Pentingnya Digital Marketing Untuk Meningkatkan Omset Bisnis Di Tengah Pandemi Covid-19

Pentingnya Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis

Pentingnya Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis

Pandemi Covid-19 yang menyerang Indonesia sejak Maret lalu memberikan dampak buruk di berbagai sektor, salah satunya sektor perekonomian. Kondisi perekonomian Indonesia semakin lesu dan melemah. Para pelaku usaha pun terancam gulung tikar karena kian hari penghasilan mereka kian menurun. 

Hal ini tentu tak bisa dibiarkan begitu saja, pelaku usaha harus cepat beradaptasi dan  berupaya agar bisnisnya bisa bangkit kembali. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menguasai dan memaksimalkan digital marketing. Mengapa demikian? Simak terus artikel ini sampai habis ya.. 

Mengapa Digital Marketing Penting Untuk Bisnis?

Sejak memasuki era digital, tren bisnis online semakin berkembang. Hampir setiap orang sangat bergantung dengan internet. Oleh karenanya, para pelaku usaha harus dapat mengikuti perkembangan zaman agar bisnisnya tak tergilas roda persaingan. 

Apalagi di masa pandemi Covid-19, banyak orang yang mengurangi aktivitas diluar rumah. Hal ini tentunya memberikan dampak bagi pelaku usaha yang masih memasarkan usahanya secara offline. 

Dampak yang dirasakan oleh bisnis offline adalah penurunan omset. Hal ini dikarenakan konsumen lebih cenderung memilih untuk bertransaksi secara online saja sehingga tidak perlu ribet keluar rumah. Pun, bertransaksi secara online lebih mudah, efisen, hemat waktu dan tentunya terhindar dari penularan Covid-19. 

Berdasarkan data dari Exabytes, jumlah aktivitas belanja online mengalami peningkatan hingga 38,3% selama pandemi Covid-19. Selain itu, transaksi harian juga meningkat hingga 4.8 juta dan persentase konsumen baru juga mengalami peningkatan hingga 51% selama pandemi. Hal ini menandakan terjadinya perubahan perilaku konsumen dalam memenuhi kebutahan sehari-hari dengan belanja online, terutama pada saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Oleh karena itu, digital marketing sangat penting untuk kemajuan bisnis disaat seperti sekarang ini. Berikut  keuntungan memaksimalkan digital marketing untuk meningkatkan omset bisnis ditengah pandemi Covid-19. 

Mengapa Digital Marketing Penting Untuk Bisnis?

#1. Bisnis Bisa Tetap Tumbuh dan Bertahan

Sudah bukan rahasia umum bahwa bisnis pasti mengalami periode pasang surut. Ada kalanya bisnis yang dijalani mendapatkan untung berlipat, namun ada kalanya juga menuai kerugian. Karenanya, pelaku usaha harus bisa cepat beradaptasi agar bisnisnya dapat bertahan.

Digital marketing merupakan strategi yang paling tepat untuk mempertahankan bisnis yang telah dijalani. Dengan memasarkan produk secara online, bisnis mampu bersaing dengan kompetitor. Dengan demikian ancaman pailit ditengah pandemi Covid ini dapat diatasi.  

#2. Dapat Memperluas Jangkauan Pasar

Dengan digital marketing, maka jangkauan pasar akan jauh lebih luas. Pelaku usaha dapat menjaring pelanggan baru maupun pelanggan lama yang berada di dalam kota, luar kota maupun luar negeri. Dengan demikan, dapat meningkatkan omset penjualan meski sedang pandemi. 

#3. Biaya Pemasaran Lebih Terjangkau

Biaya pemasaran yang dilakukan secara online jauh lebih terjangkau ketimbang secara konvensional. Selain itu, dengan memasarkan produk secara online, pelanggan yang didapat bisa lebih tertarget. Pasalnya kita bisa memilih jenis pelanggan berdasarkan usia, lokasi maupun preferensi. 

5 Tips Memaksimalkan Digital Marketing Untuk Kemajuan Bisnis

Tips Memaksimalkan Digital Marketing

Untuk dapat menjaring pelanggan yang lebih banyak, tentunya pelaku usaha harus menguasai dan memaksimalkan peran dari digital marketing. Nah, berikut ini 5 tips yang bisa diterapkan untuk memaksimalkan digital marketing. 

#1. Membuat Website Bisnis

Website sangat penting untuk kemajuan bisnis karena keberadaannya dapat membuat bisnis menjadi lebih kredibel. Umumnya konsumen lebih percaya pada toko online yang memiliki website karena dapat menghindarkan diri dari penipuan.

Disamping itu, dengan memiliki website bisnis, maka jangkauan produk yang dipasarkan juga jauh lebih luas. Website dapat menjangkau konsumen hingga ke daerah terpencil selama daerah tersebut terdapat jaringan internet. 

Berkat website pula pelanggan mudah dalam mendapatkan informasi up to date terkait produk atau jasa yang diingankan, seperti promo atau diskon tertentu, katalog produk baru dan lain-lain.  Tak hanya itu, dengan adanya website, pelayanan ke pelanggan juga akan meningkat, terlebih bila disediakan laman tanya jawab atau live chat yang dapat memudahkan pelanggan untuk terhubung dengan admin perusahaan. 

#2. Optimasi SEO

Langkah selanjutnya bila telah memiliki website adalah melakukan optimasi SEO. Tujuannya agar website bisa menempati urutan teratas pada mesin pencarian seperti Google. Hal ini dapat membuat traffic pengunjung meningkat sehingga dapat menaikkan omset penjualan.  

#3. Beriklan di Google 

Untuk dapat menjaring konsumen yang lebih banyak lagi, pelaku usaha juga dapat menggunakan iklan berbayar seperti Google Ads. Umumnya, konsumen akan melakukan pencarian serta mengunjungi website terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli produk tertentu. Karenanya Google Ads dapat menjadi solusi untuk membantu menjangkau target pasar yang lebih luas. 

#4. Manfaatkan Social Media

Untuk lebih memaksimalkan pemasaran produk secara online, ada baiknya untuk memanfaatkan social media. Social media dapat diintegrasikan dengan website sehingga dapat membantu memperluas target pasar. 

Melalui social media, kita juga bisa beriklan, baik itu menggunakan Instagram Ads, Facebook Ads maupun Youtube Ads. Beriklan di sosial media dapat membantu meningkatkan brand awareness kepada pembeli, brand semakin dikenal oleh banyak orang sehingga dapat meyakinkan konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Dengan demikian omset penjualan pun dapat meningkat.

#5. Follow Up Calon Pembeli Melalui Email Marketing

Email marketing merupakan cara yang paling efektif untuk mendorong konsumen membeli produk yang kita tawarkan. Melalui email, kita bisa melakukan follow up secara personal kepada pelanggan, pengusaha juga dapat terus menerus terhubung kepada pelanggan sehingga dapat membangun relasi yang kuat antara perusahaan dengan konsumen.

Selain itu, email marketing juga memudahkan pelaku usaha untuk melakukan branding maupun promosi. Pun di mata konsumen, perusahaan yang memanfaatkan email marketing akan terlihat lebih profesional sehingga kredibilitas pun akan meningkat. 

Itulah setidaknya 5 hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan omset bisnis ditengah pandemi Covid-19. Meskipun memang, tidak semua pebisnis paham dalam memaksimalkan digital marketing untuk kemajuan usahanya. Oleh karena itu, salah satu solusi terbaik adalah dengan mengikuti kursus digital marketing.

Dimana kursus digital marketing yang terbaik? Coba cek aja di pencarian google “Kursus digital marketing terbaik di Jakarta” maka kamu akan menemukan jawabannya. 


Dumet School, Tempat Kursus Digital Marketing Terbaik dan Terpercaya

Salah satu tempat kursus digital marketing terbaik dan terpercaya adalah Dumet School. Terbukti dengan jumlah murid yang sudah lebih dari 8000 orang. Murid-murid Dumet School ini berasal dari berbagai profesi, mulai dari pelajar, mahasiswa, dosen, staff profesional, instansi pemerintahan hingga perusahaan ternama, seperti Djarum, BCA, Telkomsel dan masih banyak lagi. Bahkan muridnya tidak hanya dari dalam negeri saja tetapi juga berasal dari luar negeri.

Memang kenapa sih banyak orang yang suka mengikuti kursus di Dumet School?

Keunggulan Dumet School

Di Dumet School, kita bisa mendapatkan jadwal kursus yang fleksibel. Dengan demikian kita bisa memilih jadwal dan menyesuaikannya dengan aktivitas kita. Pembelajarannya pun privat, 1 murid 1 instruktur sehingga materi yang diberikan lebih mendalam, kita pun bisa tanya jawab sepuasnya dengan instruktur. Bahkan kita masih bisa konsultasi sepuasnya meskipun sudah lulus. Dan yang pastinya kita akan mendapatkan materi dan ilmu yang bisa dimanfaatkan seumur hidup, untuk kemajuan bisnis yang dijalani. Asyik banget kan?

Harga Terjangkau dan Bisa Coba Kelas Gratis

Yang terpenting bila kursus di Dumet School adalah kita bisa mendapatkan harga yang terjangkau. Pun bila kita masih ragu dengan Dumet School, kita bisa kok mencoba kelas gratis terlebih dahulu. Bagi yang ingin mencoba kelas gratis, langsung saja kunjungi website Dumet School dan daftarkan dirimu ya.. 

Biaya Kursus Digital Marketing di Dumet School

Soal harga jangan khawatir ya. Harga yang ditawarkan sebanding kok dengan kualitas serta pelatihan yang akan kita dapatkan. Apalagi  bisnis kita dijamin makin eksis setelah ikut pelatihan ini. Manteb gak tuh..?

Testimoni Murid Dumet School

Biar kamu gak ragu, coba deh simak dulu testimoni dari Defriansyah, salah satu murid Dumet School berikut ini. Berkat kursus digital marketing di Dumet School, kini beliau sudah bisa membuka bisnisnya sendiri dan mendapatkan uang dari internet loh. 



Mau juga kan seperti Defriansyah? 
Tunggu apa lagi, yuk segera mendaftar kursus digital marketing di Dumet School demi kemajuan bisnis yang sedang kita jalani. 

Salam,



Sumber referensi :
  • https://tirto.id/jumlah-pelanggan-e-commerce-tercatat-meningkat-383-selama-pandemi-f1eP 
  • www.dumetschool.com
  • Video : Channel Youtube Dumet School
  • Infografis : Tia Widiastuti, edit by Canva

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Dumet School dengan tema "Mengapa Digital Marketing Penting Untuk Bisnis/Usaha"

17 comments

  1. Menarik sih, apalagi kalo temanya marketing digital yg skr ini makin hype. Rasanya bisnis tanpa mengikuti marketing secara digital, bakal jalan di tempat deh , Krn scopenya itu2 aja. Ga bisa luas ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba fan.. yang ada lama-lama gulung tikar deh.. hiks..
      kalah saing sama yang lainnya..

      Delete
  2. digital marketing sangat berpengaruh saat ini kalau ada yang belum memanfaatkan sepertinya rugi banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget mas.. makanya wajib banget pemasaran secara online yaa..

      Delete
  3. Benar banget, marketing digital sekarang ini, terutama setelah ada pandemi, makin dicari banyak orang karena alasan kemudahan akses informasi dan menghindari terkena paparan epidemi.

    Semoga sukses, kak ;)

    ReplyDelete
  4. Betul mbak marketing digital memang bisa mendongkrak perekonomian kita ditengah pademi covid 19 ini. Tetapi kita juga harus punya strategi yang matang untuk melangkah kedepannya nanti.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, kalo strateginya tepat, makin meningkat nanti omsetnya ya mas..

      Delete
  5. setuju banget sih.. zamannya udah serba online ditambah pandemi wajar kalo naik 30% lebih aktivitas online shopping.. peluang sekaligus pr juga buat bisnis online marketer

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak.. pelaku usaha kudu gerak cepat nih merancang strategi digital marketingnya..

      Delete
  6. Pemasaran konvensional saat ini pasti sedang mengalami penurunan yang sangat signifikan, sebagai solusinya, pemasaran lewat digital marketing bisa jadi pilihan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget kang maman..
      biar bisnisnya tetap bisa bertahan..

      Delete
  7. dumet ini belajar php juga enak hehe. keren emang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak.. dijamin auto mahir kalau kursus di dumet :D

      Delete
  8. Ini mah lengkapppppp banget artikelnya.... mantabbb kak. Jujur jadi pengen ambil kuliah lagi jurusan digital marketing ehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk, ikutan kursus aja mas joe.. biar gak kudet nih kita.. :D

      Delete
  9. Bener banget, Mbak Thya. Digital marketing memang dibutuhkan saat ini, terutama untuk yang punya usaha. Apalagi sekarang lagi pandemi, para konsumen lebih banyak memilih transaksi online dari pada offline karena gak perlu ketemu banyak orang.😄

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)