, namun saat ia diberi obat tetes oleh dokter Aminah justru menggunakannya dalam dosis terlalu banyak.

    Obat tetes mata yang dijual bebas memang dapat membantu orang dengan keluhan mata kering, iritasi, atau mata merah.

    Tetapi penting untuk memperhatikan cara menggunakan obat tetes yang benar untuk mencegah terjadinya infeksi mata.

    Dokter mata James Salz, MD, profesor klinis oftalmologi di University of Southern California di Los Angeles dan juru bicara American Academy of Ophthalmology menjelaskan kalau menggunakan produk ini terlalu sering atau terlalu banyak setiap hari berturut-turut justru dapat membuat kemerahan dan iritasi pada mata bertambah parah akibat bahan pengawet yang dikandungnya.

    Untuk itu, pastikan selalu mengikuti petunjuk pada botol dan dokter Salz menyarankan untuk mengaplikasikan obat tetes mata dengan cara aman seperti berikut.

    Mulailah dengan mencuci tangan dan jangan menyentuh ujung pipet obat tetes mata dengan tangan yang kotor agar tidak menyebabkan bakteri menyebar melalui pipet dan berpindah ke mata.

    Lihatlah ke ke atas dan sedikit melotot untuk menjauhkan bulu mata dari bola mata lalu teteskan obat tersebut di tepi mata...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kasian juga ya aminah. memang seharusnya obat tetes mata tidak boleh digunakan dlm jangka wkt panjang. jika sudah beberapa hari menggunakan tapi mata tak kunjung sembuh, lebih baik konsultasi ke dokter.

      petunjuk dikemasannya pun sudah ada info terkait hal tersebut.

      terimakasih bnyk info nya mas..

      Delete
  25. insto ini temenku pas masa2 kuliah ;p... selalu tersedia, krn zaman kuliah sih yg kegiatanku lbh padat dan kebanyakan di depan laptop... mata makanya paling sering pegel dan suka merah.. insto selalu jd penyelamat pertama... :) aku suka pake insto krn dingin di mata... ga pedih kyk bbrp merk tetes mata lain .. harga jg murah , dan efekny cepet banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, aku setuju sama mbak fanny. insto itu dingin di mata. pernah aku nyoba merk lain, eh pas dipake perih banget.

      jadilah aku beralih ke insto lagi..

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...