Bikin Betah Di Rumah Aja, Yuk Ajak Anak Main Game Edukatif Online


Game Edukatif Online Plays.org


Bermain game gak melulu berdampak negatif untuk anak, sebab sekarang banyak sekali game edukatif online yang dapat membantu mengasah otak anak. Misalnya saja games di plays.org, disana tersedia berbagai game edukatif yang dapat melatih kecerdasan otak anak. 

Yaps, daripada anak bosan di rumah aja, pun kita gak bisa mengajaknya berlibur karena pandemi yang tak juga kunjung berakhir. Lebih baik kita ajak anak bermain game edukatif online di rumah aja. Anak senang, ibu pun tenang. 

Manfaat Bermain Game Edukatif Online Untuk Anak

Bila dimainkan dalam batas normal dan seimbang, permainan punya dampak positif untuk anak. Sebab, pada dasarnya beragam game online yang dimainkan anak membutuhkan keterampilan, fokus dan keuletan agar dapat memenangkan permainan. Jika hal ini terus diasah, maka akan mendapat berbagai manfaat yang positif. Adapun manfaat bermain game edukatif untuk anak diantaranya yaitu,

#1. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Kebanyakan game online yang tersedia menggunakan Bahasa Inggris. Hal ini akan mendorong anak untuk belajar Bahasa Inggris agar dapat mengikuti permainannya. Tanpa disadari, lama kelamaan kemampuan Bahasa Inggris anak akan meningkat. Tentu saja ini membawa dampak baik bagi anak, sebab anak bisa sambil belajar Bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan.

#2. Melatih Logika Anak

Bermain game online juga dapat melatih logika berpikir anak. Sebab, saat bermain, anak-anak dituntut untuk menggunakan strateginya agar dapat memenangkan permainan. Dengan demikian dapat melatih logika berpikir dan kemampuan menganalisa.

#3. Meningkatkan Kemampuan Membaca

Bermain game juga membantu anak menjadi lebih lancar membaca. Sebab, dalam game terdapat berbagai perintah atau instruksi yang digunakan untuk melangsungkan permainan. Hal ini secara tidak langsung dapat melatih anak belajar membaca dan mengeja. 

#4. Melatih Kemampuan Menyelesaikan Masalah
Dampak positif lain dari bermain game adalah dapat melatih anak untuk menyelesaikan masalah. Sebab, saat bermain game, anak harus menyusun rencana dan menentukan keputusan dengan cepat dan tepat. 

#5. Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak
Bermain game secara online juga dapat mengembangkan kemampuan sosial anak. Sebab, dengan bermain game online maka anak-anak dapat bersosialisasi dengan teman-temannya. Bentuk sosialisasi ini dapat berupa diskusi dan juga kerja sama dalam menyelesaikan sebuah tantangan tertentu.

Rekomendasi Game Edukasi Online Untuk Anak

Ada banyak sekali games edukatif yang bisa moms pilih untuk menemani anak bermain. Kalau saya sendiri biasanya mengajak anak bermain game edukatif online di plays.org. Banyak sekali pilihannya, moms bisa pilihkan sesuai dengan usia anak.

Ohya, selain games edukatif online, di plays.org juga banyak game menarik lainnya yang bisa dimainkan untuk semua kalangan. Menariknya, games yang tersedia bisa kita nikmati secara gratis loh.
Nah, berikut ini merupakan berbagai game edukatif yang sering saya mainkan bersama anak. 

#1. Poddle Weigh In : Weigh Measuring Balance Game

Ini merupakan salah satu permainan yang cukup menarik bagi anak saya. Sebab, diusianya sekarang dia mulai suka belajar berhitung. Melalui permainan Poddle Weigh In, anak-anak bisa mengenal cara menggunakan timbangan dan menyesuaikan angka agar timbangan tersebut bisa mencapai keseimbangan. 

Poddle Weigh In

#2. Garfield Sentences: Educational Kid’s Sentence Structure Game

Melalui game ini dapat melatih kemampuan Bahasa Inggris anak. Anak-anak juga bisa mempelajari struktur kalimat sehingga kemampuan bahasa anak meningkat.

Garfield Sentences

#3. Elinor Wonders Why

Dalam game ini, seorang pahlawan wanita dan temannya yang bernama Olive mengundang pemain untuk membangun ekosistem kolam bersama mereka. Permainan ini mengajarkan anak-anak tentang bagaimana makhluk hidup disekitar mereka saling berinteraksi satu sama lain. Anak-anak juga dapat mempelajari tentang hewan dan tumbuhan yang hidup di kolam.

Elinor Wonders Why

Itulah beberapa rekomendasi game online edukatif yang tersedia di plays.org, kalo kamu mau mencoba permainan yang lain, bisa langsung kunjungi web plays.org saja ya.. 

Mau Ajak Anak Main Game Edukasi Online? Plays.org aja.. 

Gimana, seru kan mengajak anak bermain game edukasi online? Selain menghibur, bermain game online juga dapat melatih motorik anak loh. Pun bisa dijadikan untuk mengisi waktu luang selama di rumah aja. Jadi anak gak mudah bosan dan lebih betah di rumah aja deh.  

So, buat moms yang lagi mencari game edukasi online, langsung aja kunjungi website plays.org, disana banyak sekali pilihan games menarik yang bisa dimainkan.

Salam,



9 comments

  1. Baru tahu kalo ternyata banyak juga game anak untuk edukasi, kirain aku cuma buang-buang waktu saja.

    Nanti aku coba ke plays.org mbak, mau cari game buat mainan buat anak.

    ReplyDelete
  2. Manfaat game edukatif memang bagus buat anak-anak tapi kalau sudah kecanduan game apakah itu tidak berbahaya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin perlu diberikan fitur nonaktifkan game secara otomatis ya mas, misalnya kalo sudah satu jam otomatis mati gamenya.😅

      Delete
  3. Langsung meluncur. Plays.org sangat ringan untuk situs penyedia game online. Gamenya juga beragam cocok buat anak-anak.

    ReplyDelete
  4. Kalau kata mark zuckerberg, biarkan anak bermain game dan ia akan mendapatkan suatu hal yang menarik suatu saat nanti, dan benar saja, banyak programmer handal yang muncul dari hobi ngegaming

    ReplyDelete
  5. Wahh game-game di plays.org sangat keren-keren yaa, sangat membantu banget buat anak dalam mengembangkan wawasan dan pengetahuannya

    ReplyDelete
  6. ada rekomen mainan baru nih, bisa buat ponakan

    ReplyDelete
  7. Selain games buat anak-anak, ada juga games buat ibu-ibu atau bapak-bapak 😁, saya aja sering maen games di plays org, banyak games ringan untuk menghilangkan rasa penat setelah seharian bekerja.

    ReplyDelete
  8. Naah aku juga sukaaa mba Ama plays org ini. Krn setidaknya game2 yg mereka tawarkan itu edukatif. Aku ngebatasin banget anak2ku megang hp. Cuma bisa weekend. Tapi kalo ada permainan yg mendidik gini, anak2 bisa main sambil belajar. Aku ga keberatan, asal aku juga ikutan main. Jd bisa ngawasin.

    Thanks rekomendasinya mba. Banyak games yg udh aku catet juga supaya ntr bisa dicobain bareng anak

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)