Apa Saja Metrik yang Penting Dalam Proses Recruitment?


Quality of Hire
sumber gambar : canva

Dalam setiap kegiatan perusahaan akan ditetapkan sebuah metrik yang bertujuan untuk menilai secara objektif keberhasilan dan kinerja yang dilakukan oleh suatu tim terhadap tugas yang diberikan. Termasuk dalam hal ini adalah metrik untuk menilai proses recruitment yang dijalankan oleh tim recruiter. 

5 Metrik Penting yang Diterapkan dalam Proses Recruitment

Tanpa adanya proses rekrutmen yang tepat, kinerja perusahaan di masa mendatang dapat terganggu sehingga mempengaruhi stabilitas bisnis. Berikut adalah metrik penting dalam proses rekrutmen.

#1. Quality of Hire

Quality of Hire adalah nilai yang digunakan untuk mengukur kualitas karyawan baru yang telah dikontrak di dalam perusahaan. Melalui metriks ini, dapat dinilai seberapa besar tingkat kontribusi karyawan baru terhadap kinerja jangka panjang perusahaan atau organisasi. 

Hal ini dapat dinilai berdasarkan kinerja termasuk ketangkasan dan keterampilan serta masa kerja karyawan di perusahaan. Quality of Hire juga dipakai sebagai metriks untuk mengukur keberhasilan tim recruiter dalam merekrut karyawan secara keseluruhan.
 
#2. Conversion Rate

Conversion Rate adalah metriks yang digunakan untuk mengukur berapa perbandingan antara jumlah kandidat yang sudah ditawari posisi pekerjaan dengan jumlah kandidat yang menerima posisi pekerjaan tersebut. 

Apabila nilai Conversion Rate rendah, itu menunjukkan bahwa tawaran pekerjaan tersebut tidak begitu menarik bagi jobseeker. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal seperti ketentuan dalam hal gaji, peluang karir di masa mendatang, tunjangan, jam kerja hingga tekanan yang diberikan perusahaan.

#3. Candidate Experience

Candidate Experience adalah metriks yang digunakan untuk mengukur seberapa besar tingkat kepuasan atau kenyamanan kandidat saat mengikuti keseluruhan proses seleksi. 

Riset menunjukkan bahwa Candidate Experience yang buruk berdampak besar terhadap keputusan kandidat untuk mundur di saat terakhir. Sebaliknya, komunikasi yang terjalin baik selama proses seleksi berlangsung membuat Candidate Experience mereka tinggi dan mereka mau bergabung di perusahaan.

#4. Hiring Diversity

Tingkat diversitas atau keberagaman menjadi metriks yang pada saat ini sangat penting bagi perusahaan terutama perusahaan global. Keberagaman yang sangat baik menunjukkan bahwa perusahaan tersebut tidak melakukan diskriminasi terhadap kelompok masyarakat tertentu. Diversity ni bisa dilihat dari agama, jenis kelamin, ras, etnis dan juga disabilitas atau tidak. 

#5. Cost per Hire

Metriks ini untuk mengukur berapa besar biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan dalam rangka menyeleksi kandidat-kandidat yang mendaftar di perusahaan. Cost dihitung dari mulai persiapan rekrutmen, pemasangan iklan hingga posisi terpenuhi.

Jadikan Proses Recruitment Lebih Efisien dengan Shortlyst

Software Shortlyst adalah recruitment software terbaik yang didesain khusus untuk membantu para recruiter melaksanakan proses rekrutmen dengan efektif dan optimal. 

Shortlyst bekerja menggunakan basis algoritma kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence yang sudah didesain dengan optimal untuk menyeleksi kandidat. Shortlyst juga memiliki fitur saling tag perekrut dan kandidat yang sangat membantu recruiter dan kandidat berkomunikasi. 

Shortlyst akan membantu perusahaan dan tim rekruter untuk menemukan kandidat luar biasa dari seluruh dunia. Ada lebih dari 600 juta profil kandidat yang tersimpan di dalam database Shortlyst yang terhubung dengan email, LinkedIn, WhatsApp, Slack dan sebagainya. 

Profil tersebut nantinya akan diolah oleh Shortlyst untuk kemudian menghasilkan analisa mengenai keterampilan dan karakteristik calon kandidat. Dari sini bisa ditentukan posisi apakah yang tepat untuk diisi kandidat. 

Proses rekrutmen memainkan peran krusial dalam keberlangsungan bisnis perusahaan. Oleh karena itu penggunaan Shortlyst dapat sangat membantu perusahaan mencapai metrik penting dalam proses recruitment. Apalagi Shortlyst menggunakan algoritma AI yang dapat bekerja secara efektif dan otomatis. 

Demikanlah, metrik penting yang diterapkan dalam proses recruitment. Semoga artikel ini bermanfaat ya..

Salam,



1 comment

  1. At most, the product may have a little bit of tooling and surface finishing to add particulars and to smooth out any edges. However, the CNC machine completes most of those particulars through Vacuum Storage Bags the CNC course of. Read on to be taught more about what makes CNC and 3D printing so different, the advantages and disadvantages of each and why CNC machining remains to be king within the manufacturing trade. When G92 is executed, the origin of the currently lively coordinate system strikes.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)