Sunday, December 09, 2018

Apa Saja Sih Isi Kotak Seserahan Pernikahan?


Haloo calon pengantin. Eciee pengantin.. 
Sudah sampai mana nih persiapan pernikahan nya? Seserahannya sudah disiapkan belum? Kalau saya mah udah dong. Iyalah, kan nikahnya juga udah. Hehe.. 

Bingung gak sih nyiapin isi seserahan? Kalau dulu saya sih bingung, tanya sana-sini, baca-baca di mbah google, bacain beberapa pengalaman orang sampai akhirnya paham. Pas udah paham? Ya jelas dong, saya langsung ngelist apa aja yang harus saya beli untuk mengisi kotak seserahan. 




Emang seserahan itu wajib gak sih? 
Pada dasarnya, seserahan itu gak wajib si hukum nya namun sudah menjadi tradisi terutama di masyarakat Indonesia. Menikah tanpa ada seserahan kok ya rasanya seperti ada yang kurang dan sudah pasti dinilai tidak etis dan kurang pantas dong ya. Betul ngga? 

Justru yang wajib itu sebenarnya adalah mahar alias mas kawin. Jadi, jangan sampai ketuker ya para calon pengantin. Utamakan mahar nya, baru deh pikirin seserahannya. Dan untuk mahar sendiri, saran saya sih, mahar itu lebih baik bukan seperangkat alat solat. Sepengalaman saya, dari beberapa teman yang menikah, pak penghulu tidak mau menikahkan jika maharnya adalah seperangkat alat solat. Mungkin dinilai terlalu rendah harganya kali ya. Dalam artian, seserahan yang tidak wajib hukum nya saja mampu kita penuhi, eh kok mahar malah lebih kecil nilainya. 

Yakin deh, kalau diitung-itung pasti biaya seserahan lebih tinggi ketimbang mahar (kalau maharnya seperangkat alat solat ya). Beda lagi ya kalau dibandingin sama jaman Rasullullah. Di jaman beliau kan gak ada seserahan-seserahan macem kita. Jadi saya rasa sih sah-sah aja memberikan mahar apapun. semampunya mempelai pria aja. 

(Koreksi ya kalau ada salah. Saya juga belum mempelajari lebih dalam lagi sih. Ini hanya berdasarkan pengalaman saja). 

Oke, balik lagi ke seserahan. 

Jadi apa aja sih isi seserahan itu? 
Biasanya seserahan itu isinya adalah kebutuhan sandang, pangan dan papan untuk sang istri. kita juga boleh request isi seserahannya apa aja, asal jangan kelewatan ya, request sesuai dengan kemampuan calon suami. Takutnya calon suami gak sanggup, trus gak jadi dinikahin deh. Kan kasian kamu nya. Hehe.. 

Nah, kalau kamu masih bingung barang apa saja sih yang biasanya dijadikan isi seserahan. Ini saya kasih contekan daftar seserahan saat saya menikah dulu. (eciee yang udah nikah). 

tapi mon maap yaa gak ada foto-foto nya. Gak sempet saya foto-fotoin waktu itu. 

Perlengkapan Solat 
Ketimbang dijadikan mahar, perlengkapan solat lebih baik dijadikan isi seserahan. Perlengkapan solat ini biasanya terdiri dari mukena, sajadah, Al-Quran dan Tasbih. 

Perlengkapan mandi 
Peralatan mandi saya mah simpel, cuma sabun, shampo, sikat gigi, pasta gigi, handbody dan handuk. Oya, saya juga beli lulur mandi yang berujung gak kepakai sampai sekarang. Padahal niat nya kalau udah nikah mau rajin luluran tapi apa daya kalau niat hanya sekedar niat. Haha.. 

Jadi, di list baik-baik ya. Beli lah isi seserahan yang benar-benar bermanfaat dan yakin akan kamu pakai. Biar gak mubazir. Ehe.. 

Perlengkapan Make Up Kalau saya kemarin beli sepaket wardah, isinya ada bedak, pelembab, lipstick, parfum, blush on, eye shadow, pencil alis, dll. Lengkap sih, Meskipun tetep ada yang sampai sekarang belum saya pakai. Emang dasar gak hobi dandan sih anaknya. Hihi.. 

Underwear 
Bra, Celana Dalam, Baju kimono yang buat tidur (apa sih namanya?). Beli nya sama mamah mertua di thamrin city. Saya minta lingerie juga tuh sebenernya, tapi gak boleh sama emak mertua. Kata doi “malu ih pakai kayak gitu” hahaha.. yaudah deh saya mah nurut orangnya. 

Perlengkapan Kerja 
Kalau ini isi nya tas kerja, sepatu kerja dan baju kerja. Tas kerja nya gak pernah saya pakai kerja karena saya pakainya tas ransel, buat bawa laptop dll. Gak kepikiran sih saya mau minta tas ransel aja, tapi tetep kepakai sih tas nya buat pergi-pergi dan kondangan. 

Perlengkapan Pesta 
Baju kebaya, sepatu high heels, tas kecil. Untuk sepatu, karena heels 7cm, jadinya baru saya pakai sekali aja ke kondangan karena gak lama saya hamil lalu punya anak, trus gak berani pakai heels lagi deh. cupu ya?  

Sprei, Bed Cover dan Selimut 
Kalau ini mertua yang beliin, saya gak ikutan. Terima beres aja. 

Kain Jarik 
Ini juga saya gak kepikiran, tapi kata mertua dan orang tua saya sih wajib. Kayaknya tradisi orang jawa deh. 

Makanan 
Ini juga pihak laki yang menyiapkan semua. Ada buah-buahan, makanan khas daerah, kue basah, kue kering, peyek dan lain-lain. Waktu itu banyak banget sih makanan yang dibawa dari keluarga suami. 

Dan lain-lain 
Nah, ini bebas kamu mau minta apa. Kalau hobi baca buku, bisa minta seserahan buku-buku bacaan favorit atau hobi koleksi tupperware, bisa juga minta seserahan tupperware keluaran terbaru. Lumayan kan nambah-nambah koleksi. Hehe 

Kalau saya kemarin, niat nya mau minta sepatu gunung. Eh, pas diliat harganya kok ya lumayan dan takut gak kepakai juga. Akhirnya gak jadi beli deh. Dan bener aja setelah menikah, saya belum sempet naik gunung lagi. 

Itu aja sih kira-kira isi seserahan saat saya menikah kemarin. Simpel kan?  

Oya, selain dari pihak laki-laki, kalau di tradisi adat saya, yaitu adat jawa, pihak perempuan juga menyipakan seserahan balik untuk pihak laki-laki tetapi isi seserahannya hanya makanan-makanan aja, seperti parsel buah, kue, lauk pauk. Tetapi ada juga sih yang memberikan kemeja, sepatu, tas dan jam tangan untuk pengantin laki-laki. Bebas sih ya, sesuai tradisi masing-masing aja. 


Gimana? Udah gak bingung lagi dong mau beli seserahan apa aja? 

28 comments :

  1. Mahar seperangkat alat sholat dan perhiasan emas. Aku gak pengen memberatkan suami. Tapi seserahannya apa aku kok lupa ya. Yang pasti dia kasih macam-macam makanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba jangan sampai memberatkan suami yaa.. kasian.
      iya sama aku juga makanan nya banyak banget

      Delete
  2. Ya Alloh jd trobek ti, rerempongan seserahan
    Dulu aku juga ribet ni utusan yg satu ini, satu sisi eman belanjsin seserahan yg kyknya byk betul daftarnya klo sercing di internet, tp di sisi lsin llo ga ada tentengan buat pantes2 itu yo gimn gitu
    akhire aku blanja dewek dong, calon waktu itu tinggal kasi sekian , kitanya yg pilih ndiri, baru ntar uda jd sana yg bungkusin...tp yg simpel2 aja, bykn takalihkan dananya justru di mas kawin, yg bisa buat investasi setelah nikah, buat jaga2 gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Alloh belanja sendiri? warbiasyaak..
      kuh mah belanja ditemenin mak mertua.. hehe

      iyak betul, yg penting mas kawinnya gede yak. wekekekk..

      Delete
  3. Seserahan memang sebaiknya yang dipakai. Ada satu seserahan yang akhirnya gak dipakai sama saya. Isinya tas perempuan. Tetapi, bukan salah suami saya juga, sih. Karena memang saya yang minta. Padahal saya gak suka pakai tas feminin. Tetap aja sukanya ranselan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama banget. ku juga suka nya ranselan.
      simpel. muat banyak lagi. hehe

      Delete
  4. ya Allah kak jadi baper bacanya kwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ojo baper mas..
      buruan cari calon nya. mehehe

      Delete
  5. Sayaaa pernah lihat isi kotak seserahan kakak saya yang dulu nikahan, beraneka macem. Mana kotak seserahannya banyak bet lagi, buset. Modal untuk menikah wadidaw ya. Ingin menikah ala-ala Suhay Salim tapi kok... KELUARGA KAMI KAN TIDAK SEPERTI SUHAY SALIM YA PUN -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyak emang banyak bgt. perlengkapan cewe kan banyak.
      disiapin dari sekarang yaa.. haha

      Delete
  6. Baca ini, jadi pingin cepat menikah.. (lhooo..?).. hahhaaha... Semoga tahun depan ! *Curcol dilapak yang salah ini, maafkan. *

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinn.. Amiiinn.. semoga tahun depan yaaa.
      gakpapa kok curcol disini ;)

      Delete
  7. seserahan hanya untuk lebih pantasnya saja. Masak tetamu atau pengantin datang tidak bawa apa-apa. Semua sesuai juga kemampuannya. Jika tidak mampu, mahar saja sudah sah dan cukuplah.
    Ah saya jadi ingat, dulu saya itu paling sering untuk menghias seserahan. Aneka bentuk semisal burung untuk kain batik atau yang lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Semampu nya aja.
      Wih, bisa hias2 seserahan gitu? Saya yg cewek malah gak bisa. Hehe

      Delete
  8. waduh banyak juga ya item-item buat seserahan nih.

    ReplyDelete
  9. Apakah semua isinya harus dipenuhi itu mbak, banyak juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak juga kok.. tergantung kebutuhan mempelai wanita.
      dan juga semampunya aja

      Delete
    2. OOO begitu, thank infonya mbak,

      Delete
  10. Hihihi aku sempet dimarahin mama pas minta seserahan 10 keranjang novel yg aku pilih sendiri wkkwkwkw. Kata mama ga lazim. Jadinya ya sudah, isi seserahan layaknya yg di atas :D. Alat sholat, pakaian dalam, sepatu, tas, aneka kain, jam tangan, buah2an dan ntah apa lg... Dr sekian banyak, yg bener2 aku ga pake, dan malah aku bagiin ke org lain, itu kain. Ya kali aku msh mau jahit baju :p. Zaman skr mah lbh murah beli baju dr butik drpd jahit :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaampun kok dibagi-bagiin? gak disimpen aja buat kenangan.
      eh temen ku juga ada kok yang isi seserahannya novel.

      Delete
  11. Saya dong ga dapat seserahan hahaha.
    kalau dipikir-pikir, aslinya nikahan orang Jawa itu juga mahal.
    Liat aja isi seserahannya banyak.

    Kalau saya dulu ga mau rempong, jadi ga pake seserahan.
    Cuman minta duit aja buat dikasih ke ortu saya.

    Gak asyik deh hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalo orang jawa seperti udah tradisi gitu mba.. pasti bawa seserahan.
      kalo gak bawa kayak ada yang kurang dan pasti digunjing tetangga.. wakakak

      Delete
  12. Ngebantu bgd ini infonya ibuk arfan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah..
      cemungud kak echy.. semoga lancar sampai hari H.. :D

      Delete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. Bener2 ngebantu banget loh ini infonya, sangat bermanfaat, Aku emang lg bingung banget soal ini hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, terimakasih..
      Alhamdulillah kalo postingannya bermanfaat. semoga lancar ya acara pernikahannya :)

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...