Gak Perlu Beli, Ini Cara Cepat Dan Mudah Menambah Followers Instagram


"Followers instagram aja dipikirin, kayak gak ada hal lain yang lebih penting aja deh" Mungkin begitu kali ya bagi sebagian orang. 

Pun begitu dengan saya, awalnya saya juga gak pernah mikirin followers instagram. Apalagi berusaha untuk menambah followers, gak pernah terbesit sama sekali dalam pikiran saya. Instagram ya buat senang-senang aja, dokumentasi pribadi dan juga sebagai sarana komunikasi dengan teman-teman terdekat. 

Bahkan saking gak pernah terlintas untuk meningkatkan followers dan gak pernah mikirin followers, teman-teman yang saya anggap kurang dekat pun gak saya follow. Bahkan teman yang follow saya, tapi saya merasa gak deket-dekat amat sama dia, ya gak saya folback. Ya. Sejahat itu saya. hahaha.. 




TAPI ITU DULU LOH YAAAA... 

Kalau sekarang mah jangan ditanya. Jumlah followers instagram menjadi hal yang penting buat saya. Bahkan saya menargetkan minimal harus punya 10 ribu followers. 

Agar apa? 

Agar supaya saya bisa lebih memaksimalkan promosi blog saya di IG. Dengan memiliki 10K followers itu artinya saya bisa swipe up.. swipe up kayak selebgram-selebgram gitcuuu deh. Jadinya, kemungkinan orang mengunjungi blog saya pun lebih mudah (ya kan, gak perlu klik link di bio yang auto ribet). 

Selain itu, salah satu hal yang menjadi alasan mengapa saya jadi fokus meningkatkan followers instagram adalah karena syarat dari job ngeblog. Ya. Pada saat itu ada job ngeblog, tapi sayangnya saya gak bisa ikutan dong. Karena apa? Karena syaratnya adalah harus memiliki followers IG sekian ribu gitu, sementara followers IG saya pada saat itu cuma 500 doang dong. Sedih ya kan kalo ada job yang mensyaratkan followers gitu saya gak pernah bisa ikutan. Oleh karena nya atas dasar hal tersebut saya semakin semangat untuk menambah followers instagram. 

LALU GIMANA CARANYA MENAMBAH FOLLOWERS? 

Cara gampangnya sih beli followers aja, ada kok yang jual. Wakakak.. kamu tau gak si pandu, temennya raditya dika? Nah dia itu jual followers instagram tuh.. haha.. 

Tapi kalau saya sih, gak mau beli. Selain sayang duitnya (kan bisa dipakai buat beli susu anak), saya juga Pinginnya punya real followers, bukan akun fake atau akun yang gak aktif. Nah, maka dari itu untuk mendapatkan real followers, saya mulai ikutan program Follow Loop Instagram

Apaan Tuh Follow Loop Instagram? 


Follow Loop Instagram adalah suatu ajang menambah followers dengan kegiatan saling mengikuti atau saling follow antar peserta. Biasanya kegiatan ini dipandu oleh akun admin utama dan admin yang mengelola follow loop ini akan memberikan persyaratan tertentu yang harus dipenuhi oleh peserta nya.. 

Kok kamu bisa tau sih ti ada follow loop begini? 

Jadi pertama kali saya tau ada ajang follow loop itu dari temen-temen instagram yang kebanyakan adalah blogger. Awalnya saya bingung, kok banyak temen-temen blogger yang serentak upload banner yang sama dengan tulisan “Tuesday Tripple Loop” “Mega Follow Loop” dan sejenisnya. 

Akan tetapi, karena saya orangnya cuek, yaudahlah gak pernah saya gubris sama sekali. Tapi lama kelamaan saya penasaran juga karena mereka sering banget upload banner follow loop. Saya baca-baca lah itu maksudnya apa meski pakai bahasa inggris.. wakakak.. Ya, jadi pada saat itu belum banyak akun follow loop indonesia, rata-rata dari luar negeri semua. 

Karena penasaran, saya masuk lah ke akunnya. Saya tela’ah lah itu maksud dari follow loop, baca-baca rules dan sebagainya. Lalu, setelah paham saya masih sempet cuek bebek. Ada rasa ingin ikutan juga tapi disatu sisi gak mau punya followers yang gak dikenal. 

Hingga suatu ketika makin banyak tawaran job ngeblog yang gak bisa saya ikutin karena jumlah followers saya kurang. Dari situ lah, saya mulai tergoda juga.. wkwkwk, tergoda demi cuann.. :D 


Bagaimana Cara Ikutan Follow Loop Instagram? 

Gimana, kalean masih bingung gak dengan ajang follow loop ini? atau kalian tertarik mau ikutan tapi gak ngerti caranya? Tenang saja, nanti saya bisikin cara-caranya.. 

Cara ikutan follow loop ini gampang banget sih sebenernya, yang penting kamu harus paham dan patuhi semua rules yang diberikan oleh admin penyelenggara. Kalau sampai ada satu saja peraturan yang gak kamu patuhi, jangan kaget kalau tiba-tiba akun IG mu di blocked. Hoho~ 

Oke baeklah, berdasarkan analisa saya, kurang lebih begini cara ikutan Follow Loop Instagram.. 

#1. Daftar Atau Sign Up Terlebih Dahulu Sebelum Ikutan Acara 


Ya. Jadi, beberapa hari sebelum acara follow loop berlangsung, admin penyelenggara akan membuka pendaftaran terlebih dahulu dengan memposting banner sign up. Nah, kalau kita mau daftar, langsung aja deh ikuti rules yang ada di caption nya. Nah, biasanya rules nya itu adalah : 


  • Wajib follow akun penyelanggara serta akun admin lainnya. Beberapa akun luar negeri biasanya juga mewajibkan peserta untuk follow akun ghost. Akun ghost ini adalah orang-orang yang ikutan follow loop dengan membayar admin penyelenggara. Keuntungannya adalah akan di follow oleh semua peserta follow loop tanpa berkewajiban untuk folback. 
  •  Setelah itu, like postingan banner sign up 
  •  Lalu, komen dipostingan sesuai dengan rules dan tag 3 orang teman. 


Gimana, mudah kan caranya? 

#2. Posting Banner dan Caption Follow Loop Di Feed Instagram


Setelah mematuhi semua rules tersebut, admin akan memasukkan kita ke dalam grup khusus bersama peserta lainnya. Saat acara akan berlangsung, admin akan membagikan banner loop dan caption yang wajib diposting selama 24 jam di feed instagram kita. 

Apabila telah pasang banner di feed instagram, maka nantinya akun penyelenggara akan nge-follow akun kita sehingga kita masuk dalam list following akun follow loop. Jangan sampai terlambat pasang banner ya, karena biasanya kita gak akan difollow admin sehingga gak masuk dalam daftar followingnya. 

FYI, biasanya penyelenggara memberikan batas waktu 30 menit untuk upload banner dan caption. Tapi ada juga sih beberapa penyelenggara yang gak memberikan batasan waktu, yang penting di-posting dalam waktu 24 jam tersebut. 

#3. Follow Semua Akun Instagram Yang Berada di List Following Akun Follow Loop 


Kalau kamu sudah upload banner dan caption, selanjutnya kamu akan dikasih waktu 1x24 jam untuk follow semua peserta yang ada di list following akun follow loop. Setelah follow semuanya kita tinggal tunggu saja dalam waktu 24 jam maka followers kita akan bertambah. 

Oya, apabila telah selesai follow semua akun ig yang ada di list following, biasanya kita diminta untuk komen lagi di akun banner utama dan tag beberapa teman. 


Kesan Mengikuti Follow Loop Instagram 

Pertama kali ikutan follow loop itu, saya ikutan loop dari akun luar negeri, kalo gak salah sih dari kanada (akunnya @mommyloveloop). Dan karena ikutan akun luar negeri maka kita harus posting banner menyesuaikan jadwalnya dia dong yang mana kalo di Indonesia adalah jam 1 malem. Ampyuunn dah, saya kudu begadang cuma buat posting banner doang. Sadiss gak sih, demi follower.. haha.. 

Lalu, karena saya belum tau bahwa ada akun follow loop indonesia juga, jadilah saya membabi buta daftar di semua akun luar negeri. Namun seringnya saya kelupaan posting gara-gara ketiduran. Alhasil, saya di blocked sama beberapa akun luar dan gak bisa ikutan follow loop lagi. 

Nah, pas udah tau ada akun follow loop indonesia, saya pun mulai ikutan juga. Tapi karena belum banyak orang indonesia yang tau tentang follow loop jadilah followers yang nambah gak sebanyak jika kita ikutan follow loop luar negeri. Selain itu, kebanyakan akun yang ikutan follow loop indonesia sudah berteman dengan saya sebelumnya, jadi makin dikit aja penambahan followers. Hihi.. 

Oya, saya ikutan follow loop ini kalau gak salah sejak akhir agustus atau awal september gitu deh, agak lupak saya. Dulu awalnya followers cuma 500 dan gak pernah naik. Lalu setelah 2 bulanan ikutan follow loop, sekarang followers saya udah diangka 5ribuan. Sadis juga yaa? 



Mudah-mudahan bisa tembus 10K followers dalam 3 atau 4 bulan kedepan ya biar bisya swipe up.. haha doakeun yaa man teman. .:D 


Rekomendasi Akun Follow Loop Luar Negeri dan Dalam Negeri

Kalau kamu bingung mau ikutan follow loop dari akun mana atau malah belum tau akun-akun follow loop. Nih, aku kasih beberapa rekomendasi akun follow loop baik luar negeri maupun dalam negeri yang bisa kamu ikutin. 

Akun Follow Loop Luar Negeri 

Berikut ini beberapa akun follow loop luar negeri yang saya rekomendasikan buat kalian yang mau ikutan ajang saling follow. 

#1. @women_follow_loop (WFL) 

Akun yang satu ini penyelenggaranya berasal dari Australia. Enaknya ikutan follow loop dari akun ini adalah perbedaan waktu nya gak terlalu jauh dengan Indonesia sehingga kita gak perlu begadang atau bangun tengah malam hanya untuk posting banner saja.Waktu posting biasanya pada pukul 9 pm AEDT (Australia Eastern Daylight Time) atau kalau di Indonesia sekitar jam 5 sore. 

Sampai sekarang saya masih rutin ikutan follow loop dari akun ini, dan menurut saya pertambahan followers nya juga cukup banyak, yakni sekitar 100-200 followers per sesi. Untuk jadwal loop nya 3 kali seminggu yaitu pada hari selasa, kamis dan sabtu. Sign up biasanya dilakukan satu hari sebelum acara berlangsung. 

#2. @mommyloveloop 

Akun ini penyelenggaranya dari kanada dan waktu posting nya jam 1 malam kalau di Indonesia. Meski waktu posting banner tengah malem, tapi saya tetap rutin ikut follow loop dari akun ini karena dia gak ngeblocked kita meski telat posting. 

Ya, seringkali saya telat posting karena ketiduran tapi akun penyelenggara tetap memasukkan saya dalam list following. Enak ya kan, peraturannya gak terlalu ketat, makanya saya ikutan terus.. hehe.. 
Jadwal loop dari akun ini setiap 4 hari sekali, jadi harinya ganti-ganti yaa. Untuk jumlah followers yang didapat juga lumayan banyak bisa sekitar 100an followers per sesi nya. 

Akun Follow Loop Dalam Negeri 

Untuk akun dalam negeri saya hanya ikutan di 3 akun aja, berikut diantaranya.. 

  • @connecting.mama 
  • @indonesia_saling_follow 
  • @indonesia_followloop 

Dari ketiga akun tersebut, kalau saya sih paling suka sama akun @connecting.mama, menurut saya peraturannya simpel banget. Sementara @indonesia_followloop menurut saya paling unik karena pada akhir acara, jika kita mematuhi semua aturan maka kita akan mendapatkan 1 poin, dan jika poinnya telah terkumpul banyak maka bisa ditukarkan dengan hadiah tertentu. Sedangkan @indonesia_saling_follow memiliki waktu loop yang paling lama, yaitu 4x24 jam, sehingga kita punya waktu pasang banner dan saling follow yang cukup lama. 

Namun seperti yang saya singgung sebelumnya, ikut follow loop dalam negeri pertambahan followers gak terlalu banyak karena belum banyak yang tau ajang seperti ini dan kebanyakan akun yang ikut sudah berteman dengan kita sebelumnya. 

Kelebihan dan Kekurangan Ikut Follow Loop Instagram 

Setelah kurang lebih 2 bulan mengikuti follow loop, berikut kelebihan dari ajang follow loop yang saya rasakan. 

  • Followers meningkat drastis 
  • Mendapatkan real followers 

Sementara, kekurangannya adalah 

  • Jumlah following jadi banyak sekali, sebanding dengan jumlah followers.. 
  • Banyak following bule dan gak kita kenal 
  • Engagement Rate (ER) instagram turun 
  • Banyak yang gak komitmen alias follow unfollow, sehingga kita harus ngecek juga dengan aplikasi unfollowers agar bisa segera unfollow akun yang gak folbek atau unfollow kita 


Oya, FYI yaa saat ikutan saling follow, ada baiknya follow akun orang-orang secara perlahan, jangan beringas langsung follow sekaligus 100++ akun karena bisa-bisa akun kita di banned instagram sehingga gak bisa follow, like atau komen dalam jangka waktu tertentu. 

Oke baiklah, sekian sharing dari sayaa, semoga bermanfaat yaa.. 
Dan jangan lupa follow instagram saya yaa @tiia_widiastuti, nanti ku folback deh.. :3



Salam,

23 comments

  1. meskipun akun real, instagram tetap memantau akun-akun yang berperilaku seperti ini. setahu saya instagram lebih menyukai akun-akun yang tumbuh perlahan sejalan dengan banyaknya jumlah postingan, like, dan followers.

    menurut saya cara yang paling bagus dilakukan adalah dengan terus upload konten setiap hari. bisa dilihat apa yang dilakukan akun ig hotman paris waktu pertama kali. akun tersebut upload foto hampir setiap hari, bahkan 3 sampai 5 postingan setiap hari.

    hhmm.. imho..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas,
      tapi karena suatu kebutuhan, jadilah hal seperti ini dirasa perlu. tapi tetap diimbangi juga dengan rutin upload konten setiap hari.. :)

      Delete
  2. Wah, ternyata ada yah cara nambah followers tanpa harus beli. Dulu saya juga kepikiran buat naikin followersnya blogrumahan, tapi sayang sayanya masih gak konsisten ngeblog, apalagi posting di sosmed. Tapi kalau ntar niat naikin, boleh juga nih caranya :)

    ReplyDelete
  3. wah wah jenisnya sama seperti follow for follow sih mbak, tapi saran saya hati-hati ya,, soalnya instagram mantau, semoga akun mbak ga terjadi apa2

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. iya mas sabda..
      mudah-mudahan sih gakpapa, soalnya saya juga follow nya bertahap, perlahan-lahan aja gak beringas membabi buta. hehehe.. jadi, sejauh ini instagram masih aman-aman aja.

      Delete
  4. masih takut sama ajang2 follow loop ini. naekinnya mending yang natural aja.. misal ikutan event Ig walking. soalnya aku lebih takut dibanned .. huhuu.. bisa nangis darah eyke klo dibanned.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. iya sedih kalo di banned ya. kalo ig walking gimana mba? ada grup nya ato gmn?

      Delete
  5. Toosssss hahahaha.
    Saya dulu tuh teracuni mba Dian kalau ga salah, saking bete follower ga naik-naik, bete juga banyak yang beli follower tapi tetap dapat job.

    Emang sih balik ke rezeki masing-masing, tapi kesal nggak sih, kita nggak kebagian, hanya karena follower nyata kita kecil, kalah ama follower fake? :D

    Makanya ikut follow loop hahaha

    Dan untungnya (UNTUNGNYAAAHHH!! hahahah) masih banyak yang berpikiran buruk dengan follow loopm dengan gitu kan jadi dikit saingan hahahaha.

    Padahal mah follow loop itu sah-sah saja, ASAL kita tahu cara kerja instagram.
    Misal, jangan kalap follow banyak orang, dan jangan kalap ikutan banyak loop bersamaan, biar follower nggak bertambah drastis.

    Btw, follow loop menurut saya wajib diapresiasi, karena itu usaha banget, nggak terlihat semudah yang orang pikir.
    Sampai-sampai banyak yang nyinyir follower kita banyak tapi hasil loop2an, ya gapapa kan, itu usaha kan.
    Coba aja mereka ikutan, dipikir semudah itu?

    Harus tahu jadwalnya, harus bisa maintenance akun2 nakal, dan sebagainya.
    Saya ngos-ngosan banget waktu kejar 10K dulu, tapi Alhamdulillah worth it.
    Sekarang, job IG jadi lebih luas kesempatannya, dan nilainya lebih tinggi lagi, bahkan lebih tinggi fee IG post ketimbang CP blog hahaha.

    Semangaattt ikutan loop :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, ini nih yg udah berhasil 10k follower dari program follow loop. mamak kece..

      haha iya, biarlah dinyinyirin dpt followers dr follow loop, yg penting mah halal kok caranya. dan bener kata mba rey, gak semudah yg orang pikir. butuh perjuangan ikutan follow loop itu, harus hafal jadwal, apalagi kalo udh ikutan loop luar negeri. ampyuunn dahhh.. wkwk

      Delete
  6. Saya malah gak punya IG, wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. seriusan mas husna? ayuklah bikin, kita temenan.. hehe

      Delete
  7. Saya IG cmn sekedar pny mba... kadang2 aja upload foto. Klo yang mau bisnis tentunya jumlah follower menjadi penting yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bang day.. kalo utk bisnis, jumlah followers jadi hal yang penting

      Delete
  8. Baru tau ada kayak beginian. Lumayan ya bisa buat nambah follower ig. Boleh lah kapan-kapan dicoba.. Hehe

    ReplyDelete
  9. Apalah daya tik aku mah sebenernya anaknya saking pemalunya, kalau loop terlalunluas, dan masi blom pede apakah kalau mereeka follow aku akan mengapresiasi karya fotoku haha
    Anaknya masi kebanyakan mikir kalau ajang loop loopan
    Tapi ngeliat temen2 yang memang bikin ig tujuannya sharing dan diarahkan ke bisnis, rasanya patut dicoba , kKakku juga ni ikutan kyk gini sejak doi buka bisnis kos kosan

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah malu nit, kan gak kenal dan gak pernah ketemu. hehehe..

      iya betul, kalo tujuannya untuk bisnis, cucok ikut loop2an kyk gini.

      Delete
  10. Wah, saya malah sampai sekarang belum bikin Instagram, ketinggalan zaman banget ya.
    Ntar aku coba ah, supaya bisa share artikel blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo bikin instagram, nanti saling follow ya.. hehe

      Delete
  11. Saya pernah beli Followers IG, belinya sejumlah 1000 Followers,,,eee akhirnya jadi turun drastis menjadi 400-an follower. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, segitunya Kang Mata. Ikutan follow loop saja. Tentunya yang lebih fleksibel waktunya. Daripada beli pan sayang uang. 😁

      Delete
  12. Kalau Indonesia Saling Follow memang dulu konsepnya lama agar bisa memberi kesempatan kepada peserta untuk posting lalu follow bertahap agar tidak kena banned. Ditambah sebagai pengenalan kepada masyarakat luas tentang follow loop.
    Kalau dibikin ribet juga demi tujuan agar tidak ada yang hit and run seperti di loop lain.
    Loop lain mungkin simpel karena tinggal follow saja, rapi bagaimana jika ada yang tidak Follow back? Atau malah tidak peduli untuk follow peserta lain? Apa yang akan dilakukan oleh adminnya?
    Saya dulu sering alami kejadian itu makanya bikin konsep loop yang beda. Kontrol juga demi kebaikan bersama. Jangan sampai peserta ketemu lagi dengan akun nakal di sesi selanjutnya. Makanya ada kontrol dan hukuman agar hanya orang baik saja yang ikutan.
    Ada banyak waktu yang admin Indonesia Saling Follow curahkan demi foliow loop itu agar menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi peserta.
    Alangkah melelahkannya jika bekerja untuk akun yang tidak komitmen dan penghobi bikin drama menyusahkan karena sifat eksis dan sok ngartis. 😁

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)