Tips Traveling Aman ditengah Pandemi Covid-19


Tips Traveling ditengah pandemi covid-19


Menghadapi pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir seringkali membuat kita merasa jenuh bila terus menerus beraktivitas di rumah saja. Sebenarnya boleh-boleh saja sih melakukan traveling saat pandemi Corona seperti sekarang ini, asalkan tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Demikian pula dengan saya yang beberapa waktu lalu sempat nekat untuk liburan ditengah pandemi Covid-19. Meskipun sedikit menyesal karena kondisi lalu lintas yang super macet. Namun, liburan tipis-tipis tersebut cukup dapat me-refresh kembali otak yang sudah mulai kusut karena kelamaan di rumah. 

Nah, berdasarkan pengalaman saat liburan kemarin, saya ada beberapa tips traveling ditengah pandemi Covid-19 agar tetap aman. Yuk, simak tips-tips berikut ini..

5 Tips Traveling Aman ditengah Pandemi Covid-19

5 Tips Traveling ditengah pandemi covid-19

#1. Tentukan Tujuan Traveling

Saat ingin traveling atau berlibur ditengah pandemi seperti sekarang, ada baiknya kita cermat dalam memilih destinasi liburan. Pilih destinasi yang sekiranya sepi pengunjung agar kita tidak terlalu berinteraksi dengan banyak orang. Dengan demikian, Traveling akan jauh lebih aman.

Sebagai bahan pertimbangan, kita juga bisa mengunjungi travel fair agar mendapatkan inspirasi untuk liburan. Dengan mengunjungi travel fair, kita bisa tahu berbagai info wisata terbaru yang mungkin saja belum diketahui oleh banyak orang. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan banyak promo dan tiket murah.

Nah, kesalahan saya saat liburan kemarin adalah saya tidak mempertimbangkan destinasi wisata yang akan saya kunjungi. Alhasil, saat sampai di lokasi, destinasi tersebut ternyata sangat ramai pengunjung. Khawatir sudah pasti, apalagi saya juga membawa batita dan juga orang tua yang cukup rentan tertular. Oleh karena itu, saya pun langsung mencari spot yang paling sepi untuk beristirahat sejenak, lalu memutuskan untuk kembali ki villa saja. 


#2. Gunakan Kendaraan Pribadi

Traveling dengan menggunakan kendaraan pribadi tentu jauh lebih aman ketimbang menggunakan transportasi umum. Dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil misalnya, maka kita tidak bertemu dengan banyak orang yang memungkinkan menjadi penyebab penularan virus. 

Lalu, bagaimana bila tidak memiliki mobil pribadi?

Bila tidak memiliki mobil pribadi, maka solusinya bisa dengan menyewa mobil. Hal ini tetap dinilai lebih aman dibanding dengan menggunakan transportasi umum

#3. Berlibur dengan Keluarga Saja

Saat pandemi, ada baiknya untuk berlibur bersama keluarga di rumah saja, tidak perlu ajak teman-teman atau keluarga lainnya karena hal tersebut berpotensi menularkan virus. Kita tidak tahu kan bagaimana kondisi kesehatan dari teman-teman atau keluarga lainnya?

#4. Patuhi Protokol Kesehatan

Saat berlibur, jangan lupa pula untuk tetap mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari  penularan virus. Tetap jaga jarak, menggunakan masker, rajin cuci tangan dan selalu siap sedia hand sanitizer. 

#5. Pilih Staycation di Hotel Saja

Pilihan tepat liburan ditengah pandemi adalah dengan staycation di hotel. Pilih hotel yang menyediakan fasilitas lengkap agar tak jenuh. Apalagi bila membawa anak, pastikan hotel yang kita pilih terdapat fasilitas bermainnya. 

Staycation di hotel menurut saya memang jauh lebih aman karena kita tidak berinteraksi dengan banyak orang. Yang terpenting tetap jaga jarak dan patuhi protokol kesehatan saja.  

Menariknya lagi, pada tanggal 5-11 November akan ada program Traveloka EPIC Sale. Dengan adanya Traveloka EPIC Sale, kita bisa dapatkan diskon EPIC sampai dengan 80% untuk berbagai produk traveloka seperti Hotel, Tiket Pesawat, Bus & Shuttle, Rental Mobil, Transportasi Bandara, Xperience, Eats, PayLater, Traveloka Mandiri Card, Traveloka Points, dan Traveloka Protect.

Menarik banget kan?

So, staycation di hotel benar-benar bisa menjadi pilihan tepat untuk berlibur ditengah pandemi Covid-19.

Btw, Kalau kalian udah pernah traveling belum saat pandemi ini? Share dong di kolom komentar.. 


Salam,




18 comments

  1. Selama covid gjni blom pernah liburan :( ya masih di rumah saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik memang di rumah aja.. lebih aman ;)

      Delete
  2. Yaa semejak adanya covid 19 yang melanda hampir diseluruh belahan dunia ini banyak orang yang melakukan aktivitasnya dirumah. Sehingga menjadi satu kejenuhan dan perlunya Reflesing terutama ketempat hiburan yang lebih mengutamakan nuansa alamnya.😊
    Yaa intinya carilah tempat hiburan yang jangan terlalu jauh, Terus perhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Dan hindari tempat yang terlalu banyak kerumunan orang yaa...Seperti yang telah dijelaskan 5 diatas..😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kang sat..
      tapi memang lebih baik dirumah aja sih.. ebih aman.. hehe

      Delete
  3. Kemarin aku juga mau jalan jalan ke water boom eh ternyata masih tutup mbak, akhirnya pergi ke taman solear Alhamdulillah buka. Tidak terlalu banyak sih pengunjung nya.

    Memang kalo bisa naik mobil pribadi agar lebih aman, selain itu juga pilih tempat wisata yang agak sepi pengunjung biar tidak berdesakan.

    Kalo sepi juga enak ngambil fotonya.😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo wisata air gitu kayaknya lebih rawan.. makanya masih tutup ya mas agus..

      Delete
  4. Artikel ini sangat membantu sekali kak, saya udah lama gantung koper karena pandemi ini sangat menggangu masa traveling saya. Dan sampai saat ini juga saya belum destinasi kemanapun, masih takut. Bener itu kak harusnya berpergian dengan membawa kendaraan pribadi seperti mobil sendiri, trus staycation di hotel dengan fasilitas yang lengkap. Thanks saran nya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama kak..
      memang lebih baik sih untuk tetap di rumah aja, lebih aman.. ;)

      Delete
  5. Aku udh mulai traveling walo domestik akhir OCT kemarin mba. Itu jg karena suami ada tugas kantor. Jd aku ngekor , pak suami kerja, aku, asisten dan anak2 ya nikmatin liburan :D.

    Tapi aku bener2 milih tempat kok. Yg pertama kami ke solo dan Jogja naik mobil. Biar LBH aman aja. Aku blm berani naik pesawat.

    Trus kami kebanyakan wisata kuliner , bukan ke tempat wisata yg rame2. Blm berani.

    Aku jg slalu patuhin protocol kesehatan. Asistenku aku minta utk bawa tas yg isinya khusus, seperti: masker dewasa sekali pakai, masker anak2 sekali pakai, sabun cuci tangan cair, alcohol spray utk semprot2 meja di restoran ato manapun, hand sanitizer, tisu kering, tisu basah, juga box khusus masker utk menyimpan masker sementara saat sedang makan. Krn aku ga mau digantung dileher. Kan kotor. Box penyimpan ini aku sterilin tiap hari pake alcohol. Ga lupa juga vitamin penguat imun jg slalu aku bawa dan wajib diminum setiap HR Ama semua

    Selama jalan2 aku prefer masker medis sekali pakai drpd kain. Biar ngerasa LBH yakin aja. Intinya kalo buatku, jalan2 boleh kok, tapi patuhi protocol nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnya ya mba traveling lagi.. aku udah baca cerita mba fanny kemaren yang ke solo-jogja..
      Sebenernya kalo tetap patuhi protokol kesehatan insyaallah aman-aman aja ya mba.. Apalagi kalo prepare nya kayak mba fan.. lengkap banget bawaannya.. Insyaallah aman terkendali..

      Delete
  6. iya hrs hati2 ya, jadi aku sdh sumpek, saat paksu hrs ambil straw di BIB lembang, sekalian ah mau jalan2 di lembang mumpung bukan hari libur pasti gak penuh. tapi ya dg masker selalu dipakai dan karena gak ramai kita jd aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak ya mba kalo weekdays, lebih sepi pengunjung, kita juga ngerasa lebih aman

      Delete
  7. saya ga kemana2 selama pandemi Mbak, stay home. Padahal kaki ini udah pengen jalan... tips2 ini berguna nih buat saya nanti kalau memutuskan travelling di masa covid ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan mas gak kemana-mana, budget traveling bisa dialokasiin buat modal nikah.. #eh.. hehehe

      Delete
  8. Belom sempet liburan sama sekali. Karena trend kebiasaan baru new normal, kuliah, webinar dan pertemuan online jadi makin padet. Ujungnya malah lebih nyaman rebahan dirumah daripada keluar buat travelling. Hikksssss sedihnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah jadwalnya padet yaa..
      nah, bagus gitu.. rebahan aja dirumah, lebih aman.. hehe

      Delete
  9. hehehe aku udah refreshing di tengah kondisi saat ini, nggak keluar kota yang jauh jauh, palingan cuman kota tetangga kayak banyuwangi dan bondowoso aja
    tetep juga dimana mana kudu maskeran, membiasakan diri juga dengan new normal saat ini

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)