Monday, October 14, 2019

Liburan Ke Taman Bunga Nusantara Makin Seru Berkat Traveloka Xperience



Semenjak menikah dan melahirkan anak saya, Arfan pada tahun 2017 lalu, Saya nyaris tidak pernah merasakan moment liburan lagi. Entah mengapa rasanya aktivitas saya semakin padat hingga tak ada lagi waktu yang tersisa untuk menikmati liburan. Keseharian saya tak jauh dari mengurus anak, rumah dan juga pekerjaan kantor. 

Padahal sebelum menikah, saya sangat mencintai dunia traveling. Banyak perjalanan yang saya lakukan bersama teman-teman saat masih duduk di bangku kuliah. Dari mulai menjelajahi pantai, mendaki gunung atau hanya sekedar jalan-jalan mengunjungi museum. 

Hingga kemudian saya menikah dan memiliki anak, fokus dan perhatian saya berubah. Tidak ada lagi kosakata “Liburan” di dalam otak, yang ada hanyalah “anak, anak dan anak”.



Pun ketika suami mengajak berlibur saya selalu menolak. Tentu alasannya adalah karena anak. Pasalnya, banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika harus berlibur bersama anak. Terlebih, saya masih baru menjadi ibu dan belum berpengalaman mengurus anak. Berbagai kekhawatiran berkecamuk didalam diri, mulai dari “Bagaimana menyusui nya diperjalanan?”, Bagaimana kalau nanti pup? Bagaimana kalau rewel, kepanasan, tertular penyakit dari pengunjung lain? dan banyak kekhawatiran lainnya. 

Ya. Se-parno itu saya ketika harus membawa anak bepergian. 

Namun ketika anak saya sudah berusia 2 tahun, pikiran saya lama-lama semakin kusyut juga akibat kurang piknik. Disisi lain, karena Arfan sudah semakin besar, ketakutan-ketakutan dan kekhawatiran tersebut pun perlahan mulai menghilang. 

Justru di umur nya yang hampir menginjak 2 tahun ini, saya harus sering mengajak Arfan bepergian, menjelajahi tempat-tempat baru, memberikan #XperienceSeru untuk Arfan agar ia bisa mengeksplor hal-hal baru sehingga perkembangan motorik nya dapat meningkat. Oleh karena nya, beberapa hari lalu kami memutuskan untuk #XperienceSeru di Taman Bunga Nusantara, di daerah Puncak, Cipanas. 

Berawal dari otak yang semakin semarawut karena banyak deadline yang menumpuk, Sabtu lalu suami berbaik hati mengajak kami (Saya dan Arfan) berlibur ke daerah, puncak, Bogor. Staycation disebuah hotel di daerah puncak menjadi rencana pak suami kala itu. Ya, memang selama memiliki anak, kami belum pernah bepergian jauh apalagi membawa anak menginap. Oleh karena itu, staycation disebuah hotel menjadi ide yang patut untuk direalisasikan. 

Karena mendapat persetujuan dari saya, suami pun segera membuka aplikasi traveloka dan mulai memilih hotel mana yang sesuai dengan kriteria. Setelah menimbang-nimbang, alhasil Hotel Ariandri di daerah Cisarua, Bogor menjadi pilihan. Selain harganya yang bersahabat, hotel tersebut memiliki view yang bagus serta terdapat arena bermain sehingga sangat cocok membawa anak bermalam disana. 


Namun, staycation disebuah hotel, tentu rasanya kurang lengkap jika tidak menjelajahi wisata setempat. Oleh karena nya saya juga mulai mencari destinasi ramah anak di sekitaran puncak. 

Karena Arfan sedang aktif-aktifnya dan senang berlarian kesana-kemari, maka Taman Bunga Nusantara di daerah cipanas menjadi destinasi wisata pilihan kami. Disana, tentunya Arfan bisa bebas eksplorasi, berlarian kesana-kemari, sekaligus saya bisa mengenalkan warna dan berbagai macam bunga pada Arfan.  


Terletak di kecamatan Pacet, Cipanas, Puncak, Jawa Barat, Taman Bunga menjadi tempat yang sangat cocok untuk berekreasi sambil bermain dan belajar. Suasana nya yang penuh dengan warna-warni bunga benar-benar memanjakan mata dan dapat menyegarkan otak. 

Pengalaman pertama Arfan mengunjungi taman bunga itu sangat excited sekali. Dia sibuk sendiri, berlarian kesana kemari melihat berbagai macam jenis bunga. 

“mama.. blue, mama” Ucap Arfan sambil menunjuk-nunjuk bunga didepannya yang mana warna sebenarnya adalah ungu. Maklum saja, dia baru bisa mengucap kata “blue” dan “green” saja. Hihi..


Lalu dia berlarian lagi ke tempat lain yang lebih lapang sembari joget-joget kegirangan mendengarkan alunan musik yang mengiringi para pengunjung di taman bunga saat itu. 

Tak lama, dia pindah lagi ke taman bunga lainnya. Saya berlari mengikutinya seraya berkata 
“coba dek, dihitung ada berapa bunga nya?” 
“gaaa... tigaaa... tigaaa...” Jawabnya sambil bertepuk tangan. Ya, selain blue dan green dia juga sudah bisa mengucap kata “tiga".


Sungguh saya bersyukur sekali bisa melihat Arfan sebahagia itu. Tidak salah rasanya memilih taman bunga sebagai destinasi wisata yang ramah anak. Terlihat jelas dari tingkah Arfan yang begitu girang diajak bermain ke tempat tersebut.








Memiliki luas 35 hektar, tentu tak memungkinkan kami untuk bisa mengunjungi semua lokasi. Oleh karena nya saat pertama kali masuk, kami menggunakan fasilitas kereta Garden train untuk mengelilingi seluruh taman disana. Setelah mengetahui apa saja yang ada di dalamnya, baru lah kami memutuskan untuk berkunjung ke taman mana saja. 

Setidaknya ada lebih dari 17 jenis taman dengan ciri khas nya masing-masing, yaitu ada Taman Labirin, Taman perancis, Taman Jepang, Taman Amerika, Taman Bali, Taman Mediterania, Taman Mawar, Taman Palem, Air Mancur Musical dan masih banyak lagi. 

Dan untuk spot terfavorit kami adalah taman Perancis, karena menurut saya warna-warni bunga-bunga disana paling cerah sehingga bagus untuk spot foto-foto. Ditengah-tengah tamannya juga terdapat air mancur yang sukses membuat Arfan lonjak-lonjak kegirangan. 




Liburan membawa anak tentu harus mempersiapkan segalanya secara matang, mulai dari persiapan, perbekalan, hingga mencari objek wisata yang ramah anak. Apalagi, berlibur di akhir pekan, tak menutup kemungkinan antrian tiket akan penuh. Tentu hal ini dapat menguras waktu dan energi, belum lagi bonus anak rewel karena tidak betah menunggu antrian. Kalau sudah begitu, bisa-bisa rencana liburan jadi berantakan. 

Oleh karena itu, sebagai ibu harus pandai mengatur strategi. Saya misalnya, lebih memilih beli tiket secara online, jauh hari sebelum keberangkatan dari pada harus mengantri di loket tiket yang kemungkinan besar antriannya bakal panjang banget. 

Loh, memangnya tiket wisata bisa dibeli online? 

Tentu bisa dong, kan sekarang ada Traveloka Xperience. Dengan Traveloka Xperience, saya tak perlu lagi repot mengantri di loket tiket Taman Bunga Nusantara. Asik banget kan? Dan, yang bikin saya makin happy adalah beli tiket di Traveloka Xperience banyak diskonnya. 


Harga tiket masuk Taman Bunga Nusantara adalah sebesar Rp 40.000 dan jika ingin menggunakan fasilitas kereta Garden train maka biaya nya menjadi Rp 50.000, sementara jika pesan melalui traveloka Xperience hanya perlu membayar Rp 36.000 saja. Hemat banget kan? 

Anak Senang, Ibu Tenang.. 





Kalian tentu gak asing dong dengan Traveloka? Sebuah Online Travel Agent (OTA) yang memberikan layanan untuk bisa booking tiket pesawat dan hotel secara online. Traveloka merupakan brand andalan saya dalam mengatur perjalanan. 

Setiap kali bepergian atau liburan saya selalu dimudahkan dengan traveloka, mulai dari urusan booking hotel hingga tiket pesawat. Nah, asiknya lagi pada Juni lalu, Traveloka melakukan inovasi dengan meluncurkan layanan Traveloka Xperience. Dengan Traveloka Xperience, konsumennya makin dimudahkan lagi, sebab, Traveloka Xperience menyediakan beragam produk aktivitas liburan dan gaya hidup di Asia Tenggara. 

Hal ini tentu bisa menjadi rekomendasi apabila sedang berlibur karena Traveloka Xperience bisa memberikan berbagai pilihan aktivitas maupun rekreasi yang berada di sekitar lokasi tempat kita berada sehingga kita tak perlu lagi khawatir kehabisan ide mau menghabiskan waktu kemana. 

Tersedia 12 Kategori Layanan Di Traveloka Xperience 





















Traveloka Xperience menyediakan 12 kategori layanan dengan pilihan yang lengkap, mulai dari berbagai aktivitas maupun rekreasi. Dan layanan tersebut bisa dinikmati juga di berbagai negara. Layanan yang tersedia diantaranya yaitu, Atraksi, Bioskop, Event, Hiburan, Olahraga, Spa dan Kecantikan, Taman Bermain, Transportasi, Tur, Kebutuhan Travel, Makanan dan Minuman serta Kelas dan Kursus. Lengkap banget kan?

Saya sendiri saat ke Taman Bunga kemarin menggunakan layanan Atraksi dari Traveloka Xperience. Layanan tersebut menyediakan tiket masuk ke berbagai wahana rekreasi dengan fasilitas kemudahan akses masuk. 

Berhubung saya sedang menginap di daerah puncak, Bogor dan bingung mencari wisata yang ramah anak didekat lokasi tersebut, maka saya langsung membuka aplikasi Traveloka dan mencari rekomendasi wisata di daerah tersebut. Berikut adalah pilihan atraksi yang disediakan oleh Traveloka Xperience untuk daerah Puncak dan sekitarnya.


Sungguh layanan Traveloka Xperience sangat memudahkan ibu-ibu beranak bayi seperti saya dalam menyusun itinerary liburan. 

Langkah Mudah Booking Tiket di Traveloka Xperience 

Layanan Traveloka Xperience bisa diakses di smartphone maupun di website nya langsung. Apabila ingin mengakses melalui smartphone, maka kita perlu mengunduh terlebih dahulu aplikasi Traveloka di playstore. 

Setelah itu, klik icon Xperience pada halaman awal aplikasi Traveloka. Dengan begitu, kita bisa memilih berbagai aktivitas dan rekreasi yang sesuai dengan minat kita. Pilih Aktivitas yang akan dilakukan, lalu lakukan pembayaran.


Selanjutnya kita akan diberikan tiket elektronik yang bisa ditukarkan saat masuk ke tempat wisata. Caranya yaitu hanya dengan menunjukkan tiket elektronik tersebut di loket khusus Traveloka sehingga kita tak perlu repot mengantri. Mudah banget kan? 





Setelah mencoba menggunakan layanan Traveloka Xperience, saya merasa banyak sekali keunggulan yang didapat apabila menggunakan layanan tersebut. Berikut adalah 8 keunggulan Traveloka Xperience berdasarkan pengalaman pribadi.



#1. Ribuan Pengalaman di Seluruh Dunia 

Traveloka menyediakan 12 jenis layanan mulai dari Atraksi, Bioskop, Event, Hiburan, Olahraga, Spa dan Kecantikan, Taman Bermain, Transportasi, Tur, Kebutuhan Travel, Makanan dan Minuman serta Kelas dan Kursus. Semua jenis liburan tersedia disini, tinggal kita pilih saja yang sesuai dengan minat. 

#2. Bebas Pilih Cara Pembayaran 

Traveloka Xperience menyediakan beragam jenis pilihan metode pembayaran yang dapat memudahkan kita. Bisa melalui internet banking, m-banking, transfer ATM, Alfamart, Kartu Kredit, CIMB Clicks atau BCA Klikpay. Bisa juga menggunakan TravelokaPay atau Pay Later. 

#3. Praktis, Bisa Pesan Kapanpun dan Dimanapun 

Dengan Traveloka Xperience kita bisa pesan tiket kapan saja dan dimana saja hanya dalam satu genggaman tangan, melalui aplikasi di smartphone. Dengan begitu, tak perlu lagi khawatir kehabisan tiket.

#4. Ada Layanan Traveloka Easy Acces 

Traveloka Xperience juga memberikan layanan tambahan berupa Traveloka Easy Acces. Dengan layanan ini, kita tak perlu antri untuk menukarkan tiket karena kita bisa langsung masuk dengan menunjukkan tiket elektronik pada loket khusus bagi pengunjung yang membeli tiket di Traveloka Xperience. Asik kan? Jadi lebih hemat waktu dan tenaga. 

#5. Bebas Cemas 

Pesan tiket pakai Traveloka Xperience membuat ibu-ibu beranak bayi seperti saya jadi bebas cemas karena Traveloka memberikan layanan Customer Service yang siap membantu selama 24 jam penuh sehingga tak perlu khawatir apabila terjadi masalah.

#6. Banyak Diskon 

Asiknya pakai Traveloka Xperience adalah banyak promo dan diskon. Contohnya saat kemarin saya ke Taman Bunga Nusantara, saya hanya perlu membayar tiket sebesar 36 ribu saja per orang. Padahal kalau beli langsung harga tiketnya 40 ribu. Lumayan kan, lebih hemat. Bisa buat jajan gorengan sisa nya. hehe.. 

#7. Banyak Review Dari Pelanggan 



Untuk lebih meyakinkan apakah aktivitas atau destinasi wisata yang kita inginkan itu recommended atau tidak, kita bisa lihat terlebih dahulu review dari pengguna lainnya. 

#8. Informasi yang diberikan Lengkap 

Traveloka Xperience memberikan informasi yang lengkap dan detail terkait aktivitas dan hiburan. Mulai dari foto-foto, jadwal operasional, harga, review, fasilitas, detail lokasi dan peta, kebijakan pembatalan dan lain-lain. 





Pengalaman pertama saya dan keluarga menggunakan Traveloka Xperience benar-benar menjadi #XperienceSeru bagi kami. Meski hanya liburan singkat dengan jarak yang tak jauh dari ibukota, tapi setidaknya saya bisa melihat raut kebahagiaan yang terpancar dari wajah polosnya Arfan. Terima kasih pak suami yang sudah mengajak kami untuk liburan singkat. Setidaknya saya bisa melupakan pekerjaan sejenak dan menyegarkan otak kembali. 

Lain waktu jika ada kesempatan, masih banyak lagi #XperienceSeru yang ingin kami jelajahi. Terimakasih Traveloka Xperience telah membuat perjalanan kami jadi lebih mudah dan praktis. 

By the way, kalau kalian bagaimana? Sudahkah mencoba Traveloka Xperience? Yuk, segera unduh aplikasi traveloka di smartphone mu dan nikmati sensasi liburan bersama Traveloka Xperience.. 

Traveloka dulu, #XperienceSeru Kemudian.. 



Salam,

Sumber Referensi :
  • Pengalaman Pribadi
  • www.traveloka.com
Sumber Gambar dan Video:
  • Dokumen Pribadi
  • Website dan Aplikasi Traveloka
Infografis :
  • mrs-dinastian.com, diolah dengan canva

56 comments :

  1. Terakhir ke Taman Bunga di Cianjur kira-kira 20 tahun yang lalu, suasananya asri dan sejuk banget. Hihi... dah lama banget ya.. waktu itu pas acara tour Perusahaan.

    Entah sekarang mah tentunya keadaannya sudah jauh berubah dan makin memanjakan pengunjungnya pastinya ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waw..20 tahun yang lalu, aku baru kelas 1SD.. belum pernah jalan2 jauh..hehehe

      Delete
  2. Saya blom pernah ke taman bunganya mbak.. Paling banter ke puncaknya aja.. Itu juga udh kepentok macet pas liburan.. Wh traveloka x perience bisa jd andalan bgt yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalo liburan emang macet nya minta ampunn.. apalagi kan biasanya satu arah di jam tertentu.
      biasanya sampai puncaknya mana mba? masjid attawun paling ya?hehe

      Delete
    2. Iyah mbak hi hi sekalian numpang sholat... Ademmmm... Tpi pernah ampe puncaknya banget... Tpi susah cr parkir mobil... Padet

      Delete
    3. iya padet banget pasti. apalagi weekend atau hari libur, bisa gak gerak kalo bawa mobil

      Delete
  3. Wah taman bunganya cantik sekali, si dedek sampai betah duduk sama bunganya :) saya juga kalau berlibur sekarang suka pake traveloka Xperience :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukannya betah lagi dia mba, sampe gak mau diajak pulang.. hehe

      Delete
  4. wahhh..keren juga yahh tempatnyaa mbaa....pengen deh berlibur pakai traveloka xperience

    ReplyDelete
    Replies
    1. atur waktu buat liburan mbaaa..
      lumayan banyak diskon pake traveloka Xperience..hehe

      Delete
  5. Wah tamannya menarik sekali. Rapi dan indah banget. Gak papa deh kalaupun tiketnya mahal kalau emang bagus begini. Eh tapi murah ya kalau paket traveloka Xperience

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mas, rapih banget.. gak ada sampah sama sekali malah..

      Delete
  6. traveloka bikin gampang,kemaren saya kepontianak aja semua paketraveloka,mulai dari akomodasikapal,hotel tiket, enakdeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik banget yaa.. satu aplikasi untuk semua kebutuhan

      Delete
  7. Sekarang liburan semakin mudah dengan adanya traveloka ya mba. Tinggal pencet-pencet aja dari rumah langsung jadi liburannya mau kemana hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mbaa.. tinggal klik klik aja dari rumah.. langsung deh eksekusi.. hehe

      Delete
  8. Waaaaaah, indah juga ya taman bunganya :D

    Traveloka jago sih, semuanya jadi dipermudaaaah gitu. Ga ngerti lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ngerti lagi deh apa2 jadi mudah ya sekarang..

      Delete
  9. wah ini mah semakin mempermudah buat yang suka halan halan dan travelling ya kak tya.. aku juga kemarin mau renang beli tiket lewat traveloka xperience juga lho.. banyak diskon hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbaaa vik.. halan-halan jadi makin seru..
      apalagi banyak diskon, mamak-mamak matanya langsung ijo.. haha :D

      Delete
  10. wah tamannya bener-bener bagus ya mbak, gak kalah bagusnya dengan taman bunga yang di luar negri

    ReplyDelete
  11. Kalau anak-anak sudah menganjak gede sekitar dua tahunan, memang harus sering diajak jalan-jalan. Edukasi dengan alam bebas. biar lebih mengenal dunia.
    Kalau masih bayi, aduh tidak kebayang betapa repotnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih bayi saya lebih milih bobok aja dirumah. haha.. (mamak males repot) :D

      Delete
  12. Dulu sempet mau diajak temen buat main ke sini pas mampir ke Bogor, tapi nggak jadi karena saya nggak punya banyak waktu. Akhirnya cuma mampir ke Kebun Raya.

    Selisihnya lumayan juga itu mbak,dari 40 ribu jadi cuma 36 ribu. Kapan-kapan nyoba pakai Traveloka Xperience deh, kalau pas mau ke tempat wisata. Bair nggak ngantri tiket di loket.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kebun raya paling terjangkau sih lokasinya, kalo taman bunga masih jauh bener dari bogor kota.

      iyak mas.. kapan2 harus cobain traveloka xperience. nonton bioskop juga bs pake traveloka xperience.. lumayan kan kalo lebih murce.. hehe

      Delete
  13. Sukaaaa banget liat foto-fotonyaaaa..
    Sudah penuh bunga, editingnya juga keceehh, kalau masalah edit di canva emang paling keren deh deh mamak satu ini.

    Idenya kreatif banget, sehingga semua gambar itu pas banget komposisinya.
    Sesekali buat postingan tutorial donggg hehehehe

    Apalagi fotonya menyesuaikan banget dengan template blog ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh, mamak rey bisa aee nihh.
      emang,paling simpel edit pake canva. template udah disediain, tinggal pilih yg sesuai selera.

      kalo bikin tutorial belum berani deh kayaknya, hahaha.. blm mahir soale.. hihi..

      Delete
    2. Iyaaa.. maksdunya idenya kreatif gitu, seleranya mengolah disain itu keren banget, penempatannya pas, warnanya pas.

      Saya sejak tahun 2014 udah kenal canva, dulu tuh sama sekali nggak bisa diakses di hape selain iphone.

      Kalau buka websitenya ampun leletnya.
      Tapi ya saya bikin disain ya gitu2 saja ga ada perubahan, kaku banget hahahaha

      Delete
    3. kalo ide kreatif biasanya ku cari-cari inspirasi di pngtree atau freepik mba.. kalo udah dapet yang cucok aku tiru-tiru deh model desainnya semampu aku. hehe..

      Delete
  14. enak bener nih liburan sama kluarga nya mbak

    ReplyDelete
  15. Uwww di daerahku lg musim kemarau mbak. Liat bunga seger2 gini berasa adem bgt. Mantaplah emg kl piknik ngandelin traveloka. Ekeekekek

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama. daerah ku juga kemarau panjang. makanya cari yang seger2 liburan ke taman bunga.. hehe

      Delete
  16. Mantap mbak... jadi pengin liburan nih

    ReplyDelete
  17. 35 ha? wow, butuh berapa hari untuk berkeliling tuh.

    ReplyDelete
  18. Puas sekali ya mbak bisa keliling ke taman bunga seluas 35 hektar

    ReplyDelete
  19. Cakep banget taman bunganya, bawannya pengen lari-larian sambil nyanyi lagu india deh, wkwkwkw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakak.. sambil nari-nari tiduran ditaman ya mbaaa :D

      Delete
  20. uhh, macem-macem bunga kayaknya ada semua ya mba
    warna-warni cantik bikin mata ga bosen memandang :D

    ReplyDelete
  21. Di Kota saya ada juga Taman bunga, lokasi dan penampakannya juga Indah. Apakah ada waktu waktu tertentu saja berkunjung ke Taman bunga Nusantara, Mbak..?

    Ohy....boleh di petik ngak bunganya, ? kan lumayan buat dipajang dirumah gitu, hahaha...Lebay nih saya.hkhkhk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada waktu tertentu kok kang.. kapan aja bisa dan bunganya tetep bermekaran syantik seperti aku.. hahahaha..

      jangan dipetik dong kasian biarkan dia hidup. tapi kalo tertarik sama bunganya bisa dibeli khusus di bursa bunga nya disediakan.

      Delete
  22. cakeep cakeep bunga lho mbakkk, buat foto pasti bakal keren,

    udah lama saya ga pakai traveloka, tau2 fitusnya makin keren aja, mau upgrade atau memanjakan diri, udah tersedia semua dalam 1 fitur dengan beragam promo dan diskon ,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, udah banyak inovasi sekarang traveloka.. makin memudahkan kita kaum milenial .. :D

      Delete
  23. Bagus banget ini mah bunga2nya, hasrat foto2ku jadi memuncak nih hehhe
    Keren abis memang traveloka xperience ya, banyak fiturnya. Ga perlu bingung mau cari aktivitas lain klo lagi di kota lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mas aldi.. liburan jadi makin seru berkat traveloka

      Delete
  24. Bagus bangetttt ini, terakhir kali aku kesini tahun 2015 dan sampai sekarang belom kesampean lagi mau revisit.
    Salah satu yang paling kuingat adalah satu area yang penuh dengan tanaman jepang. Dekorasinya bagus sekali sampai-sampai serasa seperti beneran sedang di jepang. Ah... jadi pengen kesana lagi.


    -Fajarwalker.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya itu di taman jepang. disitu juga cantik banget kayak di jepang beneran, tapi bunga2 nya gak sebanyak di taman perancis.

      mudah2an ada waktu berkunjung kesana lagi yaa.. 😊

      Delete
  25. Akhir tahun 2016 pernah ke sana, tapi tidak sempat menjelajahi keseluruhan karena sangat luas. Benar mbak, cantik-cantik dan bikin betah lihat bunganya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau kelilingin semuanya emang palin enak naik kereta sih, gak pake capek. hehe..

      Delete
  26. Kalau ke taman bunga begini bukan cuma anaknya saja mbak yang happy, emaknya juga nih sepertinya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakak.. tau aja mba'e..
      kapan lagi ya kan mamak jalan2.. :D

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...