Pengalaman Liburan di Tengah Pandemi


Liburan di tengah pandemi ini terjadi secara spontan, dadakan dan tanpa rencana. Jujur, liburan di saat pandemi bukanlah ide yang baik, apalagi saya juga bawa anak kecil yang mana cukup rentan tertular. Tapi mau gimana lagi, kalo mertua sudah bertitah, ku tak sanggup menolak.

Ya, jadi sejak beberapa bulan lalu, mertua ribut mulu minta diajak jalan-jalan, sementara saya juga menolak terus karena takut dengan pandemi ini. Pun saat libur panjang, saya lebih memilih santai di rumah, rebahan, bobok siang. Sungguh, sejak jadi ibu, saya males banget keluar rumah apalagi untuk traveling jauh gitu. Capek rasanya.

Namun, semesta berkehendak lain..

Saat long weekend minggu lalu, tepatnya tanggal 15-17 Agustus, lagi-lagi mertua minta diajak liburan. Dan ini didukung sama adik ipar dan suami saya yang (katanya) juga lagi butuh liburan karena sudah jenuh banget dengan kerjaan kantor.

Alhasil kami pun berangkat juga liburan tipis-tipis ke daerah puncak bogor, nginep semalam di daerah Kota Bunga, Cipanas. Sungguh, jangan bully saya yaa.. huhu~

Liburan ke Puncak, Bogor Saat Pandemi Corona

Ternyata meskipun pandemi, wisata di daerah puncak bogor sungguh ramai sekali. Gak sesuai ekspektasi yang saya pikir bakalan sepi. Alhasil, saya pilih lokasi wisata yang luas sehingga meskipun ramai, kami tak perlu banyak berinteraksi dengan orang lain.

Kebun Raya Cibodas jadi pilihan kami, selain karena Arfan ingin naik kuda, disana juga tempatnya sangat lapang. Jadi, Insyaallah tetap aman bila kami menerapkan protokol kesehatan.

Lalu, apa aja yang kami lakukan di Kebun Raya Cibodas?

#1. Berkuda 


Karena sejak di rumah si Arfan sudah saya sounding  kalau kami akan ke puncak, jadilah dia cerewet minta naik kuda mulu. Kok tau sih di puncak ada kuda? Tentu saja karena sebelumnya sudah pernah saya ajak naik kuda di Agrowisata Gunung Mas, Puncak, Bogor. Awalnya kami juga pingin ke Agrowisata Gunung mas lagi, namun karena kondisi yang sangat macet, Alhasil lebih memilih naik kuda di Cibodas yang mana lokasinya lebih dekat ke penginapan.

#2. Makan Siang

Setelah Arfan puas naik kuda, kami lanjut beli tiket masuk Cibodas dan makan siang disana. Yaampun, makan siangnya jauh banget ya kan.. ffuhh.. kami juga istirahat sejenak sambil menemani Arfan guling-gulingan di rumput.


#3. Main Ke Air Terjun Mini


Sebenarnya di Cibodas ada air terjun Ciismun, tapi karena trek nya cukup berliku, sementara kami bawa anak kecil dan juga orang tua. Jadilah kami lebih memilih main di air terjun mini (gak tau namanya apa). Pokoknya kalo kamu ke cibodas pasti ada air mengalir gitu sampai menggenangi jalanan dan bentuknya kayak air terjun tapi mini gitu deh. saya bingung jelasinnya.. wekekek..

Dan tentunya Arfan seneng banget main air disana, sampai basah kuyup semua bajunya. Hadeehh.. mana minta lepas baju segala mau berenang katanya. Ckck..

#4. Pulang Menuju Penginapan


Selepas solat asar, kami pun bergegas menuju ke penginapan yang jaraknya tak jauh dari Cibodas. Tapi sungguh mengesalkan dong, saking macet nya, jarak Cibodas-Kota Bunga (penginapan) yang biasanya hanya ditempuh dalam beberapa menit, ini tuh sampai 9 jam. Sadis banget gak sih? 9 jam tuh udah sampai jogjakarta kali yaa.. ffuhh.. Beruntungnya Arfan gak rewel sama sekali.

Jam 4 sore kami berangkat dari Cibodas dan jam 12 malem baru sampai penginapan dong. Ajib banget. Padahal kalau gak macet 20 menit juga sampai itu.. Yassalam kezalnya saya.

Liburan Saat Pandemi? Mending Staycation di Apartement Aja..


Belajar dari pengalaman yang mana saya pusing banget kalo kudu macet-macetan berjam-jam di jalan, lebih baik kalo mertua ngajak liburan (lagi), saya ajak aja mereka staycation di apartement. Pun saya juga pernah punya pengalaman seru staycation di apartement saat merayakan moment anniversary pada Februari lalu.

Selain itu, staycation di apartemen juga lebih banyak keuntungannya, fasilitas lebih lengkap, kamar lebih luas, lokasi strategis, biaya lebih murah dan tentunya lebih aman dari Covid karena kita gak berada ditengah-tengah keramaian. Cucok banget deh untuk staycation bersama keluarga. So, kalau mertua ngajak liburan lagi, saya bakal rekomendasikan untuk staycation aja di Apartemen di Jakarta Utara.

Kenapa apartemen di Jakarta Utara?

Karena lokasinya strategis banget dong, dekat dengan Ancol. Siangnya bisa puas main di Ancol atau Dufan, malem nya menikmati fasilitas Apartemen. Duh, kan kebayang serunya kayak bagaimana..

Btw, kalau kalian ada yang udah berani liburan ditengah pandemi? Share dong dikolom komentar..

Salam,


4 comments

  1. Mupeng sambil nangis dipojokan baca ini mbak, sejak pandemi aku ga pernah keluar rumah, cuma ke kantor & vaksin si kecil doang, si kecil yg lahir pas pandemi sampe skrg dia hampir 5 bulan bln prnah aku ajak kmn2, masih parno, mudah2an pandemi ini cpt selesai, amin.
    Btw ngomong2 soal apartemen di Jakarta Utara, aku juga tinggal di apartemen di Jakarta Utara lho, tapi tetep aja takut kalau mau kmn2 wlpn cuma ke ancol, punya bayi soalnya hehehhe

    ReplyDelete
  2. Hi, mba Thya :D

    Itu seriusan 9 jam? Wadaw lama amatttt, bisa betulan sampai Yogyakarta itu mbaaa. Kok bisa separah itu ya macetnya. Mungkin karena long weekend jadi semua orang ke puncak :")

    Mau liburan untuk hilangkan jenuh, yang ada bisa tambah jenuh karena macet parah. Hehehe. Tapi biar pun begitu, yang penting Arfan senang :3

    ReplyDelete
  3. Iya ya, kemaren tuh liat berita, kalau maceeett banget!
    Kayaknya orang udah pada nggak kuat di rumah mulu, jadi pada liburan semua.

    Saya belom pernah nih say, selama pandemi ini paling banter sekali ke taman, 2 kali ke mall, 1 kali makan doang di mall.

    Itu aja sih, masih parno banget, apalagi bawa anak-anak, bahkan ke minimarket cuman sendirian, nggak berani ajak anak-anak :D

    Sebenarnya nggak masalah ya berlibur, asal selalu ikutin protokoler yang ada, kalau nginap mending di apartemen aja :D

    ReplyDelete
  4. Sekarang Jakarta malah psbb lagi ya, jadi agak susah nih mau coba apartemennya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)