Hoala & Koala, Rekomendasi Lagu Anak Indonesia dengan Animasi 3D


Hoala & Koala, Lagu Anak Indonesia

Berbicara tentang lagu anak Indonesia di jaman sekarang ini agak sedih sih ya, karena gak ada lagu anak yang popular dan ngehits seperti jaman saya kecil dulu. Di era 90-an dulu, banyak banget lagu anak Indonesia, mulai dari lagunya Joshua, Tasya, Trio Kwek-Kwek dan masih banyak lagi. 

Coba sekarang? Apa ada artis cilik yang membawakan lagu anak? Eh, ada sih, si Saga, anaknya Anji Drive yang menciptakan lagu “Telor Dadar” dan “Aku Suka Ikan” tapi sayangnya gak booming. Alhasil, anak-anak jaman now kebanyakan nyanyi lagu orang dewasa. 

Pun demikian dengan anak saya, Arfan. Di usianya yang menginjak 3 tahun ini dia lagi senang-senangnya bernyanyi. Dan tau gak dia hafal lagu apa? Dia hafal lagunya Potret – Bagaikan Langit, Tanpa Batas Waktu (Ost. Ikatan Cinta) dan lagu Los Dol, Cak Nan dong. Ampuuunn deh.. dia hafal karena neneknya sering nonton sinetron, yang mana soundtracknya adalah lagu tersebut. Fiuh.. 

Gemess liat hal tersebut, akhirnya saya pun berusaha mengenalkan lagu anak untuk Arfan. Yaps, saya mengenalkan lagu-lagu anak di era 90-an. Selain itu, saya juga cari lagu anak Indonesia di channel youtube, dan beruntung banget dong saya ketemu dengan channel yang bernama Hoala & Koala. Lucuk ya nama channelnya? :D

Apa itu Hoala dan Koala?

Hoala & Koala, Lagu Anak Indonesia

Hoala & Koala merupakan sebuah channel youtube yang menyajikan lagu anak Indonesia dengan animasi 3D. Karakter yang diciptakan bernama Hoala & Koala, yaitu sepasang sahabat yang sangat gemar menyanyi. Selain Hoala & Koala, seluruh karakter yang ada di dalam animasi musik ini juga bisa bernyanyi, seperti tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk dan lainnya. Seru ya?

Dan menariknya, saat ini Hoala & Koala sudah memiliki 5 album loh, dengan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat di youtube lagu dan animasi anak, spotify maupun iTunes. Cukup banyak ya lagunya? Jadi sekarang saya gak perlu bingung lagi mengenalkan lagu anak-anak untuk Arfan. 

Hoala & Koala benar-benar menjadi angin segar bagi saya, apalagi Arfan sekarang beberapa kali minta jatah nonton youtube. Dengan adanya Hoala & Koala, tontonan Arfan jadi lebih bermanfaat karena bisa sambil bernyanyi, menikmati lagu anak Indonesia. Pun saya sebagai orang tua juga ikut terhibur saat menemani Arfan menonton.

Apa Sih Keunggulan dari Hoala & Koala

Hoala & Koala

Berbeda dengan seni musical lainnya, Hoala & Koala memiliki berbagai keunggulan, diantaranya yaitu;

#1. Menggunakan Animasi 3D

Karakter musical yang bernama Hoala & Koala ini divisualisasikan dengan animasi 3D dan memiliki karakter seperti layaknya anak-anak zaman sekarang yang tumbuh berkembang ditengah era digital. Dengan karakter 3D ini, maka akan menjadi karakter yang tak akan lekang oleh waktu dalam berkontribusi di dunia musik anak, tanpa mengkhawatirkan bahwa mereka akan tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara. 

#2. Musik digarap dengan Istimewa

Melihat lesunya perkembangan dunia musik anak di Indonesia, pun saat ini kebanyakan musik anak-anak Indonesia tidak pernah mendapat perlakuan istimewa dalam sisi penggarapan, akhirnya Hoala & Koala hadir dan menggarap seluruh musiknya dengan serius dan matang. Dalam penggarapannya, banyak musisi Internasional yang terlibat dalam pembuatan aransemen musik.

#3. Banyak Variasi Karakter dan Suara

Hoala & Koala

Yang menarik dari Hoala & Koala adalah banyaknya variasi karakter dan suara sehingga sangat menghibur anak-anak yang menonton. Pun anak-anak jadi gak mudah bosan saat sedang menikmati musiknya.

#4. Alat Musik yang digunakan Banyak dan Bervariasi

Hal menarik lainnya adalah, alat musik yang digunakan dalam penggarapan album-album Hoala & Koala sangat unik dan bervariasi. Tidak hanya menggunakan alat musik biasa seperti gitar dan piano saja, tetapi juga ada saxophone, terompet, double bass, trombone, clarinet, cello, harpa hingga instrument etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung. Menarik banget kan? Dengan alat musik yang bervariasi ini, tentunya lagu yang dihasilkan juga unik dan berkualitas. 

#5. Vokal Berkualitas, Instrumen Bervariasi

Kualitas vokal pada lagu-lagu Hoala & Koala juga tak bisa diragukan lagi. Vokalnya berkualitas, bahkan bisa disandingkan dengan musik diluar genre anak-anak. Sebab, Hoala & Koala ingin membuktikan bahwa musik anak-anak gak melulu dibalut dengan alunan musik yang sederhana. 

Yaps, instrument yang digunakan juga banyak dan bervariasi, tak hanya genre pop saja, tetapi juga ada genre lainnya seperti jazz, big band, swing, jpop hingga etnik. 

Hoala & Koala, Lagu Anak Indonesia

Banyak ya kan keunggulan dari Hoala & Koala? Dengan adanya Hoala & Koala, Alhamdulillah Arfan udah gak pernah nyanyi-nyanyi lagu dewasa lagi. Semoga kehadiran Hoala & Koala dapat membangkitkan kembali lagu anak Indonesia.

Yuk moms, kenalkan anak dengan Hoala & Koala, lagu anak Indonesia dengan animasi 3D. Moms bisa ajak anak untuk menikmatinya lewat youtube,spotify maupun iTunes ya..

Salam,










6 comments

  1. Anakku masih 16 bulan jadi blm aku kasih screentime sama sekali mbak.
    Nanti kalau udah waktunya screentime mungkin aku kenalkan sama youtube untuk mempermudah belajar lagu dll hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus itu mba.. nanti aja kalau udah umur 3 tahunan.. hehe

      Delete
  2. ini yang dibutuhkan anak-anak kita. Memang kekurangan konten anak kok bocah sekarang ini. thanks informasinya mba

    ReplyDelete
  3. makin kesini makin sedikit lagu anak anak yang sering muncul di teve. Dulu, waktu aku masih SMP masih suka dengerin acara anak-anak kayak Tralala trilili itu, dan emang lagu jaman dulu enak-enak juga
    sekarang, anak kecil nyanyinya lagu cinta cintanya orang dewasa
    beberapa pemerhati anak-anak juga prihatin dengan kondisi sekarang ini, untungnya sekarang ada platform lagu anak anak kayak hoala koala ini ya mbak, dan namanya unik juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba.. sedih ya kan..
      untungnya sekarang ada hoala dan koala ini yaa..

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)