Tuesday, December 19, 2017

Resolusi 2018 dan Tips Mewujudkannya Agar Tak Sekedar Menjadi Wacana

Tak terasa sudah di penghujung tahun. Biasanya kalo sudah akhir tahun begini orang-orang mulai ramai menyiapkan sederet resolusi untuk satu tahun kedepan. Saya pun juga begitu, setiap tahun gak pernah absen menuliskan resolusi. Tujuannya si agar hidup lebih terarah dan bermakna. Iya, karena hidup gak cuma untuk main-main aja tapi banyak juga impian yang harus dicapai demi masa depan yang cerah. 

Walaupun gak semuanya tercapai, tapi setidaknya dengan menuliskan resolusi, kita bisa mengetahui apakah satu tahun ke belakang hidup kita penuh manfaat atau malah penuh kesia-siaan. Kan sayang kalo satu tahun penuh kesia-siaan, yang ada ujung-ujung nya hanyalah penyesalan. 

Setiap tahun saya rutin menulis resolusi di buku khusus. Sengaja bikin buku khusus untuk mencatat resolusi dari tahun ke tahun agar di akhir tahun nanti bisa di evaluasi kembali sehingga kekurangannya dapat diperbaiki di tahun berikutnya. 




Buku tersebut tidak hanya berisi resolusi saya saja tetapi juga resolusi mantan pacar saya (yang sekarang menjadi suami saya). Ketika akhir tahun tiba, kami berdua sama-sama membaca lagi buku tersebut dan melakukan evaluasi terhadap point-point yang tidak tercapai agar bisa dibenahi di tahun depan.

Setelah saya buka lagi buku tersebut, ternyata di tahun 2017 ini saya menuliskan 10 resolusi. Dan dari 10 resolusi tersebut, ada 8 resolusi yang tercapai. Alhamdulillah. Jadi kalau dihitung, ketercapaian resolusi saya di tahun 2017 sebesar 80 %. Lumayan. Tahun depan harus lebih baik lagi. 

Resolusi Tahun 2018 

Di tahun 2018 ini saya memiliki beberapa resolusi yang semoga aja dimudahkan untuk mewujudkannya. Amiin.

#1 Menjadi Ibu dan Istri yang Ideal 

Status saya yang baru beberapa minggu menjadi ibu membuat saya harus beradaptasi dalam mengurus anak dan juga suami. Saya berharap bisa menjadi ibu yang ideal. Maksudnya mampu mengurus anak sekaligus pak suami dengan maksimal, gak banyak mengeluh. Sebagai Ibu baru, saya masih harus banyak belajar. Pun begitu, sebagai istri yang belum genap setahun, saya harus banyak belajar agar dapat melayani suami dengan baik, biar suami dan anak makin cinta. Saya juga berharap tumbuh kembang anak nanti bisa bagus. Anak cerdas, Ibu Happy

#2 Mendapat Pekerjaan yang lebih baik 

Rasanya saya belum pernah puas dengan pekerjaan yang saya jalani. Bukan berarti gak bersyukur, hanya saja saya ingin mendapatkan pekerjaan yang lebih baik lagi. Tahun lalu, saya juga memiliki resolusi seperti ini dan Alhamdulillah tercapai. Awal tahun 2017, tepatnya sebulan sebelum menikah saya mendapat pekerjaan baru yang tentunya lebih baik dari pekerjaan sebelumnya. Sekarang, belum genap satu tahun bekerja ditempat baru ini, saya merasa kurang cocok dan kurang nyaman. Semoga tahun 2018 saya menemukan tambatan hati yang cocok dengan saya. 

#3 Menjadi Blogger dan Content Writter 

Sebenarnya saya sudah aktif ngeblog sejak tahun 2009, tapi blognya masih begitu-begitu aja, gak ada kemajuan. Memang sih saya ngeblog hanya untuk menjalani hobi saja. Rasanya ada kepuasan tersendiri setelah melakukan aktivitas ‘ngeblog’. Pembaca nya pun diri sendiri dan juga teman-teman terdekat. Tapi setelah dipikir ‘Kenapa hobi ini gak dimanfaatkan aja supaya dapat penghasilan?’

Akhirnya di pertengahan tahun ini, saya mulai membuat postingan-postingan yang kiranya bisa bermanfaat buat para pembaca. Saya juga mulai utak atik blog agar terlihat lebih indah. Saya berharap tahun 2018 sudah banyak kemajuan dari blog saya. Blog sudah bisa dapat penghasilan dan juga punya prestasi.

Selain itu saya juga berharap bisa menjadi content writter. Saya sudah mendaftar di beberapa situs sih, hanya saja belum memulai untuk menulis. Semoga tahun 2018 saya bisa konsisten menulis dan tulisan bisa di publish. 

#4 Meningkatkan Ibadah 

Karena hidup itu harus seimbang antara dunia dan akhirat (hehe gaya banget), saya juga punya resolusi terkait kegiatan ibadah saya. Beberapa Ibadah yang ingin saya tingkatkan yaitu Solat Sunnah, Tilawah Ba’da Sholat, Khatam Qur’an, Puasa Sunnah, Rutin Bersedakah, dan juga menambah Hafalan surat-surat. Semoga saya bisa konsisten melakukan amalan-amalan tersebut. 

#5 Memiliki Hunian Pribadi 

Sampai saat ini saya masih tinggal dengan menumpang di rumah orang tua. Harapan terbesar saya adalah bisa memiliki rumah pribadi agar bisa hidup lebih mandiri. Semoga tahun 2018 ada rezeki untuk membeli rumah pribadi atau setidaknya untuk membeli sepetak tanah. Amiin.. 

#6 Memiliki Kendaraan Pribadi 

Kendaraan pribadi yang saya maksud adalah ‘mobil’. Berhubung saya punya anak bayi maka agar aman dan gak kepanasan atau kehujanan saat berpergian, saya kepingin punya mobil. Doakan ya, semoga dapet rezeki berlebih di tahun depan. 

#7 Berat Badan Ideal 

Sejak kecil, saya belum pernah merasakan punya berat badan ideal alias berat badan saya selalu kurang. Entah kenapa saya sulit sekali untuk menaikkan berat badan walaupun sudah makan banyak. Baru di tahun ini aja berat badan saya bisa naik, itupun karena habis melahirkan. Pasca melahirkan, penurunan berat badan saya hanya 4 kg saja (setelah naik 17 kg saat hamil). Mudah-mudahan BB saya gak turun di tahun depan, bahkan kalo bisa naik lagi sedikit. 

Lalu apa saja yang harus dilakukan agar dapat terwujud? 

#1 Niat 

Ini merupakan point penting. Tanpa niat dan tekad yang kuat jangan harap apa yang kita inginkan bisa tercapai. Tapi jangan sekedar mengumpulkan niat aja tanpa usaha yaa.. 

#2 Berusaha 

Kalo niat nya udah dapet, tinggal usaha nya aja yang perlu digencarin. Kalo saya berarti harus usaha agar bisa jadi ibu dan istri yang ideal, berusaha konsisten menulis agar blog semakin oke, berusaha mencari penghasilan tambahan agar bisa punya rumah dan kendaraan pribadi dan juga berusaha konsisten dalam beibadah. 

#3 Tempel Resolusi di Dinding Kamar 

Manusia merupakan tempatnya salah dan khilaf. Kadang baru kemarin menulis resolusi mau ini dan itu, eh, besoknya udah lupa, hidup males-malesan lagi. Nah, sebagai pengingat agar gak lupa, tempel aja catatan resolusi-resolusi itu di dinding kamar. Jadi saat lagi males-malesan bisa termotivasi lagi karena melihat tulisan itu. 

#4 Berdoa 

Kalau niat dan usaha sudah dilakukan, langkah selanjutnya tinggal pasrah dan berdoa agar apa yang kita inginkan bisa terwujud. 

#5 Menjaga Kesehatan 

Ini juga merupakan point paling penting. Tetap jadikan kesehatan sebagai prioritas utama. Kalau tubuh gak fit maka usaha yang dilakukan untuk mencapai impian-impian pun menjadi kurang maksimal. 

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan versi saya adalah : 

  • Istirahat cukup : Jangan bohongi diri sendiri, kalo merasa lelah ya istirahat dahulu. 
  • Menjaga Pola Makan : Pola makan harus teratur, jangan karena keasikan beraktivitas sampai kelupaaan makan. Apalagi untuk orang dengan penderita magh seperti saya, telat makan sebentar bisa langsung kambuh. 
  • Rutin Berolahraga : olahraga penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Kalau tidak sempat ya minimal setiap hari berjalan kaki beberapa menit atau skipping beberapa menit di rumah juga bisa menjadi alternatif. 
  • Minum Multivitamin : Kadang sudah menjaga kesehatan tapi tubuh tetep aja gak bisa diajak kompromi. Meriang, flu, pegal-pegal mampir ke tubuh. Kalo sudah begitu maka perlu asupan multivitamin untuk mendongkrak stamina yang hilang. 

Multivitamin yang biasa saya konsumsi adalah Theragran-M karena menurut saya Theragran-M merupakan vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan. Selain itu juga berfungsi sebagai vitamin untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit. 



Theragran-M mengandung kombinasi Multivitamin (Vit A, Vit B, Vit C, Vit D, Vit E) dan Mineral esensial (seperti Magnesium dan Zinc) sehingga terbukti meningkatkan, mengembalikan dan menjaga daya tahan tubuh, serta mempercepat proses penyembuhan. 



Saya menyukai Theragran-M karena tabletnya berbentuk salut gula sehingga enak dikonsumsi karena tidak ada rasa pahit-pahitnya. Theragran-M juga sudah terbukti kehalalannya karena dikemasan terdapat logo halal dari Majelis Ulama Indonesia. Selain itu, Theragran-M tidak memiliki efek samping dan dapat dikonsumsi siapa saja termasuk ibu menyusui seperti saya. 



Dengan kondisi saya yang baru melahirkan dan sering begadang tengah malem untuk mengurus bayi  membuat badan jadi mudah capek dan lelah.  Maka dari itu, saya rutin mengkonsumsi Theragran-M, agar badan segar dan fit kembali. 

Terbukti banyak sekali manfaat yang didapat dengan mengkonsumsi vitamin Theragran-M. Maka dari itu kalau sakit jangan kelamaan agar badan tetap fit sehingga resolusi mudah tercapai.

Kalau kamu? Apa Resolusimu?




Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran M

54 comments :

  1. Punya newborn baby ini masa paling2 menyenangkan sekaligus melelahkan. harus benar-benar jaga kondisi dan istirahat yang cukup. Alhamdulillah ada theragran-M yg bisa bantu mendukung vitalitas yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mba.. capek banget tapi juga seneng banget.
      untung ada theragran, badan jadi tetep fit

      Delete
  2. Aku tuh juga niat banget loh klo bikin resolusi tapi entah cuma jadi wacana sampai tahun berikutnya haha

    ReplyDelete
  3. Semoga resolusinya jd kenyataan ya mbak.. Wah aku jd mikirin resolusi tahun 2018 nih, blm kepikiran.. Hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin..
      ayo mba, segera disusun resolusinya..

      Delete
  4. yuk mba jadiin blog TLD di tahun 2018 hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengennya begitu.
      semoga tahun depan

      Delete
  5. resolusi saya di tahun 2018... NIKAH... :D

    ReplyDelete
  6. Yaa!! Apapun sesuatunya nanti di tahun 2018 memang perlu direncanakan secara matang...Agar tidak menumpuk2 wacana menjadi sesuatu yang terabaikan serta tidak jelas..😊

    ReplyDelete
  7. Ohw Mba Thya Masih Pengatin Baru toh....harus banyak resolusinya dong mumpung masih muda beda sama saya yang buntutnya sudah 3 masih balita lagi jadi gak banyak resolusi kalau saya yang penting anak anak saya sehat bisa kumpul dengan ayah bundanya.Kok sama Ya saya juga lagi fokus jadi Content writer lumayan hasilnya kalau ulet.Kenapa gak pake Domain TLD mba kan murah biar lebih oke blognya siapa tau rezeki makin banyak yang datang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengen nya sih begitu, pake domain. tapi blm sempet2 nih.

      content writter saya jg blm berjalan. semoga tahun dpn terlaksana smua.

      Delete
  8. Amin, mbak. Semoga apa yang dicita-citakan tercapai pada tahun depan.

    ReplyDelete
  9. Amin smoga terwujud ya mbaaa.. resolusi buat olahraga nih aku di 2018 Hehe..

    ReplyDelete
  10. Blm pernh buat resolusi2an, berjalan apa adanya saja ini mah, hehe

    ReplyDelete
  11. Yupz! Resolusi tidak hanya untuk ditulis, tapi juga untuk di wujudkan dan dipenuhi. Semoga dengan tips tips diatas resolusinya bisa berjalan dengan lancar mbak, aminn ^-^

    ReplyDelete
  12. resolusi 2018 gelar acara nikahan 7 hari 7 malem 3 kota

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuh mah tunggu undangannya ajaa lah mbaa.. buruan yaa.. wkwk :p

      Delete
  13. keren menginpirasi resolusinya dunia akhirat he..

    ReplyDelete
  14. Hmmmmm... hidup nomaden, resolusi sendiri aja saya bingung.. salam kenal ya...

    ReplyDelete
  15. Hampir sama resolusinya, Mbak. Tapi, kalau aku pengennya kurusan. :'D Hehehehe .... Semoga sama2 terwujud, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya pengen ideal lah yaa.. haha

      Delete
  16. Seru banget sih bikin resolusi berdua suami. Aku masih masing-masing, eh malah kayanya sendiri aja bikin resolusinya. hihihihi
    Semoga 2018 akan lebih banyak goals yang terwujud ya, Mbak.

    ReplyDelete
  17. 2018 aku ingin lebih banyak rejeki.. aamiin.

    ReplyDelete
  18. betul banget, menjaga kesehatan emang harus selalu jadi yang paling diutamakan karna tanpa kesehatan semua resolusi gak akan bia dicapai...

    ReplyDelete
  19. Insya Allah terwujud mba Amin. Kalau resolusi tahun kemarin 80%, tahun 2018 bisa 100% Amin

    ReplyDelete
  20. Aamiin, semoga satu persatu terwujud ya. Dan dimudahkan, serta terus berbagi dan menginspirasi lewat blog ini..

    ReplyDelete
  21. Saya juga lagi berusaha untuk mencari pekerjaan yang lebih baik. Biar masa depan tampak lebih jelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin.. smoga dpt yg lebih baik yaa.

      Delete
  22. Saya masih belum tau resolusinya hehe.

    Betewe, semoga tercapai mba segala keinginannya, apalagi rumah, saya aamiinkan :D

    ReplyDelete
  23. Resolusi memang perlu untuk jd semangat kita mggapainya
    Ada target hidup lebih tertantang
    Aaya pun pake tempel2 d dinding untuk resolusi tahunan

    Semoga resolusinya terealisasi semua y mbak thya
    Dan selamat udh jd ibu

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dong tempel2 di dinding biar inget terus..

      Amiinn..

      Delete
  24. Selamat Tahun Baruuuuu... Semoga resolusi kita terlaksana dan bermanfaat. Aamiin..Sehat-sehat terus yaaa

    ReplyDelete
  25. Seumur2, aku blm pernah nulis resolusi tahun baru ahaha.. orangnya ngalir aja kaya aer wkwk..

    Semoga semua resolusinya tercapai ya mbak Tia.. :)

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa sih??
      yang penting hidup bermakna ya.. hehe

      Amiinn..

      Delete
  26. Semoga tercapai segala resolusi yang telah direncanakan untuk tahun ini yaaa dan yang paling penting adalah tetap sehat sepanjang tahun.

    ReplyDelete
  27. ngeblog dari 2009. sudah lama banged ya di banding dengan saya yg baru muai belum ada 1 bulan.. mohon bimbinganx kakak senior...hihi

    oh iya.. salam kenal n happy new year, semoga resolusinya tercapai semua..amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru 1 bulan tapi udh oke blog nya..

      Amiinn..

      Delete

satu comment.. pahala untukmu :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...