Hindari Overheat! Ini Cara Tahu Sistem Pendingin Mobil Bermasalah


Tanda Sistem Pendingin Mobil Bermasalah

Overheat adalah permasalahan umum yang sering terjadi pada kendaraan terutama mobil yang harus dihindari. Panas berlebih akibat pembakaran seharusnya bisa diredam oleh sistem pendingin. 

Hanya saja jika sistem pendingin ini mengalami kerusakan maka kamu harus segera mengunjungi bengkel Suzuki Jaya Indah Motor. Tujuannya agar perbaikan segera dilakukan dan mesin mobil dapat bekerja dengan normal kembali. 

Kenali apa saja cara untuk mengetahui bahwa sistem pendingin mobil bermasalah. 

Tanda Sistem Pendingin Mobil Bermasalah 

Demi menghindari overheat yang bisa merusak komponen mesin mobil secara keseluruhan, ada beberapa tanda kerusakan pada sistem pendingin yang bisa diketahui. Kamu sebagai pengemudi sekaligus pemilik mobil harus mengenali semua tanda-tanda ini. 

Apalagi mengingat mesin yang mengalami overheat dapat mati kapan saja dan membuat kamu keluar lebih banyak uang untuk memperbaikinya. Jangan sampai harus mengganti suku cadang pada mesin hanya karena kamu lalai dalam mengamati sistem pendingin. 


Berikut ini beberapa tanda yang bisa diperhatikan supaya tidak terlambat untuk mengatasinya. 

#1. Muncul Bau Tidak Sedap pada Kabin

Tanda pertama yang mudah dikenali adalah munculnya bau yang tidak sedap dari kabin. Bau ini bukan karena kabin yang kotor namun disebabkan kebocoran pada sistem pendingin. Cairan yang harusnya menyerap panas justru terbakar karena bocor. 

Terbakarnya cairan inilah yang menimbulkan bau tidak sedap dan terasa sampai pada kabin mobil. Meskipun kamu sudah membersihkan kabin, bau ini tidak akan hilang dan muncul sampai mesin pun mengalami overheat. 

#2. Terlihat Asap Keluar dari Kap Mesin

Sistem pendingin yang mengalami kerusakan juga bisa membuat keluarnya asap dari kap mesin. Asap yang keluar biasanya berwarna putih dan hal ini karena penyebab yang sama yaitu cairan pendingin yang bocor dan menguap karena terkena panas mesin. 

Jika sudah muncul asap saat sedang berkendara, cara satu-satunya adalah dengan menepi dan matikan mesin. Biarkan mesin menjadi dingin sehingga kamu bisa mencari tahu bagian mana yang bocor dan memperbaikinya. 

#3. Berkurangnya Air Radiator dengan Drastis 

Air radiator dibuat secara khusus agar bisa menyerap panas dari mesin. Jika sistem pendingin bekerja dengan baik, berkurangnya air radiator ini cukup lama. Tanda kerusakan sistem pendingin akan muncul jika air radiator ini berkurang dalam jumlah banyak setelah kamu mengisinya. 

Berkurangnya air ini disebabkan oleh kebocoran sehingga tidak ada air yang mengalir pada bagian saluran pendingin. Lebih baik jika kamu mengecek pada bagian sambungan saluran untuk mendeteksi kebocoran. Jangan lupa lakukan saat mesin dalam kondisi dingin. 

#4. Muncul Gelembung Udara saat Mesin Hidup

Pada saat menepikan kendaraan karena merasa sistem pendingin tidak bekerja, kamu bisa mengecek pada bagian radiator. Sistem pendingin yang berjalan normal biasanya tidak akan muncul gelembung saat mesin dinyalakan. 

Namun jika gelembung muncul artinya terjadi kebocoran pada kompresinya. Kebocoran kompresi ini hanya bisa diperbaiki di bengkel langganan. Jadi tunggu mesin dingin dan mintalah bengkel resmi Suzuki untuk segera menanganinya. 

#5. Air Radiator Berwarna Keruh

Ciri lainnya yang menandakan saluran pendingin rusak adalah air radiator berubah menjadi keruh. Warna yang berubah ini disebabkan oleh karat dalam sistem pendingin yang ikuti bercampur dengan air. 

Anda tidak boleh membiarkan hal ini terjadi terus menerus, karena karat bisa menjadi sumbatan pada saluran air radiator. Diperlukan pengurasan penuh sehingga semua karat hilang dan baru diisi kembali dengan water coolant yang baru. 

Keterbatasan pemilik kendaraan untuk mengecek kondisi sistem pendingin bahkan memperbaikinya bisa diatasi dengan datang langsung ke bengkel resmi Suzuki. Kamu cukup memilih salah satu bengkel berikut ini. 
Perawatan sistem pendingin berkala dan tahu apa saja ciri dari kerusakannya adalah tanggung jawab pemilik mobil. Dampaknya sistem pendingin akan lebih awet. 

Salam,



3 comments

  1. Oh begitu ciri cirinya kalo mobil mengalami overheat atau panas berlebih ya mbak, bahaya juga ya.

    ReplyDelete
  2. kalau soal mesin mobil, aku angkat tangan, masalah aki mobil gara-gara jarang dipake, akhirnya manggil teknisi ke rumah
    minimal paling nggak tau dikit ya soal dunia mesin mobil kayak gini, jadi ngerti "sakitnya" mobil karena apa

    ReplyDelete
  3. tanda-tandanya mudah di kenali ya mba, terutama dari bau yang sudah tidak sedap

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)