Tips Mencuci dan Merawat Jaket Kulit Agar Tetap Awet


cara cuci jaket kulit yang benar

Merawat jaket kulit memang gampang-gampang susah. Sebab, ada beberapa jaket kulit di rumah milik bapak saya yang agak usang, entah karena salah cara mencuci atau karena tak tau cara merawatnya. Beberapa jaket kulit ada yang berjamur, ada pula yang menjadi pecah-pecah. Padahal kalau tau cara cuci jaket kulit yang benar, seharusnya jaket kulit bisa awet. 

Karena itu, berikut ini saya mau memberikan cara cuci jaket kulit yang benar dan juga tips merawatnya agar tetap awet. 

Cara Mencuci Jaket Kulit Agar Tetap Awet

Banyak orang yang enggan mencuci jaket kulit karena khawatir rusak, padahal bila lama tak dicuci dan dibersihkan, jaket kulit bisa menjadi kotor dan rapuh. Nah, berikut ini teknik mencuci jaket kulit agar tetap awet.

#1. Menggunakan Air Hangat

Untuk mencuci jaket kulit, ada baiknya untuk menggunakan air hangat agar kotoran lebih mudah larut. Rendam jaket kulit tersebut dalam ember kurang lebih selama 10 menit.

#2. Gunakan Sabun Cair

Dalam memilih sabun untuk mencuci jaket kulit, lebih disarankan untuk menggunakan sabun cair karena memiliki tekstur yang lebih lembut dan lebih mudah larut dalam air. Lalu bersihkan bagian kerah dan ujung lengan karena bagian tersebut biasanya lebih kotor. Sikat-sikat lembut atau kucek perlahan saja agar tidak merusak kulitnya

#3. Jangan Diperas

Bila sudah selesai mencuci, usahakan untuk tidak memeras jaket kulit karena akan merusak teksturnya. Bilas saja dengan air untuk membersihkan sabunnya, setelah itu seka dengan kain kering.

#4. Hindari Menjemur di Bawah Sinar Matahari Langsung

Saat menjemur, hindari menjemurnya dibawah sinar matahari langsung karena akan membuat kulit mengelupas. Lebih baik gantung saja di tempat yang teduh dan angin-anginkan. Tunggu pengeringan jaket kulit dalam waktu 2-3 hari.

#5. Jangan Disetrika

Berbeda dengan pakaian lainnya, jaket kulit tidak boleh disetrika karena temperatur yang panas dapat merusak warna dan tekstur kulitnya. Jaket kulit yang sudah kering bisa langsung dipakai atau disimpan ditempat yang bersih.

Tips Merawat Jaket Kulit Agar Tetap Awet

Bila sudah memahami cara cuci jaket kulit yang benar, kamu juga harus mengetahui cara merawat jaket kulit agar tetap awet. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan untuk merawat jaket kulit.

#1. Hindari Menyimpan di Tempat Lembab

Menyimpan jaket kulit tidak bisa sembarangan. Hindari menyimpan jaket kulit di tempat yang memiliki kelembaban udara tinggi karena akan membuat jaket kulit menjadi berjamur dengan muncul bercak-bercak putih. Bila sudah berjamur maka noda jamur tersebut sulit dihilangkan. Hal ini tentu saja merusak tampilan jaket kulit. Pun jaket kulit menjadi berbau apek. 

#2. Hindari Melipat Jaket Kulit

Untuk menjaga jaket kulit agar tetap awet, maka pada saat menyimpannya hindari untuk melipat jaket kulit apalagi dalam waktu yang lama. Sebab, jaket kulit yang dilipat akan menimbulkan garis-garis sehingga dapat menyebabkan perubahan bentuk. Bagian lipatan tersebut juga menjadi rapuh dan pecah-pecah. Dengan demikian, jaket kulit menjadi mudah mengelupas. Ada baiknya disimpan dengan cara digantung saja. 

#3. Hindari Menyemprotkan Parfum

Pada saat menggunakan jaket kulit, hindari untuk menyemprotkan parfum, sebab semprotan parfum dapat merusak tekstur dan warna jaket kulit. Hal ini dikarenakan parfum mengandung bahan kimia yang berisiko jaket kulit. Jadi lebih baik menyemprotkan parfum pada tubuh atau kaos dalam saja. 

Demikianlah tips mencuci dan merawat jaket kulit agar tetap awet. Semoga tips ini bermanfaat ya.. Btw, kalo kalian punya cara lain untuk merawat jaket kulit, cuss share di kolom komentar ya..

Salam,



2 comments

  1. Oh ternyata begitu cara mencuci dan menyimpan jaket kulit agar awet ya mbak, jangan pakai deterjen bubuk dan jangan diperas, jemurnya juga jangan dibawah sinar matahari langsung.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)