Budget Pas-Pasan? 5 Tips Ini Bikin Kamu Tetap Bisa Liburan Akhir Tahun


image by canva

Assalamualaikum, Netijen..

Gak berasa sudah di penghujung tahun aja ya. Siapa yang sudah punya rencana liburan untuk akhir tahun ini? 

Akhir tahun biasanya banyak orang yang sudah merencanakan liburan ke berbagai tempat wisata. Maklum, banyak tanggal merah ya kan? Belum lagi, anak sekolahan biasanya juga libur panjang di akhir tahun. Jadi, akhir tahun itu memang waktu yang pas untuk mengajak keluarga berlibur. Iya ngga? 



Namun biasanya, rencana liburan akhir tahun ini terkendala dengan masalah biaya. Semua biaya seperti tiket pesawat, hotel, sewa kendaraan sampai biaya masuk ke tempat wisata menjadi jauh lebih mahal dikarenakan permintaan yang tinggi. Tetapi tenang saja, meskipun biaya perjalanan melonjak tinggi, hal tersebut tidak lantas menjadi penghalang liburan mu. 

Kamu tetap bisa liburan dengan nyaman dan tenang tanpa bikin kantong bolong asalkan tau 5 tips berikut ini. simak ya..

1. Tentukan Destinasi Liburan 


Image by canva
Destinasi merupakan salah satu hal terpenting yang perlu dipikirkan jika kamu memiliki rencana liburan. Tentukan kemana kamu akan pergi berlibur, tempat wisata apa saja yang akan kamu kunjungi dan berapa lama kamu akan berlibur. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui berapa budget yang harus kamu keluarkan.

Jangan lupa pilih destinasi liburan yang sesuai dengan budget. Jika budget mu besar, kamu bisa pergi berlibur ke destinasi impian mu. Namun, jika budget nya tipis, tak perlu memaksakan. Pilih saja tempat berlibur yang terjangkau, yang penting tetap seru dan menyenangkan.

2. Cari Tiket Promo


image by canva

Akhir tahun biasanya banyak agen travel online yang menawarkan promo-promo tertentu. Kamu harus memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mencari tiket pesawat, hotel dan paket wisata. Dengan begitu liburan mu jadi lebih hemat.

3. Perkecil Budget Oleh-Oleh


image by canva
Percaya gak kalau belanja oleh-oleh bisa bikin pengeluaran mu membengkak? Terlebih lagi saat liburan akhir tahun seperti ini, harga barang-barang atau cendera mata di tempat wisata pasti melambung tinggi. Untuk itu sebelum pergi berlibur, kamu perlu menentukan budget terlebih dahulu. kalau perlu pisahkan budget untuk oleh-oleh dengan keperluan lainnya agar dompet mu tetap terjaga kesehatannya.

Namun jika budget mu memang sangat pas-pasan, tidak wajib kok membeli oleh-oleh. Jangan sampai kamu stress setelah pulang liburan gara-gara dompet mu terkuras. Ingat, tujuan liburan kan untuk menghilangkan stress. Jadi, tak perlu dipaksakan ya..

4. Persiapkan Barang Bawaan 


image by canva
Buat daftar barang apa saja yang akan kamu bawa saat liburan nanti. Dan pastikan jangan sampai ada yang tertinggal karena bisa bikin pengeluaran kamu makin bertambah. Misalnya peralatan mandi atau pakaian dalam yang sudah kamu siapkan ternyata ketinggalan, pastinya kamu akan beli lagi dong. Pengeluaran jadi bertambah deh.

Jadi dicek dulu ya sebelum berangkat.. 

5. Cari Uang Tambahan


image by canva
Nah, penting nih. Kalau kamu bisa cari uang tambahan, lumayan kan bisa nambahin dana liburan mu. Uang tambahan bisa didapat dari mana saja tergantung hobi dan bakat mu. Bisa mengajar privat, jualan online, project desain grafis atau menjadi content writter. Bebas aja, sesuaikan dengan keahlianmu.

Kalau kamu blogger seperti saya, kamu bisa ikutan lomba menulis blog. Lumayan loh kalau menang, bisa dapat jutaan rupiah. Dijamin liburan mu pasti terlaksana.

Lomba menulis blog yang paling recomended adalah lomba blog dari DUMET School. Mengapa Dumet School? karena lomba blog ini diadakan setiap bulan dengan tema artikel yang berbeda-beda, jadi peluang untuk menang pun lebih banyak. Selain itu, lomba blog ini bisa diikuti oleh siapa saja, termasuk blogger pemula. Jadi buat kamu yang baru mulai ngeblog, boleh banget untuk ikutan lomba ini.


Belum lagi ada total 10 pemenang yang akan dipilih oleh tim Dumet School. Banyak banget kan? Jadi kamu punya peluang yang lebih banyak untuk mendapatkan hadiah. Total hadianya jutaan rupiah, lho. Jadi jangan sampai gak ikutan ya. 




Agar bisa menjadi juara jangan lupa ikuti syarat-syarat dan peraturan nya. Apa saja sih syarat nya? simak infografis dibawah ini ya..


Gimana? mudah banget kan syarat dan peraturannya? Tunggu apalagi, yuk buruan ikutan sebelum pendaftaran berakhir. Untuk info selengkapnya, kamu bisa langsung mengunjungi website Dumet School.

Nah, sekarang udah gak ragu lagi dong mau liburan akhir tahun?

- selamat berlibur -




24 comments

  1. Sangat berpengaruh banget emang kalau ngbudget oleh2. Terkadang keenakan bawain oleh2 buat ortu ehhhh abis deh smpe indonesia duitnya gada yang nyisa hehee emang perlu banget budgetin gitu biar ga keenakan ya kitanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mba vik..
      apalagi kadang oleh-oleh nya lucuk-lucuk pengen dibeli semua. hehe

      Delete
  2. Klo piknik enaknya emang diset jauh jauh hari ti, rugi bandar klo pesen akomodasinya dadakan, hiks

    Teribetnya itu klo uda jelang hari h, palagi bawa bocah isi tas 90 persen bisa alat2nya bocah mua tu wakaka
    Bener tu klo oleh2 mah kdg seperlunya aja, biasanya nyampe rumah jg ga kmakan misal bentuk oleh olehnya makanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh iyaa pusing banget udah kalo bawa bocah. bisa 2 tas sendiri buat keperluan bocah. makanya harus prepare banget yaa..

      Delete
  3. Aih cocok bangett, lagi pengen halan2 ke ke bekasi, trus cari uang tambahan lewat kompetisi blog deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh kok jauh banget jalan-jalannya ke bekasi? #eh

      Delete
  4. aku malah budget oleh-oleh gak ada, cuma biasanya habis di biaya nginap soalnya kalau sendirian nyari hotel yang aman dan nyaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah yang ini suka nya solo travelling kayaknya yaa..

      Delete
  5. wkwkwkw kalau saya pangkas oleh2 mba, saya jarang bahkan nyaris ga pernah direpotin ama oleh2, karena perginya juga biasanya mendadak alias ga bilang2, tau-tau udah pulang dari manaaa gitu hahaha.
    Dan kalau dipersiapkan emang jadi lebih hemat ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih kalo pergi gak usah bilang-bilang..
      eh tapi ketauan juga dari apdetan instagram.. hehehehe

      Delete
  6. Udah jadi suatu kebiasaan kali ya tiap denger orang mau berlibur, temen2 [keluarga malah ngga pernah] selalu wanti2nya bukan 'hati2 dijalan' tapiiii ...
    'jangan lupa oleh2nya yaaa' ...

    Wkkwkkk ...
    Lah ya bangkrut kalau sering2 begitu.
    Makanya aku kalau punya rencana travelling, diem2 saja ngga cerita ke temen2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aneh bgt emg orang-orang yaa.. nyampe aja belum udah oleh-oleh aja yg dipikirin. haha..

      Delete
  7. Tahun ini kembali nggak bisa liburan...dirumah saja deh padahal si kecil minta liburan melulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh kenapa mazz??
      saya juga nih kemarin libur panjang cuma dirumah aja bobok2an.. hehe

      Delete
  8. krn aku rutin traveling stiap thn, tp jujurnya jarang banget aku pilih akhir tahun :). pertama mahal, kedua aku lbh mendahulukan bos ku yg memang merayakan natal. jd biar dia aja yg cuti akhir thn :D. palingan akhir thn ini aku cuma book hotel di jkt. masih lbh hemat drpd harus keluar kota :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah aku juga rencananya juga pengen kayak gitu.
      liburan book hotel aja di jakarta.

      ada rekomendasi gak mba?

      Delete
  9. Oleh2..ga wajib juga klo aku mb. Paling beli kaos untuk diri sendiri...sebagai souvenir aja. Klo yang tetangga/sodara...malah kadang beliin buah aja di deket2 rumah😀😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah beli nya di deket rumah yaa..
      berat si ya kalo bawa oleh2 dari sana.. :D

      Delete
  10. Oleh-oleh ini meski kelihatannya remeh tapi begitu masuk tokonya, bisa kalap juga. Kadang terdorong oleh rasa penasaran saja, beli ini itu, tahu-tahu lumayan juga budgetnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa iya banget. gemes kalo udah masuk toko oleh-oleh tu.
      liat makanan yg unik-unik juga pengen dbeli smua aja rasanya..

      Delete
  11. wah bener banget kak, aku sering pke tips ini jg hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar liburan asik gak bikin kantong jebol ya.. hehe

      Delete
  12. Waaaa jadi pengen ikutan lomba nulis blog jugaaa. Makasih infonya mbakkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk ikutaann.. bulan ini udh keluar tema nya loh..

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)