Thursday, November 15, 2018

Ibu Hamil, Ini Daftar Perlengkapan Melahirkan yang Wajib dibawa ke Rumah Sakit



Memasuki usia kehamilan di trimester ketiga merupakan masa-masa yang paling mendebarkan. Bagaimana tidak? Pertemuan dengan sang buah hati hanya tinggal hitungan minggu atau bahkan hari lagi. Persalinan pun bisa terjadi kapan saja, mulai dari minggu ke-37 atau bahkan sebelum itu jika terjadi persalinan prematur.


Untuk itu, Ibu hamil perlu mempersiapkan barang yang harus dibawa saat melahirkan. Ada baiknya perlengkapan ini sudah disiapkan sejak awal trimester ketiga sehingga ibu tidak kerepotan menyiapkan barang-barang jika tiba-tiba ibu harus ke rumah sakit untuk bersalin. 

Dalam menyiapkan perlengkapan, ada baiknya pisahkan perlengkapan Ibu, perlengkapan bayi dan perlengkapan suami dalam tiga tas yang berbeda. Tujuannya agar lebih mudah saat harus mengambil barang-barang yang ada di tas. Selain itu, Ibu hamil jangan menyiapkan sendirian, libatkan pula suami dalam menyiapkan perlengkapan agar suami tidak kebingungan mencari barang yang dibutuhkan saat di rumah sakit. 

Berikut ini daftar perlengkapan melahirkan yang wajib dibawa ke rumah sakit. 



Baju Ganti Ibu, Pilih yang berkancing depan 




Baju kancing depan sangat dibutuhkan bagi ibu yang baru saja melahirkan karena akan memudahkan aktivitas menyusui. Siapkan baju ganti minimal untuk tiga hari, pilih yang nyaman dan praktis digunakan. 

Pembalut Nifas 


sumber foto : ameblo.jp
Meski sebagian rumah sakit ada yang menyiapkan pembalut nifas, namun lebih baik kita juga berjaga-jaga untuk membawanya. Siapkan minimal 1 pack agar tidak kekurangan. 

Bra Menyusui dan Breastpad 


sumber foto: Instagram @zenbabynz


Bra menyusui memudahkan saat menyusi bayi pasca melahirkan. Siapkan bra menyusui agak banyak untuk berjaga-jaga jika basah terkena ASI. Siapkan pula Breastpad yang berguna sebagai bantalan untuk mencegah ASI merembes keluar. 

Perlengkapan Mandi 




Siapkan perlengkapan mandi seperti sikat gigi, pasta gigi, sabun dan shampo agar ibu bisa bersih-bersih tubuh pasca melahirkan.

Gurita Ibu 


Sumber: solusisehatku

Gurita digunakan dengan cara diikatkan pada bagian perut. Fungsinya adalah untuk mengencangkan kembali bagian perut yang kendur setelah persalinan.  Penggunaan gurita juga mampu mengurangi rasa nyeri punggung pasca persalinan. 

Kain Jarik 




Kain Jarik berguna agar mudah bergerak saat jelang persalinan. Dapat pula digunakan sebagai alas saat melahirkan dan juga untuk menggendong bayi. 


Baju untuk pulang

Siapkan satu pasang baju yang dapat digunakan ketika akan pulang dari rumah sakit. 




Untuk perlengkapan bayi tidak perlu bawa terlalu banyak karena biasanya rumah sakit sudah menyiapkan. Bawa saja masing-masing 2-3 buah. 

Baju bayi newborn


sumber: nubroadcast.com
Bawa saja 2-3 buah baju bayi untuk berjaga-jaga jika rumah sakit tidak menyediakan. Baju bayi ini juga dapat digunakan saat pulang dari rumah sakit. 

Popok bayi 

Popok biasanya juga sudah disediakan dari rumah sakit. Namun bawa saja agak banyak untuk ganti-ganti karena bayi yang baru lahir biasanya sering pup dan pipis.  

Sarung tangan, sarung kaki dan topi 



Bayi yang baru lahir masih menyesuaikan diri dengan suhu di ruangan karena bayi terbiasa berada pada suhu yang hangat ketika berada di dalam rahim ibu. Terlebih lagi ruangan di dalam rumah sakit biasanya ber-AC sehingga suhu menjadi dingin. Untuk itu, sarung tangan, sarung kaki dan topi penting dibawa agar bayi tetap hangat dan merasa nyaman seperti di dalam rahim. 

Bedong, Gurita dan Selimut 


Bawa secukupnya saja karena sudah disediakan dari rumah sakit

Tisu Basah 
diapersbd.com
Tisu basah diperlukan untuk membersihkan kotoran bayi. 


Selain perlengkapan Ibu dan bayi, perlengkapan suami juga harus dipersiapkan karena dia yang akan mendampingi kita saat proses persalinan nanti. Berikut perlengkapan suami yang perlu dibawa.



Baju ganti 
Siapkan Baju ganti secukupnya, minimal untuk tiga hari di Rumah Sakit.

Bantal, Selimut dan Tikar atau alas tidur 
Rumah sakit biasanya tidak menyiapkan alas tidur untuk pendamping pasien. Ada baiknya jika dipersiapkan dari rumah agar lebih nyaman saat menemani ibu di rumah sakit. 

Handuk dan Toiletris
Siapkan satu buah handuk dan perlengkapan mandi setidaknya sabun, sikat gigi dan pasta gigi. 

Handphone, charger dan powerbank 
Selain sebagai alat komunikasi atau untuk menghubungi sanak saudara, handphone juga berguna sebagai hiburan sembari menunggu istri melahirkan. Jangan lupa bawa juga charger atau powerbanknya ya..

Dokumen Penting 
Dokumen-dokumen ini sangat penting dan wajib hukumnya untuk dibawa karena dibutuhkan untuk keperluan administrasi di rumah sakit. Selain itu juga digunakan untuk mengurus akte kelahiran anak.

Dokumen yang wajib dibawa adalah
- Fotokopi Kartu Keluarga
- Fotokopi KTP Suami dan Istri
- Fotokopi Buku Nikah
- Fotokopi akte kelahiran Suami dan Istri
- Buku catatan kehamilan
- BPJS

Barang yang dibawa terlihat banyak ya? tidak apa-apa, yang penting semua kebutuhan untuk di rumah sakit terpenuhi. Yuk mulai di list barang-barang apa saja yang perlu dibawa.. 

4 comments :

  1. Bener banget kak perlengkapan yag dibawa buat lahiran.. aku juga kemarin lahiran disuruh bawain perlengkapan itu.. dan alhamdulilah semuanya aman lancar pas lahirann

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya mba..
      jadi gak ribet kalo udah disiapin jauh hari

      Delete
  2. Dulu Waktu Istri melahirkan ga sebanyak itu bawanya, kebetulan BIDAN nya dekat rumah jadi seperlunya aja sekiranya bisa dibawa satu tas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga si. kalo deket mah enak.
      lebih simpel ya bawaannya

      Delete

satu comment.. pahala untukmu :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...