5 Alasan Kenapa Bensin Pertamax Bagus Untuk Kendaraan


pertamax

Memilih bensin yang sesuai dengan kendaraan merupakan hal yang penting dilakukan, sebab, dapat mempengaruhi performa kendaraan. Pun demikian halnya dengan saya, selama berkendara saya selalu menggunakan bensin dengan nilai oktan yang tinggi. Yaps, pilihan saya adalah Pertamax. Ya, walau memang sedikit lebih mahal namun nyatanya pertamax dapat membuat mesin lebih awet.

Tak hanya itu saja, ada beberapa alasan mengapa saya lebih memilih bensin pertamax ketimbang premium maupun pertalite. Berikut 5 diantaranya 

5 Keunggulan Bensin Pertamax

#1. Memiliki Angka Oktan yang Lebih Tinggi

Pertamax memiliki angka oktan yang tinggi, yaitu minimal 92, jauh lebih tinggi dibanding premium (88) dan petralite (90). Semakin tinggi nilai oktan, maka bensin lebih lambat terbakar. Hal ini dapat membuat pembakaran menjadi lebih sempurna sehingga tidak meninggalkan residu pada mesin yang dapat mengganggu performanya. 

Angka oktan merupakan angka yang menunjukkan tingkat ketukan (knocking) yang dihasilkan diruang bakar saat terjadi pembakaran. Semakin rendah nilai oktan maka kemungkinan terjadinya knocking atau ketukan dalam mesin juga besar. Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak. Karena itulah, saya selalu memilih pertamax untuk menghindari terjadinya kerusakan pada mesin. 

#2. Tidak Mengandung Timbal (Pb)

Untuk meningkatkan angka oktan pada bensin, biasanya harus diberi zat tambahan berupa zat aditif, seperti  tetraethyl lead (TEL, Pb(C2H5)4). Namun sayangnya, adanya kandungan timbal tersebut akan berdampak buruk pada atmosfer dan juga makhluk hidup. 

Nah, menariknya, meskipun memiliki angka oktan yang tinggi, namun Pertamax tidak mengandung timbal sehingga bagus untuk menjaga mesin kendaraan tetap awet. 

#3. Lebih Ramah Lingkungan

Dengan angka oktan yang tinggi maka proses pembakarannya menjadi lebih sempurna. Dengan demikian, emisi gas buang menjadi lebih rendah sehingga lebih ramah lingkungan. Pun, Pertamax tidak menggunakan timbal yang dapat merusak lingkungan. 

#4. Dilengkapi dengan Eco Save Technology

Pertamax menggunakan Ecosave technology sebagai bahan tambahan yang digunakan untuk menaikkan angka oktan. Ecosave technology adalah zat aditif yang ditambahkan ke dalam bensin jenis Pertamax. Zat aditif ini dirancang dengan bahan berkualitas tinggi dengan menggunakan teknologi mutakhir sehingga membuatnya lebih ramah lingkungan

#5. Dilengkapi Pelindung Anti Karat
Pertamax juga dilengkapi dengan pelindung anti karat (corrotion inhibitor) sehingga dapat melindungi tangki kendaraan, saluran bahan bakar dan ruang bakar mesin dari korosi.

Demikianlah 5 alasan kenapa bensin Pertamax bagus untuk kendaraan. Btw, kalau teman-teman pakai bensin jenis apa? Boleh dong share di kolom komentar.

Salam, 



3 comments

  1. Kalo aku pakai pertalite mbak soalnya lebih murah. Berikut beberapa keuntungan pertalite.

    1. Lebih murah dari Pertamax.
    2. Lebih ngirit duit.
    3. Lebih banyak yang jual di jalan kampung daripada pertamak.
    4. Lebih mudah carinya misalnya motor mogok di jalan.
    5. Ntar aku mikir dulu mbak.

    Nah, pertalite juga punya kelebihan bukan.😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. iya mas..
      dua2nya punya plus minus ya kan.. disesuaikan aja sama kantong.. hehehe

      Delete
  2. Pertamax dooong :D. Suamiku termasuk telaten kalo udh berhubungan Ama motor dan mobilnya mba. Diperhatiin banget, termasuk soal bensin. Makanya dia rela tuh spare budget agak mahal supaya mobil dan motornya ttp pakai Pertamax :D.

    Aku sendiri juga ga keberatan, karna tau banget bensin beroktan tinggi bikin mesin kendaraan lebih awet. Toh di banyak negara udah banyaaak bgt yg menghapus bensin oktan rendah Krn selain merusak mobil juga merusak lingkungan kan.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)