Pengalaman Liburan di Tengah Pandemi


Liburan di tengah pandemi ini terjadi secara spontan, dadakan dan tanpa rencana. Jujur, liburan di saat pandemi bukanlah ide yang baik, apalagi saya juga bawa anak kecil yang mana cukup rentan tertular. Tapi mau gimana lagi, kalo mertua sudah bertitah, ku tak sanggup menolak.

Ya, jadi sejak beberapa bulan lalu, mertua ribut mulu minta diajak jalan-jalan, sementara saya juga menolak terus karena takut dengan pandemi ini. Pun saat libur panjang, saya lebih memilih santai di rumah, rebahan, bobok siang. Sungguh, sejak jadi ibu, saya males banget keluar rumah apalagi untuk traveling jauh gitu. Capek rasanya.

Namun, semesta berkehendak lain..

Saat long weekend minggu lalu, tepatnya tanggal 15-17 Agustus, lagi-lagi mertua minta diajak liburan. Dan ini didukung sama adik ipar dan suami saya yang (katanya) juga lagi butuh liburan karena sudah jenuh banget dengan kerjaan kantor.

Alhasil kami pun berangkat juga liburan tipis-tipis ke daerah puncak bogor, nginep semalam di daerah Kota Bunga, Cipanas. Sungguh, jangan bully saya yaa.. huhu~

Liburan ke Puncak, Bogor Saat Pandemi Corona

Ternyata meskipun pandemi, wisata di daerah puncak bogor sungguh ramai sekali. Gak sesuai ekspektasi yang saya pikir bakalan sepi. Alhasil, saya pilih lokasi wisata yang luas sehingga meskipun ramai, kami tak perlu banyak berinteraksi dengan orang lain.

Baca Juga : Tips Traveling Aman ditengah Pandemi Covid-19

Kebun Raya Cibodas jadi pilihan kami, selain karena Arfan ingin naik kuda, disana juga tempatnya sangat lapang. Jadi, Insyaallah tetap aman bila kami menerapkan protokol kesehatan.

Lalu, apa aja yang kami lakukan di Kebun Raya Cibodas?

#1. Berkuda 


Karena sejak di rumah si Arfan sudah saya sounding  kalau kami akan ke puncak, jadilah dia cerewet minta naik kuda mulu. Kok tau sih di puncak ada kuda? Tentu saja karena sebelumnya sudah pernah saya ajak naik kuda di Agrowisata Gunung Mas, Puncak, Bogor. Awalnya kami juga pingin ke Agrowisata Gunung mas lagi, namun karena kondisi yang sangat macet, Alhasil lebih memilih naik kuda di Cibodas yang mana lokasinya lebih dekat ke penginapan.

#2. Makan Siang

Setelah Arfan puas naik kuda, kami lanjut beli tiket masuk Cibodas dan makan siang disana. Yaampun, makan siangnya jauh banget ya kan.. ffuhh.. kami juga istirahat sejenak sambil menemani Arfan guling-gulingan di rumput.


#3. Main Ke Air Terjun Mini


Sebenarnya di Cibodas ada air terjun Ciismun, tapi karena trek nya cukup berliku, sementara kami bawa anak kecil dan juga orang tua. Jadilah kami lebih memilih main di air terjun mini (gak tau namanya apa). Pokoknya kalo kamu ke cibodas pasti ada air mengalir gitu sampai menggenangi jalanan dan bentuknya kayak air terjun tapi mini gitu deh. saya bingung jelasinnya.. wekekek..

Dan tentunya Arfan seneng banget main air disana, sampai basah kuyup semua bajunya. Hadeehh.. mana minta lepas baju segala mau berenang katanya. Ckck..

#4. Pulang Menuju Penginapan


Selepas solat asar, kami pun bergegas menuju ke penginapan yang jaraknya tak jauh dari Cibodas. Tapi sungguh mengesalkan dong, saking macet nya, jarak Cibodas-Kota Bunga (penginapan) yang biasanya hanya ditempuh dalam beberapa menit, ini tuh sampai 9 jam. Sadis banget gak sih? 9 jam tuh udah sampai jogjakarta kali yaa.. ffuhh.. Beruntungnya Arfan gak rewel sama sekali.

Jam 4 sore kami berangkat dari Cibodas dan jam 12 malem baru sampai penginapan dong. Ajib banget. Padahal kalau gak macet 20 menit juga sampai itu.. Yassalam kezalnya saya.

Liburan Saat Pandemi? Mending Staycation di Apartement Aja..


Belajar dari pengalaman yang mana saya pusing banget kalo kudu macet-macetan berjam-jam di jalan, lebih baik kalo mertua ngajak liburan (lagi), saya ajak aja mereka staycation di apartement. Pun saya juga pernah punya pengalaman seru staycation di apartement saat merayakan moment anniversary pada Februari lalu.

Selain itu, staycation di apartemen juga lebih banyak keuntungannya, fasilitas lebih lengkap, kamar lebih luas, lokasi strategis, biaya lebih murah dan tentunya lebih aman dari Covid karena kita gak berada ditengah-tengah keramaian. Cucok banget deh untuk staycation bersama keluarga. So, kalau mertua ngajak liburan lagi, saya bakal rekomendasikan untuk staycation aja di Apartemen di Jakarta Utara.

Kenapa apartemen di Jakarta Utara?

Karena lokasinya strategis banget dong, dekat dengan Ancol. Siangnya bisa puas main di Ancol atau Dufan, malem nya menikmati fasilitas Apartemen. Duh, kan kebayang serunya kayak bagaimana..

Btw, kalau kalian ada yang udah berani liburan ditengah pandemi? Share dong dikolom komentar..

Salam,


12 comments

  1. Mupeng sambil nangis dipojokan baca ini mbak, sejak pandemi aku ga pernah keluar rumah, cuma ke kantor & vaksin si kecil doang, si kecil yg lahir pas pandemi sampe skrg dia hampir 5 bulan bln prnah aku ajak kmn2, masih parno, mudah2an pandemi ini cpt selesai, amin.
    Btw ngomong2 soal apartemen di Jakarta Utara, aku juga tinggal di apartemen di Jakarta Utara lho, tapi tetep aja takut kalau mau kmn2 wlpn cuma ke ancol, punya bayi soalnya hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, mba ursula di jakarta utara? baru tau.. hehe..
      iya mba.. emang lebih baik di rumah aja.. ku juga khilaf bgt jalan-jalan kemarin.. gak lagi-lagi deh aku pergi-pergian.. huhu

      Delete
  2. Hi, mba Thya :D

    Itu seriusan 9 jam? Wadaw lama amatttt, bisa betulan sampai Yogyakarta itu mbaaa. Kok bisa separah itu ya macetnya. Mungkin karena long weekend jadi semua orang ke puncak :")

    Mau liburan untuk hilangkan jenuh, yang ada bisa tambah jenuh karena macet parah. Hehehe. Tapi biar pun begitu, yang penting Arfan senang :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba eno, apa kabar? hehe..
      iya mba macet parah karena buka tutup jalan plus volume kendaraan yang juga buanyaakk..
      udahlah aku mah kapok jalan-jalan, apalagi pandemi tak kunjung reda begini.. huhu

      Delete
  3. Iya ya, kemaren tuh liat berita, kalau maceeett banget!
    Kayaknya orang udah pada nggak kuat di rumah mulu, jadi pada liburan semua.

    Saya belom pernah nih say, selama pandemi ini paling banter sekali ke taman, 2 kali ke mall, 1 kali makan doang di mall.

    Itu aja sih, masih parno banget, apalagi bawa anak-anak, bahkan ke minimarket cuman sendirian, nggak berani ajak anak-anak :D

    Sebenarnya nggak masalah ya berlibur, asal selalu ikutin protokoler yang ada, kalau nginap mending di apartemen aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik sih jangan mbaaa.. di rumah aja.. ngeri ih, ditempat wisata itu.. ku khilaf bangeeett.. beneran deh.. hehe..

      Delete
  4. Sekarang Jakarta malah psbb lagi ya, jadi agak susah nih mau coba apartemennya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang day.. zona hitam pula.. huhu..
      fix gak usah kemana-mana.. bahaya..

      Delete
  5. kadang aku juga mikir gitu mbak, disaat pandemi pergi ke suatu tempat yang biasanya rame, malah berpikir "kayaknya bakalan sepi nih". ternyata sama aja bahkan bisa lebih rame.
    dan ketambahan juga anak sekolah libur alias sekolah dari rumah, tapi kalau siang di mall kadang aku masih melihatmereka ngemol :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mbaa.. udahlah dirumah aja udah paling bener.. hehe

      Delete
  6. Ajigileeee 9 jam Cibodas ke kota bungaaaa????? :O. Pingsan aku hahahahaha. Kok kyknya LBH cepet jalan kaki itu :D.

    Sbnrnya asal ttp memperhatikan protocol kesehatan gpp mba. Masker, jaga jarak, dan lgs mandi saat sampai. Akupun liburannya selama pandemi ini staycation sih. So far baru 2x nginep di hotel Alma pandemi tp memang msh area Jakarta aja. Blm berani luar kota. Kalopun k luar kota, aku pgnnya yg ttp pake mobil. Ga mau kalo hrs naik transportasi umum, blm berani :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan lagi mbaaa.. bener-bener pengen pingsan. mana aku bawa anak bayi, untung bangeet gak rewel doi. huhu..

      ya mba, kalo keluar kota paling aman bawa mobil sendiri karena kan gak kontak sama banyak orang ya jadinya.. hfff.. mudah2an si covid ini cepet pergi ya biar kita bisa leluasa bepergian..

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)