Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga di Masa Pandemi

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Mengatur keuangan rumah tangga di masa pandemi ternyata harus lebih jeli dan detail dibanding saat kondisi normal. Pasalnya, di masa pandemi seperti sekarang ini banyak sekali pengeluaran yang tak terduga, khususnya untuk biaya kesehatan. 

Seperti pada Desember lalu, tak disangka saya terpapar Covid-19. Alhasil, saya sekeluarga harus melakukan swab test untuk mengetahui siapa saja yang terpapar agar segera mendapat penanganan. Ini artinya, saya harus mengeluarkan dana tak terduga untuk biaya swab sekeluarga. 

Sebagai Menteri keuangan rumah tangga, tentunya saya harus pandai mengatur keuangan agar kebutuhan dalam satu bulan bisa tetap terpenuhi. Lalu, bagaimana sih cara saya mengatur keuangan rumah tangga di masa pandemi? Simak terus artikel ini sampai akhir ya.. 

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga di Masa Pandemi

Selama masa pandemi ini, manajemen keuangan yang baik sangat diperlukan agar semua kebutuhan dapat tercukupi. Berikut cara yang saya lakukan dalam mengatur keuangan rumah tangga. 

#1. Membuat Anggaran Bulanan
Sebelum menerima gaji bulanan, saya selalu menyusun anggaran pengeluaran untuk satu bulan ke depan. Saya membagi pos-pos pengeluaran ke dalam beberapa bagian, diantaranya 70% untuk konsumsi, 10%  dana darurat, 5% amal ibadah dan 15% investasi. Saya juga membuat rincian pengeluaran secara mendetail agar pengaturan keuangan lebih jelas dan terarah.

#2. Membayar Tagihan Wajib
Setelah membuat anggaran bulanan dan gaji sudah berada di tangan, saya segera membayar berbagai tagihan wajib. Berbagai tagihan wajib yang rutin saya bayar setiap bulan diantaranya yaitu, cicilan rumah, tagihan listrik dan Wifi. Namun memang, tagihan ini tidak semuanya bisa dibayarkan diawal. Oleh karenanya, saat mendapatkan gaji, saya langsung memisahkan dana untuk membayar tagihan pada dompet khusus, sehingga bila sudah waktunya untuk membayar, bisa langsung segera dibayarkan. 

#3. Kurangi Perilaku Hidup Konsumtif
Hal lain yang saya lakukan agar kebutuhan setiap bulan dapat terpenuhi adalah dengan mengurangi hidup konsumtif, seperti tidak berbelanja barang-barang yang kurang dibutuhkan seperti baju, sepatu, dan lain-lain. Selain itu, saya dan suami juga rutin membawa bekal makan siang ke kantor sehingga bisa lebih menghemat pengeluaran. 

#4. Mencari Sumber Penghasilan Lain
Saya juga berusaha untuk mencari penghasilan tambahan, seperti berjualan online, menjadi penulis freelance dan juga mengikuti berbagai lomba-lomba menulis. Dan sumber penghasilan ini, biasanya saya alokasikan untuk menambah tabungan. 

#5. Disiplin Menabung dan Menyiapkan Dana Darurat
Hal yang harus konsisten dilakukan agar keuangan tidak morat-marit adalah dengan rutin menabung. Seberapun penghasilannya, harus ada alokasi dana untuk menabung. Hal ini penting agar dapat digunakan sebagai dana darurat bila sewaktu-waktu terjadi hal yang tak diinginkan, seperti sakit, di PHK dan lain-lain. 

#6. Mulai Berinvestasi
Selain menabung, kita juga perlu melakukan investasi. Sebelum ada pandemi, saya biasanya investasi kecil-kecilan dengan membeli emas. Namun sayang, saat pandemi seperti sekarang harga emas melambung tinggi. Alhasil, untuk sementara saya tidak invest emas terlebih dahulu. Alhasil, saya mengalihkan dana untuk melakukan investasi di OVO | Invest.

OVO | Invest

OVO | Invest merupakan salah satu produk reksa dana pasar uang yang dikelola oleh Manulife Aset Manajemen Indonesia, bernama Manulife OVO Bareksa Likuid atau MOBLI. Investasi ini merupakan produk dari OVO yang bekerja sama dengan Bareksa. Dan produk ini baru diluncurkan pada 26 Januari 2021.

Bagi saya, hal ini merupakan terobosan terbaru di Indonesia karena investasi dilakukan dengan mengintegrasikan e-money dan e-investment. Oleh karenanya saya sangat tertarik untuk melakukan investasi di OVO | Invest.

Cara Mudah Registrasi dan Melakukan Pembelian OVO | Invest

Untuk melakukan registrasi di OVO | Invest, caranya sangat mudah. Pertama, kamu harus memiliki aplikasi OVO versi terbaru dan terdaftar dalam member OVO premier. Jika belum terdaftar kamu bisa melakukan pengajuan langsung di aplikasi. Bila sudah terdaftar, langsung saja ikuti step-step berikut ini untuk mendaftar OVO | Invest. 
  • Buka aplikasi OVO dan temukan ikon/logo “Invest”, lalu lakukan pendaftaran dengan mengikuti langkah yang ada. Proses verifikasi akan memakan waktu maksimal 3 hari kerja. Kalau saya sendiri, saat melakukan pendaftaran kemarin, hanya butuh waktu 1 hari saja hingga akun terverifikasi. 
cara registrasi OVO | Invest
  • Jika sudah terverifikasi, maka kamu bisa mulai melakukan investasi dengan melakukan pembelian menggunakan OVO Cash. Caranya yaitu, buka portofolio, lalu klik “Beli”. Kemudian masukkan nominal pembelian. Jumlah minimum investasi hanya Rp 10,000 aja loh. Selanjutnya konfirmasi pembelian dengan klik setuju. Lalu pembelian mu akan segera di proses deh.
  • Proses pembelian sampai realisasi di portfolio memakan waktu maksimal 3 hari bursa (tidak termasuk akhir pekan dan hari libur).
cara beli OVO | Invest

Keunggulan OVO | Invest

Yang pada akhirnya membuat saya tertarik untuk melakukan investasi di OVO | Invest adalah karena OVO | Invest memiliki berbagai keunggulan, diantaranya yaitu :
  • Proses Pendaftaran Mudah dan 100% Online dalam Aplikasi OVO.
  • Pembelian produk mudah, dapat dilakukan dengan menggunakan OVO Cash. Selain itu, kita bisa memulai investasi mulai dari Rp 10.000 saja. Murah banget kan?
  • Bebas biaya pembelian
  • Pencairan dana ke OVO Cash sangat cepat, tak perlu menunggu lama dan tidak ada biaya admin
  • Bisa mendapatkan potensi keuntungan dari return investasi
  • Portfolio investasi dapat dipantau dan diatur kapan saja melalui aplikasi OVO

Cara Mudah Mencairkan Investasi ke OVO Cash

Semisal tujuan investasi kamu telah tercapai, maka kamu bisa loh mencairkan investasi ke OVO cash dengan mudah. Caranya yaitu, 
  • Buka portofolio investasi, lalu klik button “Jual”. 
  • Pilih Manulife OVO Bareksa Likuid
  • Setelah itu, input jumlah dana yang ingin kamu jual. Klik lanjutkan.
  • Lalu, klik konfirmasi penjualan, maka secara langsung dana akan cair ke OVO cash kamu. 
Cara Mencairkan OVO | Invest

Gimana, mudah banget kan melakukan investasi di OVO | Invest? Tunggu apa lagi, yuk #GercepBiarMantep daftar OVO | Invest. Buruan daftar sekarang, klik linknya disini ya. Banyak promo yang ditawarkan oleh OVO | Invest loh. Jangan sampai ketinggalan, pantengin terus media sosialnya ya..
Salam,





47 comments

  1. penting banget invest sedari dini ya mbak. Nggak perlu dengan nominal gede buat memulai, dari nominal kecil asal rutin dan menjadi terbiasa sudah sangat baik itu
    apalagi sekarang ketika invest kayak gini, malah bisa dapet cashback juga ya. lumayan

    ReplyDelete
  2. Memang harus pintar pintar mengatur keuangan disaat pandemi seperti ini agar tidak kolaps atau banyak hutang. Salah satunya dengan investasi.

    Mudah juga ya investasi di ovo invest, cuma dengan biaya 10 ribu bisa investasi, tapi kalo lebih banyak tentunya lebih baik karena potensi keuntungan nya lebih besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas agus..
      langsung 10juta juga boleh.. hehe..

      Delete
  3. Pandemi gini memang harus pintar-pintar mengatur keuangan mbak. Yang terpenting memang banyakin nambah penghasilan, jangan nekat deh berutang daripada kebelit.

    Selama pandemi aku jadi kebiasaan belanja pakai ewallet mbak, selain transaksi lebih aman, juga banyak promo cashback yang bikin hidup jadi sumringah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba.. sebisa mungkin jangan berhutang ya..
      haha.. sama banget mba, dompet digital emang the best ya :D

      Delete
  4. Investasi memang super duper pentiingg ya Mba
    Karena kebutuhan di masa depan tuh IMHO ga bisa terpenuhi hanya dgn tabungan doang
    bisa tergerus inflasi, dah
    makasii sharing-nya mbaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, mba.. jangan lupa investasi.. hehe

      Delete
  5. Aku punya aplikasi ovo tapi gak ngeh kalau ada ovo invest ini mbak. Kebiasaan belanja juga sekarang beralih ke uang elektronik sekarang lebih praktis dan mudah tanpa menyentuh barang lain.

    ReplyDelete
  6. INvestasi di masa pandemi seperti sekarang memang harus disiapkan. Jangan sampai boros deh. Baru tahu aku mba tentang cara investasi di Ovo ini

    ReplyDelete
  7. Baru tau lho kalau OVO punya OVO Invest. Caranya gampang banget lagi. Investasi emang dibutuhkan biar uang nggak 'mandeg' gitu aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, yuk cobain fitur ovo invest nya

      Delete
  8. Sejak pandemi, belanja konsumtif udah bener-bener saya coret dari daftar. Belanja kebutuhan aja. Abisnya gak tau pendemi kapan berakhirnya

    ReplyDelete
  9. mantap ovo sekarang sudah punya Ovo invest. Jadi bisa invest dulu baru sisanya pakai belanja hehehe

    ReplyDelete
  10. Di masa pandemi kita memang harus bisa yaa mengatur keuangan. Nah kelemahan saya ini prilaku hidup konsutif huhuhu harus mulai dikurangin ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus banget mba.. yuk mulai investasi :D

      Delete
  11. Sejujurnya di masa pandemi ini pengeluaran jauuh lebih hemat. Uang sekolah dipotong banyak karena nggak ada kegiatan dan catering, jarang keluar rumah jadi jarang jajan. Hemaaat, beb. Hihi. Salah satu blessing in disguese.

    OVO nih kecintaan banget karena suka ngasih cashback yang mayan banget! Sekarang malah ngeluarin produk investasi ya. Baru tau akutuuu. Bisa jadi salah satu alternatif investasi nih <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar makin hemat lagi, mulai investasi yuk mba :D

      Delete
  12. mudah dan terjangkau ya OVO invest ini. Keterjangkauan ini membuat orang semakin tertarik untuk berinvestasi, sedikit sedikit lama lama menjadi bukit...

    ReplyDelete
  13. Setuju banget, dana darurat penting banget. Selama pandemi ini kami juga beneran bersyukur punya dana darurat, mbak. Karena ada beberapa kejadian tak terduga dan butuh segera. Hanya buat investasi, kami lagi seret ni huhuhu.... Makasi banget info tentang ovo investnya ya mbaaa, aku baru tahu opsi ini untuk investasi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba.. gapapa.. yang penting kebutuhan sehari-hari masih bisa terpenuhi ya mbaa

      Delete
  14. Wajib diperhatikan masalah pengelolaan keuangan ini dan harus lebih ketat apalagi kita ada di masa pandemi seperti sekarang ya mba. Tipsnya jadi catatan banget ini. Wah, aku baru tau Ovo bisa jadi kita gunakan buat invest. Thanks for sharing ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makin keren ya mba si ovo ini.. yuk cobain invest di ovo

      Delete
  15. Biaya untuk tes gak sedikit ya mbak, mau gak mau harus dilakukan saat ada anggota keluarga yang dinyatakan positif. Perlu banget bisa mengatur keuangan dengan baik termasuk investasi untuk masa depan. Di Ovo bisa investasi juga ya sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, untung ada ovo invest skrg nih..

      Delete
  16. Aku pemakai ovo sejati mba wkwkwk
    Hepi lah pokoknya buat transaksi enak nyaman bikin betah

    ReplyDelete
  17. asliii harus pinter2 bangeet atur keuangan pas pandemi gini, dikit2 jebol tuuh per bulan kalau nggak diatur. saving harus tetep jalan, pengeluaran juga dikontrol ketat

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. iya mbaa.. harus bangeett biar gak jebol pengeluaran..

      Delete
  18. Duh aku nih masih belom bisa banyak nabung, invest, dan menganggarkan dana darurat. Kudu nyoba nih dengan Ovo ini. Sering soalnya dapet bayaran OVO. Bisa ya ditabung begini.

    ReplyDelete
  19. iya mbak, masa pandemi begini kita kudu pinter mengelola keuangan ya mbak dan investasi yang beneran bisa membantu keuangan keluarga. alhamdulillah skrg sistemnya digital semua ya jadi gak perlu transaksi pake ngantri

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak kebayang kalau masih pakai sistem ngantri ya mba.. bikin males deh.. :D

      Delete
  20. Sungguhan akutu pengguna OVO banget.
    Dan ada info ini, aku jadi kepo dan ingin mencoba berinvestasi menggunakan OVO loo..
    Kan lumayan yaa...sedikit tapi rutin, bisa menjadi investasi bermanfaat.

    ReplyDelete
  21. Berinvestasi jadi makin mudah ya mba, dimulai dari 10 ribu aja sudah bisa dapat returnnya nanti

    ReplyDelete
  22. saya pengguna ovo, Mba. Tapi jujur aja saya baru tahu kalo ternyata kita bisa berinvestasi via ovo, jadi penasaran pengen coba deh

    ReplyDelete
  23. Saya juga sudah investasi Bareksa di OVO
    Lumayan murah karena cuma 10.000 aja sudah bisa
    Nggak perlu nunggu uang banyak

    ReplyDelete
  24. Kita gak tahu yaa, kapan pandemi ini berakhir. Makanya penting banget untuk mengatur dan mengelola keuangan dengan baik. Terutama di masa pandemi gini

    ReplyDelete
  25. Penting banget memang bisa mengatur keuangan di masa pandemi karena kondisi saat ini sedang down, pekerjaan, bisnis, tidak stabil. Harus waspada membedakan kebutuhan dan keinginan

    ReplyDelete
  26. iyaah Mbak, harga emas sekarang melambung tinggi.
    menarik nih ya OVO | Invest, apalagi bisa mulai Rp 10.000 pun ya.
    harus bisa nabung dan juga invest emang karena kita gak ada yang tahu kehidupan ini, pandemi sampai kapan dan apa yang terjadi besok.

    ReplyDelete
  27. Setuju banget, Mbak Thya. Di masa pandemi gini ngatur duit harus lebih hati-hati. Soalnya banyak banget dana-dana tak terduga yang harus keluar gara-gara adanya Corona ini. 😭

    Tabungan penting, investasi juga gak kalah penting. Memang idealnya investasi gak berhenti gara-gara pandemi. Kayaknya ovo invest ini solusi banget ya, Mbak. Investasi jadi lebih gampang. 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbaa.. investasi gampang dan murah, mulai dari 10.000 aja udah bisaa.. :D

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)