Ini Dia Rahasia Mengapa Kopi Kapal Api Jelas Lebih Enak

Kapal Api, jelas lebih enak
Kopi merupakan minuman populer dalam mengusir rasa kantuk. Rasa dan aromanya yang khas membuat ‘candu’ bagi siapa saja yang menikmatinya. Tak heran jika banyak sekali masyarakat yang hobi meminum kopi, seakan minum kopi sudah menjadi gaya hidup karena minuman tersebut sulit dipisahkan dari aktivitas sehari-hari mereka. 

Bagi pecinta kopi, minuman hitam tersebut dipercaya dapat meningkatkan energi dan stamina sehingga aktivitas pun dapat dilakukan dengan baik. Bahkan beberapa orang mengaku merasa pusing atau tak enak badan jika tidak meminum kopi dalam sehari. Sehari tanpa menyeruput kopi, tubuh terasa hampa.. 



Kebiasaan ngopi yang sudah melekat ini menjadikan kedai-kedai kopi semakin menjamur. Jika dahulu hanya ada warung kopi atau yang biasa disebut dengan ‘warkop’, kini sudah banyak kedai dan cafe yang menyuguhkan berbagai macam varian kopi, ditambah lagi dengan konsep kedai atau cafe yang unik dan juga ditunjang dengan fasilitas wifi. Hal ini tentunya membuat pengunjung betah berlama-lama. 

Tak hanya di kedai kopi maupun di kantor, bagi ibu rumah tangga dengan setumpuk pekerjaan pun bisa menikmati kopi di rumah. Ya, kopi bisa dijadikan sebagai teman mencuci atau menyetrika baju agar gairah tetap terjaga. Di rumah, kita bisa meracik kopi sesuai selera atau jika tak mau repot, kopi sachet bisa menjadi pilihannya. Tinggal seduh langsung ‘glek’.


Manfaat Kopi

Jika dikonsumsi sesuai dengan takaran, kopi memiliki segudang manfaat. Kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan produksi adrenalin sehingga dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan denyut jantung. Selain itu, kafein juga dapat meningkatkan produksi dopamin yang dapat menimbulkan perasaan bahagia. (https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20151117013828-262-92075/rahasia-di-balik-kecanduan-kopi/). Hal inilah yang membuat penikmat nya merasa bersemangat dan tidak kehilangan energi. 

Manfaat lain yang dapat dirasakan yaitu kopi dapat mencegah dan mengatasi depresi, menekan resiko sakit jantung dan diabetes, meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif, melindungi diri dari penyakit parkinson dan masih banyak segudang manfaat lainnya (http://www.alodokter.com/kafein-bisa-menjadi-sahabat-sehat). 


Kopi Kapal Api Pilihanku

Sejujurnya aku sendiri bukan pecandu kopi. Aku hanya menikmati kopi di moment-moment tertentu sebagai teman membaca atau menulis, juga sebagai penghangat tubuh saat aku sedang trip naik gunung bersama teman-teman. Menikmati kopi diatas gunung dengan ditemani kabut yang mengepul itu sungguh suatu kenikmatan yang hakiki. 

Kopi Kapal Api menjadi pilihanku karena menurut ku rasanya jelas lebih enak, pas dilidah dan aromanya juga nikmat sehingga membuat tubuh terasa lebih segar. Jika dibandingkan dengan kopi lainnya, kopi kapal api memiliki komposisi yang pas menurut ku. Untuk Kapal Api special mix contohnya, mengandung gula dan 25% kopi bubuk. Komposisi gula dan kopi bubuk yang seimbang ini membuat cita rasa dan aromanya khas sehingga terasa nikmat dilidah.

Selain komposisi yang tepat, ada beberapa alasan Mengapa Kopi Kapal Api jelas lebih enak.. 

#1 Terbuat dari biji kopi pilihan dengan kualitas tinggi 
Untuk memastikan kopi memiliki kualitas baik, produsen Kapal Api melakukan pemilihan satu per satu saat melakukan pemanenan yaitu dengan memilih biji kopi yang benar-benar matang sehingga didapatkan kopi kualitas tinggi. 

#2 Terbuat dari perpaduan kopi Arabika dan Robusta yang tepat 
Kapal Api menggunakan perpaduan kopi Arabika dan Robusta. Kombinasi yang tepat ini memberikan aroma yang menggembirakan dan rasa yang nikmat. Selain itu, pada prosesnya dilakukan pemanggangan dalam mesin panggang yang modern sehingga membuat kopi kapal api jelas lebih enak. 

#3 Diproses dengan penggilingan yang sempurna 
Proses penggilingan yang tidak tepat dapat mempengaruhi cita rasa dari kopi. Kapal Api melakukan penggilingan dengan hasil yang halus sempurna sehingga sensasi rasa dan aroma nya lebih maksimal. Oleh karena itu dapat diperoleh aroma dengan kesegaran yang baik.

#4 Dikemas dalam kemasan Nitrogen
Kopi Kapal Api dikemas dalam kemasan nitrogen sehingga dapat menjaga cita rasa kopi dari proses awal pengolahan hingga kopi akan dikonsumsi. Tentunya hal ini membuat kopi kapal api jelas lebih enak (http://waktunyakapalapi.com).

#5 Harga Bersahabat
Kapal Api didistribusikan kepada konsumen dengan harga yang pas dikantong. Meski kualitas nya bagus, namun kapal api tidak membandrol harga yang tinggi sehingga kalangan manapun bisa menikmati secangkir kapal api untuk menemani aktivitasnya.

Proses pengerjaan yang sempurna membuat kopi kapal api memiliki kualitas yang baik. Ditambah dengan harga yang pas dikantong, membuat kopi kapal api semakin jelas lebih enak.

#6 Enak diminum saat panas maupun dingin
Kapal Api bisa dinikmati di segala suasana. Panas ataupun dingin, kapal api tetap memiliki aroma dan rasa yang jelas lebih enak. Saat cuaca sedang dingin, kita bisa menikmati secangkir kapal api panas, uapnya yang mengepul tentu dapat menghangatkan tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih relax. Begitupula saat cuaca sedang panas, secangkir kapal api dingin pas sekali untuk dinikmati, badan jadi lebih segar, kerja pun semangat lagi.


Kapal Api Punya Cerita

Awal mula perjumpaan ku dengan Kopi Kapal Api ini karena dikenalkan oleh Bapak ku. Ya, jadi sejak aku kecil, Bapak adalah pecinta Kopi Kapal Api. Sampai saat ini pun Bapak tak mau beralih ke kopi lainnya karena menurut beliau Kopi Kapal Api ini jelas lebih enak dan jelas terasa nikmatnya. 

Saking cinta nya dengan Kapal Api, di rumah tidak pernah kehabisan stok Kopi Kapal Api. Stok kopi yang biasa disediakan oleh Ibu adalah Kopi Kapal Api special kemasan ekonomis dan juga Kapal Api special mix kemasan sachet. 


stok kopi dirumah

Sejak kecil aku sering membuatkan kopi untuk Bapak. Berbekal resep racikan dari Ibu, Aku membuatkan kopi untuk Bapak dengan takaran 3 sendok teh gula pasir ditambah dengan 2 sendok teh kopi kapal api. Secangkir kopi hitam dengan uap yang masih mengepul panas pun ku suguhkan kepada Bapak untuk menemani pagi hari nya. 


secangkir semangat kopi kapal api

Jika sedang tak mau repot, biasanya aku membuatkan Kapal Api special mix. Mudah, simpel dan cepat penyajiannya. ‘Tinggal seduh langsung sruput’

Selain Kapal Api Spesial kemasan ekonomis dan Kapal Api spesial mix, masih banyak varian Kapal Api lainnya. Kapal Api spesial kemasan sachet contohnya, kopi ini cocok dinikmati bagi pecinta kopi tanpa gula. Takarannya pun pas untuk sekali seduh. Cukup menyeduhnya dengan air mendidih sebanyak kurang lebih 200 mL maka akan di dapatkan rasa yang jelas lebih enak. 

Adapula varian terbaru, yaitu Kapal Api White Coffee Premium. Kopi ini cocok dikonsumsi bagi penikmat kopi yang menyukai kopi dengan rasa yang lebih kuat dan tajam karena kopi ini terbuat dari perpaduan biji kopi arabika dan robusta pilihan yang dipadukan dengan krimer nabati (http://waktunyakapalapi.com)

Kopi favoritku adalah Kapal Api Special ditambah dengan satu sendok susu kental manis, lalu diseduh dengan air mendidih. Nikmatnya bikin ketagihan. Badan terasa lebih fit, pikiran pun menjadi segar, siap untuk menjalani aktivitas sehari-hari. 

Kalo kamu? 
Kapal Api apa favoritmu? 

#KapalApiPunyaCerita

55 comments

  1. ini 2 hal favorit saya. KOPI KAPAL API dan BUKU RETNO HENING YG HAPPY LITTLE SOUL ini .. hihi bahkan berkali2 lho saya baca buku itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.. mamak2 jaman now juga nih ya pasti.. hehehe

      Delete
    2. Bolehlah pinjam bukunya kalau perlu ya kopinya sekaligus biar lebih hangat dan semangat membacanya.

      Delete
  2. sama sih kita mbak tia, saya juga suka kopi kapal api ditengah banyaknya kopi kemasan lain.. tapi ga tau yang saya beli special ato ngga wkwkkw

    saran mbak, mungkin link-link referensi tulisan diatas bisa dibuat footnote gitu dibawah biar makin nyaman bacanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah piye, masa gak tau yg spesial atau bukan. pasti tinggal minum ya? istrinya ya yg beli.

      makasih banyak mas sarannya :)

      Delete
  3. Kapal api nih kesukaan gie juga, jaman TK dulu ini kopi pertama yamg dicoba (icip punya kakek) dan keterusan suka sama kopi item. Sampe sekarang mostly lbh suka minum kapal api soalnya bersahabat sama lambung dan kantong :D

    ReplyDelete
  4. kopi legendaris lah ini, top lah pokoknya..

    mb Tia pecinta kopi ya? sy dulu juga gitu, berhubung punya gjala magh, jd ngurangi dikit2.. kdg galau kalau lg kepengen ngopi hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga cuma di moment2 tertentu aja. hehe

      Delete
  5. Ini kopi sachet yang paling beneran kopi menurutku :D

    ReplyDelete
  6. Jadi pengen ngopi. Pas banget ini sore-sore mulai ngantuk padahal belum mulai nulis apa pun.

    ReplyDelete
  7. Urusan Kopi Hitam memang Kapal api rajanya saya juga penggemar kopi hitam Kapal api sudah pernah coba yang lain tapi masih nikmat kapal api

    ReplyDelete
    Replies
    1. terbukti kapal api jelas lebih enak yaa :D

      Delete
  8. Kapal hati dicampur susu. Dinikmati sambil makan biskuit. :D Enak banget pasti

    ReplyDelete
  9. pas hujan, minum kopi kapal api, ditambah pisang goreng, masyaallah, sungguh nikmat....

    ReplyDelete
  10. Nah mengapa saya minum kopi ,ya itu karena kandungan kafeinnya. Agar saya tetap semangat dan tidak kehilangan energi.

    ReplyDelete
  11. gegara baca website ini akhirnya sudah sekian lama tidak ngupi jadi ngopi juga nh hehee. emang ya kapal api emang lebih enak bahkan paling enak.. Nomor 1 pkonya..

    ReplyDelete
  12. Kopi kapal api memang andlan saya, apalagi paling nikmat di nikmati dengan kue.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake gorengan kayaknya lebih enak deh. hehehe

      Delete
  13. Ini kopinya bapakku..!!
    Kalau aku sih bukan penikmat kopi, tapi bukan berarti g suka kopi. Ada sedikit cerita nih, jadi beberapa bulan lalu aku baru sadar kalau aku suka sama kopi pahit. Jadi pas beli kopi di warung, aku ngerasa kok manis banget ya, akhirnya minta dibikinin yang g pake gula. Eh ternyata enakan g pake gula, lebih keluar rasa kopinya dan tentu saja mantep!

    ReplyDelete
  14. Sesekali coba yang spesial Lampung, enak juga loh ehehheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gak salah inget sih udh pernah nyoba juga deh. hehe

      Delete
  15. Banyak sekali ya ternyata manfaatnya. Keren pisan ^_^

    ReplyDelete
  16. hehehe.. kalau aku bukan penikmat kopi mba, tapi pernah juga cobain kapal api ini, aku hanya pakai seujung sendok aja, jadi warna nya coklat dan ga kental, enak kok apalagi kalau manis

    ReplyDelete
  17. Kopi item kapal API, aku paling sering bikin utk Pak suami klo blio udah ngantuk berat.. aku suka aromanya ����

    ReplyDelete
  18. Eh ada bukunya Kiwana :D

    Kapal api ini kopi legendaris.. Sama,, dari kecil juga di rumah selalu tersedia kopi ini.. Kalau kesukaanku dulu, kopi kapal api dicampur gula dimakan tanpa air ahaha..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  19. Salfok sama bukunya..he
    Memang minum kopi sangat asik sembari baca-baca ya..

    Aku pribadi gak begitu suka, hobi gitulah sama kopi. Tapi ya, suka. Kapal api apalagi. Tapi dah lama gak minum kapal api nih. Besok-besok harus coba lagi, terkadang kangen akan aroma dan rasanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah, pak bapak ngerti buku itu juga. hehe..

      tumben ya cowo gak gitu hoby kopi. tapi kalo kapal api mah tetep menggoda lah yaa.. :D

      Delete
  20. Hmmmm

    Wajarlah kopi ini best seller ya
    But entah kenapa sampai skrg aku belum bisa suka kopi ^^"

    ReplyDelete
    Replies
    1. selera sih ya..

      emang sukanya apa? ngeteh? atau nyucu.. hehe

      Delete
  21. Memang jos dari kopi sacetan lainnya, tapi tersisihkan dari kopi murni lokal dari daerah saya he,,,,

    ReplyDelete
  22. aroma kopinya langsung semerbak waktu diseduh.

    ReplyDelete
  23. Ini kopi favorit suami, fanatik banget pada Kapal Api Mix meski saya protes gulanya terasa kurang. Jadi saya biasa seduh kopi Kapal Api Mix di gelas kecil atau gelas biasa dengan takaran air edikit. Enaknya emang gitu karena ukuran kecil agar pas saja rasa manis dan kopinya, tak encer.
    Kala kecil saya doyan kopi Kapal Api hitam campur gula pasir dan susu kental manis. Enak. Sekarang selera kopi saya beralih pada yang lain, krimer tanpa ampas. Mungkin saya harus coba kopi Kapal Api hitam tanpa gula jika benar-benar lagi suntuk padahal sedang sibuk.
    Ulasan yang bagus mengenai kopi, ternyata Mbak Thya suka mendaki gunung. Asyik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau aku lebih suka kopi susu mbaa, enak. gak gitu suka kalo yang pait2. hehe..
      iya mba suka mendaki gunung waktu blm punya anak..
      sekarang mah udah punya anak, udah susah nyari waktu nya

      Delete
  24. Hehehe, ini kopi legenda banget dehh..
    Favorit bapak saya, trus jadi favorit suami saya juga.
    Rasanya, wanginya udah familier banget dan gak akan tergantikan.

    wanginya itu, mengingatkan saya akan masa kecil, saat bapak selalu minum kopi asli yang dipetik dari pohon kopi yang tumbuh di samping rumah.
    Persis banget wanginya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa.. bapak saya dari dulu juga minumnya kopi kapal Api. sampai skrg pun gak pernah ganti. pun begitu suami saya, ikut-ikutan ngapal api :D

      Delete
  25. orang rumahku tiap pagi hampir selalu bikin kopi, terutama memes.
    Kalau aku tergantung keinginan aja mb :D

    ReplyDelete
  26. Sebenernya aku agak sedih kalo liat kopi kapal ini. Dulu almarhum babysitter anak2ku, sukaaa banget kopi ini. Tiap pagi sebelum mulai momong anak2, pasti dia ngopi dulu. Kebiasaan ku, tiap belanja bulanan, aku slalu nyetok kapal api special mix utk 1 bulan khusus buat si Mpok, panggilanku ke dia. Setelah meninggal, sempet tuh aku tetep beli kopi ini Krn kebiasaan aja :D. Trus sadar Mpok ga ada. Kopi yg nyisa aku minum jadinya. Dan jd ikutan suka :). Biasanya aku ga doyan kopi yg pake ampas. Tp kapal api beda. Ampasnya Alus rasa kopinya jg lembut , dan pas :)

    ReplyDelete
  27. Kopi kapal api special mix yang sachet mengandung kafein nggk ya kira"

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua kopi pasti mengandung kafein, apalagi special mix yg merupakan perpaduan kopi kapal api biasa + gula

      Delete
  28. Bagus kak informasinya. lanjutkan. https://www.kaospolosjogja.net/kaos-polos/

    ReplyDelete
  29. Emang kopi kapal api ini emang special banget, walau sudah kenal kopi gilingan sendiri atau kopi racikan produksi banyak tempat, tetep saja kopi kapal api punya cita rasa yg khas dan cocok, mgkn karena sudah mengkonsumsi kopi ini bertahun-tahun ya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)