Tuesday, October 03, 2017

Pregnancy Diary : Review Kehamilan Bulan Keenam


Alhamdulillah bulan keenam sudah terlewati. Gak berasa tiga bulan lagi bakal launching bayik lucuk, jadi ibuk, ngurus anak. Sungguh tak pernah terbayang akan secepat ini. 

Baca Juga: 

Di bulan keenam ini, Alhamdulillah badan masih sehat-sehat aja, nafsu makan juga masih bagus meski mual datang lagi, tapi cuma di pagi hari aja saat bangun tidur udah pasti mual muntah dan (maaf) sampai keluar pait-paitnya gitu, tapi setelah adegan munmun selesai, perut langsung enak lagi rasanya, badan lebih seger dan langsung laper, nafsu makan terus deh sampe malem. Hihi.. 



Ngidam 
masih sama kayak bulan sebelumnya, ngidamnya masih ganti-ganti tiap hari. Tapi bulan ini, seringkali rasanya pengen masak yang gak biasa gitu kalo pulang kerja. Jadilah, cari-cari resep kalo dikantor. Ya, walaupun seringkali pas udah sampe rumah nafsu masak udah ilang, kalah sama lemesnya. Hihi.. Makanan yang rasanya pengen banget saya masak sendiri itu adalah Pizza, Dendeng Balado, Nasi Kebuli dan steak daging ala-ala abuba. Tapi sejauh ini yang kesampean baru dendeng balado aja. yang lain, nanti yaa, kalo mood nya udah muncul lagi. Hehe.. 

Terus tetiba kepengen bikin maternity photo gitu, kayaknya ini juga bagian dari ngidam deh. Pengen foto lucu ala-ala biar kekinian, tapi belum kepikiran sih konsepnya mau gimana. Ya, nanti dipikirin lagi konsepnya kalo udah dapet acc dari pak suami. #kode 

Keluhan Ibuk 
Keluhan di bulan ini, kaki jadi sering kram. Pernah sekali, tiba-tiba betis kram saat tidur, rasanya sakit banget kayak otot-otot nya ketarik gitu, gak bisa digerakin kaki nya. Alhamdulillah, setelah diurut-urut suami udah gak sakit lagi, cuma tersisa linu-linu nya aja. 

Selain itu, sekarang agak kepayahan juga kalo harus naik turun tangga. Rasanya itu kayak naik gunung, paha sama betis langsung berasa kram, kepala agak kliengan dan langsung ngos-ngosan. Jadi harus berhenti dulu sejenak untuk mengembalikan keseimbangan tubuh. 

Naik turun tangga ini menjadi PR terberat buat saya, dan kayaknya gak bisa dihindari sampai kehamilan 9 bulan deh. Ya, karena berangkat-pulang kerja naik kereta dan tangga stasiun nya itu loh, aduhai banget. aku kudu piye? 

Terkadang ulu hati juga rasanya kayak ditonjok-tonjok, ngilu. Mungkin si dedek lagi nyeruduk-nyeruduk ngenain ulu hati kali yaa. Maklum, kan udah makin besar. Pelan-pelan ya dek nyundulnya. Hehe 

Setiap abis makan, sekarang perut jadi kenceng banget rasanya, begah, penuh, berat, susah jalan. Padahal dikit loh makannya. Serius. Strech mark dan garis linea nigra diperut juga makin terlihat jelas. Gimana ya biar strech mark nya gak terlalu nampak begitu, perut jadi jelek banget kayaknya, serem sendiri ngeliatnya. Selain itu, perut bagian bawah terkadang suka ngilu-ngilu, kata bidan sih akibat suka naik turun tangga dan naik motor jarak jauh. 

Bulan keenam ini juga muncul ruam-ruam dikaki. Gak gatel sih, tapi jadi kasar-kasar merah dibeberapa bagian. 

Perkembangan Ibuk dan Bayik 
Hasil kontrol di minggu ke 27 Alhamdulillah tensi normal (114/84), berat badan naik 3 kg. Jadi total kenaikan berat badan sampai bulan ke-enam ini udah 10 kg. Naik 10 kg, tapi badan masih kurus-kurus aja kayaknya, gak tau pada lari kemana itu lemak-lemak. 

hasil usg
Pas di USG, si dedek lagi ngangkang-ngangkang gitu mamerin “burung” nya, iihh.. malu kali dek. Kepala si dedek posisinya lagi diatas. Kata dokter masih nyungsang, tapi gakpapa katanya usia segini masih muter-muter terus. Berat dedek juga normal, Alhamdulillah udah 1000 gram.

sehat terus ya dek di dalem perut ibuk..

4 comments :

  1. Pas hamil, kaki kram itu aku jg seriiiing banget alamin. Anak pertama dan kedua sama aja. Jd tiap mau ngulet bangun tidur, aku slalu hati2 mba biar ga kram :p. Sekali kram kyk pengen nangis yaa

    Tapi untungnya aku ga ngalamin yg namanya mual muntah. Kebo banget pokoknya :p.. Semua makanan bisa masuk, dan ada acara2 muntahin makanan. Makanya aku tau hamil itu rada telat juga.. Krn ga ngerasain mual

    ReplyDelete
  2. iyaaa. bener banget mba, tiap ngulet langsung kram sakit banget.
    tapi mba enak yaa gak mual muntah. badan seger banget pasti.

    ReplyDelete
  3. proses yang sangat indah bila kita menikmatinya, walaupun terkadang ingin mengeluh dengan berat badan yang semakin meningkat terkadang muntah" tetapi itulah prosesnya yang harus kita jalani ketika mengandung

    ReplyDelete

satu comment.. pahala untukmu :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...