Tuesday, October 24, 2017

Review Buku : Happy Little Soul - Belajar Memahami Anak dengan Penuh Cinta

HAPPY LITTLE SOUL 
Belajar Memahami Anak dengan Penuh Cinta 

Penulis : Retno Hening Palupi 
Penerbit : Gagasmedia 
Jumlah halaman: xiv + 202 hlm 
ISBN: 978-979-780-886-0 

“Ndak apa-apa, itu namanya be-la-jar.” Atau, “Sorry...,” seru Kirana sambil tersenyum dengan tatapan mata teduhnya yang siapapun pasti tak bisa menolaknya. 
*** 



Buku ini berisi kumpulan cerita parenting dari pengalaman pribadi Ibok @retnohening. Bagi calon mamak-mamak dan juga mamak-mamak jaman now yang aktif di Instagram, pasti udah gak asing lagi sama akun Instagram nya mbak @retnohening yang merupakan Ibu dari Kirana, si Gadis cantik dan ceria.

Aku sendiri sebagai calon mamak-mamak, begitu tau Ibok @retnohening mengeluarkan buku “Happy Little Soul” langsung ngacir ke gramedia buat beli buku nya. Padahal saat itu, badan masih lemes lunglai, hamil trimester pertama. Ya, semua ini akibat dari rasa penasaran yang tinggi sama isi buku nya dan mau tau bagaimana gaya mendidik anak ala Ibok @retnohening. Maklum moms to be, butuh panutan. Hehe..

Buku ini terdiri dari 11 BAB, dimana dari Bab ke Bab berisi pengalaman ibuk @retnohening menjadi “Ibu”, mulai dari Kirana dilahirkan sampai saat ini Kirana berumur 3 tahun.

Di Bab I, Ibuk menceritakan tentang pengalaman hamil, melahirkan hingga menyusui Kirana.

Ketika baca bagian ini, aku yang emang posisi nya lagi hamil ini, jadi banyak dapet pengetahuan dari Ibuk. “Oh, begitu? Oh Begini? Ih, sama aku juga begitu.” Heboh sendiri jadinya.

Bab 2 dan 3, Ibuk menceritakan bagaimana ia berinteraksi, berkomunikasi dan saling memahami antara Ibuk dan Kirana


Pada bab ini, dibahas bahwa komunikasi dan interaksi dengan anak sejak masih bayi itu sangat penting. Dengan terus berbicara dan merespon si anak, maka akan menimbulkan kedekatan dan hubungan yang erat, dan lambat laun kita pun jadi tau apa maksud dari si anak, meskipun dia belum bisa bicara.

Bab 4 dan 5, tentang kerjasama dengan anak dan menghargai hal-hal yang dilakukan anak.



Disini aku belajar bahwa hal baru apapun yang dilakukan anak meskipun sangat sederhana patut kita berikan apresiasi, kita perlu menghargai apapun hasil kerja anak baik itu ketika belajar, bermain maupun saat dia sudah berusaha membantu dan bersikap baik.

Bab 6,7, dan 8 tentang Belajar dan Bermain.
Di bab ini, Ibuk banyak bercerita mengenai hal-hal apa aja yang Ibuk lakuin bareng Kirana, mulai dari belajar dan juga bermain. Banyak sekali permainan-permainan yang Ibuk ciptakan untuk Kirana, sehingga membuat Kirana gak bosan.

Sangat kreatif menurut aku. Bisa gak ya nanti aku jadi Ibuk yang kreatif begini (?) 

Bab 9 - 11
Pada Bab ini, isinya kurang lebih tentang bagaimana Ibuk mengajarkan kebaikan kepada Kirana. Aku gak bisa cerita banyak, pokoknya si Ibuk ini bener-bener kreatif menurut Aku. 

dan Aku favorit banget sama Bab 11 di bagian "meminta pengertian dan pertolongan suami." baca bagian itu nyengir-nyengir sendiri ngerasa senasib. haha.. semua suami-suami begitu kali yaa?


Penasaran? baca aja ya bukunya. hehe..

Secara keseluruhan sih, buku ini bagus banget terutama buat calon mamak-mamak kayak aku gini. Isinya gak monoton karena di buku ini gak hanya berisi cerita-cerita aja tapi juga diselingi dengan ilustrasi gambar. Terlebih lagi, buku nya full color sehingga gak mudah bosan untuk dibaca.

Dari buku ini banyak banget pelajaran yang bisa aku ambil dan mungkin bisa aku contek juga buat aku ajarkan ke anak ku nanti. Hehe..

Kalo untuk kekurangan nya sih menurut aku cuma satu, gak ada daftar isi nya. Ya, soalnya aku terbiasa sebelum baca buku pasti lihat daftar isinya dulu, jadi ngerasa ada yang kurang aja. hehe. Oya, sama satu lagi, di hlm.180 ada typo sedikit, kata “sagat” seharusnya “sangat’. Selebihnya sih oke menurut aku.

dan ini adalah kata-kata favorit-ku..

Pada akhirnya, menjadi Ibu adalah menjadi bahagia dengan segala problematika yang ada. melakukan kesalahan, lalu belajar. Menangis, lalu bangkit. Berani mengambil peran sebagai ibu harus berani juga menghadapi kepenatan yang mustahil tidak ada.

Menjadi Ibu adalah tentang jatuh cinta setiap hari kepada anak dan suami, tentang belajar bersabar tiada henti dan tentang menguji keikhlasan yang dimiliki.

Menjadi Ibu adalah belajar. Belajar dari anak kecil yang tidak mengenal dendam. kesabarannya tak terbatas, tetap cinta dan mencari meskipun dimarahi.

Menjadi Ibu adalah tentang pantang menyerah. Dan doa-doa panjang yang tiada henti ia lantunkan itu adalah ketulusan yang tak perlu imbalan. 

22 comments :

  1. Sangat bagus tulisan yang mendidik.. Ibu adalah seseorang yang berjasa dan sangat bahagia bila dikelilingi suami dan anak anak yang baik.. bagus bukunya ya mbak. jadi pengen beliii

    ReplyDelete
  2. Jadi pengen baca, Mbak. Kayanya bagus banget. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo dibaca mbaa. pinjem jg boleh. hehe

      Delete
  3. Aaaah covernya imut banget, ternyata halaman bukunya juga ada ilustrasi gambar yang menarik.

    ReplyDelete
  4. Waktu itu aku udah ambil bukunya, tp kemudian ga jd beli.. Krn tertarik novel misteri yg lain :D. Bukunya bgs bagian dlamnya yaa.. Gambar2nya menarik mba. Anakku bisa jd suka juga liat buku bergambar gitu..

    ReplyDelete
  5. Aku dpt Buku ini waktu itu.. ringan dan menyentuh �� jadi ibu memang luar biasaaaa

    ReplyDelete
  6. sangat bagus bukunya, bisa menjadi pelajaran buat ibu" muda yang ingin mendidik anaknya dan mendekatkan diri dengan berbagai aktifitas akar dapat lebih mengenal karakteranak dan sifat anak

    ReplyDelete
  7. Waa dari dulu pengen baca Happy Little Soul, tapi selalu ga jadi beli bukunya gara-gara tumpukan buku yang belum dibaca udah terlalu banyak >.< PR banget nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sini mba aku bantu baca tumpukan bukunya.. hehe

      Delete
  8. Aku juga baca ini, bahkan kemarin pas masih single. Lumayan buat referensi karena belum ngalami sendiri :)

    ReplyDelete
  9. Buku ini hits ya dan layak baca buat perempuan calon istri/ibu.

    ReplyDelete
  10. Aku penasaran sagat mba hehehe.. Sangat.. Katanya ada permainan permainan nya juga ya gimana cara main dengan anak aku meluncur ke gramed lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba.. ada permainan2 nya, cara-cara bermain nya juga ada.
      bagus deh buat dicontek. hehe

      Delete
  11. Lama nggak baca buku dari gagas media, beli juga sudah jarang. Sekarang lagi suka baca buku-buku lama :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. buku-buku lama juga seru kok.. hihi

      Delete

satu comment.. pahala untukmu :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...