Tuesday, December 11, 2018

Cerita Ulang Tahun Pertama Arfan


Alhamdulillah, Arfan anak saya udah umur setahun aja. Pengennya sih bilang “Gak terasa ya, udah umur setahun aja?” tapi kalau dipikir-pikir ya berasa juga, apalagi di tiga bulan pertama, begadang terus mak. Udah gitu Arfan ini kalau belum denger adzan subuh belum mau tidur. Gimana gak lemes kan saya pagi nya.. 

Gitu juga gak sih kalian mak mamak?? Pasti sama sih ya.. 




Oke, balik lagi ke ulang tahun Arfan. 
Kemarin, 8 Desember 2018, Anak saya sudah umur 1 tahun. Alhamdulillah, Selamat ulang tahun Arfan Muttaqi Dinastian, Semoga panjang umur, sehat selalu, jadi anak yang soleh, doyan makan terus biar mamak gak pusing, selalu ceria kayak sekarang dan semakin pintar.  Amiinn...

Di ulang tahun pertama Arfan ini sebenernya gak ada perayaan yang ngundang temen-temen gitu sih, cuma acara kumpul-kumpul keluarga aja, ngobrol, makan-makan, tiup lilin, bagi-bagi kue ke tetangga. Udah gitu aja. 


Awalnya sih, ulang tahun pertama ini mau dirayain di McD, ngundang temen-temen gitu. Bahkan rencana nya juga mau ngundang fotografer kesayangan yang udah langganan motoin saya sama suami dari jaman pacaran, nikah sampe hamil kemarin. Iya, fotografernya temen sendiri soalnya. hehe..

Kayaknya seru aja kalau bisa ngerayain ulang tahun pertama anak meskipun memang sih anaknya belum ngerti. Tapi lumayan kan buat kenang-kenangan. Maklum, mamak excited ulang tahun pertama, anak pertama. Pengennya yang ‘wah’ gitu tapi apa daya pas di cek harganya, kok ya ternyata gak sesuai budget. 

Sebenernya bisa aja sih sesusai budget asalkan ngundang nya sedikit. Tapi gak mungkin karena anak-anak kecil di rumah tuh banyak banget, kalau gak di undang semua bisa-bisa yang lain iri. Yaudah deh, daripada maksain ngerayain ulang tahun yang biayanya bisa buat nyicil rumah 2 bulan, Saya memutuskan untuk dirayakan bareng keluarga aja. Lumayan ramai juga kok karena ada orang tua saya dan keluarga mertua juga. 

Kue Ulang Tahun Arfan 

Meskipun hanya dirayakan bareng keluarga, tetapi saya kepingin ada yang istimewa. Iya, saya kepingin kue ulang tahun Arfan bentuknya 3D, gak mau kue ulang tahun yang biasa aja. (emang ya, mamak banyak mau nya). Niat nya sih emang buat foto-foto biar Instagramable gitu. haha, maafkan mamak

Saya mulai memikirkan tema kue ulang tahun ini dari sebulan sebelum hari H. Awalnya mau pakai tema drum band karena si Arfan ini lagi hobi banget main drum. Tapi pas diliat-liat kue 3D yang bentuknya drum kok keliatan dewasa banget ya, kayaknya gak cocok buat anak usia 1 tahun. 

Kurang cucok kan ya buat anak satu tahun

Akhirnya setelah mikir-mikir lagi, saya memilih tema spiderman untuk kue ulang tahun Arfan. Setelah tema ditentukan, lalu saya pun mencari-cari vendor kue ulang tahun di IG yang harga nya sesuai sama budget. Eh, ternyata harga kue ulang tahun 3D tuh mahal juga yak. Kaget saya. Haha.. tapi untungnya sih, nemu harga yang cucok juga. Alhamdulillah.. 

Dan beginilah bentuk kue ulang tahun Arfan yang lebih mengedepankan tampilan ketimbang rasa. hehe.. tapi Alhamdulillah rasa kue nya juga enak kok.


Tjakep gak?

Makanan dan Dekorasi 

Untuk makanan simpel aja sih, bahkan saya gak bikin tumpeng. Kebetulan lagi rempong juga karena ada acara kerja bakti di rumah dan saya juga berencana mau bagiiin kue ulang tahun aja untuk tetangga-tetangga. Jadi gak usah ribet-ribet bikin tumpeng. 

Makanan besar, Ibu saya yang masak. Doi masak gulai ayam tua, lalap daun singkong plus bikin sambal ijo, terus ditambah lagi ada sate kambing dan sate ayam. Ini beli nya juga dadakan karena request dari adik ipar pas diperjalanan menuju ke rumah saya. 

Saya sendiri cuma bikin puding aja. Pagi-pagi sebelum subuh saya bikin puding kira-kira 50 buah. Ditambah saya juga beli kue-kue buat cemilan dan juga beli kue ulang tahun (lagi) di Holland bakery. Nah, kue ulang tahun yang ini yang nantinya mau dibagi-bagiin buat tetangga. 

Dekorasi juga nyiapinnya dadakan. Saya cuma beli tirai-tiraian (apa sih namanya?) warna merah biar sesuai sama tema kue ulang tahun nya dan beli balon sepuluh biji plus balon angka 1. Udah gitu aja. Serba beli semua. Hehe..  

Gak dirayain kok pakai dekorasi segala sih?? 
Iyalah, biar tjakep buat foto-foto tauk. 

gini mak jadinya. simpel kan?

Gitu mak, jadi di ulang tahun pertama ini hanya mengedepankan foto-foto aja. ehe-ehe.. 

Perayaan Ulang Tahun 

Bingung juga sih, kalau ditanyain perayaannya gimana aja. Intinya sih, sehabis asar mandiin Arfan, pakein baju yang tjakep abis itu foto-foto. Udah gitu aja. 

Arfan is turning one. Yeayy..
Ayah, Ibuk, Arfan

Duo mbah uti

Gak ada acara tiup lilin karena anaknya udah riweh sendiri. Kayaknya sih ngantuk gegara rame orang di rumah, jadi doi gak bisa tidur siang. Acara potong kue pun gak ada karena sayang banget itu kue mau dipotong-potong.. haha. Tapi pada akhirnya dipotong juga kok. 

Intinya ulang tahun pertama ini cuma kumpul-kumpul keluarga aja. 

Oya, kalau mau dikalkulasiin, Ini rincian biaya acara ulang tahun kemarin 

Kue ultah 3D : 470.000 
Biaya antar grab car : 80.000 
Kue-kue camilan : 200.000 
Kue ultah holland bakery : 170.000 
Sate 40 tusuk : 70.000 
Puding : 56.000 
Makanan besar (gulai ayam) : Sponsor by Ibu :) 
Dekorasi (tirai2an, balon) : 35.000 
Total : 1.081.000 

Lumayan juga ya kalau diitung-itung. Mahal di kue aja si sebenernya. Tapi gakpapa, saya puas kok. Hehe. 

14 comments :

  1. Sebenarnya untuk kue nya masih bisa dibuat harga dibawahnya. Untuk soal photographe bisa menggunakan handphone atau mungkin juga bisa diabadikan lewar video terus di upload di youtube. Lebih keren kan? jika kenangan itu abadi ditaruh di youtube.
    Saya sering di undang tetangga untuk shoot, yaitu peralaran hanya bermodal hape.
    Selamat ulang tahun, panjang umur dan sehat terus. Tapi jangan lupa, kirim kue nya juga dong kemari :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kalau kue yg biasa aja mas. kalo kue 3D rata2 1 jutaan harganya.
      hihi.. iya, pada akhirnya juga pake hp aja foto2nya.

      Amiinn makasi mas.. kue nya dikirim gambarnya aja ya ;)

      Delete
  2. Selamat ultah adik ganteng, semoga berkah selalu hidupnya, sehat dan bahagia selalu, aamiin :)

    Anak pertama saya juga dulu lumayan heboh ultahnya, tapi cuman ngundang keluarga saja sih.

    Anak kedua malah sama sekali ga ada perayaan hahaha, even cuman potong kue.

    Soalnya udah pengalaman anak pertama, jadi semacam kebiasaan harus pakai kue.
    Mamak kan irit bin pelit hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinn.. Makaciww bunda rey.

      Iyak betul. Jadi mamak2 tuh kudu irit demi stabilitas perekonomian keluarga. Haha

      Delete
  3. Hihi kuehnya meriah banget onty mau donk de hehee selamat ulangtahun sayang semoga panjang umur dan sukses kelak setelah dewasa ya nakkk

    ReplyDelete
  4. Selamat ulang tahun adik Arfan 🎂
    Sehat selalu dan tambah pinter ya.

    Kue taartnya spiderman ... keren.
    Akupun rasanya ngga tega buat buru-buru dipotong... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kak..

      hihi.. iya. pengennya dipajang aja tapi nanti basi ;D

      Delete
  5. Waaah anak kita hampir seumuran. Barakallah yaa.... Semoga harapan ayah dan ibunya tercapai. Aamiin

    ReplyDelete
  6. Wahaaaaa hppy b-day naq ganteng, hihihi
    Moha panjsng umur, selalu dilimpahi rejeki dsn kesehatan jadi anak sholehnya mama papa

    Itu kertas tirai2an wrap kali ya, ?
    Emang ya kita mamsk milenial pinginnya mah futa futu hsha, akupun jg gitu ngabadikeun moment yg ga bakal keulang

    Tp makanannya byk juga ti, gulai ayam tua, daun singkong, sambel ijo, ku berasa ada di rm padang, ntabzzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. makaciw onty nitaaa mbul..

      mamak milenial yg penting hitz yaa.. haha

      lah iya yaa, kok kayak menu di rm padang, baru nyadar aku tuh.. hahaha

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...