ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner, Smartphone Super Kencang Idaman Para Gamers

ASUS ROG PHONE 3

Gaming kini seakan menjadi sebuah kebutuhan. Pasalnya aktivitas ini bisa menjadi alternatif hiburan dikala penat melanda. Apalagi ditengah pandemi seperti sekarang, kita lebih sering menghabiskan waktu dirumah saja ketimbang melakukan aktivitas diluar.

Tak heran aktivitas gaming kini kian digemari. Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa hingga bapak-bapak maupun ibu rumah tangga. Demikian pula dengan suami dan adik ipar saya, yang setiap harinya selalu menyempatkan waktu untuk bermain mobile gaming. 

Awalnya memang saya risih bila melihat mereka terlalu sering bermain mobile gaming, namun belakangan saya menyadari bahwa bermain game juga ada manfaatnya asalkan tidak berlebihan. Apalagi saat adik ipar saya mulai mengikuti kompetisi-kompetisi mobile gaming, lalu pulang dengan mengantongi gelar juara. Tak menyangka bahwa kini ternyata aktivitas gaming bisa menghasilkan cuan bahkan dapat pula menjadi profesi yang cukup menjanjikan. 

Tak hanya itu saja, bermain mobile gaming ternyata juga memiliki manfaat lainnya, diantaranya yaitu : 
#1. Meningkatkan Kemampuan Otak
#2. Membangkitkan Mood
#3. Meningkatkan Koordinasi
#4. Melatih Ketangkasan
#5. Meningkatkan Kemampuan Mencari Solusi

Melihat banyaknya ketertarikan masyarakat terhadap mobile gaming, tak heran bila kini banyak produsen smartphone yang merilis sebuah smartphone gaming demi memuaskan hasrat para gamers. Salah satunya adalah ASUS.

Setelah sebelumnya sukses merilis smartphone seri ROG phone, kini Asus kembali merilis smartphone untuk kalangan ultimate gamer dalam wujud ROG Phone 3. Smartphone ini tak hanya bisa dinikmati oleh para gamers saja loh, namun juga bisa untuk kamu yang ingin menikmati smartphone berperforma tinggi dengan fitur-fitur yang tidak ada pada smartphone flagship biasa. Menarik kan?

Lalu, Apa saja sih memangnya keunggulan dari ASUS ROG Phone 3? Simak ulasannya sampai akhir yuk.. 

Keunggulan ASUS ROG Phone 3

#1. Performa Kencang dengan Snapdragon 865 Plus

Performa ASUS ROG Phone 3

Smartphone berlabel gaming tentu saja harus mengedepankan performanya. Oleh karena itu, tak tanggung-tanggung ASUS ROG Phone 3 ditenagai dengan Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G mobile platform yang merupakan SoC paling powerful saat ini. 

Snapdragon 865 plus ini memiliki performa 10% lebih kencang dibanding snapdragon 865 versi biasa. Hal ini dikarenakan clockspeed prosesor kryo 585 prime pada snapdragon 865 plus ditingkatkan menjadi  3.1 GHz dari sebelumnya yang hanya 2.8 GHz. Tak heran bila performanya menjadi sangat kencang. 


Selain powerfull, ASUS ROG Phone 3 juga memiliki performa grafis terbaik karena didukung dengan fitur snapdragon elite gaming yang merupakan fitur premium sehingga dapat membuat kinerja dalam bermain game semakin meningkat. Hal ini dikarenakan adanya fitur-fitur sebagai berikut : 

•True 10-bit HDR game rendering and display
Fitur ini dapat membuat tampilan gambar menjadi lebih berkualitas, sebab True 10-bit HDR dapat memberikan kedalaman warna sebesar 10 bit per kanal sehingga warna yang dihasilkan menjadi lebih kaya. Kemudian ada pula PBR (Physical Based Rendering) yang dapat meningkatkan rendering hingga 20%.

•High Speed Gaming
Fitur ini mendukung untuk berbagai game pilihan sehingga bisa dijalankan pada frame rate maksimal dengan kecepatan hingga 144 Hz.

•Game Smoother
Fitur ini bertujuan agar performa game makin kencang dan tanpa ngelag

•Game fast loader
Merupakan fitur yang dapat membuat loading game menjadi lebih cepat

Game network latency manager
Fitur yang berguna untuk mengoptimalkan koneksi WiFi agar latensinya menjadi minim.

Selain itu, ASUS ROG Phone 3 juga dibekali dengan sistem pendingin yang lebih canggih dari generasi sebelumnya, yaitu Gamecool 3. Sistem pendingin ini dilengkapi 3D Vapor Chamber serta heatsink berdimensi besar yang diklaim 14% lebih efisien dari sistem pendingin generasi sebelumnya. Heatsink tersebut telah dirancang secara spesifik untuk menghantarkan panas dari komponen utama di ROG Phone 3  dan melepaskannya di ventilasi udara yang terdapat di bagian belakang smartphone. Dengan demikian dapat menjaga suhu sekitar agar tidak terlalu panas.

Aeroactive Cooler 3

Lalu, untuk menjaga suhu agar lebih baik, ASUS ROG Phone 3 juga dilengkapi dengan AeroActive Cooler 3 yang dapat menurunkan suhu permukaan hingga  4 derajat celcius sehingga saat digunakan untuk bermain game dalam waktu lama suhu akan tetap hangat atau tidak terlalu panas. 

Tak hanya itu saja, performa ASUS ROG Phone 3 ini juga makin tangguh berkat dukungan memori LPDDR5 dengan kapasitas hingga 12 GB. LPDDR5 ini memiliki performa 51% lebih kencang dibanding pendahulunya. Sementara untuk penyimpanannya didukung dengan penyimpanan ultra cepat UFS 3.1 ROM berkapasitas hingga 256 GB yang memiliki kekuatan 15% lebih cepat dari UFS 3.0.
Wagelaseh.. super tangguh banget ya kan (?) Dijamin main game makin lancar dan anti ngelag deh.

#2. Layar dengan Refresh Rate Tinggi

Layar ASUS ROG Phone 3 dengan Refresh Rate 144 Hz


Salah satu keistimewaan dari ASUS ROG Phone 3 ini adalah didukung dengan layar amoled berukuran 6,59 inci dengan refresh rate 144 Hz, sampling rate 270 Hz, response time 1 ms dan touch latensi yang rendah yaitu 25 ms. Touch latensi yang rendah ini membuat sistem dapat mengenali input sentuhan dengan lebih cepat sehingga membuat pengalaman bermain game menjadi lebih ‘dewa’ lagi. Menariknya lagi, ASUS menjanjikan ada lebih dari 100 games yang dapat dimainkan pada refresh rate 144 Hz. Wow, lengkap banget kan (?).

Selain itu warna yang dihasilkan dari layar amoled 6.59 inci ini juga sangat kaya bahkan lebih dari 1 miliar warna karena adanya dukungan 10 bit HDR. Warna yang dihasilkan juga sangat akurat karena layarnya memiliki skor akurasi warna delta E < 1 sehingga membuat pengalaman bermain game menjadi makin kencang, akurat dan imersif. 

Tak hanya itu saja, ROG Phone 3 juga sudah mengantongi sertifikat dari TÜV Rheinland untuk kategori pengujian Low Blue Light dan Flicker Reduced sehingga dapat mengurangi efek mata lelah apabila digunakan dalam waktu yang lama.

#3. Desain Gahar dan Menawan

Desain ASUS ROG Phone 3

ASUS ROG Phone 3 memiliki desain body yang gahar, khas gamers sejati. Body belakangnya agak melengkung membuat tampilan ROG phone 3 tidak nampak kaku. Ditambah lagi adanya logo ASUS ROG dengan berbagai model pencahayaan warna yang membuat tampilan ASUS ROG Phone 3 semakin menawan.

Dimensinya cukup besar dengan ketebalan hampir 10 mm dan berat 240 gram. Bezel layarnya pun cukup tinggi, namun meski demikian, berkat bezelnya yang tinggi, Asus memiliki ruang lebih untuk menempatkan port-port yang lebih lengkap. 

Pada sisi atas, terdapat mikrophone dan garis antena. Disisi bawah ada port mikrophone dan USB Type-C. Sementara disisi kanan terdapat tombol power, volume dan juga air trigger yang bisa menjadi input tambahan saat bermain game. Di sisi kiri ada slot kartu sim serta port USB C 3.1 yang bisa dicolokkan kabel charger saat sedang menggunakan handphone pada posisi landscape atau bisa juga digunakan untuk memasang aksesori gaming lainnya seperti AeroActive Cooler 3, dan lain-lain. 

#4. Kapasitas Baterai Super Jumbo

Baterai ASUS ROG Phone 3

Menariknya lagi, ASUS ROG Phone 3 memiliki kapasitas baterai yang super jumbo, yaitu 6000 mAh dengan teknologi fast charging 30 Watt sehingga pengguna dapat menikmati permainan dalam durasi yang lama. So, kalau kamu sedang mengikuti kompetisi mobile gaming tak perlu khawatir kehabisan baterai karena dengan baterai ROG Phone yang super jumbo ini, kamu bisa ‘on’ terus sehingga dapat bermain dengan sangat mulus dan lancar. 

Yang istimewa dari baterai ROG phone 3 ini adalah adanya sistem charging yang memungkinkan pengguna untuk mengatur sendiri mode penggunaan baterai. Pengguna dapat memilih mode slow charging agar proses pengisian baterai menjadi lebih lambat sehingga bila sewaktu-waktu ketiduran, kita tak perlu khawatir karena sudah menggunakan mode lambat. Pun saat kita gunakan untuk bermain game sambil melakukan pengisian baterai, maka smartphone akan tetep adem. Dengan demikian baterai menjadi lebih awet.

Selain itu, pengguna juga bisa mengatur pembatasan pengisian baterai. Pengguna bisa stop pengisian baterai saat sudah terisi 80, 90 atau 100 persen. Dan konon katanya, bila kita stop pengisian baterai saat sudah 80 persen maka umur baterai bisa lebih panjang. 

Tak hanya itu saja, ASUS juga menjanjikan bahwa ROG Phone 3 mampu bertahan selama 9 jam saat digunakan untuk bermain game seperti PUBG, Asphalt dan COD. Asik banget ya kan gak perlu sering-sering ngecharge. 

#5 Dirancang Spesial Untuk Gamers


ASUS ROG Phone 3 ini memang dirancang khusus untuk gamers, karenanya smartphone ini memiliki desain body yang ergonomis agar pengguna tetap nyaman saat bermain game dalam waktu lama. Selain itu, ASUS ROG Phone 3 ini juga memiliki fitur-fitur gaming yang mendukung para gamers dalam melancarkan permainannya. Adapun fitur-fitur yang disediakan diantaranya yaitu :
  • Fitur X Mode dapat membuat smartphone bekerja secara optimal di berbagai game sehingga performanya semakin kencang. 
  • Fitur Armoury Crate dapat membuat penggunanya terhubung dengan pengguna ROG lainnya serta mengontrol fitur tertentu seperti AURA RGB
  • Fitur Game Genie berfungsi untuk menampilkan informasi perangkat, seperti suhu, notifikasi maupun fungsi air trigger.
  • Fitur ROG HyperFusion Technology yang  membuat pengguna dapat menggabungkan 5G dengan WiFi 6 secara bersamaan sehingga menghasilkan konektivitas terbaik saat bermain game ataupun menikmati konten digital lainnya.
  • Airtrigger 3 yang dapat digunakan penggunanya untuk mengontrol semua game yang dimainkan berkat adanya swipe dan dual-partition button emulation
  • Motion Sensor yang dapat membuat penggunanya dapat berinteraksi dengan cara menggerakkan smartphone ke depan dan ke belakang

#6. Audio Kelas Juara

Audio ASUS ROG Phone 3

Untuk menambah pengalaman bermain game yang makin ciamik, ASUS ROG Phone 3 juga dibekali dengan audio yang mumpuni. Sistem audio pada ROG Phone 3 bekerja sama dengan audio dirac sehingga dapat memberikan audio berkualitas tinggi. Berdasarkan review dari DXOMARK Audio, ASUS ROG Phone 3 berhasil menerima skor yang sangat tinggi, yaitu 75 poin. Hal ini menandakan bahwa ROG Phone 3 berhasil menaikkan standar audio pada smartphone. 

Selain itu, ada juga fitur mode game terbaru yang dapat meningkatkan efek suara di dalam game sehingga pengguna dapat merasakan sensasi bermain game yang semakin nyata. Tak hanya itu saja, Audio pada ASUS ROG Phone 3 juga didukung dengan teknologi Qualcomm aptX™ Adaptive yang dapat memberikan gamer kualitas suara terbaik dengan minim latency saat menggunakan headphone nirkabel melalui Bluetooth. Surga gak tuh?

#7. Gaming Makin Nyaman Berkat Kelengkapan Aksesori


ASUS ROG Phone 3 menyiapkan aksesori gaming yang super lengkap sehingga penggunanya semakin nyaman saat bermain game. Adapun aksesori yang disediakan yaitu : 
  • ROG Kunai 3 Gamepad yang merupakan controller fisik dengan desain yang kokoh, fleksibel serta didukung dengan fitur key mapping melalui game genie dan telah kompatibel dengan berbagai game.
  • TwinView Dock 3 yang memungkinkan pengguna dapat menggunakan dua layar sekaligus. TwinView Dock 3 dilengkapi dengan layar yang memiliki refresh rate 144 Hz dan baterai berkapasitas 5000 mAh
  • ROG Clip yang berguna untuk menghubungkan controller dengan ROG Phone 3
  • AeroActive Cooler 3 yang berguna untuk menjaga suhu agar lebih baik. AeroActive Cooler 3 dilengkapi dengan port USB Type-C dan audio jack 3,5 mm
  • Lighting Armour Case yang berguna untuk menampilkan logo ROG dengan tampilan mirip Anime Matrix yang ada di laptop ROG Zephyrus G14
  • Glass Screen Protector untuk melindungi layar sehingga terhindar dari goresan. Glass Screen Protector ini juga dilengkapi dengan teknologi anti bakteri sehingga dapat melindungi penggunanya.
  • Waist Pack dan Crossbody Pack untuk mempermudah penggunanya membawa perangkat gaming kesayangannya saat bepergian. 

#8. Kamera Ciamik

Kamera ASUS ROG Phone 3

Meski ASUS ROG Phone 3 dikhususkan untuk para gamers, namun ASUS tetap memperhatikan performa dari kameranya. ROG Phone 3 dibekali dengan kombinasi triple kamera pada bagian belakangnya. Hal ini tentu saja membuat hasil foto lebih berkualitas. 

Resolusi sensor utamanya menggunakan sensor Sony IMX686 64 MP f/1.8 dan didampingi dengan dua lensa lainnya, yaitu kamera ultra wide 13 MP serta sensor makro berkekuatan 5 MP. Sementara untuk bagian depannya menggunakan kamera depan 24 MP. 

#9. Durability 

Beberapa youtuber telah melakukan uji coba untuk mengetes ketahanan dari ASUS ROG Phone 3 dan dari hasil pengujian tersebut ternyata ASUS ROG Phone 3 cukup tahan banting. Adapun uji yang dilakukan yaitu sebagai berikut :

Tes Ketahanan Air

Melalui channel youtube Wit Rigs, beliau melakukan tes ketahanan air pada ASUS ROG Phone 3. Beberapa tes yang dilakukan yaitu dengan menumpahkan minuman ke atas layar ROG Phone 3, shower test pada kamera depan serta shower test pada charging port selama 3 menit. Hasil uji menunjukkan bahwa ASUS ROG Phone 3 masih berfungsi dengan baik setelah melalui pengujian tersebut.
Dari hasil uji ini juga dapat disimpulkan bahwa: 
  • ASUS ROG Phone 3 terlindung dari tetesan air yang jatuh secara vertikal saat penutup dimiringkan hingga 15 derajat. Jadi, tetesan yang jatuh secara vertikal ini tidak akan memiliki efek berbahaya ketika penutup dimiringkan pada sudut manapun hingga 15 derajat di kedua sisi vertikal.
  •  ASUS ROG Phone 3 terlindung dari penyemprotan air. Air yang disemprotkan pada sudut hingga 60 derajat di kedua sisi vertikal tidak akan memiliki efek berbahaya. 

Tes Ketahanan Layar 

Lalu, melalui channel youtube Ramesh Bakotra telah dilakukan tes ketahanan layar dengan menggoreskan dan mengetuk-ngetuk beberapa benda pada layar ROG Phone 3 dan hasilnya layar masih dapat bekerja dengan baik, tidak ada goresan pada layar. Pun saat diberikan goresan-goresan pada bagian kamera, hasilnya tak ada goresan pada kamera tersebut.

#10. Harga

ASUS  ROG Phone 3 dibanderol dengan harga yang cukup premium. Untuk penyimpanan 128 GB dan RAM 8GB dibanderol dengan harga Rp 9.999.999, sementara untuk penyimpanan 256 GB dan ROM 12 GB dibanderol dengan harga Rp 14.999.999


KESIMPULAN


ASUS ROG Phone 3 merupakan smartphone yang dirancang khusus untuk para gamers. Namun, meski demikian bukan berarti tidak cocok digunakan untuk pengguna non gamers. Pasalnya, spesifikasi yang ada membuat ROG Phone 3 ini dapat dinikmati oleh siapa saja yang ingin menikmati smartphone berperforma tinggi dengan berbagai fitur yang tidak dapat ditemukan pada smartphone lainnya. 

Ya. Meskipun dirancang untuk gamers, ASUS ROG Phone 3 juga sangat memperhatikan spesifikasi lainnya. Contohnya saja, Asus menyematkan 3 kamera beresolusi tinggi, audio yang mumpuni, baterai yang super jumbo. Tentu saja ROG Phone 3 juga sangat cocok bila digunakan oleh pengguna lainnya untuk menunjang produktivitas mereka, baik untuk bekerja, menikmati konten hiburan hingga bermain game profesional.

Tak heran bila ROG Phone 3 mengusung slogan "The Ultimate Winner" karena spesifikasi yang disediakan benar-benar mampu menggoda dan memenangkan hatiku #eh

Demikianlah ulasan dari saya, Kalau kalian bagaimana? Tertarik juga dengan ASUS ROG Phone 3 ini? Yuk, buruan dipinang.. 
#TheUltimateWinner #TheRealSultan

Spesifikasi ASUS ROG Phone 3

Tulisan ini diikutsertakan dalam Blogger Writting Competition : "ASUS ROG Phone 3 - The Ultimate Winner" yang diselenggarakan oleh ASUS Indonesia 



Salam,


Sumber-Sumber :
  • https://www.asus.com/id/Phone/ROG-Phone-3
  • https://infokomputer.grid.id/read/122159898/qualcomm-klaim-snapdragon-elite-gaming-tingkatkan-pengalaman-gaming
  • Press Release ASUS ROG Phone 3
  • Channel Youtube Wit Rigs
  • Channel Youtube Ramesh Bakotra
  • Infografis oleh Tia Widiastuti, edited by canva
  • Video by Tia Widiastuti


5 comments

  1. aku kira asus sudah berhenti produksi ternyata masih ada produknya bagus banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asus masih inovasi terus mas.. bahkan setiap bulan kayaknya dia launching produk baru

      Delete
  2. Penasaran aku sama Asus ROG Phone 3 yang Ram 12GB pengen beli harganya..?? Mahaalll...🤣🤣🤣

    Yaa tapi intinya setiap smartphone ada kekurangan dan kelebihannya yaa mbak..😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harganya memang lumayan ya kang sat.. bisa buat bayar cicilan berapa bulan itu.. wekekek..
      betul kang sat.. pasti ada plus minusnya..

      Delete
  3. kapasitas baterainya gede bener, kalau adik sama ponakan aku dipegangi ini bisa betah tuh
    meskipun di claim hape gaming, tapi dibuat kerja kayaknya masi bagus tentunya, speknya aja udah bagus

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)