Sunday, July 14, 2019

Inilah 5 Alasan Mengapa Sebuah Bisnis Harus Memiliki Website

Mengapa Bisnis Harus Memiliki Website

"Betul ini dengan ibu tia yang beralamatkan di larangan selatan, tangerang" Bapak-bapak dengan suara tegas nan galak bergema dari balik telepon.

"Iya betul, dengan siapa ini?"  tanya saya bingung

"Kami dari pihak beacukai, menginformasikan bahwa barang ibu kami tahan karena mencurigakan"

"Barang apa ya pak?"

"Ibu mendapat kiriman paket kilat yang berisi susu dancow, bener ini milik ibu?"

"oh, iya betul pak, saya baru saja belanja online"

"Harap ibu tanyakan pada penjual dan konfirmasikan ke kami nomor ppn dari barang ini, jika terbukti tidak ada nomor ppn maka barang ini terbukti illegal dan ibu kami kenakan sanksi hukuman penjara selama 3 tahun dengan tuduhan sebagai penadah. 

Itulah kejadian yang saya alami beberapa hari yang lalu, tidak lama setelah saya melakukan belanja online. 

Ya. Ibu-ibu mana yang tidak tergoda ketika mendapati suatu barang yang harganya jauh lebih murah dibandingkan harga dipasaran? Pasti tergoda dong, terlebih barang tersebut adalah barang yang benar-benar sedang dibutuhkan. 

Saya yakin, kebanyakan ibu-ibu, ketika berbelanja selalu mencari barang dengan harga yang lebih murah. Hal ini dilakukan demi menjaga kestabilan perekonomian rumah tangga. Betul ngga? 




***

Di suatu siang yang cerah, ketika saya sedang scrolling-scrolling akun instagram, tiba-tiba berseliweran sebuah iklan yang menjual berbagai keperluan bayi seperti susu dan pampers dengan harga yang sangat murah. Sebagai ibu-ibu, tentu saya sangat tergoda. Bayangkan, anak saya dalam sebulan bisa menghabiskan 5 dus susu ukuran 800 gram dan 5 bal pampers. Lumayan banyak kan? 

Sementara toko susu online yang saya temui ini menawarkan harga yang sangat murah bahkan dua kali lipat lebih murah dari harga di pasaran. Kontan, saya pun tertarik untuk membeli meski saya sedikit ragu karena harga yang ditawarkan ini sangat tidak wajar. Saya sempet berpikir “jangan-jangan, ujung-ujung nya penipuan nih”. 

Namun, berbekal rasa penasaran saya yang amat tinggi. Pada akhirnya saya melakukan pemesanan. Saya memesan dua susu dancow ukuran 800 gram dengan harga Rp 37.000 saja. Sehingga jika ditotal, saya harus membayar Rp 94.000 sudah beserta biaya ongkirnya. Padahal kalau beli di minimarket, swalayan atau toko susu harga sebesar itu hanya cukup untuk membeli 1 dus saja. 

“hemat banget kalau memang benar bukan penipuan” pikir saya 

Setelah proses transaksi selesai, tidak beberapa lama saya mendapat telepon yang mengatasnamakan beacukai. Beliau mengatakan bahwa barang yang saya pesan berupa susu dancow ini merupakan barang yang mencurigakan sehingga barang tersebut harus ditahan. Beliau menyatakan bahwa barang yang saya beli ini diduga barang illegal karena tidak ada nomor ppn nya. 

Lalu, saya diminta menghubungi penjual untuk meminta nomor ppn. Jika tidak ada nomor ppn maka penjual dan juga saya selaku pembeli akan dikenakan sanksi pidana berupa penjara selama tiga tahun. Ya. Saya dianggap sebagai penadah.

Sempat shock ketika mendapat telepon seperti itu, tetapi untungnya saya segera menyadari bahwa mereka ini adalah komplotan penipu. Banyak sekali hal-hal yang mengganjal. 

#1. Penjual mengaku memiliki toko offline di Bandung. Lalu, bagaimana bisa tiba-tiba barang saya ada di bandara dan kena pemeriksaan dari beacukai? Sejak kapan Bandung-Tangerang harus naik pesawat? 

#2. Apakah mungkin pihak beacukai menelpon menggunakan nomor pribadi? 

Ah, sungguh dugaan saya terbukti. Ini adalah penipuan berkedok jualan online. 







Di era digital seperti sekarang ini, Bisnis online telah menjadi primadona. Pun kita sebagai konsumen, kini lebih suka berbelanja secara online karena lebih praktis dan hemat waktu. Namun, banyak orang-orang nakal yang memanfaatkan bisnis online sebagai kedok untuk melakukan penipuan. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati jangan sampai tertipu seperti saya. 

Ketika ingin berbelanja online, setidaknya ada dua hal yang harus diperhatikan. 

#1. Testimoni Pembeli 

Toko online shop itu bak jamur di musim hujan, banyak sekali jumlahnya. Oleh karena itu, kita harus jeli dan teliti saat ingin berbelanja. Jangan tergoda dengan penawaran yang terlampaui murah harganya. Bisa saja itu adalah kedok penipuan seperti yang saya alami, atau bisa saja barang yang diberikan adalah barang reject atau bekas. 

Perhatikan pula testimoni dari pembeli. Toko online yang besar dan terpercaya sudah pasti memiliki banyak testimoni positif. Dalam kasus saya kemarin itu memang benar-benar tidak ada testimoni sama sekali. 

#2. Pastikan Memiliki Website 

Toko online yang benar-benar terpercaya biasanya memiliki website untuk memasarkan produknya. Agar lebih aman, usahakan berbelanja di website toko online yang sudah berdiri lama dan memiliki nama. 

Pun begitu bagi kamu yang ingin menjalankan sebuah bisnis. Usahakan untuk memiliki website profesional mengingat marak sekali kasus penipuan yang terjadi belakangan ini. Dengan memiliki website maka bisnismu akan terlihat lebih terpercaya.








Meski berbelanja online telah menjadi kebiasaan masyarakat jaman now, namun seiring dengan semakin maraknya kasus penipuan yang berkedok jualan online, banyak konsumen yang lebih berhati-hati ketika hendak berbelanja online.

Baca juga : Waspada penipuan berkedok jualan online

Umumnya, konsumen akan lebih percaya untuk berbelanja pada toko online yang juga memiliki website. Oleh karena itu, ada baiknya jika sebuah bisnis memiliki website profesional. Sebab, hal ini dapat meningkatkan citra baik di mata konsumen.

Berikut 5 keuntungan yang didapat jika sebuah bisnis memiliki website.


bisnis harus memiliki website


#1. Meningkatkan Daya Saing 

Tak bisa dipungkiri, persaingan dalam dunia bisnis kini semakin ketat. Agar bisnis yang kita jalani bisa tetap eksis maka kita harus bisa bersaing dengan kompetitor. Membuat website bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan daya saing. Dengan memiliki website, kita bisa mengenalkan berbagai macam produk kepada konsumen sehingga penyebaran informasi menjadi lebih efektif. 

#2. Memperluas Target Pasar 

Website dapat membantu memperluas target pasar bahkan hingga sampai ke luar negeri. Pasalnya, website terkoneksi ke internet yang mana dapat diakses oleh pelanggan sepanjang waktu. Hal ini tentunya dapat berdampak positif untuk meningkatkan penjualan. 

#3. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen 

Sebenarnya tak ada salahnya jika melakukan bisnis online melalui media sosial maupun marketplace. Namun, memiliki website menjadi poin tambahan tersendiri sebab dapat meyakinkan dan membangun kepercayaan konsumen. 

Kepercayaan konsumen memiliki peranan yang penting, terlebih semakin banyaknya isu penipuan dalam sebuah bisnis online. Akibatnya konsumen menjadi ragu-ragu untuk mulai berbelanja pada sebuah toko online. 

Sebuah bisnis yang memiliki website lebih terpercaya karena adanya kejelasan mulai dari produk yang dijual, cara pemesanan dan juga proses pembayaran. Jika pelanggan sudah mendapat kepercayaan maka otomatis mereka akan loyal terhadap toko online kita. Dengan begitu,pelanggan tak akan ragu untuk mengulangi transaksi kembali. 

#4. Meningkatkan Pelayanan pada pelanggan 

Website memudahkan pelanggan untuk melakukan transaksi. Sebab dapat difungsikan sebagai layanan customer yang siap melayani pelanggan dalam 24 jam sehari. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan karena tak perlu menunggu lama untuk mendapat respon dan bantuan. Kemudahan komunikasi antara penjual dan pelanggan ini membuat pelanggan merasa lebih aman untuk bertransaksi. 

#5. Memberi Kemudahan pelanggan untuk mendapatkan informasi 

Website dapat memberikan deskripsi lengkap mengenai produk yang akan dijual, menginformasikan produk terbaru maupun penawaran atau promo spesial yang sedang berlangsung sehingga membuat pelanggan semakin yakin untuk memiliki produk tersebut. 

Lalu bagaimana jika pelaku bisnis masih awam dalam pembuatan website? 

Jika para pelaku bisnis masih awam dalam pembuatan website, tak perlu bingung dan berkecil hati karena sekarang ini banyak sekali jasa pembuatan website berkualitas. Jasa pembuatan website ini dapat membantu bisnis kita lebih berkarakter, bercerita dan menginspirasi. Dengan begitu bisnis kita bisa jauh lebih berkembang serta bisa mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas.

Salah satu jasa pembuatan website berkualitas yang terpercaya adalah grapiku. Layanan desain website grapiku dapat membuat website bisnis kita menjadi lebih mudah dikenal dan diakses sehingga dapat mendatangkan lebih banyak customer.








Jasa pembuatan website dari grapiku merupakan pilihan yang tepat untuk mengembangkan sebuah bisnis online. Berikut alasannya.

jasa pembuatan website berkualitas


#1. Tampilan modern dan berkarakter

Grapiku mendesain website yang sesuai dengan kebutuhan kita. Website yang dibuat benar-benar mempresentasikan brand atau produk yang akan kita pasarkan. Desainnya pun akan dibuat menarik, modern dan responsif diberbagai layar perangkat.

#2. Keamanan dapat diandalkan 

Selain membuat desain dengan tampilan yang menarik, grapiku juga merancang website dengan sistem yang stabil dan kuat untuk meminimalisir celah penyusupan. Selain itu, grapiku juga meng-update sistem dan keamanan secara berkala sehingga website menjadi aman dan dapat diandalkan. 

#3. Dioptimasi untuk meningkatkan penjualan

Tidak hanya tampilan desain yang menarik, grapiku juga membuat website menjadi benar-benar bekerja sehingga dapat mendatangkan pelanggan dan keuntungan. Setiap website yang dibuat oleh grapiku telah melalui riset dan analisis kata kunci yang mendalam serta telah dilakukan optimasi mesin pencari google sehingga website dapat tampil dan bersaing dengan kompetitor di mesin pencarian yang diakses jutaan calon konsumen potensial.

#4 Harga Murah dan Pengerjaan Cepat 

Grapiku dapat memberikan harga penawaran yang kompetitif atau dapat pula disesuaikan dengan budget yang kita miliki. Selain itu proses pengerjaannya juga cepat, yakni rata-rata 10 sampai 14 hari kerja.

#5 Layanan Customer Service 24 jam 

Grapiku berfokus pada kepuasan pelanggan sehingga jika mengalami kendala teknis kita bisa konsultasi dengan bantuan layanan customer service yang siap melayani selama 24 jam.

Berikut ini merupakan proyek website yang pernah dikerjakan oleh grapiku

grapiku
Website karya grapiku



Maraknya kasus penipuan yang terjadi belakangan ini, membuat masyarakat menjadi lebih berhati-hati ketika hendak berbelanja online. Terlebih jika toko online tersebut belum memiliki nama dan tidak memiliki website bisnis. Oleh karena itu, memiliki website bisnis merupakan hal penting bagi para pelaku usaha.

Membuat website bisnis pun mudah, cukup dengan menggunakan jasa pembuatan website grapiku. Maka tak perlu menunggu lama, website yang diinginkan pun dapat kita miliki.

 Ayo tunggu apalagi. Saat nya go online bersama grapiku.




Salam,

38 comments :

  1. Iya saya juga kalau ada brand baru dan saya tertarik sama produknya, saya coba googling dulu. Kalau nggak ada websitenya saya urung membeli. Daripada tertipu, soalnya sudah pernah tertipu jutaan rupiah nggak mau terulang lagi. Jadi bagi pebisnis, punya website itu sangat amat penting dalam menjaga kepercayaan konsumen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul betul betul (gaya upin-ipin)..
      jaman sekarang penipu semakin merajalela, makanya para pebisnis harus banget punya website, biar konsumen semakin percaya.

      Delete
  2. dan sosmed official!

    dan aku juga masih nggak habis pikir sama orang-orang yang bisnis yang masih promoin produknya di koran

    I mean, siapa sih jaman now yang baca koran?

    bapak-bapak palingan, dan mereka nggak hobi belanja yekan let's be real kwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduduw.. kalo di koran mah kayaknya hampir ga ada yg baca.
      sekalipun itu orang suka baca koran, pasti bagian iklannya dilewatin deh..

      Delete
  3. Di zaman now kalau pelaku bisnis nggak ada websitenya patut sekali dicurigai, bisnis mereka bisa jadi abal2

    ReplyDelete
  4. Zaman sekarang sudah canggih, apa apa orang intip intip Internet. Sehingga membuat Website untuk pelaku usaha merupakan tindakan yang cerdas , sebab akan banyak orang yang akan melirik usaha dan layanannya via Internet.

    #KOMENT saya Serius banget yah, maklum Otak saya sedang brillian, hahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kang Nata abis minum stimuno ya :D

      Delete
    2. Salah mbah rey, kang nata abis makan bawang putih sekarung hahahhaa

      Delete
    3. hahaha.. tuh kang nata diledekin tuh.. wkwk

      iya dong kang nata briliant. kalo gak briliant mana mungkin bisa kelola blog asikpedia. hiya.. hiyaaa.. :D

      Delete
    4. wkwkwkwkw, iya ya, kang Nata kan brand ambassador dari bawang putih ahahahahah

      Delete
    5. hahaha....pantes saja telinga saya kayak agak berdengung gitu, rupanya ini penyebabnya,hahaha...

      Mbak Rey > hihihi...belum pernah minum Stimuno, hkhkhkhk, rajinnya cuma makan bawang putih. :), duhhh...saya jadi duta bawang putih nih, kira2 bakal mendapat penghargaan ngak yah. :)

      Ursula > nahh...Mbak Meta baru Betoelll...., 100 deh buat Mbak Meta dan buat saya 1000, wkwkwkwk....

      Thya > hihihi..iya, gue seneng diledekin, biar nanti bisa bales ledekin balik, hkhkhkhk....

      #Gue Brillian...? kayaknya ngak deh, tapi Jenius, hkhkhkhk....#bercanda.

      Delete
    6. iya deh iyaa..
      kang nata mah emang yang paling jenius.. terbaik deh.. wkwk

      Delete
    7. hahahahaa, bener juga ya, soalnya saya mulai ngeh kang Nata itu gara-gara postingan Stimuno, dan tahu nggak sih, gara-gara itu saya beli stimuno sampai 2 botol hahaha.

      Setelah itu saya ganti deh vitaminnya anak, tapi masa iya saya kasih bawang putih aja kali ya heheheh

      Delete
  5. Setuju banget, website itu penting.
    Meski gak banyak isinya, tapi minimal ada keterangan lengkap, di mana lokasi dll.

    Apalagi kalau bisnisnya di googlingkan dengan cara testimoni pembeli.

    Btw, saya baru tahu nih grapiku, praktis banget ya buat bisnis.
    Ayo atuh bikin buat bisnisnya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. iya nihh sendirinya blm punya website bisnis.. wkwk..
      kepingin juga sih punya website, tapi nanti kalau barangnya udah produksi sendiri.. :D

      Delete
    2. Setujuuuu, bisnis produksi sendiri itu lebih bagus sih menurut saya, rempong, tapi semua di bawah kendali kita.
      Kalau reseller selalu bergantung ke produsen :D

      Delete
  6. Ya hari ini tanpa website bisnis kita cuman akan jadi butiran debu 😏

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagaikan sayur tanpa garam ya bang day.. hehe

      Delete
    2. bahkan mungkin sayuran tanpa kuah hehehehe

      Delete
  7. Sekarang jasa pembuatan website makin banyak ya, inget banget jaman pertama kenal blog thn 2011an, waktu itu aku masih kuliah, beli domain yg bisa dipercaya ga banyak situsnya, skrg makin banyak, tinggal bandingkan aja segala sesuatunya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak, jaman dulu mah susah ya mba..
      sekarang udah menjamur banget. tinggal pilih aja cucoknya sama jasa mana..

      Delete
  8. Oalah, ketemu penjual abal2 to mba. He eh, bener banget...belanja online perlu hati2 dan teliti. Dan hari gini, kepemilikan web untuk usaha penting banget...bahkan usaha2 yang terlihat sepele sekalipun

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaa.. modus penipuan banyak bgt sih sekarang, jadi perlu waspada..

      Delete
  9. Jaman skarang berpindah ke dunia maya mulai dr toko dll 😃
    Betul sekali website salah satu identitas sih
    Mungkin medsos juga bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya medsos juga bisa, tapi punya website lebih terpercaya

      Delete
  10. hari gini bisnis nggak punya website bakl tertinggal deh, memang ad yang make fb atau wa tapi hasilya nggak sebaik bila punya web sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul-betul..
      pakai fb dan wa juga gak masalah untuk pemasaran, tapi harus punya website nya juga.

      Delete
  11. Alhamdulillah saya belom pernah kena tipu pas belanja onlen... Jangan sampe deh... Bener banget nih, saya termasuk orang yg suka cek sana-sini kalo mau belanja online dan salah satu yg saya cek ya website gitu..
    Alhamdulillah ada layanan Grapiku nih.. Semoga bisa membantu para pebisnis online utk membuat bisnisnya bisa lebuh dipercaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, jangan sampai kena tipu mba, nyesek. hehe
      kita harus cermat pilih-pilih toko online ya skrg..
      semoga banyak juga pebisnis yang melek teknologi dan mulai mengembangkan bisnisnya dg membuat website.. dan grapiku bisa jadi pilihan..

      Delete
  12. Sekarang web di mana-mana. Semua butuh website sampai desa saja dibuatkan website. Keinget dulu pas pertama jaman ngeblog tahun 2008 masih belum ada istilah jualan online. Ya zaman terus berkembang, tinggal bagaimana kita menyikapinya dengan hal positif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wew, ngeblog dari 2008, keren juga kak.
      iya, jaman terus berkembang, kita harus bisa ngikutin biar gak ketinggalan ya..

      Delete
  13. Baru-baru aja nih saudara ane kena tipu sama barang online. Ga ngerti dah gimana itu kejadiannya. Makanya ya mba, kalo mau beli-beli online harus hati-hati ya mba. Harus juga dipastiin si toko online juga punya website :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhu.. ya kan banyak banget penipuan dari belanja online..
      bener-bener harus cermat pilih online shop yaaa..
      bener mas, harus perhatiin juga toko online nya punya website atau engga..

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...