4 Pilihan Moda Transportasi Untuk Mudik yang Nyaman


Transportasi Untuk Mudik


Berdasarkan survei Balitbang Kemenhub, terdapat sekitar 79 juta orang yang berencana melakukan mudik pada lebaran tahun 2022 ini. Jumlah yang terhitung cukup tinggi, mengingat kita sudah mulai memasuki tahun ketiga pandemi.

Pada tahun 2020 lalu, mudik dilarang oleh pemerintah untuk mengurangi laju arus penularan virus Covid-19. Tahun berikutnya, yakni 2021, pemerintah membatalkan cuti bersama terkait lebaran. Polisi bahkan ditempatkan di jalan-jalan untuk melakukan pengecekan bila ada yang mudik tidak sesuai aturan.

Memang, aturan mudik di dua tahun pandemi yang lalu terbilang ketat. Meski tetap saja ada yang mencoba untuk mengakali dan sukses. Oleh karena itu, kita patut bersyukur karena tahun 2022 ini, mudik diperbolehkan asal sudah melakukan vaksinasi booster atau vaksinasi ketiga.

Angka cakupan vaksinasi di Indonesia memang sudah lumayan. Vaksinasi dosis pertama misalnya, sudah menembus angka 90%, vaksinasi dosis kedua di atas 76% dan vaksinasi dosis ketiga diatas 10%. Sisi positif vaksinasi adalah, pemerintah jadi mencabut aturan untuk melakukan tes PCR atau antigen untuk pelaku perjalanan yang sudah vaksin hingga dosis kedua.

Hal ini bisa dibilang menggembirakan karena pengguna layanan transportasi tak perlu lagi repot untuk melakukan tes sebelum berangkat. Selain itu, biaya yang dikeluarkan pun jadi hanya untuk tiket saja. Meski untuk tes-tes terkait covid yang dilakukan di bandara ataupun stasiun harganya relatif lebih murah dibanding tempat lainnya.

Pilihan Moda Transportasi Untuk Mudik

Pilihan Transportasi Untuk Mudik

Hingga saat ini, moda transportasi darat masih menjadi favorit masyarakat yang ingin pulang kampung. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bahkan sudah mulai menyiapkan berbagai hal untuk menyambut peningkatan pergerakan menjelang Idul Fitri yang diprediksi hampir menyamai periode pra pandemi atau 2019.

Tahun ini pos-pos pengecekan syarat perjalanan akan ditiadakan. Sebagai gantinya, pos-pos yang tersedia ditujukan untuk melakukan random testing Covid-19 misalnya di rest area jalan tol, simpul transportasi darat, dan terminal. Apabila nanti dari hasil tes terhadap pemudik dinyatakan positif, maka pemudik tentu akan dilarang untuk melanjutkan perjalanan.

Nah, apakah kamu sudah menentukan kapan akan mulai berangkat mudik? Menggunakan kendaraan apa? Jika jawabannya belum, kamu mungkin bisa menentukannya setelah membaca artikel ini sampai selesai.

Setidaknya, ada empat pilihan moda transportasi umum yang bisa digunakan untuk mudik. Keempatnya itu adalah:

#1.Bus

Bus merupakan salah satu kendaraan umum yang bisa menjadi pilihan untuk kamu yang akan melakukan perjalanan mudik antar kota, antar provinsi, hingga antar pulau. Ada banyak kelebihan yang bisa didapat dari naik bus.

Pertama,  bus memiliki harga tiket yang lebih murah jika dibandingkan dengan kereta atau pesawat. Untuk perjalanan antar pulau, kamu bisa merasakan naik feri dan menikmati pemandangan laut yang seru. Selain itu, pemberhentian Bus juga lebih fleksibel. Kamu bisa minta turun di tempat yang kamu inginkan selama masih dalam rute bus tersebut.

Selain itu, fasilitasnya pun juga istimewa. Jangan salah, bus sekarang bagus-bagus loh. Kamu  bisa memperoleh kursi  yang nyaman, AC,snack, hingga Wifi. Kamu boleh beli tiket bus murah di sini melalui Traveloka, tidak perlu jauh-jauh ke terminal. Cukup lewat ponsel saja, tiket bus bisa langsung didapatkan.

#2.Kereta Api

Mudik dengan moda kereta api  bisa menjadi pilihan jika kamu ingin waktu tempuh yang lebih cepat karena bebas dari kemacetan. Tiketnya pun bisa dipesan secara online hingga Sembilan puluh hari sebelum keberangkatan. Cukup memudahkan pemudik di jaman sekarang.

Layanan dan fasilitas kereta api juga sangat membaik beberapa tahun terakhir ini. Stasiun terasa lebih nyaman karena yang bisa masuk ke peron hanya para pemegang tiket. Jadwal keberangkatan dan kedatangan juga relatif jarang terlambat. Sekarang, semua kereta api bahkan kelas ekonomi juga memiliki AC dan kamar mandi yang bersih serta nyaman.

#3.Pesawat

Meski harus merogoh kocek lebih dalam, pesawat memang memberikan kenyamanan lebih karena waktu tempuh yang diperlukan sangat singkat. Para pemudik yang berniat untuk memakai pesawat biasanya sudah menyiapkan anggaran tiket dari jauh-jauh hari.

#4.Kapal Laut

Kamu tinggal di luar pulau dan ingin tetap mudik dengan biaya terjangkau? Kapal Laut bisa menjadi pilihan tepat. Waktu tempuh yang lebih lama dibanding moda transportasi lainnya tidak pernah menyurutkan minat para pemudik untuk tetap menggunakan kapal laut.

Kamu perlu mempersiapkan diri dengan baik, terutama bila tidak terbiasa dengan kondisi kapal yang bergoyang-goyang. Selain itu, siapkan pula aktivitas menarik agar tidak merasa bosan dalam perjalanan.

Itulah beberapa rekomendasi moda transportasi untuk mudik yang nyaman yang bisa kamu jadikan pilihan. Untuk pesan tiket, cek Traveloka untuk dapat promo dan harga menarik!

Salam,


4 comments

  1. Pilihan nomor satu buat saya udah pasti pesawat sih, paling cepat, karena saya orangnya gak suka berlama2 di jalan. Capek

    ReplyDelete
  2. dibilang mudik kayaknya ga pernah juga aku, kalaupun ke surabaya yang notabene daerah asal bapak saya, kesannya kayak bukan mudik, malah main hahaha
    seringnya kalau aku naik kereta dari jember, karena bebas resiko macet
    duluu banget pernah naik bis dari surabaya ke jember, widihh rekor terlama, surabaya - jember 12 jam. Macettt. ini pas musim lebaran juga suasananya. Bis ga jalan, ditinggal turun beli bakso juga masih kekejar itu bis

    ReplyDelete
  3. Sayangnya tiap lebaran aku ga akan pernah bisa mudik 🤣🤣. Secara ada kucing2 di rumah, dan asisten2 mudik kan. Ga ada yg jagain ANABUL. Makanya lebih milih mudik pada saat bukan peak season ya lagi. Orang2 udah balik kerja, asisten udah balik, barulah aku mudik 😄.

    Tapi memang selama ini aku cuma mau naik pesawat atau mobil pribadi mba. Bus aku paling ga mau. Ini alternatif trakhir kalo ga ada pilihan lain 😅.

    ReplyDelete
  4. Aku terakhir mudik pas Natal 2021 mba, berangkat naik pesawat, pulangnya naik bus sama kapal laut, karena mudiknya ke Lampung dr Jkt. Itu kali pertama anakku naik transportasi umum, karena dia lahir pas awal pandemi, ga pernah naik transportasi umum.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)