Pengalaman Memanfaatkan Sosial Media Selama Pandemi, Bisa Cuan Hingga 30 Juta


Pengalaman Cuan Hingga 30 Juta Dari Sosial Media

Selama pandemi, banyak masyarakat yang mengalami perubahan hidup. Ada yang pendapatannya menurun sehingga sulit memenuhi kebutuhan, ada yang terpaksa dirumahkan, ada pula yang di PHK dan kehilangan pekerjaan. Pun demikian dengan saya. Sebagai seorang working mom, saya juga merasakan dampak dari Pandemi Covid-19 yang sudah menyerang bumi selama hampir dua tahun belakangan ini. Salah satu dampak yang saya rasakan yaitu adanya kebijakan baru di kantor yang menyatakan bahwa pegawai honorer di Kementerian tempat saya bekerja akan dirumahkan per awal tahun 2022 nanti. 

Ya. Saya merupakan pegawai honorer yang bekerja di salah satu Kementerian di Jakarta. Berhubung di kementerian tempat saya bekerja baru saja berganti pimpinan maka ada kebijakan baru yang diberlakukan. Dan kebijakan tersebut merupakan kenyataan pahit yang harus saya terima. Meskipun memang hal ini belum saya rasakan sekarang, tetapi awal tahun tinggal 2 bulan lagi, yang artinya babak baru dalam kehidupan akan segera saya mulai. 

Karena itu, saya pun tak tinggal diam. Saya mulai mempersiapkannya dari sekarang. Apapun yang terjadi nantinya, saya ingin bisa tetap cuan setiap bulan agar bisa memenuhi kebutuhan tanpa khawatir berlebihan. 

Salah satu cara yang saya lakukan agar bisa tetap berpenghasilan setiap bulan adalah dengan memanfaatkan sosial media. Yaps, ternyata bila kita bisa memanfaatkan sosial media secara optimal, pintu rezeki sangat terbuka lebar loh. Penasaran bagaimana cara saya memanfaatkan sosial media hingga bisa meraup cuan? Simak terus artikel ini sampai akhir ya.. 

Jumlah Pengguna Sosial Media Mengalami Peningkatan Selama Pandemi

Pengguna Sosial Media Meningkat Selama Pandemi

Berdasarkan data dari Social-Hootsuite, jumlah pengguna internet selama pandemi mengalami peningkatan sebesar 15,5% atau setara dengan 27 juta orang. Dari jumlah tersebut, terjadi peningkatan sebanyak 6,3% atau 10 juta orang pada pengguna sosial media, terutama Instagram. 

Menurut Data Reportal pada tahun 2021, Instagram merupakan platform media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia. Yaps, sebanyak 86,6% masyarakat Indonesia usia 16-64 tahun menggunakan Instagram dalam kesehariannya.

Angka ini menunjukkan bahwa sosial media telah menjadi bagian dalam hidup kita selama pandemi. Sosial media, selain menyenangkan dan dapat menjadi media hiburan, juga dapat dimanfaatkan untuk mencari pundi-pundi rupiah. Sebab, seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna sosial media, semakin banyak pula masyarakat yang mencari berbagai kebutuhannya melalui sosial media. Kesempatan inilah yang bisa dimanfaatkan untuk meraup cuan. 

Cara Memaksimalkan Penghasilan dari Sosial Media

Cara Memaksimalkan Penghasilan Sosmed

Agar bisa meraup cuan dari sosial media, ada beberapa tips yang harus dilakukan, diantaranya yaitu sebagi berikut ;

#1. Mulai dari hal yang disukai

Memulai sesuatu dari hobi atau hal yang disukai tentu menjadi hal yang menyenangkan karena kita tak menjadikannya sebuah sebuah. Semua hobi yang kamu sukai bisa menjadi peluang untuk menghasilkan cuan, mulai dari hobi memasak, menulis, menggambar, desain, semua punya peluang yang sama. 

#2. Manfaatkan Channel yang Paling Sesuai

Bila sudah menemukan hobi yang sesuai, langkah selanjutnya adalah mulai untuk menjual hobi tersebut. Kamu juga bisa memilih channel sosial media yang sesuai untuk memasarkan dan mempromosikan usaha yang akan kamu bangun.  

Misal, bila kamu hobi menulis, kamu bisa menggunakan blog sebagai wadah untuk membangun hobi tersebut. Atau kamu suka memasak dan punya keahlian editing video, kamu juga bisa menggunakan Instagram dan youtube untuk mempromosikannya. 

#3. Kenali Target Pasar

Langkah selanjutnya adalah mengenali target pasar. Sebab dengan mengenali target pasar, kita jadi punya gambaran yang jelas, pun kita bisa menyusun strategi untuk memaksimalkan usaha kita. Misalnya, bila kita ingin memanfaatkan sosial media untuk menjual pakaian bayi, maka target pasar kita umumnya adalah ibu-ibu muda. Dengan demikian, kita bisa melakukan pendekatan sesuai dengan target pasar tersebut. 

#4. Optimasi Akun Sosial Media

Hal yang tak kalah penting adalah kita juga harus mengoptimasi akun sosial media agar dapat memperluas jangkauan. Sebab, semakin luas jangkauan, semakin banyak pula peluang yang akan kita dapatkan untuk menjaring pengguna baru agar melirik usaha kita. Dengan begitu, kita dapat membangun brand awareness hingga akhirnya mendapat pengakuan brand. 

Pengalaman Memanfaatkan Sosial Media Untuk Meraup Cuan

Demi menyiapkan mental dan berjaga-jaga bila saya benar-benar dirumahkan pada awal tahun nanti, akhirnya saya memutuskan untuk mengoptimasi sosial media. Tujuannya tentu saja agar tetap ada pendapatan yang masuk meski sudah tak bekerja dikantoran lagi. 

Sosial media yang saya gunakan untuk meraup cuan adalah Blog, Instagram dan Youtube. Dan beginilah pengalaman saya mendapatkan penghasilan melalui sosial media. 

Memanfaatkan Blog Sebagai Sarana Menyalurkan Hobi Sekaligus Meraup Cuan

Blog Sebagai Sumber Penghasilan

Awalnya, ngeblog memang saya jadikan sebagai sarana untuk menyalurkan hobi menulis, sebagai tempat saya untuk “me time” dikala jenuh melanda dan penatnya aktivitas harian. Namun lambat laun, saya menyadari bahwa ternyata bisa loh kita mendapatkan penghasilan melalui blog. 

Ibarat pepatah, “Sekali merengkuh dayung, dua, tiga pulau terlampaui”.  Melalui blog, saya bisa menyalurkan hobi menulis sekaligus bisa mendapatkan penghasilan, yang mana sumber penghasilan tersebut bisa dari kerjasama content placement, sponsorpost, review produk hingga mengikuti lomba blog. Bahkan baru-bari ini, saya juga menerima kerjasama dari klien luar negeri dan mendapatkan fee yang cukup besar, yaitu 100 dollar untuk satu artikel.

Dari job menulis dan juga mengikuti lomba blog, saya bisa mendapatkan penghasilan hingga 30 juta setiap tahunnya. Memang terbilang kecil sih karena memang fokus saya masih terbagi dua, yaitu untuk mengurus pekerjaan kantor dan juga part time blogger atau mengurus sosial media. Namun, bukan tidak mungkin  bila saya sudah lepas dari kantor dan fokus mengurus blog dan sosmed saja, saya bisa mendapatkan penghasilan yang lebih maksimal lagi. 

Memanfaatkan Instagram Sebagai Sumber Penghasilan Tambahan

Instagram Sebagai Sumber Penghasilan Tambahan

Selain mengelola blog, saya juga mulai memonetisasi Instagram. Pasalnya, seringkali klien menawarkan job artikel blog satu paket dengan job foto/video Instagram.  Alhasil, saya pun harus merawat Instagram agar semakin banyak klien yang mengajak kerjasama. Saya berjuang untuk menambah followers Instagram secara natural hingga 10.000 followers, bahkan saya butuh waktu sampai satu tahun lebih hingga akhirnya bisa mendapatkan 10K followers. 

Setelah mendapatkan 10K followers, saya juga berjuang untuk meningkatkan engagement rate. Karena selain punya banyak followers, klien juga suka mengajak kerjasama pada akun yang memiliki engagement rate yang tinggi. 

Alhamdulillah, perjuangan yang saya lakukan berbuah manis. Setelah mendapatkan 10K followers dan ER yang cukup tinggi, saya semakin sering mendapat tawaran kerjasama dari klien. 

Tak hanya itu saja, saya juga merawat dua akun Instagram lainnya, yang artinya saya mengelola 3 akun Instagram sekaligus. Hal ini saya lakukan karena saya sadar bahwa peluang mendapatkan penghasilan dari sosial media Instagram itu ternyata sangat menjanjikan. 

Akun utama saya (@tiia_widiastuti), saya gunakan untuk postingan personal, share tulisan blog dan juga menerima job foto/review produk. 

Akun kedua (@fan.babyshop), saya gunakan untuk berjualan online. Yang mana pada akun tersebut juga terhubung dengan akun shopee saya. Dengan demikian, bila ada yang tertarik dengan barang yang saya jual di @fan.babyshop, customer bisa langsung order melalui shopee atau menghubungi WA yang tertera. 

Akun ketiga adalah akun anak saya (@arfan.muttaqi). Yaps, selain untuk mengabadikan moment tumbuh kembang anak saya, akun ini juga saya gunakan untuk mengikuti giveaway dan juga lomba foto. Alhamdulillah, beberapa kali mengikuti giveaway dan lomba foto, saya berhasil memenangkannya.  

Memanfaatkan Youtube Untuk Memaksimalkan Penghasilan


Sosial media lainnya yang saya manfaatkan untuk meraup cuan adalah Youtube. Ya, Meskipun saya belum bisa monetize youtube karena belum mencapai persyaratan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang, namun Alhamdulillah beberapa kali saya berhasil mendapatkan tawaran kerjasama konten youtube. Tak jarang bentuk kerjasama ini juga satu paket dengan artikel blog. 

Beberapa kali, saya juga mengikuti lomba video youtube yang hadiahnya juga sangat lumayan untuk menambah penghasilan. Yaps, sesungguhnya kalau kita mau berusaha keras, banyak jalan untuk meraih impian. Kedepannya, saya juga akan lebih konsisten untuk membuat konten youtube agar bisa segera monetize dan mendapat penghasilan secara rutin melalui youtube. 

Kendala Meraup Cuan Lewat Sosial Media

Mendapat penghasilan dari sosial media memang sangat menggiurkan dan terdengar mudah ya? Namun jangan salah, dibalik itu semua banyak sekali kendala yang saya hadapi, diantaranya yaitu : 

Kendala Meraup Cuan Lewat Sosmed

#1. Manajemen Waktu

Salah satu kendala terbesar saya adalah manajemen waktu. Sebab, fokus saya masih sangat bercabang, yaitu kerjaan di kantor, pekerjaan rumah tangga dan juga sosial media.  Bila tidak bisa mengatur waktu dengan baik, maka semua pekerjaan akan beranyakan. Alhasil saya menjadi kurang produktif dan tak maksimal memanfaatkan sosial media. Cara yang biasanya saya lakukan adalah harus rela mengorbankan jam tidur untuk bisa mengoptimalkan sosial media. 

#2. Menjaga Mood Tetap Mode On

Menjaga mood agar tetap mode on juga merupakan salah satu hal yang sulit dilakukan secara konsisten. Sebab, ada kalanya saya merasa lelah dan ingin bersantai-santai saja tanpa harus memikirkan konten dan deadline. Ada kalanya juga saat konten sudah siap, tapi saya malas melakukan ekskusinya. Alhasil, konten masih mengendap di draft dan belum bisa di publish. Efeknya, bila kita mulai jarang update konten, maka makin jarang pula tawaran kerjasama yang masuk. Sebab, klien akan menganggap bahwa kita sedang tidak aktif. 

#3. Membangun Sosmed dengan Performa Baik

Salah satu cara agar mudah mendapatkan kerjasama dari klien adalah kita harus memiliki sosial media dengan performa yang baik. Blog, Instagram dan Youtube memiliki engangement yang tinggi, jangkauan luas serta followers yang cukup banyak. Dan untuk mencapai itu semua bukan perkara mudah. Sebab, butuh kerja keras dan konsistensi hingga semua dapat tercapai dengan maksimal. Pun, pada akun online shop saya, performa juga harus bagus agar dapat membangun kepercayaan pelanggan. 

#4. Mendapatkan Berita Terkini Anti Hoax

Karena saya memanfaatkan sosial media untuk membuat konten dan berjualan, maka saya juga harus update berita terkini agar bisa membuat konten yang relevan, sesuai dengan berita terupdate. Namun sayangnya, seringkali berita yang saya dapatkan malah berita hoax. Padahal saya butuh berita terkini yang valid dan aktual untuk mendukung konten saya. 

Baca Berita di Situs Indozone, Solusi Mendapatkan Berita Terkini Anti Hoax

Indozone

Akhirnya demi mendapatkan konten menarik serta relevan dengan berita terkini yang “anti hoax” saya pun mencari-cari sumber terpercaya. Lalu, bertemulah saya dengan sebuah situs bernama Indozone. Indozone merupakan sebuah platform penyedia informasi digital yang valid, aktual, terkini dan anti hoax. 

Melalui Indozone, saya bisa menemukan berbagai berita yang sedang hits di masyarakat. Tak hanya itu saja, Indozone juga menyediakan berbagai berita dengan lebih dari 15 kategori, mulai dari kategori olahraga, kesehatan, kecantikan, otomotif, musik dan masih banyak lagi. 

Menariknya lagi, kita tak hanya bisa menikmati berita lewat situs webnya saja, tetapi juga bisa melalui akun sosial medianya, seperti Instagram, Twitter maupun Facebook. Dengan mengusung tagline #KAMUHARUSTAU, seringkali konten unggahannya viral dan menjadi trending topic. Dengan demikan, bisa saya jadikan referensi untuk membuat konten yang relevan dengan berita terkini.

Selain itu, Indozone juga memiliki berbagai kelebihan lainnya, diantaranya yaitu : 

#1. Tampilan Sederhana dan Mudah Diakses

Situs indozone memiliki tampilan yang sederhana, ringan sehingga  mudah diakses. Menu dan kategori yang disajikan juga sangat jelas sehingga memudahkan pembaca dalam mengakses berita pada kategori yang ingin dituju. Menariknya, situs Indozone juga sangat mobile friendly sehingga mudah diakses melalui smartphone. 

#2. Berita yang Disajikan Berkualitas dan Bebas Hoaks

Ini yang paling penting! Indozone menyediakan berita dengan artikel yang berkualitas dan tentunya bebas Hoax. Pasalnya, berita yang di publish telah melalui proses terlebih dahulu. Jadi, tak perlu diragukan lagi keabsahannya.

#3. Artikel Singkat, Padat dan Jelas

Menariknya, artikel yang disajikan di situs Indozone itu singkat, padat dan jelas sehingga memudahkan pembaca dalam menangkap informasi yang disampaikan. Selain itu, gaya bahasa yang digunakan juga ringan dan mudah dipahami pembaca.

#4. Kategori Berita Beragam

Indozone juga menyediakan kategori berita yang sangat beragam. Terdapat 21 pilihan kategori yang bisa kita akses, mulai dari kategori News, Fakta & Mitos, Beauty, Sport, Otomotif, Musik, Travel, Movie dan masih banyak lagi. Kamu bisa mengaksesnya sesuai dengan keinginanmu. 

#5. Dilengkapi Infografik Menarik

Indozone juga dilengkapi dengan infografik dan videografik yang sangat menarik. Jadi, buat kamu yang punya jam terbang tinggi dan gak sempat membaca, kamu bisa langsung melihat infografik dan videografik aja. Melalui infografik, pembaca dapat dengan mudah menerima informasi yang disampaikan tanpa harus berlama-lama membaca artikel. 

#6. Bisa Berlangganan Berita

Satu hal yang menarik, pembaca juga bisa berlangganan berita terkini di situs Indozone. Nantinya berita akan dikirimkan melalui email. Dengan demikian, kita tak perlu khawatir ketinggalan informasi berita terkini. 

#7. Bisa Menikmati Berita Melalui Sosial Media

Indozone juga punya sosial media yang selalu update berita-berita terkini loh. Jadi, kalau kamu sering main sosmed, wajib banget nih follow social media Indozone karena sambil kamu scrolling atau jualan online atau stalking akun gebetan (#eh), kamu sekaligus dapat update berita terkini juga. 
Kamu bisa follow social media Indozone di Instagram, Facebook dan Twitter ya.. 

Yuk, Manfaatkan Sosial Media Secara Optimal

Meski banyak masyarakat yang terdampak akibat pandemi, namun nyatanya bila kita mau berjuang dan berusaha, banyak peluang untuk menghasilkan cuan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan sosial media. 

Yaps, di era digital seperti sekarang, terutama masa pandemi ini, penggunaan media sosial mengalami peningkatan. Karena itu, sosial media bisa dijadikan solusi sebagai sarana untuk menghasilkan cuan, baik dengan cara berjualan online, membuat konten ataupun usaha lainnya. 

Maka itu, yuk mulai sekarang kita manfaatkan sosial media secara optimal agar sosial media tidak hanya bisa dijadikan sebagai media hiburan saja, tetapi juga bisa menjadi sarana mendapatkan penghasilan. Dan jangan lupa pula untuk selalu update berita terkini anti hoax hanya di Indozone.

Salam,

Sumber referensi :
  • Pengalaman Pribadi
  • https://www.suara.com/lifestyle/2021/09/20/132506/4-tips-mendapatkan-penghasilan-tambahan-lewat-media-sosial
  • https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia
  • Infografis by Tia Widastuti

31 comments

  1. aku setuju....
    asalkan ada niat, pasti ada jalan. anggapannya seperti ini
    dan merawat sosmed yang dipunyai memang kadang menyita waktu, dari sini mau nggak mau jadi belajar manajemen waktu juga

    dan karena banyaknya informasi yang suka nggak jelas, kudu pinter pinternya kita buat memilah dan ngecek mana yang nggak hoaks, dan nggak keburu nyebarin juga. daripada dibilang tukang boong kan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba.. yang penting punya niat kuat sih dan harus sabar konsisten :)

      Delete
  2. Setuju bgt mbak, aku termasuk yg jarang buka sosmed sih, tp pengennye tetep aktif di blog hahahha, karna blog sama IG, cuannya lebih gede di blog hihihi, cuma ya kadang blog juga ga terawat kalau lg sibuk kerjaan sama urus si bocil.

    ReplyDelete
  3. Terbaik memang nih.
    Pokoknya kerjain apa yang bisa dikerjain ya, ikuti pasar, biar bisa dapat job dan menghasilkan uang.
    Kalau saya terpaksa fokus ke 1 IG dan 3 blog, passionnya di nulis soalnya hahaha.

    Padahal saya punya beberapa akun IG, tapi beneran mau pingsan ngurus semuanya, mana saya tuh kurang kreatif kalau bikin konten medsos, mending nulis deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba rey lebih kece lagi.. udah mah blog ada 3, IG juga ada 3 kalo gak salah ya.. :p

      Delete
  4. Bener mbak sosmed kudu dirawat supaya bisa menghasilkan cuan, cari konten kreatif dan bermanfaat. Salurkan hobby aja insha Allah banyak idenya. Baik masak, sport, atau kata-kata motivasi

    ReplyDelete
  5. Ashiappppp kakak, aku pun berusaha keras untuk memaksimalkan penggunaan media sosial nih supaya cuaaannnn every month yess hehehhehe. Btw agak sedih baca paragraf2 awal, semangattttt for us kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat juga mas joee..
      moga sering2 dapet dollar yak :D

      Delete
  6. Peran media sosial memang sangat membantu kita yang notabene ibuk-ibuk. Alhamdulillah ya kak, bisa tetap berpenghasilan dari rumah. Semoga kalo pengurangan staf di tahun 2022 nanti, penghasilan kakak dari sosmed sudah jauh lebih gede dari gaji kantoran.

    ReplyDelete
  7. Mbak aku malah jadi kepo cara ningkatin followers lho. Udah sempet ku intip postingan sebelah, ternyata caranya sama kaya aku hehehe.. tapi aku Sekarang lagi males ni ikut loop luar negeri

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. iya mbaaa..
      emang butuh kesabaran banget mbaaa, naikin followers tuhh.. :D

      Delete
  8. Semoga hikmah dari kebijakan baru di kantor, waktunya jadi benar2 fokus merawat media sosialnya, sehingga cuan yang dihasilkan lebih besar dari pendapatan ngantor.

    Keren cara merawat IG-nya. Saya tidak sanggup dan followernya nggak nambah2 hahaha.
    Btw, Indozone infonya lengkap ya.

    ReplyDelete
  9. Wow..keren mbaa.. Jadi pengen berguru ke mba agar bisa memaksimalkan optimasi blog maupun sosmed nih.. Selama ini sih baru sedikit saja dapatnya dari blog dan IG..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aihhh.. ilmu ku masih cetek mbaa..
      yuk, semangat yuk biar makin banyak cuannya :D

      Delete
  10. Medsos awalnya memang sekadar hiburan. Tetapi, sayang juga ya kalau gak dimanfaatkan. Bisa lumayan dapat penghasilannya. Tentu aja harus tetap berhati=hati. Jangan sampai malah ikut menyebar hoax

    ReplyDelete
  11. Weh makasih udah bocorin tipsnya mba. Mau ikutan ah. Bagus juga jika mudah di akses dan tampilannya juga bagus mba

    ReplyDelete
  12. Harus tetap semangat ya mbak & bisa berkarya nanti dari rumah. Lewat media sosial kita bisa meningkatkan skill dan lain-lain termasuk mencari cuan. Tapi di balik itu kita sebagai pengguna media sosial harus bijak juga menggunakannya

    ReplyDelete
  13. Iya alhamdulillah kalau kita rawat memang menghasilkan cuan ya terlebih kalau ilmu kita terus kita update nih... tentu makin bagus blog makin bagus fee nya. Makin bagus tulisan kita makin ada kesempatan buat jadi juara lomba hehe...

    ReplyDelete
  14. Aku baca blogpostmu ini jadi kyk ketularan semangat utk bikin konten2 yang menghasilkan mbak hehe
    Iya ya asalkan kerja keras pasti kita akan dapat ganjaranannya yang setimpal :D
    Indozone salah satu media supaya kita bisa mendapatkan inspirasi bikin koten juga ya mbaak TFS

    ReplyDelete
  15. Mba saya juga lagi mau mulai menggarap YouTube nih biar ngelink sama blog aku, apakah harus pake akun gmail yang sama dengan akun blog kah mba? Krn ak punya channel YT tapi emailnya beda sm blog aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku sih pakai email yang sama mbaa..
      kayaknya kalau email sama, nanti daftar adsense bisa digabung gitu antara blog dan yutub

      Delete
  16. Iya ya konten-konten yang kita buat harus yang aktual dan faktual, maka kita harus teliti mengonsumsi berita buat konten kita. Indozone bisa jadi rujukan yang bisa diandalkan ya ternyata..
    Btw selamat Mbak udah bisa dapet cuan besar dengan memanfaatkan media sosial :)

    ReplyDelete
  17. Nah yaa...kudu konsisten kalau mengelola media sosial.
    Kadang selain mood yang naik-turun, kondisi kesehatan juga kesibukan membuat kita sejenak berhenti.
    Tapi kudu banget membagikan hal-hal yang kita sukai yaa..jadi bisa rutin dan tetap eksis.

    ReplyDelete
  18. Wahh makasih banyak mba udah sharing pengalamannya soal cari pendapatan dr media sosial. Saya sekarang jadi freelance writer dan baru banget mau coba optimalin medsos. Tips2 yang mba kasih bermanfaat banget nih buat saya.

    ReplyDelete
  19. Peran media sosial dan blog besar sekali sekarang dan peluang juga masih terbuka lebar ya, kak. Keren banget nih bisa cuan dari sosmed sampai 30 juta. Mantap. Tapi pastinya perjuangannya juga lumayan ya, karena optimasi sosmed dan blog butuh waktu dan tenaga. Sukses terus, Kak

    ReplyDelete
  20. Kemudahan memanfaatkan media sosial harus diimbangi juga ya mba dengan kemampuan mengolah fakta di balik informasi yang muncul. Jangan sampai kita termakan hoaks secara mentah-mentah. Bisa manfaatkan Indozone untuk update informasi yang terpercaya.

    ReplyDelete
  21. wah, bener2 bisa memanfaatkan sosial media dengan maksimal, sampe bisa meraup cuan :)) salut deh bisa kreatif bikin konten di 3 akun IG gitu, ig ku skr kurang terawat, hihi.. semoga bisa mengikuti jejaknya dan terimakasih tips nya ^^

    ReplyDelete
  22. Zaman sekarang peluang usaha digital baik melalui pembuatan konten maupun online shop besar banget, Mba Tia keren banget aku ngurus 1 IG aja repot hehe btw selamat ya Mba jadi menang Indozone ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makaciw mba rizkaa..
      Selamat juga buat mba rizka juara 2.. lengkap banget artikelnya.. kereeennn..

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)