Sunday, November 24, 2019

Jualan Di Blibli.com Makin Untung Berkat Fasilitas Gratis Packaging Dan Ongkos Kirim Produk


Awal tahun lalu, saya mencoba peruntungan baru dengan memutuskan untuk membuka sebuah bisnis online. Alasannya sederhana, selain untuk mengisi waktu kosong di kantor, membuka bisnis online juga saya lakukan untuk menambah penghasilan dan sebagai wadah bagi saya untuk belajar berjualan. Pasalnya, saya bercita-cita untuk membuka sebuah toko. Jadilah, sebelum membangun toko yang besar, saya ingin memiliki pengalaman berjualan dulu. Dan bisnis online menjadi pilihan yang tepat bagi saya karena modal yang diperlukan kecil, pun saya juga gak perlu membangun toko dulu sebelum berjualan. 

Baju-baju bayi adalah barang yang saya pilih untuk dijual online. Sebab, rata-rata teman saya adalah ibu muda atau moms millenial yang memiliki anak bayi sehingga mereka lah yang pertama kali akan saya jadikan target pasar. Selain itu, saya juga mengandalkan instagram sebagai media untuk berjualan.




Dan Alhamdulillah, dibulan-bulan awal saya berjualan, keuntungan yang dihasilkan cukup berbuah manis. Saya pun semakin semangat untuk berjualan. Namun sayangnya, belakangan ini karena kesibukan saya, jualan online sudah tak segencar dulu lagi saya promosikan. Akibatnya penjualan pun semakin menurun. Tak hanya itu, beberapa pelanggan juga ada yang mengurungkan niatnya untuk melakukan pembelian setelah tahu bahwa ongkos kirimnya cukup mahal, hampir setengah dari harga baju. 

Bahkan pernah ada beberapa pelanggan yang tertarik ingin membeli grosiran untuk dijual lagi. Namun sayangnya setelah mereka tau biaya ongkir nya, kebanyakan dari mereka langsung kabur dan mengurungkan niat untuk membeli. Sungguh hal tersebut membuat saya patah semangat dan terkadang hilang selera untuk berjualan.



Jelas aja sih, saya yang berjualan di Jakarta tak jarang mendapatkan pelanggan dari luar pulau seperti Sumatra, Sulawesi atau Kalimantan yang tentunya ongkos kirim jauh lebih mahal. Yaaa.. tak heran bila mereka mengurungkan niat untuk membeli. 

Pernah terbesit dalam pikiran saya untuk menggratiskan ongkos kirim saja. Namun bagaimana caranya, berapa harga per baju yang harus saya jual kalau ongkos kirim saya gratiskan? Belum lagi saya juga harus membeli kemasan untuk packing saat pengiriman. Gak kebayang berapa keuntungan yang akan saya dapat. Bukannya untung, yang ada saya malah buntung. 

Akhirnya, kini bisnis online saya terbengkalai. Yaa, meski masih aktif tapi saya belum melakukan promosi lagi dan juga belum sempat untuk upload stock terbaru. Saya masih memikirkan ramuan yang pas untuk meningkatkan penjualan. 


Saya sadar bahwa kini bisnis online kian marak, persaingan dalam merebut hati konsumen pun kian ketat. Alhasil, para pebisnis online saling berlomba-lomba untuk memberikan produk yang berkualitas dan pelayanan yang memuaskan agar pelanggan kembali lagi ke toko nya. 

Salah satu caranya adalah dengan menerapkan promo gratis ongkos kirim. Jelas saja hal ini mampu memikat hati konsumen, pasalnya seringkali ongkos kirim menjadi jauh lebih mahal ketimbang harga produknya. Tentu kalau sudah begitu, konsumen akan berpikir ulang untuk membeli dan tak menutup kemungkinan akan mencari toko lain. 

Oleh karenanya, menerapkan promo gratis ongkos kirim adalah pilihan yang tepat, sebab dalam bisnis online ada ratusan bahkan ribuan seller yang menjual produk yang hampir sama dengan yang kita jual. Dengan menerapkan gratis ongkos kirim tentu konsumen akan lebih tertarik untuk belanja di toko kita. Strategi ini tentunya akan meningkatkan penjualan. 



Mengingat bahwa strategi marketing dengan menerapkan promo gratis ongkir adalah suatu hal yang penting maka sebenarnya saya ingin juga menerapkan hal tersebut. Namun sayangnya saya belum memiliki keberanian. Saya belum berani menaikkan harga jual serta menanggung resiko kerugian. Karena dalam berbisnis online ini, ada beberapa pengeluaran lain yang saya tanggung seperti biaya packaging atau kemasan dan biaya transportasi.


Ya. Salah satu hal terpenting bagi para pedagang online selain promo gratis ongkir adalah kemasannya. Kemasan yang menarik tentu dapat mencuri perhatian konsumen sehingga tak menutup kemungkinan akan berpengaruh pada tingkat penjualan. Oleh karena itu, seller harus memperhatikan kualitas kemasan. 

Dengan kualitas kemasan yang baik maka produk jadi lebih terjamin keamanannya. Produk dapat terlindung dari resiko kerusakan seperti goresan, basah, cacat atau terjatuh. Kemasan yang baik juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Pasalnya, konsumen akan merasa puas apabila produk yang sampai ke tangannya berada dalam kondisi yang baik. Oleh karenanya saya perlu merogoh kocek lebih dalam untuk biaya kemasan.




Namun, beruntungnya sekarang ada Blibli.com, sebuah marketplace yang memiliki konsep online mall yang dapat memberikan pengalaman berbelanja online yang aman, nyaman dan mudah. Sebagai penjual, kita bisa bergabung menjadi merchant di Blibli.com untuk menjual produk dagangan kita. 

Asiknya lagi, Blibli.com memberikan fasilitas gratis packaging dan ongkos kirim produk sehingga sangat menguntukan para Blibli seller dalam menjual produknya. Dengan adanya gratis packaging, para seller tak perlu lagi memikirkan biaya kemasan, dengan begitu harga jual bisa ditekan lagi sehingga kemungkinan konsumen yang tertarik dengan produk kita pun lebih banyak. Ditambah lagi adanya fasilitas gratis ongkos kirim, hal ini tentu sangat membantu pelaku usaha untuk bisa bersaing dengan ribuan pebisnis online lainnya. 

Jadi, tak perlu ragu lagi apabila ingin menerapkan promo gratis ongkos kirim, sebab Blibli telah memfasilitasinya. 



Untuk mendapatkan fasilitas gratis packaging atau kemasan dari Blibli.com caranya sangat mudah. Bagi merchant baru, langsung saja hubungi merchant care di nomor 021-57977777 atau bisa juga melalui email di merchant.care@Blibli.com untuk mendaftarkan akun agar dapat kemasan gratis. 


Setelah terdaftar, maka Blibli seller dapat mengunjungi www.blibli.com/page/kemasan-partner, lalu buat pesanan kemasan maksimal 150pcs. Selanjutnya, harga kemasan akan otomatis berubah menjadi Rp 0 dan pesanan akan segera dikirimkan ke alamat rumah. 

Sementara untuk merchant terdaftar yang ingin melakukan pemesanan kembali, maka caranya adalah dengan masuk ke akun MTA, lalu pilih menu pesanan, selanjutnya pilih pesan packaging. Bisa juga dengan mengunjungi www.blibli.com/page/kemasan-partner lalu pilih kemasan yang dibutuhkan dan pastikan harga saat checkout sudah berubah menjadi Rp 0. Selanjutnya tim blibli akan mereview pesanan,  jika sudah direview maka pesanan akan segera dikirimkan.


Dan apabila ingin melakukan permintaan khusus untuk promo, maka cara melakukan pemesanan kemasan adalah dengan menghubungi merchant care atau business relation (PIC) blibli.com untuk pemasanan. Selanjutnya pesanan akan dievaluasi dan dikirimkan ke alamat kamu. Mudah banget kan caranya? 

Berikut ini adalah berbagai macam kemasan yang disediakan oleh blibli.com, mulai dari box reguler, kertas pembungkus, sticker hingga box berukuran 10 kg, ada.  


Blibli.com juga memberikan tutorial untuk mengemas barang pecah belah agar produk aman saat pengiriman hingga diterima oleh konsumen.



Gratis Ongkos Kirim Dari Blibli 

Yang makin menguntungkan apabila berjualan di blibli.com adalah adanya fasilitas gratis ongkos kirim produk. Ya, blibli.com yang akan menanggung biaya ongkos kirim produk. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi penjual maupun pembeli. Penjual dapat memikat hati konsumen, sementara pembeli dapat lebih hemat saat berbelanja. Dengan begitu, kemungkinan besar penjualan akan semakin meningkat. 

Di blibli terdapat dua jenis layanan gratis ongkir yang berlaku saat ini. Berikut adalah kebijakan yang harus diperhatikan agar mendapatkan gratis ongkos kirim dari blibli. 

  1. Gratis Ongkir Tanpa Limit Tanpa Minimum Pembelanjaan jika lokasi penjual berada di kota yang sama dengan alamat pengiriman pelanggan hanya berlaku untuk metode pengiriman Standard dari tanggal 5 Maret 2019 – 31 Januari 2020 
  2. Untuk pesanan yang berada di luar kondisi di atas, gratis ongkir hingga Rp200.000, berlaku untuk semua metode pengiriman dengan ketentuan sebagai berikut: 




Memilih marketplace yang tepat untuk berjualan bukanlah hal yang mudah. Apalagi bagi para pebisnis baru seperti saya, sungguh sulit mencari yang aman, nyaman dan terpercaya. Beruntungnya saya mengenal blibli, selain memberikan fasilitas gratis packaging dan ongkos kirim produk, Blibli juga memberikan fasilitas lainnya yang sangat menguntungkan para Blibli seller. Berikut 8 Keuntungan berjualan di Blibli.com.


#1. Keleluasaan Pilihan Produk 
Blibli.com memberikan berbagai macam kategori produk yang dijual. Mau cari apa saja, semua disediakan oleh blibli. Ada 16 kategori belanja yang bisa kita nikmati di Blibli, mulai dari elektronik, perlengkapan olahraga, perlengkapan bayi, fashion, kosmetik hingga kebutuhan rumah tangga, ada. 

#2. Gratis Foto Produk 
Bagi para penjual tak perlu dipusingkan lagi dengan foto produk, karena blibli telah menyediakan gratis foto produk yang dilengkapi dengan studio, foto model dan fotografer profesional. Dijamin foto produk jualan kita lebih bening dan menarik. 

#3. Kemasan Gratis 
Blibli juga memberikan fasilitas gratis kemasan dengan menyediakan box sehingga produk terlihat lebih baik dan aman saat proses pengiriman. 

#4. Gratis Biaya Kirim 
Blibli.com memberikan gratis biaya kirim untuk produk reguler. Dengan begitu, konsumen akan lebih tertarik untuk membeli barang tersebut karena tidak dikenakan ongkos kirim. 

#5. Kemudahan Proses Pengiriman 
Blibli bekerjasama dengan lebih dari 30 logistik sehingga mempermudah proses pengiriman ke seluruh Indonesia. Hal ini tentunya akan memperluas jangkauan pasar sehingga merchant lebih dikenal. 

#6. Asuransi Pengiriman Produk 
Menariknya lagi, Blibli memberikan layanan asuransi kepada pembeli sehingga tak perlu khawatir barang yang dikirim mengalami kerusakan atau cacat. 

#7. Layanan Merchant Care 
Adanya layanan call center yang disediakan oleh blibli sangat membantu dalam mengatasi kesulitan dalam berjualan. Apabila menemui kendali saat transaksi penjualan maka call center siap membantu menangani permasalahan tersebut. 

#8. Terdepan dalam Inovasi In Store 
Blibli menyediakan layanan khusus bagi merchant agar dapat menjual produk offline dengan menikmati fasilitas pembayaran online. Hal ini sangat membantu para pembeli yang lebih tertarik untuk melihat langsung barang yang akan dibeli. 

Tak hanya itu saja, Blibli juga memberikan fasilitas tambahan untuk para merchant nya agar dapat meningkatkan performa toko. Fasilitas yang diberikan yaitu berupa Blibli University dan Komunitas Blibli Seller.


Melalui Blibli University, kita bisa belajar mengembangkan bisnis online dengan memanfaatkan tutorial memulai bisnis, video learning dan artikel pengembangan bisnis online. Sementara, melalui Komunitas Blibli Seller kita bisa berdiskusi bersama merchant lainnya sehingga dapat mengembankan koneksi dan berbagi informasi terkait pengembangan bisnis online. 



Melihat berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh blibli, tentu saya juga semakin tertarik dong untuk menjadi merchant di blibli.com. Oleh karena itu, saya langsung mendaftarkan diri sebagai penjual di Blibli.com Dan ternyata caranya sangat mudah loh, hanya dengan 4 langkah saja kita sudah bisa menjadi merchant di blibli.com.


Untuk membuka toko di Blibli, pertama, kita harus mengisi kelengkapan dokumen melalui website Blibli.com. Setelah itu, pihak blibli akan mereview dokumen yang telah kita isi. Apabila disetujui dan sudah aktivasi, maka kita bisa langsung mulai berjualan. 

Selanjutnya kita sudah bisa upload produk yang akan kita jual, lalu respon pesanan yang masuk dan setelah itu tinggal tunggu pembayaran dari blibli.com. Mudah banget kan caranya? 


Adanya fasilitas gratis packaging dan ongkos kirim produk yang disediakan oleh blibli benar-benar sangat menguntungkan para pebisnis online, terutama bagi pebisnis pemula seperti saya. Dengan adanya fasilitas tersebut, saya tak perlu khawatir lagi kehilangan pelanggan akibat biaya ongkos kirim yang mahal. Sebab, kini ongkos kirim sudah ditanggung oleh pihak blibli. Pun saya tak perlu cemas merogoh kocek yang lebih besar untuk membeli kemasan. Sebab, biaya kemasan juga sudah ditanggung oleh Blibli. 

Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh blibli, saya yakin bisa mendapat keuntungan yang berlipat dan meraih kesuksesan dalam berjualan online. Seperti Johan Santoso yang bisa mendapat lebih dari 1000 orderan diawal bergabung bersama blibli. 


Pak Johan Santoso saja bisa, masa saya engga? 

Jadi tunggu apalagi, yuk mulai jualan di blibli.com sekarang juga, dijamin jualan makin untung gak tanggung-tanggung. 



Salam,

Sumber tulisan: 
  • Pengalaman Pribadi
  • https://www.blibli.com/faq/pengiriman/cara-menikmati-gratis-ongkir/
  • https://www.blibli.com/pages/kemasan-partner
Sumber Gambar dan Video :
  • Dokumen Pribadi
  • www.pngtree.com
  • www.blibli.com
  • Channel Youtube Blibli.com
Infografis : 
  • Tia Widiastuti diolah dengan canva

37 comments :

  1. Kemajuan dibidang Teknologi membuat aktivitas manusia menjadi lebih mudah. Salah satunya dengan hadirnya blibli dot com. Sebuah situs jual beli yang membantu dan mempermudah ketika kita ingin membeli seseuatu dengan pelayanan yang optimal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kang nata..
      Alhamdulillah jd lebih mudah segalanya.

      Delete
  2. Pengen nyobain mana tau bisa mendapatkan biaya tambahan buat anak kuliahan 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk cobain.. lumayan buat jajan cilok 😁

      Delete
  3. wah, udah kerja di kantor tapi masih aja gabut yaa mba kadang? produktif sekali, mantappp lanjutkan mba
    sekarang teknologi emang berdampak positif yaa :) semua jadi efektif dan efisien

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. iya mba. daripada gabut ya kan mending dimanfaatin waktu luang nya.

      Delete
  4. Semakin dipermudah ya dengan adanya fasilitas kaya gtu.. makin enak yang jualan ga perlu ribet packaging ya ka

    ReplyDelete
  5. wah, kalo kayak gini sih, membantu banget buat para penjual di Seluruh Indonesia ya, Gratis packaging dan Ongkos kirim, hmmm sesuatu yang sangat luar biasa memang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak. supaya konsumen makin tertarik belanja :D

      Delete
  6. Wahhh menarik sekali mbak, aku dari dulu pengen bgt resign trs jualan online aja, jadi bisa ngasuh anak jg nantinya, walaupun ibu rumah tangga tp tetep punya penghasilan gitu maunya.

    ReplyDelete
  7. ini Blibli kok baik banget ngasih banyak kemudahan buat para seller, tetiba jadi pengen seller kalau begini,hahahha ... box gratis, ongkir ditanggung, kurang apalagi coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mas gabung jd seller..
      biar penghasilannya bisa buat nambah2in invest nya mas sabda.. hehe

      Delete
  8. Hahahaha, saya ngakak liat ongkirnya say, soalnya menertawai diri sendiri yang selalu ngenes kalau mau kirim paket ke kakak atau ortu.
    Ampun deh, bahkan lewat pos pun mihiiilll minta ampun, bikin nangis.
    Memang enak jualan atau belanja yang ada support ongkir deh, untung lebih banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakak.. pernah ngerasain ya mamak rey.. ku aja shock pas ngecek ongkir nya.. ampuunn dah bisa buay beli emas 1 gram itu.. haha

      Delete
  9. semoga menang ya mbaaak, blibli emg mantulll

    ReplyDelete
  10. Sebenarnya, saya bukan yang loyal pada satu market place tertentu.
    Belanja di beberapa market place kerap saya lakukan, tergantung kebutuhan.
    Tapi, sepertinya di Blibli saya belanja biasanya yang ukuran besar, lumayan free ongkirnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya betul. kalo ditempat lain, sixe besar dan lebih berat biasanya ongkir makin mahal. kalo di blibli mah gratiss..

      Delete
  11. mantap juga itu blibli
    Awalnya saya heran, saat saya beli online, kok packingnya rapi banget dan ada logonya.
    Ternyata itu fasilitas dari blibli.
    Sukses terus deh

    ReplyDelete
  12. Iya nih, saya dulu jualan online calon pembeli sering nggak jadi transaksi karena ongkir yang mahal. Memang sih saya tinggalnya di daerah, jadi ya lebih jauh. Untungnya sekarang banyak e-commerce yang menyediakan fasilitas gratis/subsidi ongkir ya. Membantu bgt untuk penjual dan pembeli ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kan.. ngerasain juga ya mba gimana pedih nya jualan online.. hehe

      Delete
  13. blibli semakin berkembang pesat sekarang ini ya mbak, kalau saya belum coba tu di blibli

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo dicoba mas.
      tapi hati2 ketagihan belanja. hehe

      Delete
  14. Saya juga jualan Online Mba..Cetakan Martabak mini...Sayang bobotnya 2 kg saat dipacking jadi ongkosnya mahal ...awalnya sih semangat tapi ketika tahu barangnya mudah rusak...2 x kena komplain gara gara pecah gagangnya dan kalau keluar jawa ongkosnya mahal sekarang jadi kurang fokus paling paling hanya melayani pembeli sekitar JABOTABEK saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia ya mas.. dilema banget jadi pedagang online. perlu banget makanya nyobain jualan di blibli, biar pelanggan bisa dapet gratis ongkir

      Delete
  15. Kesempatan yang jangan sampai terabaikan buat ngembangin usaha penjualan online, buruan..

    ReplyDelete
  16. inilah kehebatan jaman sekaarang...jualan gak harus nongkrong di pasar

    ReplyDelete
    Replies
    1. tul.. jualan bisa sambil bobo cantisk di kasur.. hehe

      Delete
  17. Boleh dicoba nih, thanks kak atas infonya.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...