Ingin Mengubah Hobi Menjadi Peluang Bisnis? Yuk, Berguru Bareng dr. Tirta di Shoes and Care

Belajar Bisnis Bersama dr. Tirta

Pandemi Covid-19 yang tiada akhirnya ini seringkali membuat jenuh karena aktivitas terus dibatasi, pergerakan pun tidak bebas. Mau kesana kemari rasanya semakin was-was, terlebih saya sudah mengalami sendiri bagaimana rasanya terinfeksi Covid-19. Bahkan hingga kini, saya masih ada rasa trauma untuk bepergian meski untuk berangkat ke kantor sekalipun. Alhasil, saya lebih sering memilih untuk work from home, mengerjakan segala sesuatunya dari rumah. 

Saya sadar bahwa “di rumah saja” merupakan satu-satunya jalan terbaik, maka itu, saat ini saya mencoba untuk menerobos relung kejenuhan dan mencoba menikmati semua kondisi ini. Salah satu cara yang saya lakukan untuk menerima kondisi seperti sekarang ini adalah dengan menggeluti sebuah hobi. Bersyukurnya saya memiliki hobi menulis sehingga saya bisa menghabiskan waktu seharian untuk menjalani hobi tersebut. 

Dan menariknya lagi, hobi yang saya jalani ini juga bisa menjadi sumber tambahan penghasilan. Tentunya hal ini sangat menguntungkan karena dapat membantu perekonomian saya di masa sulit seperti sekarang ini.

“duh, enak banget hobi bisa menjadi peluang bisnis?”
“duh, enak banget masa pandemi malah dapat tambahan penghasilan?”

Alhamdulillah, bila kita berusaha pasti ada jalan. Saya yakin setiap orang juga bisa kok mendapatkan hal ini karena saya yakin setiap orang pasti memiliki hobi. So, semua bisa dilakukan asalkan didorong dengan niat yang kuat. 

5 Ide Bisnis yang Menguntungkan dari Sebuah Hobi 

Tak dapat dipungkiri bahwa pandemi membuat hidup kebanyakan orang menjadi sulit. Bahkan data dari Menteri Ketenagakerjaan menyebutkan bahwa jumlah pekerja yang di PHK akibat Covid-19 mencapai 3,5 juta orang. Merinding banget rasanya lihat angka itu, betapa banyaknya pengangguran di Indonesia saat ini. 

Namun disatu sisi, adanya pandemi ini juga mendorong masyarakat untuk menciptakan bisnisnya sendiri, sesuai dengan skill dan hobinya. Banyak sekali peluang yang bisa dilakukan untuk memulai berbisnis. 

Dan berikut ini berbagai ide bisnis yang menguntungkan dari sebuah hobi. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.. 

5 Ide Bisnis Menguntungkan dari Sebuah Hobi

#1. Penulis Freelance
Sebuah bisnis tak melulu membutuhkan modal besar. Bila kamu memiliki hobi menulis maka kamu bisa menyalurkannya dengan menjadi penulis freelance. Kamu bisa mendaftar di situs-situs tertentu untuk menjadi kontributor penulis. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan bayaran dari setiap artikel yang kamu buat. Tak hanya itu, kamu juga bisa menjadi blogger sehingga bisa mendapatkan berbagai tawaran kerja sama seperti content placement, sponsorship, guest post atau produk review. Kamu juga bisa mendapatkan tambahan pemasukan dari lomba-lomba yang kamu ikuti, dengan catatan bila kamu memenangkan lomba tersebut ya.. hehe..

#2. Menjual Kerajinan Tangan Online
Bila kamu mempunyai hobi membuat sebuah kerajinan tangan maka hal ini juga bisa dijadikan peluang bisnis. Contohnya saja teman kuliah saya, selama pandemi ini dia hobi sekali membuat hand lettering. Hasilnya pun sangat bagus, alhasil seringkali ada orang yang tertarik dengan kerajinannya dan bersedia membayar untuk mendapatkan kerajinan tersebut. Jadi, lumayan banget kan untuk menambah pemasukan. Bila ingin memperluas target pasar, kamu bisa menjualnya melalu social media atau berbagai marketplace. 

#3. Membuka Jasa Design Grafis
Beda lagi bila kamu memiliki hobi design grafis, kamu bisa menjual jasa design mu, baik itu berupa design logo, company profil, banner, art vector, design header blog dan masih banyak lagi, tergantung permintaan customer. Hal ini sudah dibuktikan juga oleh teman saya yang jago design grafis. Selama pandemi ini, dia sangat fokus dan serius menggeluti usahanya. Alhasil kini seringkali ia kebanjiran orderan. 

So, gak selamanya pandemi membuat kita sulit kan..?

#4. Jual Camilan atau Makanan Online
Salah satu teman SMA saya juga termasuk orang yang terkena dampak dari pandemi, akibatnya ia kehilangan pekerjaan. Namun, karena dia memiliki hobi memasak, alhasil kini ia menjajakan makanan hasil masakannya secara online. Makanan yang ia jual adalah dimsum. Dan siapa sangka kini omsetnya mulai melejit. 

#5. Membuat Konten Youtube
Bila kamu hobi ngomong dan edit video, kamu bisa mulai untuk membuat konten youtube. Di jaman seperti sekarang ini apapun bisa dijadikan konten. Tapi ingat, bikin kontennya yang bermanfaat yaa.. 

Dari youtube, kita bisa memperoleh penghasilan melalui iklan yang tayang. Tapi memang butuh keuletan dan kedisiplinan agar kita bisa konsisten membuat konten sehingga memenuhi syarat untuk bisa menayangkan iklan. Tapi tenang, penghasilan youtube gak hanya dari iklan adsense aja kok, bisa juga dari review produk atau tawaran kerjasama lainnya. 

Saya yakin, setiap konten pasti ada penikmatnya sendiri. Jadi, jangan takut tidak ada yang melihat konten kita. Yang terpenting “mulai saja dulu”, nantinya rezeki pasti akan mengikuti. 

Belajar Bisnis dan Berguru Melalui Channel Youtube Ninja Xpress

Masih bingung gak kira-kira ingin mencoba bisnis apa? Biar gak makin bingung, saya sarankan untuk menonton konten youtube dari Ninja Xpress saja. Ninja Xpress merupakan e-commerce yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang.

Selama masa pandemi ini, Ninjaxpress.co melakukan kampanya kolaborasi melalui content youtube bersama creator lokal untuk memberikan dukungan terhadap UMKM dan brand lokal agar dapat berkembang. Untuk mewujudkan dukungannya, Ninja Xpress meluncurkan kampanye #ObsesiUntukNegeri dengan melakukan berbagai program inisiatif.

Salah satu program menarik yang disajikan oleh Ninja Xpress adalah BERGURU, Belajar Ragam Usaha Baru. Melalui konten ini, Ninja Xpress berupaya untuk memberikan ide bagi pelaku atau calon pelaku UMKM dengan cara berkolaborasi dengan conten creator agar dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat. Dengan demikian, masyarakat bisa tetap produktif dari rumah meski sedang pandemi. 

Pada konten BERGURU terdapat banyak tips dan tutorial untuk memulai usaha dari rumah. Kategori konten ini ada untuk mendorong masyarakat menciptakan usahanya sendiri dan mengubah persepsi jika sesuatu yang terlihat sulit akan menjadi mudah jika kita ingin berusaha untuk mencoba.

Oleh karenanya, bila kamu sedang mencari ide bisnis saat pandemi serta ingin belajar bagaimana caranya agar bisa mengembangkan bisnis, maka konten BERGURU dari Ninja Xpress merupakan pilihan yang tepat. 

BERGURU, Belajar Ragam Usaha Baru Bersama dr. Tirta di Shoes and Care


Salah satu konten dari channel youtube Ninja Xpress yang menarik perhatian saya adalah konten BERGURU. Berguru merupakan singkatan dari Belajar Ragam Usaha Baru. Pada konten ini terdapat banyak tips dan tutorial untuk memulai usaha dari rumah. Kategori konten ini ada untuk mendorong masyarakat menciptakan usahanya sendiri dan mengubah persepsi jika sesuatu yang terlihat sulit akan menjadi mudah jika kita ingin berusaha untuk mencoba.

Salah satu topik dari konten BERGURU yang cukup menarik adalah pada episode “Belajar Bisnis Bersama dr. Tirta di Shoes and Care. Ternyata selain menjadi seorang dokter, dr.Tirta juga memiliki sebuah usaha yang sudah berdiri sejak lama. Usaha ini ia geluti berawal dari sebuah hobi, namun siapa sangka kini usahanya bisa mendapatkan omset yang tinggi bahkan dalam 1 hari penghasilannya bisa mencapai 1,5 juta. 

Usaha yang digeluti oleh dokter Tirta adalah jasa perawatan sepatu yang ia beri nama Shoes and Care. Menurutnya, bisnis yang ia jalani ini sangat membawa berkah, pasalnya selama pandemi ini bisnis perawatan shoes and care mengalami peningkatan. Bahkan saat ini, bisnis tersebut telah memiliki 62 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Menariknya lagi, Shoes and Care ini tidak hanya menyediakan jasa pembersihan saja, tetapi juga menjual berbagai produk perawatan sepatu ala Shoes and Care, seperti sikat nylon, cat sepatu dan juga berbagai macam cleaner. Harga produk yang dijual di Shoes and Care pun bervariasi, mulai dari 90-150 ribu. Jelas aja ya omset Shoes and Care semakin meningkat. 

Oh ya, Pada episode BERGURU ini, dr. Tirta juga memberikan tips cara membersihkan sepatu agar bersih seperti baru lagi. Berikut tips membersihkan sepatu ala dr.Tirta :
  • Tuang cleaner pada kuas dengan dicampur air, lalu bersihkan pada spot yang kotor. 
  • Bersihkan dengan lap microfiber
  • Tuangkan cleaner pada tisu basah, lalu gosok-gosok pada bagian sepatu yang kotor
  • Sikat bahan dengan sikat khusus yang sudah diteteskan dengan cleaner
  • Lap bahan sepatu dengan cara ditekan, bukan digosok
  • Sepatu bersih seperti baru kembali
Selain itu dr. Tirta juga memberikan tips merawat sepatu agar tidak cepat kotor dan bau. Diantaranya yaitu :
  • Apabila sepatu basah jangan langsung di jemur, diamkan beberapa saat terlebih dahulu lalu dibersihkan atau langsung bawa ke Shoes and Care. 
  • Ada baiknya untuk meminimalisir penggunaan agar tidak cepat kotor.
  • Sepatu berwarna putih jangan dibersihkan dengan sembarang sabun, tetapi harus menggunakan sabun khusus perawatan sepatu berwarna putih.
Mudah ya ternyata kalau sudah tau tips dan triknya. Berarti selama ini saya salah karena selalu membersihkan sepatu dengan deterjen. Hehe.. 

Lalu, bila berbicara masalah modal, menurut dokter tirta modal awal untuk membuka usaha jasa perawatan sepatu tidak terlalu besar. Karena kita bisa mengerjakannya dari rumah sehingga tak perlu mengeluarkan modal untuk menyewa tempat. Paling hanya modal untuk membeli peralatannya saja seperti sikat, cat dan juga cleaner. 

Menurut saya, inspiratif sekali episode Berguru ini. Dari episode ini kita belajar bahwa membuka usaha gak melulu membutuhkan modal yang besar. Yang terpenting adalah NIAT. Menarik banget ya, dari sebuah hobi yang seru, beliau bisa menciptakan bisnis baru. Hanya dari sebuah keterampilan membersihkan sepatu dengan benar, nyatanya bisa menghasilkan profit yang tinggi. 

So, dari video tersebut, kita jadi tahu ya bahwa banyak sekali peluang bisnis dari rumah yang bisa memberikan keuntungan sehingga membuat kita jadi lebih produktif di masa pandemi ini. Jadi gimana nih, kalian udah dapat ide untuk memulai bisnis baru?

Biar makin terinspirasi, jangan sampai kelewatan untuk tonton konten ini ya.. karena konten BERGURU akan tayang setiap satu minggu sekali dengan topik yang berbeda-beda dan yang pastinya sangat menginspirasi. 

Yuk, tonton terus episode berguru lainnya dengan klik subscribe, like dan tulis di kolom komentar, apa kira-kira episode berguru selanjutnya yang harus kita pelajari bersama? 

#ObsesinyaCumaDelivery #Berguru


Salam,



40 comments

  1. Iya nih, Mbak Thya. Banyak yang terdampak covid-19, pengen bikin usaha sendiri, tapi bingung mau bikin usaha apa. Kalau tau mau bikin usaha apa, masih bingung lagi gimana cara memulainya..

    Aku salut banget sama ninja express karena paham dan peduli banget permasalahan banyak orang di tengah pandemi gini. Dengan adanya konten BERGURU ini pasti banyak orang banget orang yang terinspirasi dan terbantu untuk membuka usahanya sendiri.😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaa.. beruntung bgt ya ada channel ini.. sangat membantu masyarakat yg mau memulai usaha

      Delete
  2. Wah keren program BERGURU dari ninja Xpress ini mba, bisa nih cari ide bisnis melalui konten YouTube nya. Aku juga lagi cari ide bikin UMKM yang bisa dilakukan di rumah mba. Thanks for sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2an ketemu idenya ya mbaa.. dan bisnisnya berjalan lancar.. Amiinn..

      Delete
  3. Dulu pas msh koleksi sneakers, aku slalu tuh bawa sepatu2ku ke laundry sepatu gitu utk dibersihin. Supaya LBH yakin dan awet. Krn aku sendiri ga bisa bersihinnya :D.

    Enaak nih kalo hobi bisa menjadi duit. Melakukannya juga dengan hati senang, dan ga ada perasaan tertekan. :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mba.. apalagi kalo warna putih ya, agak susah dibersihin. mending serahin ke ahlinya biar keliatan baru terus kan jadinya.. hehe..

      Delete
  4. Iya nih si pak dokter ini, beliau lebih dulu terkenal bisnis bebersih sepatunya sebelum ngehits seperti sekarang. Mencontoh dari bisnisnya, memang di masa pandemi ini semua orang diharapkan bisa maksimal mencari peluang usaha yang sesuai passion.

    ReplyDelete
  5. Baca ini jadi pengen buka bisnisku dulu nih hehe, pengen banget buat Cheese stik lagi untuk dijual. Btw saat ini teman-temanku pas pandemi juga banyak yang buka bisnis lho mulai dari kuliner sampai buat masker gt dan memang saat ini kita harus pintar-pintar cari peluang ya dari hobi bisa jadi duit.

    ReplyDelete
  6. Peluang bisnis di saat pandemi tetap terbuka, ya. Memang enak sih menjalankan bisnis yang berangkat dari hobi. Ya mungkin tetap ada fase naik turun. Setidaknya bidangnya kita sukai

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah betul.. kalo bidang yg disukai rasanya enjoy2 aja ya mbaa

      Delete
  7. Dokter yang justru lebih terkenal karena usaha sepatunya yang ngehits yaa, banyak peluang bisnis di pandemi begini, tinggal kitanya mau apa engga belajar berbisnis yaa, apalagi kek diatas tuh udah ada sharing2 dari pakarnyaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget.. tinggal niatnya aja dibangun ya mba

      Delete
  8. Suamiku juga kerjaannya terdampak covid mbak, akhirnya memutuskan usaha buka showroom kecil-kecilan. Insha Allah dimudahkan, dicukupkan dan diberikan keberkahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masyaallah..
      semoga lancar dan sukses usahanya ya mba

      Delete
  9. Dr. Tirta memang mantaaap ya mba.. seru bangeet dan memang banyak ya ilmunya mba. Semoga banyak bawa manfaat yaaa

    ReplyDelete
  10. si dokter viral ini awalnya mmg saya tau adalah pengusaha sepatu dikenal diberbagai pameran sneakers anak-anak muda....baru tau klo beliau dokter dan akhirnya jd viral smpe skg. Patut dicth usaha berwiraswastanya

    ReplyDelete
  11. Berguru sama Pak dokter ngetop ini pasti banyak manfaatnya ya mbak, selain menambah ilmu pengetahuan, bisa juga menambah income.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mas..
      banyak inspirasi soalnya :D

      Delete
  12. oh ini pak dokter yang fenomenal dan feimes itu ya mak...mantul kali ya bisa belajar banyak hal dari keseharian beliau lewat unggahan youtube...

    duh mak pengen juga aku bikin konten yutub tapi modelane eksplore desa dan masak ala ala ndeso tapi yang terlihat indah gitu mak #sementara takngayal sek...hihi

    tapi lumayan nggo memaksimalkan fungsi kamera je...sayang kapan ya bisa terlaksana ...huhu..maklum agak madan sibug saia thy hahahhah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayok bikin mak.. ntar ku subsribe.. wekekek..
      iya juga sih, mak emak anak dua pasti repot buanget ya mak..

      Delete
  13. Jujur dulu nggak kepikiran deh kok bisa ya ada bisnis mencuci sepatu. Teryata banyak orang pintar yang bisa mencari peluang yang tepat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget mbaa.. dulu mah terasa aneh ya bisnis cuci sepatu..

      Delete
  14. Asal mau belajar dan tekun pasti ada jalan untuk cari rejeki yaa mba.. apalagi sekarang sudah banyak wadah untuk menimba ilmu seperti channel youtube Ninja express ini.

    ReplyDelete
  15. Wah keren juga ya bisa berguru di Ninja Xpress di YouTube jadi kita mendapatkan beragam informasi yang bisa kita manfaatkan untuk bisnis kita kedepannya jadi pengen kepoin channel youtube-nya deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. tonton terus episode nya kak.. biar makin banyak inspirasi.. :D

      Delete
  16. Sekarang kyknya makin banyak ya muncul usaha2 baru dan menyesuaikan dengan kondisi pandemi.
    Ekonomi yang agak sulit juga bikin banyak orang terpaksa putar otak dan menemukan ide2 bisnis kreatif lainnya.Oh jd selain sepatu jg ada bisnis jasa buat bersihin sepatu ya si dr. Tirta ini?
    Jd penasaran kalau bisnis sepatu msh bagus gak ya? Mungkin lbh ke sepatu olahraga kali ya yg msh banyak dipakai di masa skrng ini.

    ReplyDelete
  17. Waah...Pak Dokter fenomenaall..
    Aku suka juga niih...sama Dokter Tirta ketika sudah berbagi ilmu mengenai usahanya yang beneran dimulai dari nol.
    Idenya aku suka plus langkah taktisnya.

    Semoga dengan memperhatikan channel Belajar Ragam Usaha Baru (BERGURU), banyak yang mendapat inspirasi segar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dokter yg sering ngegas ini mbaa.. hehe..

      Delete
  18. Oh ... BERGURU punyanya Ninja Xpress. Buat yang mulai jualan ataupun sudah punya usaha perlu sering-sering berguru ke para senior entrepreneur nih supaya dapat insight untuk bisnisnya

    ReplyDelete
  19. Dan aku udah pernah cuci sepatu di shoes and care hehe keren sih idenya Dr. Tirta ini semoga terus berkembang lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wihh kereeeenn mba hervaa.. aku malah belum pernah nyoba.. wekekek

      Delete
  20. aku sering banget nontonin BERGURU ini, kontennya menarik dan inspiratif banget. Bisa dapet banyak insight soal bisnis.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)